🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Ini Dia Macam-Macam Bukti Transaksi yang Harus Diketahui!

Macam-macam bukti transaksi yang diketahui masyarakat hanya ada beberapa saja. Lengkapnya akan dijelaskan pada pembahasan berikut!
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 23 September 2022

Beberapa orang mengaku bahwa mereka suka menyimpan macam-macam bukti transaksi, tujuannya agar jika ingin mengembalikan atau menukar barang yang sudah dibeli bisa lebih mudah. Fungsi bukti ini sendiri adalah untuk merekap atau merekam semua transaksi yang dilakukan.

Namun yang perlu diingat bahwa transaksi dalam bentuk apapun bisa dilakukan asalkan esensinya sama. Baik itu online maupun offline akan memiliki riwayat pembayaran jika toko tempat membeli menyediakannya. Apa saja ragam bukti transaksi? Simak pembahasannya ya!

Macam-Macam Bukti Transaksi yang Sering Ditemukan

Macam Macam Bukti Transaksi

Ilustrasi Seorang Wanita Memegang Bukti Transaksi (Sumber: Pexels.com)

Sebelum membahas lebih jauh, satu ciri khas yang bisa dikenali yaitu bukti transaksi akan dikeluarkan saat proses transaksi berakhir sekaligus menjadi bukti bahwa sudah terjadi pembayaran antara pembeli dengan perusahaan atau pihak lain yang berkaitan.

Berikut ini ada macam-macam bukti transaksi baik dari segi internal maupun eksternal:

1. Memo

Perama adalah memo yaitu tulisan atau catatan singkat, jelas dan padat. Memo dibuat dengan tujuan agar pembacanya bisa memahami dengan mudah. Maksimal hanya terdiri dari 10 baris kata saja dan tidak boleh lebih.

Memo termasuk bukti transaksi secara internal dan hanya berisikan tentang pesan sederhana yang menjurus ke inti pembicaraan. Ada beberapa unsur yang harus ada dalam memo agar dikatakan sebagai bukti transaksi yang sah:

  • Nomor memo
  • Tanggal memo
  • Nama pengirim
  • Nama penerima
  • Subjek memo
  • Isi memo.

Struktur di atas lebih mirip dengan surat resmi yang biasanya diterbitkan oleh instansi dengan stempel khusus. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah baris kata saja.

Baca Juga: Memo Adalah Salah Satu Bukti Transaksi, Apa Saja Macamnya?

2. Nota Kontan

Buat Nota Kontan Mudah Dengan Software Akuntansi Beeaccounting

Nota kontan merupakan bukti transaksi yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli sebagai hasil dari terjadinya pembayaran secara tunai. Tentunya nota kontan berbeda dengan debit atau kredit karena tidak ada hubungannya dengan utang piutang.

Nota kontan juga memiliki dua salinan. Pertama akan diberikan kepada pembeli dan salinannya ada di penjual untuk dijadikan arsip atau bahan penulisan laporan keuangan.

3. Nota Kredit

Bukti transaksi selanjutnya adalah nota kredit yang memiliki arti yaitu sebuah dokumen yang biasanya digunakan untuk membuktikan bahwa sudah terjadi pengurangan piutang sebuah usaha.

Penguangan ini pada umumnya terjadi karena adanya barang dagang yang dikembalikan sehingga nilai jualnya juga akan turun.

Pengembalian tersebut bisa jadi karena adanya ketidaksesuaian barang, kerusakan atau ekspektasi yang tidak sesuai di awal. Nota kredit ini menjadi bukti transaksi yang dikeluarkan oleh pihak penjual.

Biasanya akan diminta ketika mengembalikan barang sebagai alat persetujuan dari penjual dan dikabulkannya potongan harga yang dikehendaki oleh si pembeli. Nota kredit ini ditandatangani oleh penjual. Sampai sini paham kan?

4. Nota Debet

Nota debet merupakan salah satu dari macam-macam bukti transaksi yang berlaku di Indonesia. Secara singkat, pengertiannya adalah bukti transaksi sebagai bukti sudah terjadinya pengurangan utang usaha karena adanya pengembalian barang atau terjadinya penurunan harga yang telah dibuat oleh pembeli.

Nota debet ada dua salinan. Lembar pertama disimpan oleh pembeli dan lainnya disimpan oleh penjual. Pada umumnya, nota debet ini hanya dikembalikan apabila barang sudah sampai ke tangan pembeli.

5. Faktur

faktur Macam Macam Bukti Transaksi

Contoh Faktur Pembelian (Sumber: Bee.id)

Faktur lebih akrab disebut sebagai invoice yaitu berkas tertulis yang berisikan tentang barang yang dijual baik harga maupun jumlahnya. Faktur ini dikeluarkan oleh pihak penjual dan berfungsi sebagai bahan pertimbangan pembeli untuk meneliti kembali apa saja barang yang sudah dibelinya.

Ciri utama dari sebuah faktur atau invoice ini adalah:

  • Nama dan alamat penjual.
  • Nomor invoice.
  • Nama dan alamat pembeli.
  • Tanggal pemesanan.
  • Syarat pembayaran yang dilakukan.
  • Keterangan mengenai barang seperti jenis, harga satuan, jumah total dan jumlah harga.

Faktur ini sangat dibutuhkan sebagai bukti bahwa sudah ada media pencatatan bagi setiap produk atau barang yang dikeluarkan dan semuanya dideskripsikan dengan benar. Barang yang dijual pun juga harus dalam kondisi lengkap, ada keterangannya di kolom khusus.

Tujuannya untuk menghindari komplain ketika terjadi ketidaksesuaian dari barang yang sudah diterima.

6. Kuitansi

Macam Macam Bukti Transaksi kuitansi

Ilustrasi Kuitansi

Kuitansi adalah suatu surat atau dokumen yang sering digunakan sebagai tanda bukti bahwa telah terjadinya transaksi penerimaan sejumlah uang dari pemberi uang kepada penerima uang, yang dilengkapi dengan beberapa rincian seperti tujuan dari pembayaran atas transaksi, tempat dan tanggal dimana terjadinya transaksi tersebut.

Baca Juga: Aplikasi Kwitansi Digital untuk Usaha Online Shop

Masih ada macam-macam bukti transaksi yang lainnya seperti cek, bukti kas keluar, rekening koran, setoran bank dan lainnya. Apapun itu, selagi esensi dan tujuannya sama maka bisa dikategorikan sebagai bukti transaksi.

Ingat! Bukti Transaksi Harus Disimpan 5 Tahun untuk Audit dan Laporan Pajak

Masih mengelola bukti transaksi berbasis kertas? Gak cuma membosankan, tapi ini menyita waktu dan rentan terjadi kesalahan hitung. Pakai BEECLOUD untuk membuat kwitansi online berbasis cloud technology. Berbagi bukti transaksi bisa dibuat dengan cepat dan mudah! Hanya butuh satu kali klik untuk mengirimkan kwitansi online melalui chat atau email.

Jika Anda mau yang mudah dan terintegrasi dengan data transaksi, pakai software akuntansi online Beecloud. Di Beecloud ada fitur attachment untuk pengarsipkan bukti transaksi tersebut jadi gak perlu terpaksa menyediakan lemari atau satu ruangan isi dokumen penting.

BEECLOUD telah dipercaya ribuan pebisnis di tanah air untuk mengelola pembukuan usaha. Sejak 2010, BEECLOUD didesain bersama akuntan berpengalaman 11 tahun dan tim ahli IT yang handal. Tingkatkan sistem pembuatan akuntansi yang sebelumnya manual, menjadi lebih modern dan mulus bersama BEECLOUD. Coba gratis sekarang di sini!

Beecloud Untuk Memudahkan Membuat Kwitansi Pembayaran

Update! Biaya Admin Star Seller Shopee Disertai Ilustrasi Perhitungannya
Bagi setiap pelaku usaha star seller shopee pasti tidak asing dengan biaya admin star seller shopee. Biaya admin merupakan biaya
Baca Juga
Jenis Badan Usaha dan 3 Kategorinya, Apa Saja?
Salah satu hal yang wajib dipelajari sebelum mencari tahu berbagai jenis badan usaha adalah pengertian atau definisinya. Badan usaha adalah
Baca Juga
Fungsi, Cara dan Contoh Purchase Order Barang
Form Purchase Order barang merupakan salah satu dokument penting dan harus dibuat oleh sebuah perusahaan. Mengapa PO itu penting dan
Baca Juga
Fintech Adalah: Jenis, Perusahaan dan Tips Memilihnya
Fintech adalah singkatan dari financial technology, telah menjadi pilar transformasi mendalam dalam dunia keuangan modern. Menggabungkan inovasi teknologi dengan layanan
Baca Juga
Kepanjangan KPI Adalah: Jenis dan Fungsinya bagi Bisnis
Bagi Anda yang masih awal dalam dunia pekerjaan, mungkin masih merasa asing dengan istilah KPI. KPI sendiri sebenarnya merupakan poin
Baca Juga
Mengenal Istilah Account Payable dalam Laporan Akuntansi
Account payable adalah bahasa dalam akuntansi yang pasti familiar di telinga staff keuangan. Adanya AP memberikan berbagai keuntungan, terutama membantu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu