Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Nota Kredit adalah: Fungsi, Manfaat, Contoh dan Perbedaannya

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 7 January 2023

Nota kredit adalah sebuah berkas dokumen yang dijadikan sebagai bukti dari pengurangan piutang usaha yang disebabkan karena pengembalian barang dagang sebab adanya pengembalian.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini:

Apa itu Nota Kredit

Nota Kredit Adalah

Ilustrasi Pengecekan Nota Kredit oleh Penjual (Sumber: Freepik.com)

Nota kredit adalah return pengurangan dana piutang usaha yang disebabkan karena adanya kecacatan atau masalah pada kualitas suatu barang. Dengan adanya pengembalian dana ini biasanya diiringi dengan pengurangan harga.

Sederhananya nota kredit adalah sebuah bukti transaksi yang diberikan penjual kepada pembeli sebagai bukti atas pengurangan piutang usaha karena kecacatan dan masalah dari barang yang ia jual.

Untuk menghindari kesalahpahaman yang terjadi, nota kredit harus dilandasi atas persetujuan pembeli lengkap dengan beberapa komponen penting lainnya. Diantaranya:

  • Adanya informasi yang tentang data produk yang dilampirkan dalam nota, seperti jumah harga dan produk yang akan dikembalikan nantinya.
  • Adanya nomor pesanan sebagai alat pelacakan, apalagi jika produk yang dibeli dalam jumlah banyak.
  • Wajib melampirkan faktur tagihan, tanggal dan alamat pengiriman.
  • Adanya ketentuan pembayaran dalam nota, sebagai bentuk tindak lanjut dari masalah yang berpotensi muncul nantinya.

Manfaat dan Fungsi Nota Kredit Adalah ...

Selain sebagai bukti transaksi dan pengembalian barang, nota kredit memiliki beberapa fungsi spesifik lainnya, diantaranya:

1. Meminimalisir Terjadinya Kesalahan

Manfaat pertama dari nota kredit adalah meminimalisir terjadinya kesalahan teknis, terutama di lapangan, ketika proses produk dalam pengiriman.

Oleh sebab ini juga, nota kredit tidak hanya dalam bentuk satu lembar saja,karena pihak ekspedisi juga memerlukan lampiran nota untuk memastikan semua sudah benar.

Nota kredit ini juga bisa dijadikan sebagai bahan acuan dan koreksi, sehingga akan sangat membantu sebuah usaha berjalan dengan lancar tanpa terjadi kesalahan.

Selain dalam bentuk kertas, pencatatan dan pembukuan transaksi juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pembukuan online, salah satunya Beepos yang akan membantu Anda mengontrol bisnis tanpa takut kertas hilang atau rusak.

Bikin Nota Penjualan Otomatis Integrasi ke Pembukuan beepos

Bikin Nota Penjualan Otomatis Integrasi ke Pembukuan beepos

Dengan menggunakan Beepos, anda juga bisa mengecek dan mengontrol bisnis Anda dimana saja dan kapan saja, membuat nota pun menjadi lebih gampang sekali klik langsung jadi. Ada GRATIS Trial untuk Anda pelanggan pertama yang ingin mencoba.

2. Menjaga Hubungan Baik Penjual dan Pembeli

Selanjutnya fungsi dan manfaat dari nota kredit adalah bisa menjadi sebuah media atau perantara penjual menjalin hubungan baik dengan pembelinya, melalui kesepakatan dua pihak yang dilakukan ketika pembuatan nota kredit.

Dengan adanya kesepakatan ini kedua belah pihak pun sangat berpotensi untuk menjalin hubungan baik kedepannya. Karena sebelumnya sudah pernah ada diskusi dan dari diskusi ini bisa meminimalisir adanya kesalahpahaman yang berpotensi akan terjadi.

Sehingga, hubungan baik antara penjual dan pembeli bisa terjalin dengan baik, untuk saat ini atau di masa depan kelak.

3. Memudahkan Proses Pelacakan Terjadi Kesalahan

Hal selanjutnya yang bisa didapatkan dari penggunaan nota kredit adalah memudahkan pelacakan jika terjadi kesalahan. Artinya, penjual bisa dengan mudah menemukan dimana letak kesalahan yang terjadi.

Sebagai pemilik bisnis, penting untuk mengatasi kesalahan apapun selama transaksi penjualan dengan cepat, untuk menghindari kerugian di masa mendatang.

Sehingga ketika melakukan identifikasi kesalahan pada sebuah transaksi, sebisa mungkin untuk segera menemukan dimana letak kesalahannya.

4. Meningkatkan Pengembangan Usaha

Selanjutnya nota kredit bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi sebuah usaha dalam sektor keuangan maupun pelayanan dari setiap data yang ada.

Dengan dijadikannya sebagai bahan evaluasi maka nota kredit bisa menjadi alat pembantu sebuah usaha untuk berkembang dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Memberikan Jaminan Kepada Klien

Nota Kedit

Nota Kredit akan Memberikan Jaminan Kepercayaan (Sumber: Freepik.com)

Memiliki hubungan yang kuat dengan klien adalah kunci keberhasilan bisnis apa pun. Salah satu cara untuk memastikan keamanan dalam bertransaksi dan membina hubungan itu adalah menyediakan komunikasi yang aman.

Dengan adanya nota kredit ini penjual bisa meyakinkan klien jika produk yang dijual memang berkualitas dan sebagai seorang pebisnis yang bertanggung jawab. Sehingga konsumen akan memiliki kepercayaan lebih pada penjual.

Karena penjual sudah memberikan jaminan barang kembali jika produk tidak aman dan tidak memiliki kualitas yang mumpuni.Hal ini memberikan rasa aman kepada klien atau pembeli saat berbelanja, karena penjual akan bersedia mengurangi utang mereka jika terjadi sesuatu pada barang yang dibeli.

6. Menghindari Adanya Laporan Keuangan Tidak Masuk Akal

Setiap tahunnya setiap bisnis pasti melakukan rutinitas untuk memeriksa dan melaporkan keuangan mereka. Dalam melakukannya, tidak jarang muncul transaksi tak terduga yang tidak dapat ditelusuri.

Untuk menanggulangi hal ini, para wirausahawan harus mencatat atau merekam catatan kredit pada setiap transaksi bisnis yang terjadi.

Dengan menggunakan Beepos Anda juga bisa mencatat setiap transaksi lengkap dengan laporan otomatis, sehingga Anda cukup fokus berbisnis tanpa pusing lagi memikirkan pencatatan transaksi lagi.

7. Menunjukkan Jika Pebisnis Bertanggung Jawab

Tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan bahwa bisnis bertanggung jawab kepada klien dan pelanggan. Dengan demikian, hal ini menyiratkan bahwa bisnis tidak akan mencoba menghindari kesalahan apa pun.

Baca juga: Kenali 5 Fungsi dan Tujuan Perusahaan Menggunakan Nota Kredit

Contoh Nota Kredit

Nota Kredit

Ilustrasi Nota Kredit Toko Hilmi Jaya (Sumber: Kompas.com)

Berikut adalah contoh nota kredit yang ada pada Beepos:

Dengan format informasi terdiri dari:

  • Kolom nama penjual
  • Kolom nama pembeli
  • Kolom nomor kredit
  • Tanggal pembuatan nota kredit
  • Barang yang dikreditkan
  • Kolom harga barang/ unit
  • Jumlah barang yang dikreditkan
  • Harga total
  • Tanda tangan kedua pihak
  • Jika perlu tambahkan juga tanggal pengeluaran nota kredit dan pihak-pihak yang bertanggung jawab

Baca Juga: 7 Contoh Nota Penjualan dan Cara Buat Nota Penjualan

 Perbedaan Nota Kredit dan Nota Debit

Ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan dari kedua jenis nota ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Nota dikeluarkan oleh perusahaan untuk pelanggan, sedangkan nota debit dikeluarkan oleh pelanggan untuk perusahaan.
  • Lembar asli diberikan kepada penjual dan lembar salinan diberikan kepada pihak konsumen.
  • Nota debit adalah dokumen yang menunjukkan bahwa jumlah utang Anda telah dikurangi karena barang dagangan yang dikembalikan atau kerusakan yang disebabkan oleh pembeli.
  • Nota debit ini bertindak sebagai permintaan resmi dari pembeli kepada penjual untuk menerbitkan nota kredit

Dari semua penjelasan diatas, bisa disimpulkan jika nota kredit adalah sebuah bukti pengurangan piutang usaha sebab adanya kesalahan pada kualitas sebuah produk yang disepakati oleh kedua pihak.

Ebitda Adalah, Komponen, Rumus, Manfaat, dan Ebitda Margin
Ebitda adalah istilah dalam akuntansi yang menunjukkan aktivitas dan arus kas perusahaan. Merupakan pendapatan sebelum dikurangi bunga, amortisasi, pajak, dan […]
Baca Juga
Persiapan Sebelum Belajar Pembukuan Keuangan Perusahaan
Bagaimana sih cara belajar pembukuan keuangan perusahaan? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda mengenal pembukuan keuangan dari perusahaan […]
Baca Juga
Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa
Karakteristik perusahaan jasa adalah menjual jasa kepada pelanggannya. Perusahaan jasa memperoleh laba berasal dari pendapatan jasa yang diterima dikurangi dengan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu