🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Tips Kelola Hutang Usaha dengan Mudah

Menjadi hal wajar jika perusahaan memiliki hutang usaha, semua tergantung cara mengelolanya, ini dia tips mengelola hutang usaha untuk Anda.
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 November 2019

Ketika memiliki perusahaan seringkali kebutuhan operasional tidak terpenuhi, sehingga cara yang banyak digunakan yaitu berhutang hingga menimbulkan hutang usaha.

Dalam perusahaan utang digunakan sebagai alat untuk membantu perusahaan agar bisa berkembang secafa efektif dan efisien, sehingga kurangnya modal bisa diantisipasi. Agar tidak salah, simak tips mudah dalam mengelola utang usaha agar keuangan tetap terjaga sebagai berikut.

Apa itu Hutang Usaha?

Hutang Usaha

Mengenal Apa itu Hutang Usaha? (Sumber: Freepik.com)

Dalam setiap perusahaan utang memang berperan penting untuk keberlangsungan perusahaan. Namun tidak selamanya utang memberikan manfaat, adakalanya memberikan resiko.

Utang juga bisa berguna untuk menstabilkan perusahaan dalam pengelolaan keuangan. Namun terkadang banyak perusahaan yang tutup tikar karena salah dalam mengelola utang

Jika utang yang dimiliki cukup besar, maka dari itu perlu pengelolaan utang yang baik. Ada beberapa jenis utang dalam perusahaan sebagaimana berikut ini:

  • Utang jangka pendek yang dilakukan di bawah 1 tahun, hal ini bertujuan agar kedua belah pihak tidak mendapatkan kerugian.
  • Utang jangka menengah memiliki jangka waktu lebih lama dari jangka wakti pendek yaitu lebih dari 10 tahun.
  • Utang jangka panjang memiliki jangka waktu lebih dari 10 tahun yang Sesuai dengan kesepakatan dari pihak terkait.

Baca Juga: 5 Perbedaan Hutang dan Piutang dalam Keuangan Bisnis

Tips Mengelola Hutang yang Benar

Setelah mengetahui jenis utang usaha, memasuki pembahasan yang pokok yaitu tips mengelola hutang yang benar. Sebagaimana berikut ini tipsnya:

1. Tentukan Tingkat Prioritas Hutang

Membuat daftar prioritas utang yang harus dibayar sangatlah penting agar anda tidak merasa kesulitan dalam membayar utang setiap bulannya. Dalam menentukan tingkat prioritas utang tidak dilihat dari jumlah pembayarannya. Namun lihatlah dari dampak yang akan dirasakan jika tidak membayar utang tersebut.

2. Buat Anggaran

Tips yang selanjutnya yaitu buat anggaran pertama. Yang perlu Anda lakukan yaitu periksa pendapatan biaya bulanan serta aset. Lalu perhatikan dengan seksama apa yang sedang terjadi jika pendapatan yang anda dapatkan lebih dari pengeluaran. Selanjutnya buat anggaran pengeluaran yang lebih kecil dan gunakan kelebihan dana untuk membayar utang.

3. Negosiasi

Ketika kita meminjam uang pastinya kita akan mendapatkan bunga. Nah, agar anda tidak mendapatkan bunga terlalu banyak hubungi pemodal untuk melakukan negosiasi. Selain itu Anda juga perlu untuk memberitahu pemodal tentang situasi keuangan yang sedang anda alami serta pastikan mereka memiliki persyaratan pembayaran yang lebih baik.

4. Rencana Cadangan

Untuk mengantisipasi  perusahaan menghadapi kemungkinan terburuk setelah mengajukan hutang, maka langkah yang tepat yaitu menyiapkan rencana cadangan. Dengan adanya rencana cadangan ini perusahaan akan lebih berhati-hati dalam melakukan apapun.

Untuk mengantisipasi terjadinya masalah setelah peminjaman uang, perlu dilakukan untuk memprediksi kebutuhan jumlah dana yang akan dikeluarkan. Baik apa saja yang dibutuhkan serta kapan membutuhkannya. Dengan begitu pinjaman yang dapat bisa digunakan secara maksimal.

5. Penggabungan Utang

Penggabungan utang memang penting dilakukan untuk perusahaan yang memiliki banyak hutang, sehingga setiap bulannya harus membayar. Untuk memudahkan proses pembayaran, cara mudah untuk mengatasinya yaitu dengan menggabungkan utang tersebut di satu tempat. Dengan begitu proses setiap bulannya pembayarannya tidak akan terlewatkan.

6. Menggunakan Bantuan Profesional

Tips yang terakhir untuk mengelola hutang yang benar yaitu menggunakan bantuan orang yang sudah pprofesional. Karena terkadang utang jika diselesaikan sendiri  bisa menjadi masalah. Saat ini tersedia berbagai lembaga yang menawarkan jasa manajemen keuangan yang bisa Anda manfaatkan.

7. Memanfaatkan Teknologi

Perkembangan teknologi di dunia ini sangat cepat, sebagai pengusaha yang cerdas Anda juga perlu memanfaatkannya. Salah satunya untuk mengelola dan memantau bisnis yang sedang Anda jalankan.

Untuk memantau dan memanajemen hutang usaha, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Anda hanya perlu mencatata setiap pengeluaran dan pemasukan keuangan dan laporan keuangan akan langsung jadi. Bisnis lebih terkontrol dan menguntungkan.

Beeaccounting Memudahkan Kontrol Hutang Piutang Untuk Kelola Arus Kas

Itulah tips mudah mengelola utang usaha yang benar. Setelah mengetahui tips-tips tersebut diharapkan perusahaan yang Anda jalankan pengelolaan keuangannya berjalan dengan lancar. Semoga ulasan ini bermanfaat.

8 Keunggulan Menggunakan Program Akuntansi Komputer
Program akuntansi komputer adalah topik hangat saat ini. Teknologi dapat segera membuat profesional keuangan lebih efisien dari sebelumnya, atau bahkan
Baca Juga
Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda
Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung tentang cara menemukan ide bisnis kreatif. Sebenarnya, menemukan ide bisnis yang kreatif itu
Baca Juga
Contoh Segmentasi Psikografis, Karakteristik dan Cara Penerapannya
Konsep segmentasi psikografis dalam bisnis digunakan sebagai alat yang sangat berharga bagi para pemasar dan pemangku kepentingan bisnis. Segmentasi prikografis
Baca Juga
Tips dan Cara Meningkatkan Persaingan Usaha Secara Sehat
Dalam dunia bisnis, persaingan usaha adalah hal yang tidak bisa dihindari. Setiap perusahaan pasti akan berusaha untuk menjadi yang terbaik
Baca Juga
Leverage Adalah: Pengertian, Jenis, dan Perhitungan Leverage
Apa itu leverage? Leverage adalah sumber modal bisnis yang dinilai lebih multifungsi dan memberikan banyak keuntungan. Sumber modal adalah pondasi
Baca Juga
Software Antrian Bengkel Ubah Antrian Semrawut Jadi Sistematis
Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel. Seperti yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu