Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Aplikasi Laporan Keuangan: Manfaat dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 7 July 2022

Bagi pemilik usaha, menyusun catatan keuangan merupakan satu tantangan tersendiri. Sehingga Anda membutuhkan alat bantu untuk menunjang pencatatan keuangan agar mudah dan akurat. Kabar baiknya, kini ada berbagai aplikasi laporan keuangan yang bisa Anda manfaatkan. 

Dengan adanya aplikasi keuangan tersebut, Anda tidak perlu repot lagi melakukan pembukuan atau menghitung berbagai macam jurnal. Bahkan saat terjadi kesalahan, fitur pada aplikasi akan menghapus error dengan satu klik saja. Selain memudahkan penyusunan laporan, apa saja manfaat aplikasi laporan keuangan?

Manfaat Aplikasi Laporan Keuangan untuk Bisnis

Manfaat Aplikasi Laporan Keuangan Untuk Bisnis

Ilustrasi Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Para pemilik bisnis tentu sudah menyadari bahwa mengolah catatan finansial secara manual tidak lagi efektif di zaman yang serba cepat. Terlebih lagi, sering kali tidak membantu mencapai hasil perhitungan yang diharapkan. Untuk itu, perlu inovasi software keuangan dengan beragam manfaat fitur, di antaranya:

  • Memudahkan Laporan Pembukuan

Berkat kemajuan teknologi, Anda tak perlu lagi repot melakukan pembukuan keuangan secara manual. Setiap perusahaan dapat terbantu oleh tools atau alat yang memudahkan pekerjaan laporan keuangan. Dengan aplikasi laporan keuangan, laporan bukan hanya menjadi lebih mudah tetapi juga sangat menghemat waktu. 

Selain itu, laporan perbankan dapat dibuat kapan saja dan dimana saja. Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir perihal keamanannya, sebab setiap data perusahaan sudah terlindungi oleh enkripsi berlapis dan software khusus yang membantu perlindungan setiap data keuangan Anda. 

  • Fitur Keuangan Lengkap

Dengan aplikasi laporan keuangan, Anda bisa memperoleh data yang lebih detail dan akurat untuk menghasilkan laporan pembukuan. Sebab, dengan bantuan fitur dari aplikasi tersebut, Anda dapat mengetahui jumlah uang yang masuk dan keluar secara lengkap dan transparan. 

Anda bisa melacak perputaran uang dalam jangka waktu tertentu untuk mempercepat perhitungan laba dan rugi perusahaan. Fitur pada di aplikasi akan membantu Anda melihat apa saja yang diinvestasikan dalam perusahaan. Pengguna pun dapat memantau keuangan perusahaan secara real time. 

  • Komputerisasi Faktur

02 Laporan Rekap Penjualan Per Faktur Usaha Cafe

Ilustrasi Rekap Penjualan per Faktur dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Terdapat kegunaan software akuntansi dengan fungsi yang berfokus pada faktur. Sistem ini akan menyajikan laporan terkait pembayaran pelanggan. Aplikasi laporan keuangan memberi Anda rincian tentang utang piutang pelanggan tanpa repot membuka banyak catatan. 

Sistem ini tentu sangat membantu pemilik bisnis mengontrol dan mengelola finansial jadi lebih efektif. Anda pun bisa meminimalisir kerugian dengan memperingatkan pelanggan yang terlambat membayar untuk mempercepat pembayarannya. Dengan kata lain, software ini membantu keuntungan tetap terjaga. 

  • Memantau Inventaris

Tren aplikasi laporan keuangan terkini sudah sangat menjawab kebutuhan penggunanya. Banyak produk aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melacak inventaris produk secara rinci serta memberitahu jumlah stok terkini. Sistem manajemen inventaris pun bisa berjalan lebih mudah dan tentunya efisien. 

Bahkan, software keuangan bisa bekerja otomatis melacak inventaris ketika pesanan produk sedang dalam proses. Dengan pencatatan secara detail, Anda bisa memperkirakan kapan stok akan habis, sehingga dapat melakukan pengisian sebelum stok benar-benar kosong. 

  • Membuat Keuangan Lebih Terorganisir

Pembukuan tradisional terkadang bisa membuat salah hitung, salah tempat, atau bahkan hilang data. Namun, dengan bantuan aplikasi keuangan Anda bisa menyimpan semua data di satu lokasi secara aman. Cukup tekan tombol, Anda bisa melihat, mencetak ulang, mengedit, bahkan mencetak faktur. 

Pengguna pun sangat terbantu bila ingin mencari catatan khusus, yakni dengan mengetikkan nomor atau nama di fitur pencarian. Proses yang cepat dan mudah membuat Anda bisa mengatur semua data yang diinput dengan rapi dan terorganisir. 

Baca Juga: Pentingnya Analisi Laporan Keuangan

Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda pasti penasaran apa saja jenis aplikasi pembukuan terbaik yang bisa digunakan. Perlu diketahui, aplikasi tersebut ada yang sifatnya berbayar namun ada pula yang gratis. Nah, untuk Anda yang mencari aplikasi pembukuan terbaik, berikut rekomendasinya. 

  • Aplikasi Laporan Keuangan Beecloud

Beecloud Dashboard dan Laptop

Ilustrasi Tampilan Beecloud Dashboard dan Laptop (Sumber: Bee.id)

Beecloud adalah satu-satunya aplikasi laporan keuangan yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Berpengalaman sejak 2010, aplikasi ini telah dipercaya oleh 33 ribu pengguna dari berbagai bidang usaha. Menariknya, Anda bisa memperoleh aplikasi laporan keuangan Beecloud dengan harga yang terjangkau. 

Dengan aplikasi laporan keuangan Beecloud, Anda bisa kontrol keuangan bisnis semua cabang tanpa perlu repot. Semua telah terorganisir dalam satu sistem berkualitas dengan fitur terlengkap. Anda bisa dengan mudah mengetahui laporan penjualan harian per cabang, inventaris stok, hingga piutang jatuh tempo. 

Tertarik menggunakannya? Tersedia free trial 14 hari untuk Anda mencoba fiturnya secara gratis. Bersama aplikasi laporan keuangan Beecloud, laporan keuangan usaha Anda akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Seluruh produk dan layanan unggulan Beecloud dapat Anda lihat dan kunjungi di sini.

  • Aplikasi Laporan Keuangan Akuntansi UKM; Money Manager

Perlu aplikasi keuangan gratis untuk UKM? Money Manager bisa jadi solusinya. Akuntansi UKM adalah software yang didesain khusus sesuai kebutuhan pengguna usaha kecil dan mikro. Bahkan tak jarang yang menggunakannya untuk aplikasi keuangan perseorangan atau pribadi. 

Aplikasi UKM; Money Manager dapat Anda unduh di Play Store untuk Android maupun iOS. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pencatatan perbankan tanpa batasan waktu. Bahkan tersedia sistem pengelolaan secara offline sehingga tidak selalu membutuhkan jaringan internet. 

  • Aplikasi Laporan Keuangan QuickBooks

apa itu laporan keuangan dan laba rugi

Ilustrasi Laporan Keuangan Laba Rugi

Aplikasi pembukuan usaha QuickBooks telah didukung fitur lengkap yang membantu kebutuhan bisnis Anda. Tersedia berbagai jenis laporan, mulai dari laporan penjualan, pembelian, laporan untung-rugi, neraca, dan masih banyak lagi. Anda bahkan bisa mengelompokkan transaksi berdasarkan kategori. 

Fitur ini pastinya sangat memudahkan Anda untuk melakukan perhitungan dana laba dan rugi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melampirkan foto bukti transaksi di setiap pencatatan. Jadi, cukup mendokumentasikan nota belanja, struk, atau kuitansi, kemudian simpan bersama catatan pengeluaran. 

  • Aplikasi Laporan Keuangan FreshBooks

Bagi pengguna cloud, Anda mungkin merasa cocok menggunakan aplikasi ini. FreshBooks terkenal dengan sistem operasi yang telah terintegrasi dengan cloud. Aplikasi berlogo daun ini menawarkan fitur laporan keuangan yang lengkap. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store Android dan iOS. 

Tidak hanya catatan pemasukan dan keuangan saja, FreshBooks juga menyediakan fitur yang berfungsi melacak pemasukan, invoice, report, faktur pajak, time tracking, hingga alarm tempo pembayaran. Bukan sekedar software bisnis, FreshBooks juga bisa membantu Anda mengelola keuangan pribadi. 

Baca Juga: Mari Mengenal Beragam Fungsi Laporan Keuangan

  • Aplikasi Laporan Keuangan Money Lover

Aplikasi pembukuan Money Lover juga merupakan salah satu aplikasi keuangan terfavorit. Meski awalnya populer sebagai software keuangan pribadi, nyatanya Money Lover juga bisa digunakan untuk melakukan pengolahan laporan keuangan untuk usaha dan bisnis Anda. 

Money Lover memiliki fitur grafik yang akan menyajikan perhitungan finansial dalam bentuk kurva. Pilihan kategorinya pun sangat beragam sehingga pengguna tidak perlu menginput kategori secara manual. Sistem aplikasi akan membantu Anda memantau pengeluaran, simpanan, hingga tagihan bulanan. 

Di era digital yang serba modern, mengelola keuangan bisnis sudah tidak serumit beberapa tahun ke belakang. Dengan adanya aplikasi laporan keuangan di atas yang memiliki berbagai fitur canggih, pengerjaan mengatur keuangan bisnis dan usaha Anda menjadi lebih mudah, cepat dan tepat. 

Contoh Laporan Perubahan Modal
Apa yang dimaksud laporan perubahan modal? Bagaimana cara membuatnya dan seperti apa contoh laporan perubahan modal? Sebagai pelaku bisnis, tentu […]
Baca Juga
Program Bengkel Excel untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha Bengkel
Program bengkel excel adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk memudahkan operasional sehari-hari usaha bengkel. Setiap bisnis memiliki cara […]
Baca Juga
Contoh Pembukuan Penjualan untuk Usaha Pemula
Bisnis yang dikelola akan berjalan lancar dan bertahan ketika keuangannya tertata. Oleh karenanya, contoh pembukuan penjualan wajib diterapkan bagi para […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu