Logo Bee Web

Apa itu Modal Ventura? Ini Contoh dan Penjelasannya

Modal ventura adalah jenis pendanaan dalam bentuk pemberian bantuan modal kepada bisnis atau perusahaan swasta dalam rangka investasi.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 17 September 2023

Modal ventura adalah salah satu jenis pendanaan dalam bentuk pemberian bantuan modal kepada bisnis atau perusahaan swasta dalam rangka investasi. Modal ini bisa menjadi solusi pebisnis yang sedang membutuhkan biaya tambahan untuk pengebangan usahanya.

Mengingat modal merupakan hal yang krusial dan memiliki peran yang vital dalam menunjang berdirinya sebuah usaha, kenali dan pelajari lebih dalam tentang modal usaha ventura dari pengertian, sejarah, badan hukum, jenis dan contohnya pada artikel di bawah ini!

Pengertian Modal Ventura Adalah

Modal Ventura Adalah

Ilustrasi bentuk investasi dalam bisnis (Credit: Freepik.com)

Modal ventura adalah bentuk investasi yang memberikan dukungan operasional dan bantuan bisnis untuk jangka waktu tertentu. Modal yang diberikan dalam bentuk uang tunai, dan investor akan menerima sejumlah saham. Investasi ini memiliki risiko dan potensi keuntungan yang tinggi.

Sehingga diperlukan analisis yang menyeluruh sebelum memberikan modal investasi. Oleh karena itu juga biasanya investor modal ventura ini datang dari kalangan yang sudah mapan atau memiliki intuisi keuangan yang mumpuni. Mengingat sumber dana ventura sendiri dapat diperoleh dari pihak bank-bank yang tertarik melakukan investasi.

Pemilik modal disebut sebagai "venturis" atau "investor ventura," memberikan dana dalam bentuk ekuitas atau saham, dan dalam beberapa kasus, mereka juga dapat memberikan saran atau bimbingan kepada pengusaha atau tim manajemen bisnis yang mendapatkan investasi.

Siapa yang biasanya menggunakan ventura sebagai dukungan bisnis? Yakni bisnis rintisan atau startup yang memang sedang membutuhkan dan besar untuk membantu berjalannya operasional mereka. Namun, selain itu perusahaan yang memang membutuhkan juga bisa melakukan pengajuan modal.

Ekosistem ventura di Indonesia terus berkembang, dan sejumlah kawasan teknologi seperti Jakarta dan Bandung telah menjadi pusat perhatian dalam hal investasi  ventura dan perkembangan startup. Meskipun masih ada tantangan yang dihadapi, seperti regulasi dan akses ke sumber daya, sejarah ventura di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang positif dan prospek yang cerah untuk masa depan.

Baca Juga: Mengenal Investasi Jangka Panjang Kunci Bisnis Berkelanjutan

Sejarah Singkat Modal Ventura

Sejarah modal ventura dapat dilacak kembali hingga abad ke-18 di Eropa ketika para pedagang dan pengusaha yang lebih berpengalaman memberikan dana kepada mereka yang ingin memulai bisnis baru. Namun, perkembangan utama dalam industri ventura terjadi pada abad ke-20, terutama di Amerika Serikat. Beberapa titik penting dalam sejarah modal ventura adalah:

  • 1946: Pendirian American Research and Development Corporation (ARDC) oleh Georges Doriot. ARDC dianggap sebagai perusahaan ventura pertama di dunia dan membantu mendanai perusahaan seperti Digital Equipment Corporation (DEC), yang kemudian menjadi perusahaan teknologi terkemuka.
  • 1950-an hingga 1960-an: Industri modal ventura berkembang pesat di Amerika Serikat, terutama di daerah Silicon Valley di California. Perusahaan modal ventura seperti Kleiner Perkins, Sequoia Capital, dan lainnya mulai muncul dan berperan penting dalam mendukung pertumbuhan perusahaan teknologi baru.
  • 1980-an: Era komputer pribadi (PC) membawa gelombang investasi modal ventura baru ke perusahaan teknologi, seperti Microsoft, Apple, dan Compaq. Investasi ini membantu mengubah wajah industri teknologi.
  • 1990-an: Dot-com boom dan kemudian bust di akhir dekade ini menciptakan gejolak di pasar modal. Banyak perusahaan internet mendapatkan investasi besar-besaran, tetapi banyak di antaranya juga mengalami kegagalan.
  • Abad ke-21: Industriventura terus berkembang dan mendukung berbagai bisnis baru di berbagai sektor, termasuk teknologi, kesehatan, energi, dan lainnya. Investasi modal ventura telah menjadi salah satu pendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia.

Sejarah Singkat Modal Ventura di Indonesia

Sejarah modal ventura di Indonesia memiliki perkembangan yang relatif lebih baru dibandingkan dengan negara-negara Barat. Berikut adalah sejarah singkatnya:

  • Awal 1980-an: Meskipun terdapat beberapa aktivitas ventura yang terjadi pada periode ini, sektor ini masih dalam tahap perkembangan awal di Indonesia. Beberapa perusahaan ventura lokal didirikan pada waktu itu, tetapi ekosistemnya masih belum berkembang.
  • 1990-an: Pada tahun ini minat terhadap ventura mulai tumbuh. Beberapa lembaga keuangan dan perusahaan investasi mulai menyediakan ventura untuk bisnis-bisnis lokal yang sedang berkembang.
  • Pada tahun 1997, Kredit Usaha Rakyat (KUR) diperkenalkan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mendukung pengusaha mikro, kecil, dan menengah.
  • Awal 2000an: Perkembangan teknologi dan internet membawa perhatian yang lebih besar terhadap industri startup dan modal ventura di Indonesia. Beberapa perusahaan modal ventura global mulai melirik potensi pasar Indonesia dan mendukung perusahaan startup lokal.
  • 2010-an: Era ini menyaksikan ledakan dalam jumlah perusahaan modal ventura dan investasi di Indonesia, terutama di sektor teknologi. Banyak perusahaan ventura lokal dan internasional mulai aktif beroperasi di Indonesia. Ini adalah periode ketika Indonesia melihat pertumbuhan startup digital yang signifikan.
  • 2020-an: Indonesia terus menjadi salah satu pasar startup yang paling menarik di Asia Tenggara. Pemerintah Indonesia juga berupaya untuk mendukung ekosistem startup dengan kebijakan dan inisiatif yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan modal ventura lokal dan internasional telah menginvestasikan dana besar di berbagai sektor, termasuk e-commerce, fintech, edtech, dan lainnya.

Dasar Hukum Modal Ventura di Indonesia

Contoh Invetasi

Ilustrasi investasi dengan menggunakan saham (Credit: Freepik.com)

# Dasar Hukum Perusahaan Modal Ventura

Dasar hukum perusahaan modal ventura (PMV) di Indonesia diatur dalam beberapa peraturan yakni:

  • Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT)
  • Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 34/POJK.05/2015 tentang Perizinan usaha dan Kelembagaan Perusahaan Modal Ventura (POJK 34/2015)
  • Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 35/POJK.05/2015 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Modal Ventura (POJK 35/2015)

# Badan Hukum Modal Ventura

Badan hukum modal ventura diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Pasar 2 ayat (1) Nomor 34 Tahun 2015, hukum ini secara khusus mengatur perusahaan ventura.

Dimana perusahaan ventura ini sendiri diartikan sebagai badan usaha yang melakukan kegiatan modal usaha ventura, mulai dari pengelolaan dana, kegiatan jasa dan kegiatan usaha lain yang sudah disetujui oleh OJK.

# Ketentuan Permodalan

Syarat dan ketentuan permodalan PMV diatur dalam Pasal 9 ayat (1) POJK 34/2015, meliputi:

  • Badan hukum perseroan terbatas (PT), dengan jumlah modal disetor minimal Rp50 miliar.
  • Badan hukum koperasi, jumlah modal disetor minimal Rp 25 miliar.
  • Badan usaha perseroan komanditer, modal minimal disetor Rp 25 miliar

Jenis-Jenis Modal Ventura

Modal ventura dibedakan menjadi 3 kategori berdasarkan cara pemberian dana, kepemilikan dan bagaimana cara dana dikumpulkan.

1. Ventura Berdasarkan Cara Pemberian

Jenis yang pertama adalah berdasarkan pemerian, yakni terkait bagaimana investor dalam memberikan sumber dana. Dalam hal ini dikelompokkan kembali menjadi 2 jenis, yakni:

a. Single Tier Approach

Single tier approach, yakni cara pemberian modal dimana pihak perusahaan sebagai penghimpun dana dimana pengelolaan dananya diinvestasikan kepada perusahaan lain dalam bentuk modal.

b. Two Tier Approach

Berikutnya, Two Tier Approach adalah jenis pendanaan yang dikelola dua badan usaha, perusahaan pertama berperan sebagai fund company penghimpun dana dan kedua berperan sebagai pengelola dana yang dihimpun atau management company.

2. Ventura Berdasarkan Kepemilikan

Jenis ventura yang kedua adalah berdasarkan kepemilikan, modal yang diberikan pada jenis modal ini cukup signifikan, kepemilikan ini juga dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni:

a. Private Venture Capital Company

Seperti namanya, private venture capital company, dimana perusahaan ini adalah perusahaan ventura swasta dan tidak menawarkan saham di pasar modal Indonesia.

b. Public Venture Capital Company

Sebaliknya, perusahaan ini modal venturanya terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sahamnya dapat dibeli oleh publik.

c. Bank Affiliate Venture Company

Berikut, jenis perusahaan modal ini dikelola oleh beberapa pihak bank, hal ini disebabkan adanya surplus dana.

d. Conglomerate Venture Capital

Selanjutya, conglomerate venture capital yani perusahaanventura yang didirikan swasta oleh beberapa perusahaan besar.

3. Ventura Berdasarkan Cara Dana Dikumpulkan

Jenis ketika dari modal ventura adalah berdasarkan bagaimana cara dana dihimpun atau dikumpulkan, hal ini dibedakan menjadi 2 jenis yakni:

a. Leverage Venture Capital

Leverage Venture Capital merupakan modal yang dikumpulkan dari wujud pinjaman dari berbagai pihak oleh satu perusahaan modal ventura itu sendiri, dengan catatan pihak tersebut dikelola di dalamnya.

b. Equity Venture Capital

berikutnya adalah equity yakni perusahaan modal yang sebagian besar dari dananya dikumpulkan dari dana pribadi.

Contoh Perusahaan Modal Ventura

Sequoia Capital India

Potret logo Perusahaan Sequoia Capital India (Credit: unicorn-nest.com)

Berikut adalah tiga contoh perusahaan ventura yang dikenal baik dan telah berperan dalam mendukung pertumbuhan berbagai startup dan perusahaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia:

1. Sequoia Capital

Pertama ada Sequoia Capital, yakni salah satu perusahaan modal ventura paling terkenal di dunia. Mereka telah beroperasi selama beberapa dekade dan telah berinvestasi dalam beberapa perusahaan teknologi terkemuka, seperti Apple, Google, WhatsApp, Airbnb, dan banyak lainnya. Sequoia Capital memiliki kantor di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, India, dan Cina.

2. CyberAgent Venture

Berikutnya, CyberAgent Venture adalah salah satu perusahaan modal ventura yang berbasis di Jepang. Perusahaan ini adalah salah satu pemain utama dalam ekosistem modal ventura di Jepang dan Asia. Salah satu perusahaan Indonesia yang mendapatkan suntikan dana dari perusahaan ini adalah Tokopedia,

3. 500 Startups

500 Startups adalah perusahaan modal ventura yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat. Mereka memiliki pendekatan yang berbeda dengan menginvestasikan dalam sejumlah besar perusahaan awal (biasanya lebih dari 500 perusahaan).

Dan memberikan dukungan dalam bentuk dana, akses ke jaringan, dan sumber daya lainnya. Mereka telah mendukung berbagai startup di seluruh dunia, dengan fokus pada berbagai sektor, seperti teknologi, kesehatan, dan konsumen.

Manfaat Bisnis Menggunakan Modal Ventura

Ada beberapa keuntungan dan manfaat yang didapatkan bisnis dengan menggunakan bisnis modal ventura:

1. Meningkatkan Efisiensi Pemasaran

Keuntungan yang pertama adalah meningkatkan efisiensi pemasaran, dimana keterbatasan dana akan menjadi penyebab bisnis tidak memiliki pemasaran yang maksimal dan baik. Dengan adanya dana modal ini perusahaan bisa lebih optimal dalam melakukan pemasaran.

2. Mengoptimalkan Potensi Kegiatan Usaha

Jika pemasaran bisa lebih baik maka potensi kegiatan usaha juga akan meningkat, yang mana selain dan patner atau investor juga turun tangan dalam berperan membantu mengembangkan ide dan inovasi. Mereka juga menjadi partner yang berperan dalam membantu mengoptimalkan bisnis yang sedang dikelola.

3. Memperbaiki Rentabilitas

Perusahaan yang menerima bantuan mendapat manfaat dari dukungan keuangan dan peningkatan manajemen, sehingga mereka dapat mengurangi biaya dan meningkatkan profitabilitas.

Baca Juga: Profitabilitas Adalah: Pengertian, Jenis & Cara Menghitungnya

4. Mendapatkan Kepercayaan Pihak Bank

Perusahaan baru menghadapi tantangan dalam mendapatkan kepercayaan dari bank karena kurangnya manajemen yang efektif dan stabilitas sistem. Bank sangat berhati-hati terhadap risiko, takut perusahaan gagal bayar atau bangkrut. Oleh karena itu, memiliki modal yang cukup sangat penting bagi perusahaan-perusahaan ini.

5. Likuiditas Meningkat

Modal yang diberikan tidak mengharuskan perusahaan untuk membayar bunga dan cicilan utang, sehingga dapat langsung bertambah dan digunakan, yang berakibat pada peningkatan likuiditas perusahaan Anda.

Resiko dan Kelemahan Modal Ventura

Salah satu kelemahan dari modal ventura adalah biaya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jangka waktunya, yakni maksimum 5 tahun.

Dengan resiko yang cukup kompleks, yakni mencakup resiko strategi, operasional, aset dan liabilitas, tata kelola, dukungan dana, biaya dan hukum yang cukup besar jika mengalami kegagalan.

Untuk mengurangi resiko ini pihak perusahaan perlu memiliki manajemen bisnis yang baik, termasuk dalam manajemen keuangan. Untuk urusan kelola keuangan Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting.

Bisa untuk kelola laba rugi hingga laba rugi bisnis otomatis, catat penjualan dan pembelian, kontrol stok barang dan masih banyak lagi. yuk KELOLA KEUANGAN bisnis akurat dan mudah dengan klik banner di bawah ini!

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

Tangible Asset atau Aset Berwujud, ini Contoh dan Jenis-Jenisnya
Tangible asset adalah nama lain dari aset berwujud dalam sebuah bisnis yang berperan dalam dalam mendukung operasional bisnis, aset ini
Baca Juga
Konsep Ekonomi Kreatif dan Perannya Bagi Bisnis UMKM
Penerapan ekonomi kreatif telah menjadi pusat perhatian di berbagai negara. Konsep ekonomi kreatif adalah sebuah paradigma baru yang menggabungkan elemen
Baca Juga
7 Contoh Kalimat Auto Reply Chat Shopee dan Ketentuannya
Sebagai pengguna baik pembeli atau penjual pasti tidak asing lagi dengan balasan auto reply dari setiap balasan otomatis dari chat
Baca Juga
Merchant: Pengertian, Jenis, Keunggulan dan Cara Kerjanya
Marketplace yang berperan sebagai wadah bagi para merchant dan menawarkan fasilitas yang lebih mudah untuk dijangkau. Bergabung menjadi merchant tentu
Baca Juga
Usaha Angkringan: Peluang Menjanjikan dengan Modal Kecil
Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang "Usaha Angkringan” yang sedang populer di kalangan para pengusaha pemula. Simak juga
Baca Juga
Mengenal Bisnis FMCG, Produk dan Perusahaannya
FMCG atau Fast Moving Consumer Goods adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang dijual dengan cepat dan sering dikonsumsi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu