Logo Bee Web

13 Contoh UMKM Bisa Dicoba untuk Kalangan Pemula

Ada banyak contoh UMKM yang bisa dicoba untuk para pemula atau yang sedang mencari sampingan, cek selengkapnya di artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 31 August 2023

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, salah satu jenis usaha yang digaungkan pemerintah untuk menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali contoh UMKM yang bisa dicoba.

Sebab, tidak ada batasan siapa saja boleh menjalankan bisnis ini, sehingga untuk Anda para pengusaha pemula coba beberapa usaha UMKM berikut ini:

Apa itu UMKM?

Umkm

Potret UMKM di Gerai Nusantara Bandara Seekarno-Hatta (Credit: tangerangonline.id)

Istilah UMKM merujuk pada kategori usaha berdasarkan skala atau ukuran berdasarkan kriteria tertentu, seperti jumlah karyawan, total aset, atau pendapatan tahunan.

Kriteria yang digunakan untuk mengklasifikasikan usaha sebagai UMKM dapat berbeda antar negara, tetapi secara umum, UMKM didefinisikan berdasarkan beberapa faktor seperti jumlah tenaga kerja, jumlah aset, dan pendapatan tahunan.

Beberapa contoh kriteria yang sering digunakan adalah:

  • Usaha Mikro (UM), usaha dengan jumlah karyawan kurang dari 10 orang dan total aset tidak melebihi batas tertentu, misalnya 50 juta rupiah.
  • Usaha Kecil (UK), usaha dengan jumlah karyawan antara 10 hingga 50 orang dan total aset melebihi batas usaha mikro.
  • Usaha Menengah (UM), usaha dengan jumlah karyawan antara 50 hingga 200 orang dan total aset melebihi batas usaha kecil.

UMKM biasanya berperan sebagai motor penggerak ekonomi lokal, karena mereka dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Banyak program dukungan dan insentif yang ditujukan untuk membantu UMKM berkembang dan bertahan, termasuk pelatihan, pendanaan, akses pasar, dan bantuan lainnya.

Baca Juga: UKM (Usaha Kecil Menengah): Pengertian, Jenis & Tips Suksesnya

Contoh UMKM di Berbagai Bidang Cocok untuk Dicoba

Berikut beberapa contoh UMKM dari berbagai bidang dan penjelasanya:

Contoh Usaha UMKM

Contoh Usaha UMKM (Credit: Freepik.com)

1. Bisnis Kuliner

Contoh pertama ada bisnis kuliner, yakni usaha yang bergerak di sektor makanan dan minuman. Ini mencakup segala jenis kegiatan yang terkait dengan produksi, penyediaan, dan penjualan makanan dan minuman kepada konsumen.

Bisnis kuliner bisa mencakup restoran, cafe, warung makan, catering, food truck, atau bahkan pembuatan produk makanan seperti kue, roti, dan makanan siap saji.

Dalam bisnis ini, inovasi dalam menu, kualitas rasa, dan pengalaman pelanggan sering kali menjadi faktor penting dalam mencapai kesuksesan.

2. Bisnis Produk Kreatif

Selanjutnya adalah bisnis produk kreatif, melibatkan produksi, pemasaran, dan penjualan barang-barang yang memiliki elemen kreativitas dan inovasi.

Produk kreatif ini mencakup berbagai jenis produk seperti kerajinan tangan, dekorasi rumah, perhiasan, barang-barang seni, mainan edukatif, dan banyak lagi.

Sebagai pengusaha dalam bisnis ini sering mengandalkan keunikan produk dan desain kreatif untuk menarik pelanggan. Platform online juga sering digunakan untuk memasarkan dan menjual produk-produk kreatif ini.

3. Bisnis Fashion

Contoh UMKM berikutnya adalah bisnis fashion, melibatkan produksi, distribusi, dan penjualan pakaian, alas kaki, aksesoris, dan produk-produk lain yang berhubungan dengan pakaian.

Seperti busana pria, wanita, anak-anak, pakaian olahraga, pakaian formal, dan pakaian kasual. Dalam era digital, platform e-commerce telah memainkan peran penting dalam menghubungkan pelanggan dengan merek-merek fashion.

4. Bisnis Kecantikan

Contoh Brand Ambassador Produk Kecantikan

Ilustrasi bisnis kecantikan dalam melakukan promosi (Credit: Freepik.com)

Contoh UMKM yang bisa Anda coba selanjutnya adalah bisnis kecantikan, seperti produk hingga perawatan. Mengingat era sekaran kesadaran akan kesehatan kecantikan semakin meningkat. Sehingga bisnis kecantikan ini cukup banyak diminati dan dibutuhkan.

Bisnis kecantikan sangat dipengaruhi oleh tren mode dan gaya hidup, serta tuntutan pasar terhadap produk dan layanan yang meningkatkan penampilan diri. Inovasi dalam produk ini seringkali menjadi faktor penting dalam kesuksesan bisnis kecantikan.

5. Bisnis Jasa Binatu

Ide bisnis UMKM selanjutnya yang bisa dicoba adalah usaha jasa penatu, yakni usaha jasa yang menawarkan pencucian dan perawatan pakaian.

Para pengusaha dalam bisnis ini menyediakan layanan mencuci dan menyetrika pakaian, serta kadang-kadang juga membersihkan barang-barang rumah tangga seperti selimut, gorden, dan sebagainya.

Bisnis jasa binatu seringkali memberikan solusi praktis bagi individu atau keluarga yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan pakaian sendiri.

Keandalan dalam pelayanan, kualitas hasil cuci dan setrika, serta pengaturan logistik yang baik, dapat menjadi kunci sukses dalam bisnis ini.

6. Bisnis Otomotif

Berikutnya adalah bisnis otomatis, bisnis ini berhubungan dengan kendaraan bermotor, termasuk penjualan, perawatan, perbaikan, dan suku cadang. Ini mencakup dealer mobil, bengkel perbaikan, layanan perawatan rutin, dan penjualan suku cadang.

Dengan makin berkembangnya teknologi dalam industri otomotif, bisnis ini juga dapat mencakup kendaraan listrik, mobil otonom, serta teknologi terkait seperti konektivitas dan sistem keamanan. Kualitas pelayanan, keahlian teknis, dan kemampuan untuk mengikuti perkembangan teknologi adalah faktor penting dalam bisnis otomotif.

7. Bisnis Online Shop

Usaha UMKM yang bisa dicoba selanjutnya adalah membuka toko online, jenis bisnis yang melibatkan penjualan produk atau layanan melalui platform online, seperti situs web, media sosial, atau platform e-commerce.

Pemilik bisnis toko online menawarkan berbagai macam produk kepada konsumen, termasuk pakaian, aksesori, elektronik, makanan, dan barang-barang unik. Keuntungan dari model bisnis ini termasuk kemampuan untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan fleksibilitas dalam mengelola bisnis tanpa batasan berdasarkan lokasi.

8. Bisnis Laundry

Bisnis UMKM menjanjikan selanjutnya adalah bisnis Laundry, Anda tahu kan, banyak orang yang berada di usia yang sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Nah, mereka sering kali tidak punya banyak waktu untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka sendiri.

Inilah sebabnya mengapa jasa laundry sangat diperlukan. Anda bisa membayangkan, jika banyak orang yang membutuhkan jasa laundry seperti ini, maka ini bisa menjadi peluang bagus untuk memulai bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan.

Bisnis ini bisa membantu mereka yang sibuk dengan pekerjaan agar tetap punya pakaian yang bersih dan rapi tanpa harus repot-repot melakukannya sendiri. Jadi, jika kamu memiliki ide bisnis seperti ini, bisa jadi akan sukses dan menguntungkan!

9. Bisnis Tour & Travel

Usaha UMKM menjanjikan selanjutnya yang bisa dicoba selanjutnya adalah bisnis tour & travel itu seperti jadi pemandu petualangan bagi orang-orang yang suka jalan-jalan.

Caranya Anda bisa menyiapkan paket liburan lengkap mulai dari perjalanan, tempat nginep, sampe kegiatan seru selama liburan. Kamu bakal jadi kreator pengalaman seru buat pelanggan.

Bayangin aja, Anda bisa bantu orang buat merencanakan liburan mereka dengan asyik dan gak ribet. Jenis bisnis ini cocok untuk Anda yang kreatif, suka traveling, dan punya bakat merangkai perjalanan seru, bisnis ini bisa jadi peluang bagus buat kamu, bro!

10. Bisnis Kebutuhan Anak

Selanjutnya membuka usaha yang berkaitan dengan kebutuhan Anak. Bisnis kebutuhan anak itu artinya Anda bisa menjual berbagai macam barang yang anak-anak suka.

Seperti mainan seru, baju-baju lucu, peralatan bayi yang berguna, makanan khusus buat bayi, dan juga ada layanan yang bisa bantu anak-anak belajar dan hibur mereka.

11. Bisnis Agrobisnis

Hidroponik Adalah

Hidroponik bisa jadi salah satu contoh usaha agrobisnis yang layak untuk dicoba (Credit: Freepik.com)

Agribisnis adalah contoh usaha kecil menengah yang sangat cocok untuk pengusaha yang tertarik pada pertanian. Indonesia sendiri merupakan negara agraris, artinya Anda bisa dengan mudah menemukan inspirasi bisnis dari kegiatan agrobisnis ini.

Seperti, Anda bisa menanam sayuran, buah-buahan, dan hewan. Anda dapat meninjau kondisi pasar setiap komoditas untuk membantu memilih peluang usaha mikro, kecil, dan menengah mana yang tepat bagi Anda.

Baca Juga: Hidroponik Adalah Menanam Tanpa Tanah, Ini Peluang Bisnisnya!

12. Usaha Peternakan

Tidak hanya pertanian, peternakan juga termasuk dalam bidang usaha agrobisnis yang layak untuk dicoba. Contoh UKM di industri peternakan ini bisa menjadi inspirasi bisnis yang bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya.

Anda mungkin sering menjumpai kawasan ini saat berkunjung ke pasar tradisional atau penjual makanan. Peternakan didominasi oleh penjualan hewan. Mirip dengan contoh sebelumnya, ada peluang besar di industri ini juga. Beberapa contoh peternakan antara lain ayam broiler, telur, sapi perah, kambing, dll.

13. Bisnis Pendidikan

Berikutnya adalah bisnis pendidikan, seperti kelas dan pelatihan langsung sangat populer, baik dengan siswa saat ini maupun mereka yang ingin menambah keterampilan khusus.

Jika Anda ingin menekuni bisnis di bidang ini, Anda harus mengenali kemampuan diri sendiri sebagai modal awal. Selain itu juga memberikan keuntungan yang tidak dapat diperoleh pengguna melalui pembelajaran online saja

Kesimpulan

Dalam era globalisasi ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam perekonomian suatu negara. Anda bisa mencoba salah satu jeis usaha di atas untuk memulai bisnis sebagai pemula.

Yuk, optimalkan pengelolaan bisnis UMKM Anda dengan mudah melalui software akuntansi online Beecloud, yang memungkinkan Anda mengelola bisnis di manapun dan kapan saja.

Tingkatkan efisiensi dan pantau kinerja bisnis Anda secara real-time dengan Beecloud. Mulai hari ini, raih kesuksesan bisnis Anda dengan kemudahan dan kepraktisan Beecloud!

Beecloud Untuk Laporan Keuangan Usaha Umkm

IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan Fungsinya bagi Pebisnis
IMB adalah singkatan dari izin mendirikan bangunan, yakni suatu persyaratan resmi yang diperlukan sebelum memulai konstruksi bangunan baru. Pemberian IMB
Baca Juga
7 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba
Secara bahasa, waralaba diambil dari bahasa prancis, yaitu franchise yang berarti hak atau kebebasan. Berdasarkan arti tersebut. Waralaba bisa diartikan
Baca Juga
Analisis Resiko Usaha: Penyebab, Jenis dan Cara Identifikasinya
Dalam dunia bisnis yang penuh dengan tantangan, risiko usaha menjadi faktor yang tidak dapat dihindari. Kewirausahaan selalu melibatkan potensi kerugian
Baca Juga
3 Penting Komponen Laporan Keuangan dan Pembagiannya
Laporan keuangan menjadi sumber informasi penting serta dasar dalam mengambil keputusan demi terjadinya bisnis yang sehat. Komponen laporan keuangan sendiri
Baca Juga
Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online Pada Android
Hampir seluruh kemasan produk, jasa pembayaran, dan keperluan lain kini menggunakan pemindai barcode online untuk kemudahan transaksi. Selain karena kegunaannya
Baca Juga
Cara Membaca Barcode untuk Software Kasir Bisnis
Cara membaca barcode diperlukan untuk memudahkan penginputan barang pada aplikasi kasir saat melakukan transaksi di sebuah usaha. Biasanya, usaha yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu