🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

11 Komponen, Fungsi dan Contoh Perencanaan Bisnis

Sedang mencari contoh perencanaan bisnis? Klik artikel berikut ini dan dapatkan informasi rencana bisnis dengan secara lengkap dan mendalam
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 6 June 2023

Perencanaan sebuah usaha merupakan langkah yang penting sebelum Anda menjalankan bisnis apapun dan mencari contoh perencanaan bisnis menjadi solusi jika Anda masih pemula. Rencana bisnis memiliki peran yang penting karena bisa memenuhi beberapa tujuan.

Diantaranya, menetapkan fokus usaha Anda, memaksimalkan peluang, meminimalkan resiko, serta mendapatkan dana. Rencana bisnis juga memiliki fungsi serta komponen yang beragam.

Keuntungan Melakukan Perencanaan Bisnis

rencana bisnis

Melakukan perencaan bisnis akan memudahkan proses pelaksanaan bisnis di masa yang akan datang (Credit: Freepik.com)

Bisnis wajib Anda bangun perencanaan yang siap sehingga bisa mencapai kesuksesan. Oleh sebab itu, penulisan rencana bisnis mempunyai beragam fungsi seperti dibawah ini.

1. Mendapatkan Model Usaha Secara Lengkap

Fungsi pertama dari rencana usaha ialah mendapatkan model usaha yang akan dibangun lebih lengkap. Perusahaan yang baru Anda rintis memerlukan strategi serta perencanaan yang siap supaya pemilik mempunyai panduan dalam mengarahkan usahanya.

2. Target Pasar Lebih Jelas

Masih ada orang yang membangun usaha tanpa memahami konsep dari target pasar yang ingin dicapai. Akibatnya, orang-orang tersebut hanya sekedar membangung tanpa memikirkan siapa saja target pelanggan yang disasar.

Padahal, saat merancang usaha, Anda wajib menentukan target calon pelanggan lebih awal. Jika target telah ditetapkan, strategi pemasaran dapat Anda buat dengan lebih efektif.

Baca Juga: 7+ Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis UMKM

3. Rencana Usaha Lebih Terarah

Contoh Mind Map Business Plan

Contoh Mind Map Bisnis Plan (Sumber: https://moqups.com/)

Jika dokumen rencana usaha sudah dibuat sejak awal, Anda beserta tim dapat mengembangkan usaha dengan lebih terarah. Anda tidak lagi kesulitan dengan harus melakukan riset atau survey terlebih dahulu.

Contoh perencanaan bisnis memiliki peran sebagai peta jalan usaha. Hal ini membuat Anda sebagai pemilik usaha lebih fokus pada tiap tahapan yang wajib ditempuh untuk melakukan perkembangan.

Di dalam rencana usaha ini tercantum beragam informasi. Diantaranya, tujuan, tahapan strategis, serta cara supaya usaha Anda dapat berkembang sampai sukses sejak dirintis.

11 Komponen dalam Perencanaan Bisnis

Komponen yang ada dalam perencanaan bisnis terdiri atas 11. Dimulai dari ringkasan usaha, melakukan analisis pasar, manajemen serta organisasi, deskripsi produk atau layanan, hingga dokumen lampiran.

1. Ringkasan Usaha

Ringkasan merupakan bagian pertama dari rencana bisnis. Bagian ini menjelaskan tentang sebuah gambaran yang umum mengenai rencana bisnis secara keseluruhan serta memperhatikan apa yang akan ditonjolkan oleh rencana usaha tersebut.

Komponen perencanaan bisnis ini wajib pernyataan misi dari organisasi bisnis Anda. Selain itu, juga ada produk serta layanan yang nantinya Anda jual ke pelanggan.

Jika rencana bisnis ini merupakan perusahaan yang masih baru, Anda dapat memasukkan mengapa Anda memulai perusahaan. Hal ini akan bisa menarik atensi orang hingga tertarik membaca lebih jauh.

2. Membuat Deskripsi

Buatlah deskripsi yang jelas serta bisa dipahami secara mudah oleh banyak orang. Deskripsi ini wajib menunjukkan bentuk serta produk yang akan dijual, untung ruginya, harga yang ditentukan, biaya operasional, serta sistem kerja sebuah bisnis.

3. Melakukan Analisa Pasar

Tujuan melakukan analisa pasar ialah melakukan identifikasi target pasar. Faktor yang bisa Anda bahas seperti lokasi pasar, masalah yang dialami target, apa yang diperlukan target pasar, demografi, serta platform apa yang sering dipakai target pasar Anda.

4. Melakukan Analisa Kompetitor

Tujuan dari Anda melakukan analisa kompetitor yakni bisa menentukan strategi yang tepat untuk bisnis agar target bisa dicapai. Anda perlu menganalisis secara mendalam tentang kekuatan serta kelemahan dari kompetitor Anda.

5. Melakukan Strategi Pemasaran

Bagian ini berisi bagaimana perusahaan memasarkan produk secara detail. Ada 5 isi yang harus ada di dalam bagian ini. Diantaranya, strategi pemasaran produk yang tepat, harga produk, strategi untuk melakukan penjualan.

Kemudian, alasan target Anda wajib membeli produk yang dijual oleh perusahaan daripada produk kompetitor dan keunikan yang ada di dalam produk tersebut. Adanya strategi pemasaran yang bagus, potensi mendapatkan kesuksesan bisa lebih besar.

Pastikan Anda memikirkan tentang promosi, target, media, tempat, serta biaya agar tidak rugi. Rencanakan juga semua anggaran secara tepat dan teliti agar Anda dapat menghitung segala kemungkinan yang muncul.

6. Manajemen serta Organisasi

Pada bagian ini, wajib Anda cantumkan rincian manajemen usaha serta strategi organisasi Anda. Jelaskan juga para pemimpin perusahaan, kualifikasi, serta tugas mereka di dalam bisnis. Selain itu, masukkan juga struktur hukum perusahaan Anda.

7. Desain Pengembangan

Rencana desain serta pengembangan bisnis digunakan untuk menampilkan tahapan perencanaan dari produk, grafik pengembangan dalam hal produksi, serta penjualan. Bagian ini juga mempengaruhi perencanaan pembiayaan bisnis.

8. Deskripsi Produk atau Layanan

Untuk bisa memperluas rincian produk serta layanan yang ditawarkan perusahaan, Anda bisa mencantumkan bagian deskripsi produk atau layanan. Cantumkan juga seluruh informasi yang sesuai dengan produk atau layanan tersebut.

Dengan mempunyai produk yang berkualitas atau layanan yang membuat pelanggan puas, dapat dipastikan pelanggan Anda lebih setia. Tetap pertahankan seluruh kualitas agar Anda tetap dipercaya oleh pelanggan.

Baca Juga: 11 Tips Copywriting untuk Deskripsi Produk yang Menarik

9. Rencana Operasional serta Manajemen

Bagian ini dibuat agar menjelaskan bagaimana bisnis akan berjalan serta berkelanjutan. Komponen ini memiliki fokus pada kebutuhan logistik perusahaan, seperti keperluan anggaran serta pengeluaran yang berhubungan dengan operasional perusahaan.

10. Menghitung Pembiayaan

Ada tugas penting yang wajib direncanakan dalam komponen pembiayaan. Diantaranya, dari mana sumber dana perusahaan berasal serta bagaimana mengatur anggaran supaya lebih efektif.

Ada beberapa dokumen keuangan yang diperlukan untuk bisa menyusun faktor pembiayaan. Diantaranya, laporan keuangan, arus kas, neraca, serta analisis pengembalian modal.

11. Dokumen Lampiran

Dokumen lampiran merupakan komponen berikutnya yang wajib ada di dalam rencana bisnis Anda. Isi yang ada di dokumen ini yaitu informasi tambahan agar bisa mendukung rincian yang dijelaskan dalam rencana Anda lebih lanjut.

Contoh Perencanaan Bisnis

Pada sub bagian ini, tercantum contoh dari rencana bisnis berupa gambar. Selain itu, dijelaskan juga langkah membuat rencana bisnis sehingga bisa diikuti oleh Anda yang masih pemula.

#Download Contoh Perencana Bisnis

Ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa dicoba, mulai dari bisnis makanan, warnet, ritel dan masih banyak lagi lainnya. Berikut beberapa contoh perencanaan bisnis yang bisa Anda download di bawah ini

download

Langkah dalam Membuat Rencana Usaha

Ada 4 langkah utama dalam membuat rencana usaha yang baik. Mulai dari melakukan riset, menentukan target, menyusun struktur organisasi, serta perencanaan anggaran.

1. Melakukan Riset

Anda wajib melakukan riset secara mendalam agar rencana bisnis bisa lebih siap. Riset ini bisa terdiri atas produk, potensi produk, target pelanggan, serta lainnya.

2. Menentukan Target

Pada target pasar ini, Anda perlu menyesuaikannya dengan harga produk. Namun, harga dari barang Anda juga memiliki pengaruh terhadap kualitasnya.

3. Merancang Struktur dari Organisasi Bisnis

Struktur organisasi terdiri atas pihak yang telah dipilih untuk melaksanakan tugas serta kewajiban tertentu. Organisasi usaha ini wajib dijelaskan sejak awal.

Hal ini supaya tujuan organisasi bisnis Anda dapat dicapai. Struktur organisasi terdiri atas beberapa hal. Mulai dari struktur fungsional, komite, tim kerja, hingga divisional.

4. Perencanaan Anggaran

Pada langkah perencanaan anggaran ini, Anda perlu memperhitungkan modal awal, anggaran dasar yang diperlukan, serta proyeksi keuntungan yang diperoleh secara rinci. Rencana usaha seharusnya telah Anda buat sejak berencana membangun bisnis.

5. Memanfaatkan Teknologi

Untuk memudahkan pengelolaan bisnis, Anda bisa memanfaakan software akuntansi online Beecloud, baik dalam perencanaan awal, operasional hingga evaluasi.

Kenapa perlu menggunakan software akuntansi? Sebab, Anda bisa lebih mudah dalam memantau, mengontrol dan mengelola bisnis tanpa perlu pusing lagi dengan masalah keuangan bisnis yang tidak ada akhirnya.

Beecloud juga dilengkapi dengan manajemen stok lengkap dengan laporannya yang sudah dijamin akurat. Simak informasi selengkapnya pada banner di bawah ini:

Beecloud Untuk Berbagai Usaha Mulai Ritel Hingga Pabrik Produksi

Kesimpulan

Tujuan dari rencana usaha ialah untuk mengarahkan Anda sebagai pemilik bisnis agar dalam menjalankan perusahaan bisa dengan baik. Ada 11 komponen dalam perencanaan usaha yang seharusnya Anda buat.

Dalam komponen menghitung pembiayaan di contoh perencanaan bisnis, Anda perlu membutuhkan beberapa dokumen keuangan. Untuk memenuhi seluruh dokumen keuangan perusahaan Anda bisa memakai bantuan Beecloud agar mempermudah tugas.

Selain komponen, Anda perlu memahami fungsi beserta langkah apa saja yang wajib dilakukan sebelum merencanakan bisnis. Melakukan pencarian pada contoh rencana bisnis bisa mempermudah Anda dalam memahami serta menyusunnya.

Pahami 8 Komponen Penting dalam Perencanaan Bisnis
Apakah Anda seorang pebisnis yang sedang mencari ide bisnis yang menjanjikan? Apakah Anda ingin memastikan bahwa bisnis Anda berada di
Baca Juga
10 Karakteristik Wirausaha, Apakah Anda Termasuk?
Pada saat ini banyak orang yang memilih untuk menjadi wirausahawan. Hal tersebut dikarenakan menjadi seorang wirausahawan mempunyai pendapatan yang cukup
Baca Juga
Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi sudah bisa membantu segala pekerjaan supaya lebih mudah untuk dilakukan. Seperti halnya menjalankan
Baca Juga
9 Ide Bisnis Kerajinan Budaya Lokal yang Menguntungkan
Pernah mendengar usaha kerajinan lokal atau kerajinan daerah? Dalam dunia bisnis, terkadang mencari ide bisnis yang unik dan berpotensi sukses
Baca Juga
Software Kasir Android; 8 Fitur Andalan Bee.id
Di era menjamurnya bisnis jual beli online, banyak orang berbondong-bondong mencari software kasir Android. Tidak peduli seberapa besar omset atau
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Mikro Online 2022
Untuk para pengusaha mikro maupun menengah, mengurus sebuah surat perizinan menjadi salah satu langkah penting ketika mendirikan sebuah bisnis. Cara
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu