🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal E Wallet Serta Cara Kerja dan Jenisnya di Indonesia

E Wallet merupakan aplikasi dompet digital yang bisa digunakan untuk transaksi keuangan lewat perangkat mobile dengan internet yang stabil
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 19 February 2023

Seiring berkembangnya teknologi manusia kian diberi kemudahan dalam berbagai hal, salah satunya saat melakukan pembayaran transaksi online digital. Transaksi digital kini lebih mudah berkat adanya bantuan E Wallet atau aplikasi dompet digital terpercaya yang bisa dipasang pada smartphone.

Dengan menggunakan aplikasi dompet digital, maka Anda hanya tinggal membawa smartphone kemana saja sesuai keperluan untuk melakukan pembayaran. Kini sudah merambah dalam berbagai bidang seperti marketplace, pedagang kaki lima, merchant, rumah makan, dan lainnya.

Apa Itu E Wallet?

Dompet Digital

Ilustrasi Pembayaran Menggunakan E Wallet (Sumber: Freepik.com)

Mungkin istilah tersebut sudah akrab di kalangan anak muda, namun beberapa kalangan usia dewasa lebih mengenal aplikasi dompet digital. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pembayaran digital yang mulai bermunculan dan memudahkan masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivitas.

E Wallet merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan lewat perangkat mobile dan perantara internet yang stabil. Apa saja kegunaan aplikasi dompet digital? Anda bisa menggunakannya untuk membeli pulsa, membayar tagihan, transaksi online, TV kabel, dan lain-lain.

Selain bisa bermanfaat untuk melakukan transaksi pembayaran online, dompet digital juga bisa untuk menyimpan uang atau semacam tabungan online. Ketika ingin menggunakan uang, maka Anda tinggal mentransfernya ke rekening bank, baru bisa mengambilnya lewat ATM terdekat.

Pembayaran via dompet digital, akan memungkinkan setiap orang bisa melakukan pembayaran secara cashless. Anda tidak perlu repot-repot membawa uang cash dalam jumlah banyak, apalagi zaman sekarang terlalu berisiko mengundang tindakan kriminal yang membahayakan diri sendiri.

Cara Kerja E Wallet/ Dompet Digital

Memang tidak dapat dipungkiri aplikasi dompet digital sangat ramah digunakan berbagai kalangan. Masih ada yang belum tahu cara kerjanya? Langkah pertama, Anda perlu mengaktifkan akun dompet digital. Setelah itu, lakukan pengisian saldo dompet digital lewat M-Banking, merchant, atau metode lain.

Seiring berkembangnya teknologi, aplikasi dompet digital hadir dengan fitur yang lebih lengkap dan bisa melakukan pembayaran via online maupun offline. Untuk melakukan pembayaran via online, maka Anda tinggal mengkoneksikan aplikasi dompet digital dengan jenis pembayaran yang ingin dilakukan.

Pembayaran dompet digital via offline dilakukan dengan menggunakan scan pada barcode yang tertera. Cara lainnya, pengguna bisa melakukan transfer uang ke dompet digital lewat akun orang lain dengan aman tanpa harus repot-repot mengunjungi tempat pengisian saldo lainnya.

Fungsi dan Fitur E Wallet Pada Umumnya

Apa Itu E Wallet?

Membayar Tagihan Menjadi Salah Satu Fungsi dari E Wallet (Sumber: Freepik.com)

Untuk lebih mudah menggunakannya, maka Anda harus memahami fungsi atau fitur dompet digital yang banyak digunakan pada umumnya. Aplikasi tersebut sudah dibekali dengan keamanan password yang bisa membuat proses penyimpanan dana dan transaksi keuangan berjalan mudah.

1. Melakukan Transaksi Online

E Wallet adalah salah satu teknologi yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi online. Transaksi online yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi dompet digital misal membayar uang belanjaan di e-commerce, membayar makanan di restoran, dan tempat lainnya.

2. Transfer

Aplikasi dompet digital tidak hanya bisa bermanfaat untuk melakukan pembayaran via online maupun offline, tetapi dilengkapi dengan fitur transfer. Anda bisa menggunakannya untuk transfer ke rekening bank, antar dompet digital yang sama ataupun berbeda sekalipun.

Untuk keperluan transfer ke dompet digital yang sama biasanya Anda tidak akan dikenakan biaya admin. Jika berkirim uang ke rekening bank hanya akan dibebankan biaya transaksi sekitar Rp1.500,- sampai dengan Rp2.500,-. Termasuk terjangkau bukan?

3. Digunakan untuk Membayar Tagihan

E Wallet bisa digunakan untuk membayar tagihan dalam berbagai layanan misal pembayaran WiFi, PDAM, PLN, dan masih banyak lagi. Anda tidak repot meminta bantuan orang lain atau datang langsung ke kantor yang bersangkutan untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

4. Melakukan Pengisian Paket Data atau Pulsa

Aplikasi dompet digital sudah bisa terintegrasi dengan banyak provider telekomunikasi yang ada di Indonesia. Sekarang tidak perlu repot-repot datang ke konter untuk membeli pulsa atau paket data, tinggal gunakan fitur dari dompet digital dan nantinya akan banyak pilihan yang tersedia.

5. Menyimpan Uang (Tabungan)

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, aplikasi dompet digital bisa dimanfaatkan untuk simpan uang atau menabung. Memang nominal uang yang akan disimpan tidak sebesar di Bank, namun dompet digital bisa menjadi sarana yang sangat mudan dan aman.

Aplikasi dompet digital masih bisa melakukan transaksi lainnya secara offline dengan hadirnya pilihan merchant yang lebih lengkap. Kini pembayaran toko belanja, toko buku, restoran, rumah sakit, dan tempat layanan lainnya bisa langsung tinggal scan barcode pada fitur E Wallet.

Jenis-Jenis E Wallet yang Digunakan di Indonesia

Dompet Digital Di Indonesia

Beberapa E Wallet Populer di Indonesia (Sumber: wananow.id)

Saat ini sudah banyak sekali pilihan dompet digital yang bisa digunakan oleh masyarakat. Tiap aplikasi pastinya menawarkan keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. Berikut ini dompet digital yang paling populer dan sudah digunakan oleh jutaan rakyat Indonesia.

1. OVO

Aplikasi OVO sudah berhasil menguasai lebih dari 70% aktivitas transaksi dan tersedia banyak pusat perbelanjaan yang ada di Indonesia. Anda bisa menggunakan OVO untuk melakukan transaksi belanja online, pesan antar, transportasi, transfer antar bank, dan masih banyak lagi.

2. DANA

Aplikasi DANA sudah berhasil terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil sehingga memudahkan proses approval lebih cepat. Aplikasi tersebut juga sudah terhubung dengan ATM Bersama dan BPJS untuk melakukan kegiatan transaksi apapun.

3. GoPay

Aplikasi E Wallet satu ini tentunya sangat popular karena di bawah naungan Gojek. Aplikasi ini sudah mendapatkan legalitas resmi dari Bank Indonesia, sehingga keamanannya terjamin. Anda bisa menggunakannya untuk isi pulsa, memesan makanan, transport, jasa kirim, dan lain-lain.

4. ShopeePay

Marketplace Shopee sudah meluncurkan dompet digital yang dinamakan dengan ShopeePay. Namun Anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk bayar tagihan Shopee, tetapi bisa digunakan untuk transaksi lainnya seperti pulsa listrik, paket data, transfer, dan masih banyak lagi.

Shopeepay

Shopeepay Salah Satu E Wallet Populer di Indonesia (Sumber: Shopee)

5. LinkAja

Perlu Anda ketahui, Link Aja diluncurkan oleh perusahaan besar yang ada di Indonesia seperti Himpunan Bank Milik Negara, Telkomsel, dan Pertamina. Berkat banyaknya sinergi yang ada dalam produk tersebut, maka fitur yang dihadirkan akan sangat memudahkan.

6. DOKU

Aplikasi dompet digital diluncurkan oleh PT Nusa Satu Inti Artha dengan menghadirkan sejumlah layanan pembayaran. DOKU sudah menyediakan fitur keamanan untuk menjamin akun pengguna tetap privasi dan tidak mudah dibobol oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

7. Sakuku

Aplikasi E Wallet Sakuku dikembangkan oleh Bank BCA. Aplikasi sebenarnya dibagi menjadi 2 jenis yaitu Sakuku Plus dan Sakuku. Untuk penyimpanan dana maksimal Rp2 juta bisa dengan menggunakan Sakuku, sedangkan Sakuku Plus untuk penyimpanan dana mencapai Rp10 juta.

8. Jenius

Jenius dikembangkan oleh Bank BTPN, dimana sudah memiliki legalitas resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pengguna Jenius bisa memanfaatkannya untuk membuat akun Paypal, membayar aneka transaksi QRIS, dan menggunakan aneka fitur lainnya.

Tips Kasir Praktis dengan Beepos

Dengan segala macam keuntungan dan kemudahan yang dihadirkan E wallet seperti diatas tentunya menarik banyak pengguna. Sebagai pengusaha, Anda wajib bisa membaca peluang yang ada.
Jika banyak konsumen yang menggunakan pembayaran dompet digital maka Anda juga sebaiknya menyediakan sistem pembayaran tersebut.

Caranya bagaimana? Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, dengan fitur kasir yang praktis lengkap dengan metode pembayaran e-wallet dengan QRIS. Bisnis akan menjadi lebih kekinian dan mudah diatur.
Bp Bayar Pakai Qris
Selain kasir, Anda juga akan mendapatkan fitur lainnya sebab Beepos sudah terintegrasi dengan software akuntansi online Beecloud. Laporan lengkap dari laba rugi sampai akuntansi, bisa cek stok yang sudah pasti akurat. Pebisnis kini bisa fokus scale up.

Selain aplikasi yang sudah disebutkan di atas, masih banyak E Wallet lainnya yang baru saja dirilis oleh perusahaan fintech ataupun Perbankan. Tiap aplikasi pastinya menawarkan fitur yang memberi kemudahan bagi masyarakat, sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Laporan Keuangan Interim: Perbedaan, Tujuan dan Komponen
Laporan Keuangan Interim adalah salah satu landasan penting dalam memberikan gambaran kesehatan keuangan perusahaan dalam jangka waktu yang lebih singkat.
Baca Juga
Apa itu Biaya Penyusutan Alat? Begini Cara Menghitungnya
Biaya penyusutan alat adalah hal yang mengacu pada penyebaran biaya peralatan setelah dikurangi nilai sisa sepanjang umur peralatan tersebut. Selanjutnya, 
Baca Juga
5 Hal yang Dapat Dilakukan dengan Laporan Keuangan
Dalam menjalankan usaha, banyak sekali yang harus dilakukan. Salah satunya, adalah membuat laporan keuangan. Bisnis yang besar maupun bisnis kecil
Baca Juga
Laporan Rugi Laba Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya
Laporan rugi laba adalah salah satu laporan keuangan bisnis yang digunakan untuk melaporkan kinerja keuangan dalam kurun waktu tertentu. Sudahkah
Baca Juga
Laporan Posisi Keuangan adalah dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Setiap perusahaan memerlukan laporan posisi keuangan dengan rincian yang jelas. Laporan jenis ini hadir dengan banyak sekali fungsi yang semestinya
Baca Juga
Perhitungan Laba Rugi dalam Laporan Keuangan Perusahaan
Dаlаm menjalankan usaha аtаu bіѕnіѕ, diperlukan perhitungan laba rugi dalam laporan keuangan perusahaan untuk mеngеlоlа uѕаhа. Inі tеrmаѕuk kеgіаtаn perusahaan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu