⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023

Di artikel ini dibahas 10 contoh strategi pemasaran produk makanan dan minuman yang bisa Anda terapkan di tahun 2023, berikut juga tipsnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Monday, 20 March 2023

Bisnis sukses, dikenal banyak orang sampai menjadi pilihan utama konsumen ketika akan membeli produk sejenis, salah satu caranya adalah paham mengenai strategi marketing. Nah, berikut ini contoh strategi bisnis pemasaran produk yang bisa Anda coba. Khususnya, bisnis yang bergerak di bidang F&B.

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Cara Membangun Brand Adalah Lakukan Promosi

Adanya Promosi Menjadikan Peluang Bisnis Dikenal Banyak Orang (Credit: Freepik.com)

Strategi pemasaran adalah rencana terstruktur yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka agar bisa dikenal dan diminati oleh calon konsumen. Strategi pemasaran melibatkan analisis pasar, penentuan target pasar, pengembangan merek, serta penyusunan kebijakan harga, promosi, dan distribusi.

Dengan mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek Anda, menarik lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai macam taktik, seperti kampanye iklan, pemasaran email, media sosial, atau pengalaman pelanggan yang unik.

Dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi calon konsumen Anda, serta mengikuti tren pasar terkini. Selain itu, Anda juga harus memantau kinerja pemasaran Anda dan menyesuaikan strategi jika diperlukan agar bisa mencapai tujuan bisnis Anda.

10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan yang Mudah Diterapkan

Sebagai pengusaha food and beverage, Anda tentu ingin mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk Anda. Berikut adalah 10 contoh strategi pemasaran produk makanan dan minuman yang dapat Anda terapkan:

1. Penawaran Paket Hemat

Contoh Pemasaran Produk

Potret Contoh Strategi Pemasaran Produk dengan Program Paket Hemat (Credit: Gokana Ramen & Teppan)

Contoh strategi pemasaran produk makanan pertama adalah Paket Hemat. Salah satu strategi pemasaran produk makanan yang efektif adalah dengan menawarkan paket hemat.

Misalnya, sebagai pengusaha makanan, Anda bisa membuat paket hemat yang terdiri dari beberapa jenis menu dengan harga lebih murah dibandingkan jika membeli satu per satu.

Contohnya, Anda bisa membuat paket hemat nasi kotak yang terdiri dari nasi, ayam goreng, telur dadar, dan sayuran dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika membeli satu per satu. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan paket hemat untuk minuman, seperti buy 1 get 1 atau diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

2. Berikan Diskon di Hari-Hari Tertentu

Contoh strategi pemasaran produk minuman selanjutnya adalah Diskon di Hari Tertentu. Sebagai pengusaha makanan, Anda bisa memberikan diskon pada hari tertentu, seperti hari ulang tahun konsumen atau hari raya tertentu seperti Lebaran atau Natal.

Contohnya, Anda bisa memberikan diskon 10% pada hari ulang tahun konsumen atau memberikan diskon khusus pada saat menjelang hari raya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu, misalnya diskon 20% untuk pembelian minimal 200 ribu rupiah.

3. Promosikan Produk Melalui Influencer

Menggunakan Jasa Influencer

Potret Promosi Produk Makanan Menggunakan Jasa Influencer (Credit: bisnis.com)

Contoh pemasaran strategi produk makanan yang efektif lainnya adalah dengan mempromosikan produk melalui influencer. Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar di media sosial dan bisa membantu memperkenalkan produk makanan Anda kepada khalayak yang lebih luas.

Anda bisa memilih influencer yang memiliki followers dengan target pasar yang sesuai dengan produk makanan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki produk makanan sehat, maka Anda bisa mencari influencer yang memiliki followers yang peduli dengan gaya hidup sehat dan olahraga.

Dalam postingan tersebut, influencer bisa memberikan review positif tentang produk makanan Anda dan menambahkan link untuk pembelian langsung.

4. Penjualan Online

Contoh strategi pemasaran produk minuman yang sangat efektif saat ini adalah dengan menjual produk secara online. Dalam era digital ini, banyak orang lebih memilih untuk membeli barang atau produk secara online karena lebih mudah dan praktis.

Anda bisa memanfaatkan platform online seperti website, toko online atau marketplace untuk menjual produk makanan Anda. Contohnya, jika Anda menjual kue, maka Anda bisa membuat toko online di Instagram atau website yang berfokus pada penjualan kue.

Anda juga bisa menjual produk makanan Anda melalui marketplace seperti Shopee atau Tokopedia.

5. Penawaran Produk Baru

Contoh Strategi Pemasaran Produk

Contoh Peluncurn Varian Rasa Baru McDonald's (Credit: mcdonalds.co.id)

Penawaran produk baru adalah salah satu contoh strategi pemasaran yang sering digunakan oleh bisnis makanan dan minuman untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan penjualan.

Contohnya adalah meluncurkan varian rasa baru atau produk dengan kemasan yang lebih menarik seperti snack dengan rasa baru, minuman dengan varian rasa baru, atau makanan dengan bahan-bahan yang baru.

Bisnis juga dapat mengambil pendekatan lebih kreatif seperti menyajikan makanan atau minuman dengan tampilan yang unik dan menarik perhatian konsumen. Hal ini dapat meningkatkan minat konsumen untuk mencoba produk baru dan menjadi peluang bagi bisnis untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

6. Pelayanan Cepat

Pelayanan cepat adalah contoh strategi pemasaran yang sangat penting untuk bisnis makanan dan minuman. Dalam bisnis ini, pelanggan biasanya mencari makanan dan minuman yang cepat disajikan tanpa harus menunggu terlalu lama.

Contohnya adalah dengan menyediakan menu makanan yang sudah disiapkan sebelumnya, sehingga ketika pelanggan memesan, pesanan dapat disajikan secara cepat. Selain itu, bisnis juga dapat mempertimbangkan penggunaan teknologi seperti aplikasi pemesanan online, mesin self-service, atau sistem pemesanan melalui telepon untuk mempercepat proses pesanan.

Pelayanan cepat dapat memberikan pengalaman yang positif kepada pelanggan, membuat mereka kembali lagi ke bisnis Anda dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

7. Packaging yang Menarik

Analisis Swot Pada Bisnis Makanan Ringan

Potret beragam produk dengan kemasan menarik

Contoh strategi pemasaran produk makanan ketujuh adalah Packaging yang Menarik. Desain kemasan produk yang menarik dapat menarik perhatian pelanggan. Contohnya, bisnis dapat menggunakan kemasan yang unik dan menarik perhatian seperti kemasan dengan desain yang lucu atau dengan ukuran yang kecil yang mudah dibawa-bawa.

Selain itu, bisnis juga dapat mempertimbangkan penggunaan kemasan yang ramah lingkungan seperti kemasan yang dapat didaur ulang atau kemasan yang terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan.

Dengan memperhatikan kemasan, bisnis dapat menarik perhatian pelanggan potensial dan membedakan produk Anda dari produk pesaing.

8. Penjualan di Tempat yang Strategis

Penjualan di tempat yang strategis merupakan salah satu contoh strategi pemasaran produk minuman yang efektif. Beberapa contohnya adalah membuka gerai atau toko di pusat perbelanjaan, pasar tradisional, stasiun atau terminal, atau bahkan di tempat wisata yang ramai pengunjung.

Sebagai contoh, Anda dapat membuka gerai makanan di pusat perbelanjaan atau pasar tradisional yang memiliki pengunjung yang ramai setiap hari. Dengan menempatkan gerai Anda di lokasi yang strategis, maka pelanggan potensial akan lebih mudah menemukan dan membeli produk makanan Anda.

Selain itu, dengan menempatkan gerai di lokasi yang strategis, Anda juga dapat meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan pasar Anda.

9. Berikan Sampel Produk

Memberikan Sampel Produk Secara Gratis

Memberikan Sampel Produk Secara Gratis (Credit: aboutthedetailsthatmakethedifference.blogspot.com)

Contoh strategi pemasaran produk makanan dan minuman yang terakhir adalah Berikan Sampel Produk. Berikan sampel produk secara gratis kepada pelanggan untuk mencoba produk Anda. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan terhadap produk Anda.

Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat meningkatkan penjualan produk makanan dan minuman Anda.

10. Promosikan Produk Melalui Instagram

Salah satu contoh dari strategi pemasaran makanan melalui media sosial adalah dengan memanfaatkan Instagram. Anda dapat membuat akun Instagram untuk bisnis makanan Anda dan memposting foto-foto produk makanan yang menarik dengan keterangan menarik dan hashtag yang relevan.

Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan influencer kuliner atau food blogger dengan jumlah pengikut yang banyak untuk merekomendasikan produk makanan Anda melalui posting di akun media sosial mereka. Anda juga dapat memanfaatkan fitur Instagram seperti Instagram Stories dan Instagram Live untuk memberikan konten yang lebih menarik dan interaktif kepada pelanggan potensial Anda.

Melalui promosi di media sosial, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan memperluas jangkauan bisnis makanan Anda.

Baca Juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing

5 Tips Strategi Pemasaran Produk agar Konsisten dan Sukses

Manajemen Pemasaran

Menyusun Strategi Pemasaran yang Matang Penting Guna Menunjang Kesuksesan Promosi (Credit: Freepik.com)

berikut adalah 5 tips strategi pemasaran agar konsisten dan sukses yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Rencana Pemasaran yang Jelas

Pertama, Anda harus membuat rencana pemasaran yang jelas dan terstruktur. Rencana ini harus mencakup target pasar, strategi promosi, budget, dan timeline pelaksanaannya.

Dengan membuat rencana pemasaran yang jelas, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang terorganisir dan konsisten dalam mempromosikan produk Anda.

2. Fokus pada Keunikan Produk Anda

Ada banyak produk sejenis di pasaran, oleh karena itu Anda harus menonjolkan keunikan produk Anda. Fokus pada keunggulan dan manfaat produk Anda, serta carilah cara untuk membedakan produk Anda dari produk pesaing.

Hal ini akan membantu produk Anda lebih mudah diingat dan lebih menarik bagi konsumen.

3. Gunakan Media Sosial secara Efektif

Media sosial adalah alat pemasaran yang sangat efektif untuk bisnis kecil. Pastikan untuk memilih platform yang tepat untuk produk Anda dan gunakan konten visual dan menarik untuk menarik perhatian konsumen.

Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga konsistensi dalam konten dan jadwal posting untuk membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

4. Berikan Pengalaman yang Menyenangkan

Pelanggan yang puas adalah kunci keberhasilan dalam pemasaran. Jadi, pastikan untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan respon yang baik terhadap masukan atau keluhan pelanggan.

Dengan memberikan pengalaman yang menyenangkan, pelanggan akan merasa senang dan mungkin akan merekomendasikan produk Anda kepada teman atau keluarga mereka.

5. Pantau dan Evaluasi Kinerja Pemasaran

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memantau dan mengevaluasi kinerja pemasaran Anda secara rutin. Hal ini akan membantu Anda mengetahui mana strategi pemasaran yang berhasil dan mana yang tidak.

Dengan mengevaluasi kinerja pemasaran Anda, Anda dapat melakukan perbaikan atau penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas pemasaran Anda dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis

Pentingnya Mengikuti Trend Strategi Pemasaran

Penting bagi perusahaan untuk selalu mengikuti trend strategi pemasaran agar dapat bersaing dan tetap relevan di pasar yang terus berubah. Bisnis yang tidak mengikuti tren dan tidak berinovasi dalam strategi pemasaran dapat kehilangan pangsa pasar dan pelanggan setia mereka.

Oleh karena itu, sebagai pengusaha, Anda harus selalu mengikuti tren dan terus berinovasi dalam strategi pemasaran Anda.

Setelah mengetahui beberapa contoh strategi pemasaran produk makanan dan minuman, Anda tentu membutuhkan alat yang dapat membantu Anda dalam mempercepat proses penjualan dan memonitor performa bisnis Anda.

Beepos Resto adalah solusi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat membuat promo atau diskon yang menarik secara cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga dapat melakukan evaluasi performa bisnis FnB Anda dengan mudah, misalnya dengan melihat penjualan harian, stok yang tersedia, dan laporan keuangan yang lengkap.

Pakai Beepos Resto Bisa Bikin Pelayanan 2x Lebih Cepat Bahkan Saat Ramai

Dengan menggunakan aplikasi restoran Beepos Resto, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengatur bisnis Anda, sehingga Anda dapat fokus pada hal-hal lain yang lebih penting seperti meningkatkan kualitas produk dan layanan pelanggan.

Artikel Terkait

Kenali Keunggulan Produk, Rahasia Sukses Persaingan Bisnis
Apakah Anda tahu bahwa keunggulan produk adalah kunci sukses bagi perusahaan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat? Dalam artikel
Baca Juga
9 Contoh Iklan Niaga, Pengertian Hingga Jenisnya
Iklan niaga adalah jenis iklan yang menawarkan barang, makanan atau minuman dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Bedanya iklan ini dengan
Baca Juga
Sebelum Buka Usaha, Kenali Surat Izin Usaha Dahulu
Agar bisnis Anda terjamin legalitasnya, surat izin usaha untuk dagang merupakan hal krusial yang wajib dimiliki. Pemerintah Indonesia menerapkan aturan
Baca Juga
BCP (Business Continuity Plan) Strategi Menghadapi Krisis
Dalam menjalankan bisnis, maka menyusun BCP  adalah singkatan dari Business Continuity Plan sejak awal merupakan langkah yang penting. BCP berisi
Baca Juga
7 Tips Membangun Networking Bisnis untuk Pemula
Dalam dunia bisnis yang begitu dinamis seperti sekarang, networking menjadi salah satu aspek yang sangat penting. Networking adalah fondasi dari
Baca Juga
Analisa Kinerja Keuangan Perusahaan dan Indikatornya
Analisis kinerja keuangan menjadi kegiatan penting untuk memantau kondisi finansial sebuah usaha. Seperti menggali informasi dari laporan laba rugi, neraca,
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu