Logo Bee Web

Mengetahui Pengertian Kas, Jenis, dan Cara Mengelolanya

Kas merupakan kekayaan perusahaan yang harus dikelola dengan tepat agar mampu mendukung alur bisnis guna menghasilkan keuntungan yang besar.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 26 February 2023

Definisi kas secara umum adalah harta kekayaan sebuah perusahaan. Pemahaman tentang hal ini tentu sangat penting, terutama bagi pebisnis yang harus mengelola keuangan perusahaannya. Arus dana menjadi komponen penting yang membuat pelaku bisnis dapat melakukan analisa terhadap bisnisnya.

Jika laporan dana dalam keadaan positif artinya perusahaan telah mendapatkan keuntungan. Namun sebaliknya, jika negatif maka pengelolaannya perlu diperhatikan kembali. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan dan ketahanan suatu bisnis.

Apa itu Kas?

Apa Itu Kas? kas adalah kekayaan perusahaan

KAS dapat dimanfaatkan dalam pendanaan (sumber: Istockphoto)

Kas adalah harta kekayaan yang sifatnya likuid dan berjangka waktu pendek. Nilainya dapat dimanfaatkan dengan bebas dalam pendanaan sistem operasional sebuah perusahaan. Namun ada juga beberapa pihak yang mendefinisikan kas dengan istilah lain.

Dimana dikatakan sebagai aktiva perusahaan dalam bentuk uang tunai yang disimpan di bank. Jumlah dana tersebut dimanfaatkan untuk pendanaan umum yang dibutuhkan perusahaan.

Nilai kas perusahaan merupakan indikator utama dalam menentukan performanya. Semakin tinggi nilai kas perusahaan, maka performanya dianggap lebih baik.

Bahkan berdasarkan penelitian Universitas Medan Area Keberadaan kas dalam entitas sangat penting karena tanpa kas, aktivitas operasional perusahaan tidak dapat berjalan. Entitas tidak dapat membayar gaji, memenuhi utang yang jatuh tempo dan kewajiban lainnya. Entitas harus menjaga jumlah kas agar sesuai dengan kebutuhannya. Jika jumlah kas kurang maka kegiatan operasionalnya akan terganggu

Pengertian Kas Menurut Para Ahli

Untuk dapat mengetahui apa itu kas secara lebih mendetail, perhatikan beberapa definisinya menurut para ahli di bawah ini.

1. Rizal Effendi

Dikatakan bahwa kas merupakan seluruh uang yang dikategorikan sebagai kekayaan perusahaan. hal ini digunakan sebagai alat pembayaran untuk melunasi kewajiban perusahaan. Hal yang dikategorikan sebagai kekayaan perusahaan diantaranya uang kas dan giro bank.

2. Thomas Sumarsan

Dijelaskan bahwa kas merupakan aset lancar yang bersifat likuid serta bisa digunakan secara langsung guna dapat menjaga kestabilan alur perusahaan.

3. Standar Akuntansi Keuangan (SAK)

Pengertian kas menurut SAK adalah alat pembayaran yang bebas digunakan untuk dapat membiayai seluruh kegiatan operasional perusahaan.

Jenis-Jenis Uang Kas

Dalam buku kas semua dana yang berkaitan dengan bisnis akan ditulis. Hal tersebut dilakukan agar pelaku bisnis dapat melakukan penelusuran alur keuangan secara lebih mudah. Jenis kas terbagi atas beberapa jenis.

Jenis Jenis Uang Kas

semakin tinggi nilai maka performa semakin baik (sumber: Istockphoto)

Pembagian tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses pemeriksaan dan pengawasan yang berkaitan dengan distribusi aliran dana. Inilah beberapa jenisnya.

1. Petty Cash

Uang yang dipersiapkan perusahaan untuk dapat membayar pengeluaran bernilai relatif kecil. Tidak ekonomis apabila dibayarkan menggunakan cek.

Baca juga: Pentingnya Peranan Petty Cash Dalam Pembukuan

2. Restricted Cash

Kas terbatas merupakan jumlah dana yang secara sengaja disisihkan untuk dapat membayar kewajiban di masa mendatang dengan jumlah yang signifikan.

3. Kas di Bank

Uang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan umumnya ada dalam rekening bank. Dana ini berfungsi untuk memenuhi pengeluaran berjumlah besar. Pemberian secara langsung tidak dapat diberikan karena pertimbangan keamanan.

4. Bank Overdrafts

Kondisi dimana perusahaan mengeluarkan cek dengan nilai yang lebih besar dibandingkan saldo yang dimilikinya di bank. Sisanya menjadi utang jangka pendek.

5. Cash Equivalents

Kelompok aset perusahaan yang massanya belum sampai tiga bulan. Kekayaan perusahaan ini dapat bisa digunakan saat kondisi ekonomi perusahaan tidak stabil.

Pengelolaan Laporan Arus Kas

Peranan arus kas yang sangat penting untuk bisnis mengharuskan Anda mengelolanya dengan baik. Apabila arus kas positif, maka bisa dikatakan bisnis mendapatkan keuntungan.

Laporan arus kas perlu dibuat secara berkala sebagai bahan evaluasi. Agar dapat dikelola secara lebih baik, perhatikan tahapannya berikut ini.

1. Evaluasi Arus Uang Kas Masuk dan Keluar

Lakukan evaluasi terhadap pemasukan dan pengeluaran secara cermat dan rutin. Pergerakan dari sektor kinerja bisnis, investasi, operasi, maupun pendanaan pada periode tertentu dapat mempengaruhi perubahan komponen pada arus kas.

Ketika arus masuk lebih besar dibandingkan keluar, dapat mendefinisikan sebagai positive cash flow. Evaluasi dilakukan untuk dapat mengetahui secara mendetail terkait keseimbangan penerimaan dan pengeluaran.

Data tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan analisa sehingga dapat menghasilkan arus kas bersih di kemudian hari yang lebih baik. Selain itu, evaluasi juga perlu dilakukan untuk dapat menilai kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya.

Arus kas juga dapat mengidentifikasi kondisi kapan perusahaan membutuhkan pendanaan dari pihak investor. Evaluasi serta analisa arus dana perlu dilakukan untuk periode jangka pendek maupun panjang agar mampu memberikan data yang lebih akurat.

2. Manajemen Penagihan

Saat arus kas tidak menentu, perencanaan jadwal pengajuan faktur untuk penagihan perlu dilakukan secara tepat waktu. Semakin cepat piutang berputar, maka jumlah modal yang bisa digunakan akan semakin besar sehingga bisnis dapat berkembang secara lebih cepat.

Pengajuan invoice dapat dilakukan secara lebih awal melalui software akuntansi online. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa secara mudah mengelompokkan usia piutang usaha. Misalnya periode kurang dari 30 hari, 30 s/d 60 hari, dan lainnya.

Kontrol Limit Piutang Kredit Penjualan Beecloud

Dengan begitu Anda bisa bertindak secara lebih cepat apabila tagihan telah jatuh tempo. Dalam kondisi tertentu, bisa saja pemilik utang kesulitan untuk melakukan pembayaran.

Anda bisa memikirkan solusi lain dengan mempertimbangkan sistem kontrol limit piutang untuk dapat menjaga arus dana agar tetap baik. Lewat solusi tersebut, Anda bisa tetap mendapatkan dana meskipun tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya.

3. Melakukan Tinjauan Ulang Untuk Pembayaran Utang

Untuk dapat mengelola laporan arus dana dengan baik, Anda perlu meninjau kembali ketentuan pembayaran utang yang ditetapkan. Anda bisa berbicara dan melakukan negosiasi dengan pihak terhutang untuk dapat melakukan penundaan atau perpanjangan waktu pembayaran kewajiban.

Masa perpanjangan dapat diberikan secara beragam, mulai dari 60-90 hari. Dengan begitu, Anda bisa memiliki waktu yang lebih baik untuk memungut piutang usaha.

Selain itu, pembayaran yang digunakan untuk kewajiban dapat dialihkan menjadi simpanan atau anggaran dana darurat sehingga dapat mengatasi kondisi krisis secara baik.

4. Mengumpulkan Piutang

Piutang yang tidak tertagih bisa saja menjadi membengkak sehingga pemasukan untuk kekayaan perusahaan tidak dapat berjalan secara efektif. Mintalah kepada pelanggan untuk melakukan pra otorisasi cek agar bank dapat menarik kas dari rekening dalam kurun waktu tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan fitur pengingat invoice yang tersedia pada software akuntansi untuk memberikan informasi kepada pelanggan terkait piutang dengan cara otomatis.

Penawaran pembayaran diskon dapat diberikan jika pelanggan mau membayar tagihan yang belum jatuh tempo. Dengan begitu alur pemasukan kas dapat lebih stabil dan positif.

5. Tunda Investasi

Jurnal penerimaan kas mencatat semua kegiatan pemasukan dana pada perusahaan. Melalui dokumen tersebut, Anda bisa secara mudah mengetahui sumber pemasukan dari sebuah bisnis.

Pada kondisi yang tidak baik, cara yang bisa dilakukan untuk menstabilkan kembali bisnis adalah dengan melakukan efisiensi biaya modal dan menunda investasi.

Hal ini perlu dilakukan agar arus kas bisnis tetap sehat. Kondisi bagus memungkinkan pengembangan bisnis sehingga tentunya harus dipilih. Namun pada saat kritis, cobalah untuk menahan diri melakukan hal tersebut untuk kelangsungan hidup bisnis.

6. Susun Laporan Kas Secara Berkala dan Lengkap

Dalam prosesnya, bisnis didukung oleh beberapa pihak eksternal maupun internal. Diantaranya seperti pemegang saham, karyawan, mitra bisnis, kreditur, pesaing, dan lain sebagainya.

Menyusun laporan arus kas secara lengkap dapat memudahkan Anda untuk melihat perkiraan modal kerja atau investasi yang dilakukan. Pembuatan laporan perlu dilakukan secara berkala sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Kas menjadi hal penting untuk mendukung kelangsungan jalannya bisnis. Untuk itu pengoptimal pengelolaan perlu dilakukan secara berkala agar dana perusahaan berada dalam keadaan baik dan bisa tetap menjalankan operasionalnya.

Artikel Terkait

Kewajiban Hutang Lancar dan Jangka Panjang dalam Akuntansi
Kewajiban Hutang Lancar dan Hutang Jangka Panjang - Kewajiban adalah hutang terhadap pihak lain yang harus dibayar, baik dalam jangka
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Konsolidasi dan Fungsinya
Contoh laporan keuangan konsolidasi adalah cerminan integral dari kesehatan finansial sebuah grup bisnis, dimana laporan ini menggambarkan gambaran menyeluruh tentang
Baca Juga
3 Contoh RAB Sederhana untuk Berbagai Usaha
Sebagai seorang pengusaha atau investor, penting bagi Anda untuk memiliki rencana anggaran biaya atau RAB sebelum memulai sebuah proyek bisnis
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel dengan Mudah
Melakukan cara membuat laporan keuangan di Excel sebenarnya cukup mudah. Aplikasi satu ini memang sudah dikenal lama sebagai software pengolahan
Baca Juga
Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat
Cara menghitung untung jualan penting dikuasai para pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian. Ada berbagai
Baca Juga
Apa itu Profit? Profit Adalah Laba, Ini Penjelasan dan Rumusnya
Profit adalah Laba yang didapatkan sebuah perusahaan/ bisnis dalam periode akuntansi tertentu yang sudah ditentukan. Sederhananya profit merupakan sebuah rincian
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu