Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Pentingnya Peranan Petty Cash Dalam Pembukuan

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 28 November 2022

Bisnis merupakan kegiatan yang menyediakan produk atau jasa bagi konsumen untuk memperoleh keuntungan. Salah satu hal yang menjadi faktor krusial keberhasilan bisnis ialah manajemen keuangan. Petty cash atau kas kecil merupakan salah satu cara yang sering digunakan dalam perusahaan.

Tujuan manajemen keuangan adalah untuk memantau perkembangan perusahaan berdasarkan pengeluaran serta pemasukan. Divisi keuangan harus mengelola keuangan dengan baik demi keberhasilan bisnis.

Apa itu Petty Cash?

Petty Cash Adalah

Ilustrasi Petty Cash (Sumber: Pexels.com)

Pengeluaran dalam suatu perusahaan tidak hanya terdiri dari pengeluaran besar saja. Akan tetapi, terdapat pengeluaran berupa transaksi kecil yang cukup mempengaruhi kondisi perusahaan. Hal tersebut dikarenakan transaksi kecil pada suatu perusahaan kuantitasnya cukup banyak.

Nominal yang kecil seringkali tidak diperhatikan hingga menimbulkan suatu masalah. Maka dari itu transaksi kecil tetap harus dilakukan pendataan dalam catatan tertentu. Pengertian petty cash adalah sejumlah dana kecil yang sengaja direncanakan oleh suatu instansi untuk berbagai pengeluaran kecil. 

Transaksi kecil ini seringkali disiapkan untuk berbagai kebutuhan rutin maupun mendadak. Pada umumnya dana kecil ini dalam bentuk uang, bukan aset atau materil. Pihak manajemen perusahaan akan menentukan serta menetapkan nominal petty cash dalam jumlah tertentu.

Penggunaan jumlah kas kecil tergantung pada kebijakan perusahaan dalam melakukan operasionalnya. Contoh petty cash diantaranya ialah dana hiburan rekan kerja pimpinan, dana konsumsi untuk berbagai kepentingan mendadak, dan lain sebagainya.

Petty cash termasuk kategori solusi pembayaran pada perusahaan untuk berbagai pengeluaran dengan beban nominal yang kecil. Salah satu kas kecil yang sering ada pada perusahaan adalah petty cash fund.

Petty cash fund adalah dana yang digunakan untuk membiayai biaya operasional. Sedangkan kas kecil yang ada pada perbelanjaan adalah petty cash voucher. Definisi petty cash voucher adalah bukti yang menunjukkan jumlah pengeluaran.

Baca Juga: Contoh Laporan Cash Flow Sederhana Excel

Tujuan Dibuatnya Petty Cash

Tujuan Dibuatnya Petty Cash

Ilustrasi Uang Kas (Sumber: Pexels.com)

Kas kecil dibuat dengan alasan dan tujuan yang penting dalam suatu perusahaan. Tidak hanya perusahaan besar, namun perusahaan kecil pun tetap harus mengadakan kas kecil. Adapun penjelasan mengenai tujuan dari pembuatan petty cash, yakni:

  1. Ketika ada kebutuhan yang haru mengeluarkan dana kecil secara tiba-tiba, kas kecil bertujuan untuk menghindari prosedur yang tidak ekonomis dan tidak efisien.
  2. Memudahkan pegawai untuk memberikan pelayanan secara maksimal, namun terdapat beberapa kendala. Dalam hal ini petty cash juga berperan dalam menjaga relasi perusahaan dengan berbagai mitra.
  3. Mempercepat realisasi suatu kegiatan yang membutuhkan uang dengan mendadak serta yang belum direncanakan sebelumnya.
  4. Mengatasi masalah kebutuhan dan perlengkapan perusahaan yang telah habis namun harus segera dipenuhi.

Metode Petty Cash

Dalam suatu perusahaan umumnya menggunakan berbagai macam metode dan tergantung pada kebijakan yang diterapkan perusahaan. Metode yang digunakan biasanya akan berhubungan erat dengan bagaimana perusahaan melakukan langkah-langkah dalam penggunaan dana yang telah ada.

Suatu pencatatan dana harus dilakukan dengan lengkap dan tidak ada kesalahan. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu metode yang telah untuk melakukan pencatatan dana. Berikut adalah cara membuat petty cash dengan dua metode berbeda beserta penjelasannya:

  • Metode Tetap

Metode tetap atau biasa disebut dengan imprest fund system merupakan metode yang dimana rekening yang ada akan mempunyai dana yang selalu tetap. Sejumlah dana pada waktu tertentu akan menggantikan pengeluaran uang yang ada dalam kas.

Pada umumnya ketika ada suatu transaksi, penggunaan dana kecil tidak langsung diinputkan dalam pencatatan. Akan tetapi, bukti transaksi yang adalah akan dilakukan pengumpulan. Metode ini mempunyai ciri khas dimana cash yang ada akan selalu dilakukan pengisian ulang.

Pencatatan akan dilakukan ketika dalam kondisi dimana harus dilakukan pengisian ulang. Umumnya pada kondisi tersebut jumlah uang yang ada di kas kecil sudah dirasa tidak cukup lagi. Tahap operasional pada metode ini diawali dengan pemberian sejumlah dana kecil kepada pemegang kas.

Tujuan pemberian uang tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Apabila tidak ada kebutuhan mendesak maka uang tersebut akan digunakan sebagai pembayaran transaksi.

Selanjutnya ketika uang tersebut sudah hampir habis maka akan dilakukan pengisian kembali. Dimana untuk pengisian kembali ini jumlahnya sama dengan pengeluaran yang telah dilakukan.

  • Metode Fluktuatif

Metode ini berkebalikan dengan metode tetap, dimana jumlah uang kas tidak selalu tetap. Nominal yang dikehendaki dapat berbeda dengan nominal pada awal kebijakan diambil, namun bergantung pada kebutuhan.

Misal nominal awal kas berjumlah 5 juta, ketika telah digunakan maka jumlah uang akan berkurang dan harus diisi kembali. Perusahaan yang menerapkan metode ini ketika melakukan pengisian boleh mengisi sejumlah yang dibutuhkan saja.

Maka dari itu jumlahnya kemungkinan akan berbeda dari saldo awal, dapat bertambah maupun berkurang. Pencatatan transaksi akan dilakukan dengan kas kecil harus dimuat dalam jurnal petty cash.

Dengan adanya metode tersebut akan memudahkan cara pembuatan jurnal. Pemilihan metode bergantung pada kebijakan perusahaan dan hal ini perlu didiskusikan terlebih dahulu dengan pimpinan.

Dokumen Petty Cash

Dokumen Petty Cash

Ilustrasi Dokumen Petty Cash (Sumber: Freepik.com)

Terdapat beberapa dokumen yang dibutuhkan dalam petty cash supaya setiap transaksi yang dilakukan dapat dipercaya dan ada bukti kongkrit maka dokumen petty cash harus lengkap. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai penyelewengan keuangan.

Selain itu, dokumen petty cash yang lengkap juga bertujuan sebagai evaluasi keuangan untuk masa yang akan datang. Berikut penjelasan mengenai beberapa dokumen yang menjadi contoh laporan petty cash bulanan:

  • Cek

Cek merupakan salah satu dokumen petty cash yang sangat penting dan harus diperhatikan. Pada umumnya dokumen ini digunakan supaya bank mau memberikan sejumlah uang kepada individu atau suatu badan yang memegang cek.

Pengertian cek sendiri adalah pembayaran oleh perusahaan dengan menggunakan jasa bank. Dapat dikatakan cek bertujuan untuk mengurangi resiko pembayaran yang dilakukan secara tunai.

  • Bukti kas keluar

Dokumen bukti kas keluar ini berguna untuk melakukan pemantauan pergerakan keuangan. Umumnya pergerakan keuangan terjadi ketika ada pengeluaran kas. Selain itu, bukti kas keluar juga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi.

  • Bukti pengeluaran

Meskipun dalam petty cash mempunyai nominal yang cukup sedikit, namun tetap harus dipertanggungjawabkan. Hal tersebut dikarenakan pengeluaran dengan menggunakan kas kecil jumlahnya tidak sedikit.

Dokumen bukti pengeluaran dapat dijadikan sebagai bukti yang akurat mengenai berbagai pengeluaran yang telah dilakukan. Beberapa contoh lampiran pengeluaran seperti ini contohnya ialah nota.

  • Permintaan pengisian kas kecil

Ketika dana kas kecil yang dipegang tinggal sedikit atau tidak mencukupi maka harus dilakukan pengisian ulang. Dokumen permintaan pengisian kas kecil dapat berfungsi untuk bukti konkrit agar bagian utang dapat memberikan sejumlah dana keluar untuk pengisian kembali.

  • Permintaan pengeluaran kas kecil

Pada jumlah dana sudah tidak lagi sesuai dengan kebutuhan, maka dapat dilakukan permintaan pengeluaran. Dokumen permintaan pengeluaran kas kecil menjadi syarat untuk melakukan pengisian kembali karena dijadikan sebagai salah satu bukti.

Baca Juga: Contoh Laporan Kas Excel Bikin Laporan Keuangan Cuma 5 Menit

Kesimpulan

Petty cash merupakan hal yang cukup penting bagi keuangan perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Meskipun dana yang tercatat dalam petty cash merupakan dana kecil, namun akan membawa pengaruh yang cukup besar terhadap keuangan perusahaan.

Selain petty cash, laporan arus kas atau cash flow juga sangat penting untuk membantu analisa maupun mengaudit aliran keuangan perusahaan Anda. Membuat laporan keuangan memang sebuah proses yang rumit dan memerlukan ketelitian tinggi. Butuh pengetahuan serta memakan waktu yang tidak sebentar untuk menyusun laporan cash flow.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, banyak jalan menuju ke Roma. Sekarang Anda dapat merasakan betapa mudahnya membuat laporan cash flow dengan menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Coba gratis sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

bikin-laporan-cash-flow-gak-ribet-cuma-5-menit

 

Bagaimana Cara Menerapkan Akuntansi Toko Sederhana?
Apakah saat ini Anda sedang mencari cara untuk menerapkan akuntansi toko bagi usaha Anda? Yap, setiap bisnis, terlepas dari ukuran […]
Baca Juga
Akuntansi Aplikasi: Manfaat, Fitur dan Rekomendasi Terbaik 2022
Akuntansi aplikasi saat ini akrab dalam kegiatan bisnis di berbagai perusahaan mulai dari skala menengah hingga besar. Menggunakan aplikasi untuk […]
Baca Juga
Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana
Cara buat buku kas sangat penting untuk membuat buku kas yang seharusnya dimiliki setiap pebisnis. Cara buat buku kas sendiri […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu