🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengapa Customer Care Sangat Penting Bagi Usaha?

Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 7 April 2023

Garda yang berada di barisan depan bagi sebuah perusahaan karena selalu berhubungan dengan pelanggan ialah customer care atau layanan pelanggan. Oleh sebab itu, umumnya perusahaan akan memilih karyawan terbaik serta cakap untuk menempati posisi tersebut.

Tujuan dari profesi ini adalah membantu pelanggan untuk bisa mengetahui produk yang ditawarkan perusahaan. Pelayanan terhadap pelanggan ini sangat dibutuhkan untuk menerima kritik serta menawarkan solusi tepat terhadap masalah tersebut.

Apa itu Customer Care?

Customer Care Adalah

Custermer care perlu diadakan dusetia perusahaan guna menjaga hubungan baik dengan konsumen (Credit: Freepik.com/ @jcomp)

Profesi ini memiliki beberapa perbedaaan dengan profesi customer service. Selain itu, Anda yang berminat untuk terjun ke profesi ini perlu memperhatikan beberapa tips berguna supaya memiliki kemampuan yang andal dan akan dibahas di bawah ini juga.

Sekilas memang mikip, ternyata customer care dan custome service memiliki 3 perbedaan yang cukup mencolok. Pertama, pengertian. Pengertian dari profesi customer care adalah sebuah layanan untuk pelanggan yang diberikan oleh perusahaan dalam jangka waktu panjang.

Tujuan diadakan aktivitas ini untuk mempertahankan loyalitas pelanggan supaya tetap setia pada usaha Anda dengan menawarkan layanan berkualitas. Sedangkan customer service yaitu berfokus pada memberikan sesuatu yang diinginkan oleh pelanggan.

Jangka waktunya pendek sehingga profesi ini tidak melakukan interaksi dengan konsumen jika masalah telah terselesaikan. Profesi ini hanya menolong konsumen serta memberikan pelayanan yang memuaskan supaya kebutuhan konsumen tersebut terpenuhi.

Perbedaan yang kedua yaitu skala pelayanan pelanggan. Skala pelayanan dari customer care lebih profesional serta diberikan secara rutin. Profesi ini memberikan pelayan rutin dengan harapan supaya dapat menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan.

Selama proses pelayanan pelanggan, profesi wajib bisa membangun suasana yang nyaman serta bisa mengambil hati konsumen. Sedangkan customer service mempunyai skala pelayanan pelanggan yang jauh lebih kecil.

Profesi customer service hanya memberikan pelayanan kepada konsumen hingga masalah selesai. Anda sebagai customer service wajib bisa bekerja dengan cepat dalam menemukan solusi yang tepat dan memperhitungkan dengan benar supaya tidak muncul masalah baru.

Perbedaan yang ketiga berdasarkan pada pemenuhan kebutuhan konsumen. Customer care harus bisa memenuhi semua kebutuhan dari konsumen terhadap pelayanan secara rutin. Anda dapat menawarkan produk perusahaan terbaru.

Selain itu juga bisa memberikan ulasan yang menarik terhadap suatu produk. Sedangkan customer service memenuhi kebutuhan konsumen akan informasi seperti solusi terhadap produk yang bermasalah.

Baca Juga: Customer Adalah Pelanggan, Begini Tips Cara Mendapatkannya

Fungsi dan Peran Customer Care Bagi Bisnis

Memahami Pentingnya Customer Experience

Salah satu tujuan dari cutomer care adalah mendapatkan feedback yang baik dari konsumen (Credit: Freepik.com)

Ada beberapa fungsi serta peran yang dijalankan oleh profesi ini. Anda bisa mempelajarinya untuk diaplikasikan.

1. Melaksanakan Beragam Kegiatan yang Diperlukan Pelanggan

Meskipun menerima layanan perusahaan yang sama, setiap pelanggan mempunyai kebutuhan masing-masing yang berbeda. Disamping itu, tidak seluruh pelanggan mempunyai sikap tegas yang sama.

Ada jenis pelanggan yang langsung mengajukan keluhannya ketika menemukan sesuatu yang membuatnya marah. Namun, ada juga jenis pelanggan yang memilih diam ketika mengalami ketidakpuasan serta tiba-tiba memutuskan untuk berhenti memakai jasa Anda.

Oleh sebab itu, salah satu peran dari customer care adalah mencari tahu jenis kegiatan yang diperlukan oleh suatu pelanggan. Kemudian, mencoba melakukan identifikasi keberhasilan atas kegiatan tersebut untuk memutuskan apakah kegiatan itu bisa dilaksanakan.

2. Menjaga Hubungan dalam Jangka Panjang dengan Pelanggan

Tujuan untuk menjalin hubungan yang jangka panjang dengan pelanggan bisa tercapai jika Anda melakukan dokumentasi yang aktif. Dokumentasi ini bisa dari tiap interaksi yang pernah dilaksanakan.

Selain itu, Anda bisa melaporkan tentang hasil dari interaksi yang dilakukan. Selanjutnya, menentukan metode terbaik dari hasil analisis yang telah dibuat.

Tim dari profesi ini yang telah dipercayai untuk menangani pelanggan wajib mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus serta lancar. Hasilnya, konsumen bisa merasa puas atas layanan yang ditawarkan.

Sesuai dengan namanya, kepedulian wajib menjadi fokus utama dalam profesi tersebut. Setiap anggota tim Anda harus bisa cermat dalam melakukan identifikasi ketika pelanggan mulai menunjukkan tanda negatif.

Hal ini seperti memulai mempertimbangkan untuk beralih memakai produk atau layanan yang berasal dari kompetitor. Dalam kasus ini, wajib ada indikator yang jelas untuk membantu tim dalam memilih momen ketika pelanggan mulai menampilkan rasa tidak tertarik.

3. Menjaga Tingkat Kepuasan dari Pelanggan

Seiring waktu berjalan, tingkatan kepuasan dari pelanggan bisa berubah-ubah. Tugas Anda yaitu memastikan bahwa tingkat kepuasan pelanggan masih berada di posisi yang positif atau bagus.

Oleh sebab itu, ada baiknya bagi tim Anda untuk melaksanakan pemeriksaan secara rutin. Tujuannya untuk mengetahui tingkat kepuasan setiap pelanggan yang ditangani sampai saat ini.

Proses pengawasan tidak hanya menjadi tugas pihak manajerial tetapi juga jadi tugas semua tim serta wajib dilaksanakan oleh setiap pegawai yang ada di dalam tim tersebut. Dengan begitu, tim Anda bisa secara cepat mengetahui jika terjadi masalah.

Khususnya masalah yang bisa mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan secara negatif. Tim bisa melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan secara rutin sebagai salah satu langkah meraih tujuan tersebut.

Anda juga bisa memakai metode yang lain. Misalnya, Anda mengunjungi pelanggan sekaligus mengecek secara langsung keadaannya secara konsisten dalam durasi waktu tertentu.

Kesimpulan

Setiap layanan pelanggan baik itu bersifat jangka panjang atau pendek sama-sama bertujuan memberikan kepuasan. Jika pelanggan puas, secara tidak langsung membuat perusahaan terkena dampak positifnya serta menambah penjualan atas produk atau layanan.

Beepos Bikin Pelanggan Puas Belanja Dengan Layanan Kasir Yang Cepat Dan Aman

Selain adanya custome service, cara Anda dalam melayani konsumen juga perlu diperhatikan. Mulai dari menyediakan media pebayran yang beragam pelayanan yang cepat dan sejenisnya. Untuk bisa menunjang beberapa poin tersebut Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos yang sudah terintegrasi dengan software akuntansi online mudahkan Anda mamantau bisnis dari mana saja dan kapan saja.

 

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Apa itu Resi? Cara Melacak Paket dengan Nomor Resi
Ketika mengirim paket atau berbelanja secara online tentu akan ada suatu nomor yang digunakan untuk melacak barang yang dikirim sampai
Baca Juga
11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness
Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang memakai pemasaran online dengan beberapa strategi digital marketing. Konsep pemasaran ini tujuannya menaikkan penjualan produk
Baca Juga
Aplikasi Kwitansi Digital untuk Usaha Online Shop
Aplikasi kwitansi digital digunakan untuk membuat kwitansi yang merupakan salah satu tanda bukti dari melakukan pembayaran jual-beli yang sah menurut
Baca Juga
13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris
Dalam dunia bisnis, promosi merupakan salah satu kunci sukses dalam memperkenalkan produk atau jasa kepada pelanggan potensial. Tanpa promosi yang
Baca Juga
Mengenal Brand Identity dan Cara Membangunnya
Dalam dunia bisnis yang penuh dengan persaingan yang ketat, memiliki identitas merek yang kuat dapat menjadi faktor penentu kesuksesan. Membangun
Baca Juga
3+ Aplikasi untuk Cetak Faktur Penjualan di Windows
Aplikasi Faktur Penjualan – Apakah anda masih bingung bagaimana caranya cetak Faktur Penjualan ? Atau anda masih menggunakan cara manual
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu