Logo Bee Web

Telemarketing Adalah: Tugas serta Peran Pentingnya

Telemarketing adalah suatu teknik pemasaran yang memiliki tugas serta peran penting bagi perusahaan. simak di sini!
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 12 April 2023

Telemarketer yaitu orang yang melakukan pemasaran via telepon dan salah satu tugas telemarketing adalah menawarkan produk atau layanan. Umumnya teknik pemasaran ini dipakai hampir diseluruh industri.

Mulai dari perbankan, telekomunikasi, serta perusahaan jasa lainnya. Ada banyak ahli pemasaran yang beranggapan bila cara yang dilakukan telemarketer lebih bisa dterima karena sifatnya yang berbicara secara langsung kepada calon konsumen.

Apa itu Telemarketing?

Jenis teknik pemasaran ini dipercaya menjadi salah satu ujung tombak dari pemasaran produk atau layanan perusahaan. Penjelasan lengkap mengenai teknik pemasaran ini secara umum ada di bawah ini.

1. Kemampuan yang Diperlukan dalam Telemarketing

Ada 2 kemampuan utama yang diperlukan dalam melakukan teknik pemasaran ini. Pertama yaitu kemampuan marketing. Anda wajib mengenal siapa saja target pasar. Mulai dari usia, jenis kelamin, hingga demografinya.

Dengan melakukan pemahaman ini, Anda jadi dapat memahami bagaimana melakukan pendekatan yang baik kepada mereka saat menelpon. Kemampuan kedua yang diperlukan, yaitu komunikasi yang bagus.

Kemampuan Telemarketing

Tugas telemarketer yang wajib menghubungi orang banyak tentu menjadi lancar jika bisa melakukan komunikasi dengan bagus. (Credit: Freepik/standret)

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan proses komunikasi. diantaranya adalah pertama, bisa berbicara dengan intonasi yang tepat serta cepat. Hal ini supaya konsumen tidak merasa membuang waktunya.

Tidak hanya itu, intonasi dalam penyampaian juga wajib diperhatikan. Hindari menggunakan intonasi yang kurang bersemangat serta terkesan kaku. Anda bisa mencoba menyampaikan penjelasan dengan memakai intonasi yang santai tetapi tetap formal.

Kedua, bisa membangun pembicaraan yang menyenangkan dengan konsumen. Proses di dalam telemarketing adalah tidak bisa secara langsung bertemu dengan konsumen. Oleh karenanya, sikap ketika melakukan proses panggilan telepon menjadi sangat penting. Ketiga, kemampuan memanajemen waktu yang bagus.

Tidak hanya melakukan panggilan, telemarketer juga harus memeriksa email, mencatat data pelanggan, hingga mengetahui kapan waktu terbaik dalam menghubungi konsumen. Untuk bisa menyelesaikan semuanya, Anda dituntut memiliki manajemen waktu yang bagus.

2. Kelebihan serta Kekurangan dari Telemarketing

Kelebihan yang dimiliki dalam melakukan teknik pemasaran ini yaitu lebih hemat biaya daripada penjualan langsung serta meningkatkan tingkat efiesienitas. Ini dikarenakan bisa menjangkau lebih banyak konsumen hanya dengan melalui telepon.

Kelebihan lain dari telemarketing adalah menyediakan tempat dimana produsen bisa mudah melakukan interaksi dengan calon konsumennya. Diantaranya seperti menjawab beberapa pertanyaan atau mendengar tentang keprihatinan konsumen terhadap produk atau layanan.

Selain kelebihan diatas, perusahaan Anda bisa lebih hemat biaya daripada penjualan secara langsung. Alat yang canggih bisa menjadi kelebihan dari teknik pemasaran ini karena bisa meningkatkan hubungan serta menjaga kontak konsumen yang telah ada.

Sedangkan kekurangan dari teknik pemasaran ini yaitu seorang telemarketer tidak mengetahui dengan benar apakah konsumen tersebut sedang memiliki kesibukan atau tidak. Saat konsumen ini sedang sibuk, panggilan Anda bisa berpotensi mengganggu waktu mereka.

Tugas dan Tanggungjawab Telemarketing

Telemarketer sebagian besar memiliki tugas serta tanggung jawab yang berhubungan langsung dengan konsumen. Hal ini mulai dari memberikan penjelasan tentang layanan atau produk, menjawab pertanyaan, serta memberikan feedback yang tepat. Berikut tugas telemarketing.

1. Memberikan Penjelasan yang Rinci tentang Produk

Didalam melakukan proses teknik pemasaran ini, Anda tidak hanya menelpon saja. Namun, wajib dapat menjelaskan produk atau layanan dengan benar, detail, serta jelas. Hal ini supaya dapat membangun minat calon konsumen terhadapt layanan atau produk Anda.

2. Menjawab Beberapa Pertanyaan dengan Baik

Saat calon konsumen tertarik dengan penjelasan yang telah Anda lakukan, umumnya mereka akan menanyakan tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa berupa manfaat, kelebihan, serta harga.

Untuk menjalankan tugas telemarketing ini dengan baik, Anda perlu bersikap bijak dalam menjawab masalah harga. Jika harga produk Anda lebih mahal dibanding dengan kompetitor, utarakan kelebihan produk Anda.

Nantinya, harga jual produk Anda dianggap sepadan dengan kualitas yang dimiliki. Pelanggan dengan senang hati akan melakukan pesanan tanpa harus melakukan proses tawar menawar.

Bersikap jujur dengan kondisi dari produk. Anda harus mengatakan apa adanya untuk terhindar dari dugaan penipuan. Jika tidak jujur, Anda dan citra perusahaan dampaknya mengalami reputasi yang buruk.

3. Memberikan Feedback dengan Spesifik dan Tepat

Sebelum Anda memberikan feedback, pastikan jika Anda sudah menyiapkan beberapa contoh yang spesifik dari peristiwa yang telah diobservasi. Kemudian, berikan penjelasan tentang efek yang dialami dari kejadian tersebut kepada Anda atau orang lain.

Feedback Dengan Spesifikasi Tepat

Telemarketer harus menguasai product knowledge untuk bisa menjawab semua pertanyaan (Credit: Freepik/pressfoto)

Pemberian penjelasan yang spesifik serta tepat membuat konsumen lebih paham dengan jelas sasaran ekspekstasi yang diberikan. Dalam memberikan penjelasan, usahakan juga Anda memakai bahasa yang positif atau yang bersifat mendorong.

7 Peran Penting Telemarketing Bagi Perusahaan

Jenis teknik pemasaran ini memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan. Anda bisa memabantu meningkatkan brand awareness hingga meningkatkan kualitas relasi dengan konsumen.

1. Membantu untuk Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Tanpa disadari oleh beberapa orang, teknik pemasaran ini monolong brand menjadi lebih dikenal luas. Bahkan di dalam beberapa contoh pendekatan yang dilakukan oleh telemarketer bisa meningkatkan nilai dari perusahaan.

2. Meningkatkan Penjualan dari Produk atau Layanan

Ada banyak macam konsumen, salah satunya ialah lebih suka mendengarkan dibanding dengan membaca. Didalam keadaan ini dapat diatasi dengan memakai jenis teknik pemasaran ini. Anda bisa menjelaskan apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan secara rinci.

3. Mempunyai Peluang untuk Melakukan Follow Up Konsumen

Tidak bisa dipungkiri jika tidak semua konsumen yang menaruh minat terhadap produk atau layanan perusahaan Anda akan melakukan proses pembelian. Ada beberapa faktor, seperti sisi finansial mereka atau keraguan di dalam diri konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Disinilah peran dari seorang telemarketer. Anda bisa melakukan proses follow up dengan meyakinkan mereka untuk bisa membeli produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Pastikan di dalam proses follow up ini dilakukan dengan bahasa yang sopan dan formal.

4. Membantu dalam Melakukan Market Research

Telemarketer bisa membantu melakukan riset pasar serta mengetahui permasalahan yang biasa calon konsumen hadapi. Selain itu, Anda juga melakukan identifikasi terhadap target pasar yang sesuai.

5. Mengubah Prospek Menjadi Seorang Pelanggan

Anda bisa mengubah prospek menjadi seorang pelanggan dengan melakukan beberapa pendekatan seperti identifikasi masalah mereka serta membangun komunikasi yang lancar. Dengan melakukan pendekatan tersebut, penjualan usaha bisa meningkat signifikan.

6. Mempertahankan Pelanggan dengan Beragam Cara

Anda bisa menawarkan kupon khusus bagi calon pelanggan baru. Selain itu, Anda juga bisa melakukan komunikasi yang intensif serta memberikan beragam solusi untuk mempertahankan pelanggan lama.

7. Meningkatkan Kualitas Relasi dengan Konsumen

Peningkatan kualitas relasi bisa dilakukan dengan melalui pengembangan pada database konsumen. Hal ini membuat perusahaan Anda bisa melakukan seleksi segmen pasar dengan lebih tepat hingga bisa menstimulasi pembeli produk secara berulang.

Kesimpulan

Peran telemarketing adalah menjadi ujung tombak perusahaan. Didalam tugas telemarketer ada market research yang dilakukan dan perlu adanya pelaporan yang baik untuk itu. Telemarketer berusaha keras untuk bisa menjalin keakraban dengan calon konsumen. Ini dikarenakan tugas dari telemarketing adalah memastikan konsumen bisa membeli produk sehingga penjualan meningkat.

 

Jika pemasarannya bagus, besar kemungkinan perusahaan meraih laba besar. Produk atau jasa yang diproduksinya akan masuk ke dalam jajaran top brand. Untuk itu Anda membutuhkan software penjualan yang bisa menyajikan laporan stok sekaligus.

Beecloud Bisnis Lebih Profesional, Pembukuan Rapi

 

Dan Beecloud merupakan salah satu software akuntansi online yang sangat lengkap plus harganya terjangkau jadi sangat cocok bagi Anda. Coba gratis klik gambar di atas

Artikel Terkait

Income Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya, Lengkap!
Income jadi istilah yang sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada umumnya pebisnis langsung berpikir bahwa income adalah pendapatan
Baca Juga
Mesin POS Adalah: Pengertian, Fungsi dan Tips Memilihnya
Mesin POS adalah versi modern dari mesin kasir, kombinasi software dan hardware untuk mengelola keuangan bisnis. Jadi, POS (Point of Sales)
Baca Juga
Faktur Adalah, Fungsi dan Perbedaan dengan Kuitansi atau Nota
Anda mungkin pernah mendengar istilah 'faktur' sebelumnya, tetapi apakah Anda tahu apa itu? Faktur penjualan adalah dokumen penting dalam bisnis,
Baca Juga
20 Contoh Copywriting dengan Kalimat Paling Efektif
Ada formula untuk segala sesuatu yang ada di dunia ini, terutama untuk mengembangkan bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan. Salah
Baca Juga
Proforma Invoice: Perbedaan, Kegunaan dan Contohnya
Apakah Anda sedang mencari penjelasan tentang proforma invoice? Dalam dunia bisnis, terdapat berbagai jenis dokumen yang harus diperhatikan untuk menjaga
Baca Juga
Email Marketing Adalah: Jenis, dan Tips Optimasinya
Apa itu email marketing? Yakni sebuah cara promosi yang dilakukan sebuah bisnis dengan memanfaatkan platform email seperti namanya. Secara garis
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu