Logo Bee Web

Advertising Adalah Iklan, Pahami Penjelasannya Disini

Advertising adalah sebuah cara promosi produk agar mendapatkan konsumen yang juga disebut dengan iklan, begini penjelasan lengkapnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 14 February 2023

Advertising adalah teknik promosi yang jadi andalan pebisnis saat ini untuk memperkenalkan produk dan layanannya kepada masyarakat luas.

Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi, berbagai saluran advertising pun semakin banyak dan beragam, membuat para pelaku bisnis memiliki banyak pilihan untuk mempromosikan produk dan layanannya.

Sebelum membuat strategi advertising yang tepat, penting untuk memahami pengertian advertising dan bagaimana cara terbaik untuk menjalankannya.

Apa Itu Advertising? Advertising adalah …

Advertising adalah

Advertising adalah Iklan (Sumber: Freepik.com)

Advertising adalah proses mempengaruhi target pasar untuk melakukan tindakan tertentu seperti membeli produk atau layanan, membawa kesadaran, dll.

Dalam bisnis, advertising bisa digunakan untuk berbagai tujuan seperti meningkatkan kesadaran merek, memimpin calon pelanggan ke bisnis, mempromosikan penjualan produk/layanan baru, dan membedakan produk dari pesaing.

Sekilas, advertising dan marketing terlihat serupa. Ternyata marketing dan advertising adalah hal yang berbeda. Marketing adalah strategi besar perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mempengaruhi pelanggan untuk bertindak.

Sedangkan advertising adalah proses membuat pesan persuasif yang mendukung tujuan marketing. Advertising merupakan bagian dari komponen marketing.

Pengertian Advertising dari Beberapa Sumber

Berikut deretan pengertian advertising menurut beberapa sumber ahli:

Menurut Ensiklopedia Britannica

Mengitip Ensiklopedia Britannica, advertising adalah teknik dan praktik promosi yang bertujuan untuk memperkenalkan produk, layanan, pandangan, atau tujuan ke publik agar mereka memperhatikan dan merespon sesuai dengan yang diharapkan. Periklanan sering menjadi sumber utama pendapatan bagi industri media di banyak negara.

Baca Juga: Kenali Jenis Jenis Iklan Sebelum Melakukan Promosi

Menurut The Balance SMB

Advertising adalah sebuah strategi untuk menarik perhatian pelanggan atau klien dengan menggunakan pesan persuasif yang ditampilkan dalam bentuk gambar, video, atau kata-kata yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Menurut Wright (1978)

Advertising disebut sebagai suatu proses komunikasi yang berkuasa untuk membantu penjualan, pemberian layanan, dan ide-ide tertentu. Hal ini disampaikan oleh Wright (1978).

Jenis-Jenis Advertising Berdasarkan Media yang Digunakan

Iklan dapat dikategorikan menjadi berbagai jenis berdasarkan isinya, medianya, dan tujuannya. Jenis iklan ini dipilih berdasarkan target pasar dari suatu usaha/bisnis. Media yang dipakai untuk iklan antara lain televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet.

Berikut 5 jenis advertising berdasarkan medianya :

1. Iklan Televisi

Contoh Iklan Di Televisi

Ilustrasi Penanyangan Iklan di Televisi (Sumber: suara.com)

Iklan yang menggunakan televisi sebagai medianya masih diminati oleh banyak pihak. Meskipun sudah banyak media efektif yang muncul, iklan melalui televisi tetap menjadi pilihan yang tepat bagi beberapa produk.

Namun, untuk memasang iklan melalui televisi membutuhkan dana yang lumayan besar dan materi yang singkat. Harga yang dikenakan untuk 1x iklan di televisi terbilang mahal dan durasi yang diberikan pun hanya 30 detik hingga 1 menit.

Ketika memutuskan untuk iklan di saluran televisi, pengeluaran yang Anda lakukan akan cukup besar. Namun, jika iklan yang Anda buat berkualitas dan menarik, maka keuntungan yang Anda dapatkan akan jauh lebih besar. Untuk itu

2. Iklan Media Cetak

Contoh Promo Iklan Di Media Cetak

Contoh Iklan di Koran (Sumber: kompas.com)

Iklan media cetak masih populer digunakan hingga sekarang untuk mempromosikan produk atau layanan. Hal ini terlihat dari berbagai media cetak lokal yang dipakai oleh bisnis-bisnis lokal untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Contoh dari iklan media cetak tersebut meliputi majalah, koran, brosur, poster, direktori, dan selebaran.

3. Online Advertising (Media Online)

Periklanan online memang menjadi salah satu yang paling efektif untuk diterapkan. Hal ini karena kita dapat dengan mudah menentukan target pasar sesuai keinginan, seperti menentukan usia, gender, lokasi, dan lain-lain. Lebih dari itu, harga iklan online juga relatif lebih murah daripada bentuk iklan lainnya.

Namun, manfaat lain yang ditawarkan oleh online advertising adalah kemudahan untuk mengukur hasil dari iklan tersebut. Kita dapat mengetahui berapa orang yang melihat iklan kita, berapa yang mengklik iklan tersebut, dan bahkan bisa menyusun strategi iklan yang lebih efektif berdasarkan data yang didapat.

4. Iklan Outdoor

Contoh Iklan Billboard Di Jalan

Contoh Iklan Baliho di Jalan Raya (Sumber: dosenpendidikan.com)

Iklan outdoor, juga dikenal sebagai iklan yang menjangkau konsumen ketika mereka berada di luar rumah, termasuk salah satunya iklan berbentuk billboard.

Billboard sampai saat ini masih efektif digunakan sebagai media iklan, terlihat dari banyaknya iklan berbentuk billboard yang bertebaran di sepanjang jalan.

5. Product Placement

Product placement adalah sebuah iklan terselubung yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan. Iklan ini umumnya diterapkan dalam bentuk film, sinetron, web series, dan konten lainnya. Contohnya, produk fisik yang muncul dalam adegan film tanpa penjelasan secara eksplisit.

Software Akuntansi Online Beecloud

Untuk mengatur dan mengontrol pengeluaran bisnis Anda, termasuk biaya beriklan, sangat penting untuk memanfaatkan software akuntansi online, salah satunya Beecloud. Software ini tidak hanya membantu Anda mencatat biaya beriklan, tetapi juga membantu menghitung laba bersih dari kegiatan advertising yang Anda lakukan.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa biaya beriklan yang Anda keluarkan memiliki hasil yang efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Komponen Penting Advertising

Jika Anda merencanakan untuk memasang iklan untuk produk atau bisnis Anda, pastikan bahwa Anda sudah memahami komponen advertising yang harus disertakan dalam pesannya.

Advertising

Contoh Iklan Dengan Headline Unik (Sumber: Sprite)

a. Headline atau Judul

Headline atau judul adalah bagian penting dari sebuah iklan yang harus ditempatkan di tempat strategis dengan font yang lebih besar. Judul hanya berisi beberapa kata saja, namun mampu menarik perhatian pembaca, serta menyampaikan inti dari iklan.

Judul juga perlu disesuaikan dengan ketertarikan, minat, atau masalah yang ingin diatasi oleh target iklan agar bisa menjalankan perannya dengan optimal.

b. Sub-Headline atau Sub-Judul

Subjudul adalah bagian penting dari sebuah iklan yang berfungsi untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang isi iklan, misalnya menjelaskan klaim pada headline atau menekankan keunikan produk.

Biasanya berbentuk satu atau dua kalimat, subjudul diletakkan di bawah headline utama dan berperan dalam memperoleh perhatian atau atensi audiens dari judul ke isi.

Sebagai seorang marketer penting untuk memahami apa perbedaan judul dengan subjudul dalam iklan. Judul merupakan genering, artinya menjadi kalimat yang lebih simple dan lugas mewakili isi dari iklan yang akan disampaikan, sedangkan sub sudul adalah nama yang lebih spesifik karena bertugas untuk menjelaskan lebih detail maksud dari judul iklan itu sendiri.

c. Body atau Isi iklan

Komponen selanjutnya yang harus ada dalam sebuah iklan adalah body atau isi. Body ini berisi informasi dan rincian lebih lengkap terkait brand, produk, ataupun hal apapun yang ingin disampaikan melalui advertisement.

Agar perhatian pembacanya tidak larut dan kehilangan hasrat untuk terus membaca iklan serta menerima pesannya, buatlah body iklan dengan semenarik mungkin.

d. Call to Action (CTA)

Call to action merupakan strategi pemasaran yang digunakan dalam iklan untuk mengajak pembacanya melakukan sebuah kegiatan.

Berbagai hal dapat dilakukan, mulai dari membeli produk yang diiklankan, menjalani hidup sehat, hingga menuliskan nomor telepon untuk pemesanan produk atau syarat mendapatkan promo. Dengan call to action ini, pembaca dapat lebih mudah mencari tahu apa isi iklan beserta tujuannya.

Syarat Melakukan Advertising yang Baik

Aida Marketing

Aida Model Marketing (Sumber: smartinsights.com)

1. Menarik Perhatian (Attention)

Langkah pertama untuk melakukan advertising menggunakan pola AIDA adalah attention atau perhatian. Untuk para pemilik usaha kecil, cara efektif lain yang bisa dilakukan yaitu melalui pemasaran langsung yang sangat tertarget dan personal.

Menciptakan kejutan melalui visual yang bersifat kreatif, konten iklan yang menarik, dan penempatan iklan yang unik bisa mempengaruhi respon konsumen.

Mengirim email pemasaran dengan nama pelanggan di kolom subjek juga bisa menarik perhatian mereka.

2. Interest (Minat)

Untuk menarik minat audiens, Anda perlu memahami tantangan yang dihadapi konsumen dan menunjukkan bagaimana produk atau layanan Anda bisa membantu.

Misalnya, untuk bisnis makan sehat untuk karyawan kantoran, Anda bisa menyampaikan betapa sulitnya memperoleh nutrisi seimbang saat sibuk bekerja.

Konten harus mudah dikonsumsi oleh audiens agar mereka tidak kehilangan minat. Gunakan font biasa berukuran sedang hingga besar dan hindari paragraf terlalu panjang. Sertakan juga kalimat pendek atau slogan menarik.

3. Desire (Kebutuhan)

Untuk membuat audiens membeli produk atau menggunakan layanan, perusahaan perlu fokus pada manfaat yang ditawarkan dan membangun hubungan emosional.

Perusahaan bisa menggunakan istilah emosional seperti "frustasi" dan "cemas" untuk membantu audiens mengidentifikasi dirinya, dan "santai" dan "berdaya" setelah menggunakan produk atau layanan.

Untuk memperkuat hubungan emosional, perusahaan bisa menjangkau pelanggan melalui saluran berbeda dan berbicara dengan perwakilan yang terampil.

Ini akan membantu pelanggan membangun hubungan baik dan mendorong mereka untuk mengambil langkah lebih lanjut.

4. Action (Tindakan)

Langkah terakhir dalam pola periklanan AIDA adalah mendorong pelanggan untuk bertindak. Tujuannya adalah membawa pelanggan ke tahap selanjutnya, bisa berupa transaksi pembelian, membuat janji, menelpon, atau mengunduh materi pemasaran. Proses ini melibatkan ajakan atau Call to Action (CTA).

CTA adalah arahan singkat yang digunakan oleh perusahaan untuk memberikan petunjuk kepada pelanggan mengenai tindakan selanjutnya.

Bentuk dan penempatan CTA sangat penting agar audiens dapat melakukan tindakan. Dalam iklan cetak, CTA bisa berupa "Kunjungi toko di dekat Anda", sedangkan di halaman situs web "Selesaikan pesanan Anda". Dalam email, CTA bisa berupa "Kunjungi situs web untuk mengetahui lebih lanjut", dan di media sosial, CTA bisa berupa "Bagikan kiriman ini".

4 Strategi Merancang Marketing Advertising

1. Gunakan Storytelling

Story telling adalah teknik yang efektif untuk merancang dan mengemas pesan dalam strategi iklan. Dengan menggunakan teknik ini, perusahaan atau brand dapat mempengaruhi target audiens untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

2. Sasar Emosi Audiens

Penggunaan emosi dalam iklan dapat mempengaruhi niat seseorang untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan. Oleh karena itu, penting untuk membuat iklan yang memicu perasaan seperti kebahagiaan, kesedihan, atau emosi lainnya untuk membujuk target audiens untuk bertindak.

3. Fokus Pada Manfaat

Menjelaskan manfaat dari produk atau layanan Anda adalah kunci dalam membuat iklan yang efektif. Alihkan fokus dari fitur produk Anda dan fokuskan pada bagaimana produk atau layanan Anda bisa membantu atau memberikan keuntungan positif bagi pelanggan. Ini akan membuat mereka tertarik untuk melakukan pembelian.

4. Pilih Saluran Yang Paling Sesuai

Untuk memaksimalkan efektivitas pesan iklan, penting bagi Anda memilih saluran distribusi yang tepat. Terlebih dahulu analisis target audiens Anda dan pilih saluran yang paling sesuai dan efektif untuk mencapainya.

Fungsi Advertising

Design Iklan Semenarik Mungkin Untuk Manarik Perhatian Konsumen (Sumber: Freepik.com)

1. Sebagai Sumber Informasi

Melalui iklan, masyarakat akan menerima informasi dan memiliki alternatif produk yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan mereka. Iklan memberikan deskripsi produk, informasi tentang tempat pembelian dan hal-hal lain yang diperlukan oleh masyarakat.

2. Kegiatan Ekonomi

Iklan dapat memberikan dorongan bagi pertumbuhan ekonomi, karena produsen akan tetap memproduksi dan memperdagangkan produk mereka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

3. Pembagian Beban Biaya

Periklanan dapat membentuk skala ekonomi besar bagi setiap produk, sehingga biaya produksi dan distribusi per unit akan menurun. Ini akan menciptakan harga jual yang lebih murah bagi masyarakat.

4. Sumber Dana Media

Periklanan memberikan sumber pendanaan bagi media agar tetap eksis. Terbukti dengan banyaknya media baru yang muncul, yang meningkatkan persaingan bisnis.

Baca Juga: Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya

5. Sebagai Sarana Kontrol

Periklanan sangat penting bagi masyarakat dalam membedakan berbagai produk yang beredar di pasaran. Melalui kegiatan periklanan, masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai produk yang asli dan produk tiruannya.

Dengan begitu, masyarakat bisa membuat pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. Tak hanya itu saja, periklanan juga memiliki fungsi lain seperti memperkenalkan produk baru, membantu pertumbuhan ekonomi, dan sebagai sumber pendapatan bagi media.

Dalam merencanakan strategi periklanan, tips yang bisa dilakukan antara lain fokus pada manfaat produk, membangkitkan emosi target audiens, dan memilih saluran yang tepat.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
7+ Tips Menggunakan Promo Gratis Ongkir Anti Rugi
Penggiat bisnis online atau pembeli online pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah gratis ongkir atau gratis ongkos kirim ini.
Baca Juga
Apa itu Konversi dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan Data Konversi?
Tidak sedikit dari beberapa orang yang ingin tahu tentang apa itu konversi. Pada dasarnya, konversi adalah salah satu jenis istilah
Baca Juga
Program Giveaway: Tips Ampuh Meningkatkan Penjualan
Untuk Anda yang merupakan seorang pebisnis, mungkin Anda pernah mendengar istilah program giveaway. Jika diartikan ke bahasa indonesia, giveaway artinya
Baca Juga
Mengenal Buyer Persona, Elemen, Manfaat dan Cara Membuatnya
Dalam dunia pemasaran, pemahaman yang mendalam tentang target audiens atau konsumen potensial sangat penting. Salah satu alat yang efektif untuk
Baca Juga
5 Tips Copywriting Untuk Pemula dan Pengertiannya
Copywriting adalah ujung tombak dari pemasaran digital, dimana Copywriting ini berisi tentang kumpulan kata atau tulisan yang menarik dan catchy
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu