🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Iklan Penawaran: Tujuan, Cara, dan Contohnya

Ingin genjot penjualan produk Anda? Pelajari contoh iklan promosi dan pelajari 5 cara mudah membuat iklan penawaran yang efektif di sini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 29 April 2023

Iklan penawaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer untuk iklan promosi produk atau jasa.

Iklan penawaran biasanya digunakan untuk menawarkan produk atau layanan dengan harga atau promo khusus agar dapat menarik minat konsumen. Namun, membuat iklan penawaran yang efektif dan menarik tidaklah mudah.

Dalam artikel ini, akan dibahas 3 tujuan utama dari iklan penawaran, cara mudah untuk membuat iklan promosi yang efektif, serta contoh iklan penawaran yang dapat menjadi inspirasi dalam membuat iklan promosi Anda.

Apa itu Iklan Penawaran?

Iklan Penawaran adalah jenis iklan yang ditujukan untuk mengiklankan produk atau layanan dengan menawarkan harga atau promosi khusus kepada konsumen.

Dalam iklan promosi, Anda dapat memperkenalkan produk atau layanan Anda dengan menekankan nilai tambahnya, seperti harga diskon atau penawaran khusus lainnya yang dapat menarik perhatian konsumen.

Dengan menggunakan iklan penawaran yang efektif, Anda dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan menunjukkan keuntungan yang mereka dapatkan ketika membeli produk atau layanan Anda.

5 Contoh Iklan Penawaran

Sebagai contoh, iklan penawaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat membantu bisnis Anda meningkatkan penjualan.

Iklan promosi yang efektif harus dapat menarik perhatian calon pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.

Berikut adalah beberapa contoh iklan promosi yang dapat memberikan inspirasi untuk bisnis Anda:

1. Contoh Iklan Penawaran Makanan

Contoh Iklan Promosi Makanan

Contoh Iklan Promosi Makanan (Credit: McDonald Indonesia)

Nikmati promo spesial makan siang di restoran kami! Dapatkan paket makan siang dengan harga terjangkau, termasuk makanan utama, minuman, dan dessert. Tersedia pilihan menu yang beragam dan lezat untuk memenuhi selera Anda.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menikmati makanan yang enak dan harga yang terjangkau!

2. Iklan Penawaran Jasa Desaign Grafis

Butuh desain grafis yang kreatif dan profesional? Kami menyediakan jasa desain grafis dengan harga terbaik dan kualitas yang terjamin. Kami siap membantu Anda dalam membuat desain logo, brosur, kartu nama, dan lainnya.

Dapatkan diskon khusus untuk pemesanan pertama Anda. Hubungi kami sekarang dan dapatkan hasil desain yang memukau!

3. Contoh Iklan Penawaran Jasa

Perlu bantuan dalam mengurus dokumen perizinan bisnis Anda? Kami menyediakan jasa konsultasi dan pengurusan perizinan bisnis dengan harga terjangkau dan proses yang cepat.

Kami memiliki tenaga ahli yang berpengalaman dan siap membantu Anda dalam mengurus semua dokumen yang diperlukan. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan penawaran khusus.

4. Contoh Iklan Penawaran Barang

Beli satu produk, dapatkan diskon khusus untuk produk berikutnya! Kami menyediakan berbagai jenis produk berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dapatkan harga khusus untuk pembelian produk berikutnya setelah membeli satu produk dari kami. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi toko kami dan nikmati penawaran menarik ini!

5. Iklan Penawaran Kredit Motor

Contoh Iklan Penawaran Kredit Motor

Contoh Iklan Kredit Motor (Credit: Astra Motor)

Dapatkan motor impian Anda dengan kredit mudah dan cepat! Kami menyediakan kredit motor dengan bunga rendah dan tenor yang fleksibel.

Proses pengajuan kredit yang mudah dan cepat, tanpa ribet dan tanpa jaminan. Dapatkan juga penawaran spesial untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Hubungi kami sekarang untuk info lebih lanjut!

Baca Juga: Ciri Ciri Iklan hingga Jenisnya untuk Promosi

3 Tujuan Utama dari Iklan Penawaran

Iklan penawaran dapat membantu bisnis Anda meningkatkan penjualan dengan menawarkan harga atau promosi khusus kepada konsumen. Namun, iklan promosi juga memiliki tujuan utama yang berbeda-beda.

Berikut adalah 3 tujuan utama dari iklan penawaran:

1. Informative Advertising

Tujuan utama dari iklan penawaran yang informatif adalah memberikan informasi kepada konsumen tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Iklan jenis ini menyajikan fakta-fakta dan fitur produk secara detail, sehingga konsumen dapat membuat keputusan yang tepat sebelum membeli produk atau layanan tersebut.

2. Persuasive Advertising

Tujuan utama dari iklan penawaran yang persuasif adalah mempengaruhi konsumen agar membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Iklan jenis ini memanfaatkan teknik pemasaran seperti promosi harga khusus, testimonial, atau gambar-gambar yang menarik untuk menarik perhatian konsumen dan meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan tersebut.

3. Reminder Advertising

Tujuan utama dari iklan penawaran yang mengingatkan adalah memperkuat kesan produk atau layanan di benak konsumen.

Iklan jenis ini biasanya ditujukan untuk produk atau layanan yang sudah dikenal di pasaran dan bertujuan untuk mengingatkan konsumen tentang keberadaan produk atau layanan tersebut. Dalam iklan jenis ini, biasanya disajikan gambar atau slogan yang mudah diingat oleh konsumen.

Baca Juga: Kenali Jenis Jenis Iklan Sebelum Melakukan Promosi

Langkah-langkah Mudah Membuat Iklan Penawaran

Jika Anda ingin membuat iklan penawaran yang efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain menawarkan harga atau promosi khusus kepada konsumen, Anda juga perlu memikirkan cara terbaik untuk menarik perhatian konsumen dan meyakinkan mereka untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Berikut adalah 5 cara mudah untuk membuat iklan promosi yang efektif:

1. Gunakan Judul yang Membuat Penasaran

Judul merupakan bagian terpenting dari iklan penawaran Anda. Gunakan judul yang menarik dan membuat penasaran, sehingga konsumen tertarik untuk membaca iklan Anda lebih lanjut.

Anda dapat menggunakan judul yang singkat, padat, dan memuat informasi menarik tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

2. Pasang CTA (Call To Action)

CTA adalah panggilan untuk tindakan yang diinginkan oleh konsumen, seperti membeli produk atau layanan yang ditawarkan, mendaftar, atau menghubungi bisnis Anda.

Pasang CTA yang jelas dan mudah dipahami oleh konsumen, sehingga mereka dapat segera mengambil tindakan yang diinginkan.

Anda dapat menggunakan kata-kata seperti "Beli Sekarang", "Daftar Sekarang", atau "Hubungi Kami" sebagai CTA pada iklan penawaran Anda.

3. Tunjukkan Keunggulan dan Manfaat Produk/Jasa

Konsumen akan tertarik membeli produk atau layanan jika mereka dapat melihat keunggulan dan manfaat yang mereka dapatkan.

Jelaskan keunggulan dan manfaat produk atau layanan secara jelas dan terperinci, sehingga konsumen dapat memahami apa yang mereka dapatkan dengan membeli produk atau layanan tersebut.

Anda dapat menggunakan gambar atau video yang menunjukkan produk atau layanan yang ditawarkan secara lebih jelas.

4. Patuhi Gaya Bahasa dan Struktur Iklan Penawaran

Gaya bahasa dan struktur iklan promosi perlu dipertimbangkan untuk membuat iklan yang mudah dipahami dan menarik perhatian konsumen.

Anda dapat menggunakan kalimat pendek, padat, dan informatif, serta menghindari penggunaan jargon atau bahasa yang sulit dipahami oleh konsumen.

Selain itu, pastikan bahwa iklan penawaran Anda memiliki struktur yang jelas dan mudah dipahami oleh konsumen.

5. Pasang Iklan di Media yang Tepat

Contoh Media Promosi Iklan

Contoh Media Promosi Iklan (Credit: Snapy.co.id)

Pilih media yang tepat untuk memasang iklan, seperti media online atau cetak, yang sesuai dengan target pasar Anda.

Anda dapat memilih media yang banyak digunakan oleh target pasar Anda, seperti media sosial, website, atau koran lokal. Pastikan bahwa iklan Anda mudah diakses dan mudah ditemukan oleh konsumen.

Selain itu, pastikan juga bahwa iklan Anda sesuai dengan aturan media yang dipilih dan mematuhi etika bisnis yang berlaku.

Pentingnya Mencatat Biaya Iklan Promosi

Sebagai seorang pengusaha atau marketer, mencatat biaya iklan promosi sangat penting dalam mengukur keberhasilan kampanye pemasaran. Tanpa catatan yang akurat, sulit bagi Anda untuk mengetahui apakah biaya iklan tersebut efektif atau tidak.

Untuk membantu Anda mencatat biaya-biaya dalam bisnis dengan mudah, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Beecloud. Dengan Beecloud, Anda dapat mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam bisnis, termasuk biaya iklan promosi, dan membuat laporan keuangan yang akurat.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Operasional, Gaji Dan Beban

Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengukur keberhasilan iklan promosi dan memperbaiki strategi pemasaran Anda ke depannya.

Artikel Terkait

Campaign Adalah: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Penjualan
Campaign adalah sebuah kampanye periklanan yang penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Melalui campaign, perusahaan dapat mempromosikan merek
Baca Juga
Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Mengirim faktur atau invoice tepat waktu adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa pelanggan segera membayar produk dan layanan
Baca Juga
5 Jenis-Jenis Reklame dan Contohnya Lengkap
Di dunia ini ada banyak sekali jenis jenis reklame yang terpasang di tempat umum, keberagaman jenis reklame berdasarkan tujuan, sifat,
Baca Juga
Tagline Adalah Frasa Pendek Powerful, Penting dalam Pemasaran
Tagline adalah frasa pendek yang sering digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk merek atau produk tertentu. Pembuatan tagline menarik
Baca Juga
Internet Marketing: Pengertian, Contoh dan Manfaatnya, Lengkap!
Internet telah mengubah cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu perubahan terbesar yang dibawa oleh internet adalah lahirnya internet marketing.
Baca Juga
Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) Mudah, Lengkap
Cara menghitung HPP atau harga pokok penjualan seharusnya menjadi hal wajib yang diketahui oleh para pebisnis, untuk mendapatkan bisnis yang
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
5 Format Laporan Keuangan dan Contohnya Lengkap!
Dalam dunia bisnis, laporan keuangan merupakan landasan vital yang memberikan gambaran menyeluruh tentang kesehatan finansial suatu entitas. Format laporan keuangan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu