🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Jenis Jenis Pemasaran Beserta Komponennya

Yuk kenali jenis jenis pemasaran pada artikel berikut ini agar jumlah penjualan produk Anda meningkat setiap harinya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 8 April 2023

Pemasaran mejadi istilah yang telah sering Anda dengar karena jaman yang canggih membuat pemasaran, khususnya pemasaran digital mendapat perhatian khusus dan ada banyak Jenis jenis pemasaran. Masing-masing jenis memiliki 1 kesamaan tujuan.

Tujuannya yaitu memaksimalkan keuntungan dengan membuat metode penjualan. Di dalam proses pemasaran, ada banyak pihak yang dilibatkan seperti publik figur, selegram, olahragawan, artis, hingga tokoh penting supaya bisa menjangkau lebih luas.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Jenis Pemasaran

Dalam Pemasaran Banyak Aspek yang Dilibatkan (Credit: Freepik.com/ @macrovector)

Pemasaran merupakan aktivitas yang terencana dan dilaksanakan oleh suatu institusi dalam melaksanakan beragam usaha supaya bisa memenuhi permintaan dari pasar. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu pemasaran beserta fungsinya ada di bagian bawah ini.

Pemasaran memiliki beberapa pengertian dari para ahli. Mulai dari versi Kotler hingga versi John Westwood.

1. Kotler (1997:8)

Pemasaran merupakan suatu tahapan sosial serta manajerial. Dimana di dalamnya ada individu serta kelompok dalam memperoleh apa yang diperlukan serta inginkan.

Tipsnya yaitu dengan membuat, menawarkan, hingga menukarkan suatu barang. Namun, yang mempunyai value dengan pihak lain.

2. William J. Stanton (1984:7)

Pemasaran ialah suatu sistem yang total. Sistem yang total ini berasal dari aktivitas bisnis.

Tujuan dirancangnya aktivitas bisnis ini untuk merencanakan, menentukan sebuah harga, memberikan beragam promosi. Selain itu, juga melakukan distribusi produk yang bisa memuaskan keinginan.

3. Melly Drum

Pemasaran merupakan suatu proses usaha yang mengusahakan keserasian diantara beberapa hal. Beberapa hal tersebut seperti sumber daya manusia, finansial, serta fisik organisasi.

Penyesuaian ini dilaksanakan dengan keinginan serta kebutuhan dari para konsumen. Hal ini khususnya di dalam konteks strategi yang kompetitif.

4. John Westwood

Pemasaran sebagai usaha yang terpadu untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, pemasaran menurut John memiliki manfaat yang berguna bagi konsumen.

Baca Juga: Manajemen Pemasaran: Definisi, Tahapan, Konsep dan Tujuan

Beragam Fungsi dari Proses Pemasaran

Proses pemasaran sangat berguna, Mulai dari pengenalan produk, distribusi, hingga peningkatan penjualan.

1. Pengenalan Produk

Adanya pemasaran membuat produk perusahaan menjadi lebih mudah untuk dikenal oleh calon konsumen. Anda sebagai pemasar wajib menunjukkan kelebihan dari barang yang dipasarkan agar lebih menarik perhatian.

2. Riset

Riset ini membantu pemasar dalam mendapatkan target pasar suatu produk. Beberapa hal yang umumnya diriset yaitu usia, jenis kelamin, kebutuhan, demografi, dan lainnya. Nantinya produk yang diproduksi dapat disesuaikan dengan apa yang tepat dengan target pasar.

3. Distribusi

Proses distribusi yang tepat akan memastikan bila produk bisa mudah dipindahkan dari tempat proses produksi ke pasar luas. Proses pemindahan memakai jalur darat, laut, serta udara.

Untuk tambahan, juga memastikan bila produk bisa dengan mudah didapatkan oleh konsumen. Sebagai pemasar, Anda wajib merencanakan segala sesuatu seperti keuangan dan armada.

4. Layanan Purnajual

Di dalam sebuah proses penjualan, layanan setelah penjualan sangat diperlukan. Pemasar bisa membantu konsumen setelah mereka selesai melakukan proses pembelian terhadap produk.

Contohnya, pembelian produk mesin fotocopy. Konsumen mungkin akan merasa kesulitan saat menjumpai masalah pada mesin tersebut. Tugas Anda sebagai pemasar yaitu memastikan serta menolong supaya mesin bisa bekerja semestinya.

5. Pertukaran

Pemasaran memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan informasi serta membeli barang yang dijual dengan melakukan penukaran barang dengan uang atau barang dengan barang. Barang ini bisa dipakai untuk keperluan Anda atau dijual lagi untuk mendapatkan keuntungan.

6. Peningkatan Penjualan

Semakin banyak kegiatan pemasaran, semakin besar juga peluang barang bisa terjual. Fungsi dari pemasaran ini membuat bisnis Anda memiliki penambahan pada penghasilan.

Jenis Jenis Pemasaran dan Contohnya

Pemasaran

Salah Satu Fungsi dari Adanya Pemasaran adalah Membangun Branding (Credit: Freepik.com)

Ada 4 jenis dalam pemasaran suatu layanan atau produk yang dijual oleh perusahaan. Mulai dari branding, word of mouth marketing, pr marketing, serta jenis digital marketing atau pemasaran digital.

1. Branding

Suatu produk umumnya mempunyai mempunyai target pasar, nama atau merk untuk diketahui. Branding merupakan jenis dari pemasaran yang mempunyai fungsi sebagai promosi dalam jangka waktu yang panjang.

Contoh Branding (Sumber: www.accurate.id)

2. Word of Mouth Marketing

Jenis ini berarti sebuah informasi yang didapatkan oleh pelanggan dari pelanggan lain secara langsung serta verbal. Dikenal juga sebagai media promosi dari mulut ke mulut.

Contoh Word of Mouth Marketing (Sumber: www.jabarsatu.id)

3. Public Relation Marketing atau PR Marketing

PR marketing merupakan bagian dari strategi perusahaan secara menyeluruh sebagai penghubung perusahaan dengan pelanggan beserta masyarakat. Hal ini melalui penyampaian informasi, program, serta kesan yang meyakinkan.

PR marketing termasuk ke dalam jenis jenis pemasaran. Tujuan dari jenis ini yaitu mendapatkan kesadaran, memfasilitasi komunikasi, serta membangun hubungan yang baik antara pelanggan.

Ada banyak perusahaan yang melakukan kerjasama dengan media. Tujuannya meningkatkan kesadaran produk serta menfaat yang didapat oleh pelanggan ketika produk ini bisa mereka miliki.

Contoh PR Marketing (Sumber: www.academiapr.blogspot.com)

4. Digital Marketing

Digital marketing merupakan suatu aktivitas pemasaran terhadap suatu brand produk atau layanan melalui media digital. Tujuannya menjangkau pelanggan yang banyak dengan cara yang efektif, relevan, serta efisien.

Digital marketing merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Pemasaran digital ini memaksimalkan semua potensi yang ada di dalam internet supaya dapat mencapai target perusahaan.

Selain itu, digital marketing juga merupakan suatu cara yang efisien dalam membangun brand dengan biaya yang cukup rendah. Untuk target pasarnya dapat Anda tentukan karena banyak penyedia layanan iklan yang mempunyai fitur canggih ini.

Selain jenis dari pemasaran seperti yang ada di atas, ada juga jenis jenis strategi pemasaran yang terdiri dari paid marketing serta organic marketing. Paid marketing merupakan kampanye berbayar yang biasa ditemukan di halaman suatu website.

Sedangkan organic marketing merupakan sebuah strategi yang mendorong perusahaan untuk tidak menghabiskan uang secara langsung. Jenis kampanye ini melibatkan strategi yang tidak mahal bahkan ada yang gratis.

Baca Juga: Digital Marketing itu Apa? Bagaimana Strateginya? - Bee.id

Komponen-Komponen dalam Pemasaran

Tugas Ba Adalah Mempromosikan Merek

Ilustrasi Promosi Produk (Credit: Freepik.com)

Ada 4 komponen utama dalam pemasaran. Di antaranya yaitu produk, harga, lokasi, serta promosi.

1. Produk

Komponen produk ini mengacu pada barang yang direncanakan untuk dijual kepada calon konsumen. Produk tersebut harus memiliki nilai jual untuk bisa memenuhi ketidakhadiran di pasar atau memenuhi permintaan dari pelanggan.

Sebelum Anda bisa mempersiapkan pemasaran yang tepat, Anda beserta tim harus memahami produk apa yang dijual. Selain itu juga harus tahu tentang keunggulan produk dari produk kompetitor.

2. Harga

Komponen biaya btergantung dari berapa banyak perusahaan akan menjual produknya. Saat menetapkan harga, perusahaan wajib melakukan pertimbangan pada harga biaya per unit, biaya distribusi, serta biaya pemesanan.

3. Lokasi

Lokasi ini mengacu pada distribusi dari produk perusahaan. Sebagai pertimbangan yang utama yaitu apakah perusahaan akan menjual produk melalui sistem online, etalase fisik atau menggunakan kedua saluran distribusi tersebut.

4. Promosi

Komponen promosi mencakup pada aktivitas promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan. Selain itu juga aktivitas periklanan, pemasangan gerilya, sponsorship, serta pemasaran secara langsung.

Promosi yang bervariasi tergantung pada tahap rangkaian produk yang dimana produk tersebut berada. Anda sebagai tenaga marketing diharapkan dapat memahami jika pelanggan mengaitkan harga serta distribusi produk dengan kualitas.

Kesimpulan

Sebelum melakukan proses pemasaran, ada banyak yang perlu diperhatikan. Diantaranya, jenis yang digunakan beserta komponen apa saja yang harus ada. Selain itu, perancangan laporan keuangan yang bisa memperlancar proses pemasaran ini.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Untuk itu Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk memudahkan Anda dalam memanajemen keuangan bisnis dari mulai mencatat, menganalisa sampai melaporkan dengan akurat dan mudah. Bisnis bisa jadi lebih menyenangkan karena bisa dipantau dimana saja dan kapan saja.

Kembali ke pembahasan, di dalam proses pemasaran yang baik, perusahaan mendapatkan dampak yang positif. Perencanaan dalam memilih jenis jenis pemasaran dilakukan supaya penjualan semakin meningkat.

Tips Optimasi Facebook Business Manager pada Pemasaran Online
Facebook business manager saat ini banyak digemari oleh Masyarakat. Seperti yang diketahui bersama, Facebook sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan
Baca Juga
Apa Target Menggunakan SEO dan Apa Keuntungannya?
Implementasi strategi Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi pondasi utama bagi keberhasilan online bagi berbagai jenis bisnis dan organisasi. Lantas
Baca Juga
Email Marketing Adalah: Jenis, dan Tips Optimasinya
Apa itu email marketing? Yakni sebuah cara promosi yang dilakukan sebuah bisnis dengan memanfaatkan platform email seperti namanya. Secara garis
Baca Juga
Brand Ambassador Adalah Wajah Merek, Ini Jenis dan Tugasnya
Apa itu Brand Ambassador? Brand ambassador artinya individu atau tokoh terkenal yang bekerja untuk merepresentasikan merek tersebut di depan publik.
Baca Juga
Direct Marketing: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Direct marketing atau pemasaran langsung adalah salah satu strategi pemasaran yang memungkinkan pelaku bisnis untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumennya
Baca Juga
Tagline Adalah Frasa Pendek Powerful, Penting dalam Pemasaran
Tagline adalah frasa pendek yang sering digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk merek atau produk tertentu. Pembuatan tagline menarik
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu