Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Manfaat Laporan Keuangan bagi Pengelola Bisnis dan Pihak Eksternal

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 12 July 2022

Beberapa pebisnis mungkin sering mengalami masalah dalam mengelola keuangannya. Salah satu hambatan yang dirasakan adalah kesulitan dalam memahami manfaat laporan keuangan, atau bahkan kesulitan saat baru akan membuatnya.

Walau begitu, pembukuan adalah hal wajib bagi pebisnis. Laporan keuangan diperlukan agar Anda dapat mengetahui segala informasi terkait situasi keuangan, kinerja karyawan, serta posisi-posisi yang berubah dalam perusahaan dalam rangka meneruskan bisnis yang tengah dijalankan.

Manfaat Laporan Keuangan bagi Pengusaha

proses dalam akuntansi menganalisis laporan keuangan

Ilustrasi Manfaat Laporan Keuangan bagi Perusahaan (Sumber: Freepik.com)

Bagi Anda para pengusaha, berikut ini adalah manfaat dari pembuatan laporan keuangan demi kelancaran bisnis yang berlangsung secara berkesinambungan.

1. Memisahkan Aset Bisnis dan Aset Pribadi

Laporan keuangan memiliki manfaat dalam memisahkan aset pribadi agar tidak bercampur dengan aset bisnis, sehingga risiko bisnis dapat diminimalisir. Di samping itu, laporan ini dapat berguna bagi Anda agar bisnis dapat dijalankan dengan lebih profesional.

2. Acuan dalam Mengambil Keputusan

Ketika Anda merasa sulit dalam mengambil keputusan bisnis, laporan keuangan bermanfaat dalam melakukan evaluasi serta pengambilan keputusan berdasarkan apa yang tertera dalam laporan keuangan. Laporan menunjukkan perkembangan dan penurunan kondisi bisnis tersebut.

3. Memperoleh Pinjaman Modal

Berikutnya adalah manfaat laporan keuangan dalam menjadi syarat saat mengajukan pinjaman modal kepada bank atau kreditur lain. Anda dapat melampirkan laporan keuangan yang baik agar kreditur mudah dalam memutuskan pemberian pinjaman untuk perusahaan Anda.

4. Acuan dalam Menghitung Pajak

Laporan keuangan menjadi pemegang peran krusial sebagai bahan dasar menghitung pajak. Laporan ini berisi makna bahwa pengelolaan harus dilakukan lebih lanjut agar pajak yang terutang dapat ditentukan total kuantitasnya.

5. Mengetahui Kuantitas Keuntungan

Pada operasional bisnis, Anda akan memiliki fase di mana pendapatan sedang banyak atau sedikit. Laporan keuangan bermanfaat dalam menyajikan informasi serta menjadi bahan analisis mengenai besar keuntungan dari bisnis yang sedang Anda jalani.

Baca Juga: Pentingnya Analisi Laporan Keuangan

Manfaat Laporan Keuangan bagi Pihak Umum

Laporan Keuangan Untuk Evaluasi

Ilustrasi Manfaat Laporan Keuangan bagi Pihak Eksternal (Sumber: Freepik.com)

Tidak hanya bagi pengelola usaha, laporan keuangan juga memiliki manfaat bagi pihak di luar pengelola bisnis. Beberapa pihak yang berpotensi dalam merasakan manfaat adanya laporan keuangan adalah sebagai berikut.

1. Manfaat Laporan Keuangan Bagi Kreditor

Laporan akan berisi tentang situasi keuangan suatu perusahaan. Kreditor dapat menjadikan laporan sebagai bahan acuan dalam memberikan persetujuan atau penolakan terhadap ajuan pinjaman. Kreditor juga akan mendapatkan keyakinan lebih bahwa uang mereka tidak akan jatuh kepada pihak yang keliru.

2. Manfaat Laporan Keuangan Bagi Pemasok (Supplier)

Pemasok memerlukan laporan keuangan apabila pembelian barang tidak dilakukan dengan sistem kredit atau tidak dibayar tunai. Informasi yang tertera dapat menjadi dasar pengambilan keputusan oleh supplier apakah perusahaan Anda mampu melunaskan tagihan berdasarkan nilai yang tertulis atau tidak.

3. Bagi Manajemen Perusahaan

Bagi manajemen perusahaan sebagai orang penting, adanya laporan keuangan bermanfaat dalam memperoleh informasi untuk memastikan bahwa seluruh proses operasional berjalan baik. Manfaat ini menjadi dasar dalam mendukung aspek perencanaan bisnis di periode selanjutnya.

4. Manfaat Laporan Keuangan Bagi Investor

Warren Buffett investor no.1

Illustrasi Warren Buffett Investor No.1 di Dunia

Berikutnya, manfaat laporan keuangan bagi investor adalah memberi keyakinan terhadap bisnis Anda serta menjadi dasar keputusan apakah modal yang mereka beri sudah dipakai dengan baik. Dengan demikian, mereka tidak akan ragu menanam modal pada perusahaan Anda.

5. Bagi Pelanggan

Adanya ikatan perjanjian kerja sama dalam memasarkan produk juga membuat laporan keuangan bermanfaat bagi pelanggan. Mereka berhak mengetahui bagaimana gambaran kelangsungan bisnis, terlebih apabila ada tawaran untuk perjanjian jangka panjang dengan perusahaan Anda.

6. Bagi Pemerintah

Selanjutnya, manfaat laporan keuangan bagi pemerintah adalah berkaitan dengan pembayaran pajak, di mana besaran akan ditentukan berdasarkan besaran angka yang tertera pada laporan. Bila laporan rapi, maka Anda dapat meminimalisir masalah seperti penggelapan pajak yang berkaitan dengan hukum.

7. Bagi Karyawan

Untuk pekerja sendiri, laporan keuangan bermanfaat dalam perolehan informasi mengenai pemberian gaji yang telah dibayarkan oleh perusahaan. Laporan keuangan penting dalam membantu pihak perusahaan dalam menciptakan kerja sama jika bisnis Anda tengah berada dalam masa-masa sulit.

8. Bagi Masyarakat Umum

Informasi dalam laporan keuangan dapat membantu masyarakat dalam memberikan tren perkembangan terakhir mengenai rangkaian kegiatan suatu perusahaan. Contohnya, ketika banyak karyawan yang bekerja pada perusahaan dan perlindungan bagi penanam modal dapat mempengaruhi masyarakat.

Baca Juga: 7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan

Bikin Laporan Keuangan 1x Klik

Bikin laporan keuangan lebih cepat dan mudah dengan software akuntansi Beeaccounting. Hanya sekali klik akan muncul informasi keuangan yang Anda butuhkan. Laporan laba rugi, neraca, arus kas, semua sudah tersaji secara otomatis dan data yang diberikan juga sangat akurat.

Analisa bisnis lebih mudah dengan fitur unggulan yang tidak dimiliki software akuntansi lain yaitu Bee Financial Analisys (BFA). Fitur ini memberikan segala keadaan kaungan bisnis Anda dalam bentuk angka yang akurat, sehingga memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Kesimpulan

Laporan keuangan terdiri dari laporan neraca, laba rugi, perubahan modal, dan arus kas. Semua laporan tersebut dapat digunakan sebagai refrensi dalam mengambil keputusan setiap strategi perusahaan.

Dalam menyusun laporan keuangan tidak mudah dilakukan dan membutuhkan staff khusus yang mengetahui tentang ilmu akuntansi. Anda bisa merekrut staf akuntansi atau Anda bisa menyusun laporan keuangan sendiri menggunakan aplikasi akuntansi.

Harga Pokok Produksi: Unsur, Metode, dan Cara Membuatnya
Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) menentukan harga pokok produksi sangat penting di mana salah satu manfaatnya yaitu untuk menentukan harga […]
Baca Juga
Memo Adalah Salah Satu Bukti Transaksi, Apa Saja Macamnya?
Dalam kaitannya dengan bisnis, memo adalah salah satu bukti transaksi yang menyatakan adanya transaksi yang terjadi secara resmi dan sah. […]
Baca Juga
Aplikasi Manajemen Marketplace, Mudah Rekap Transaksi ke Pembukuan
Aplikasi manajemen marketplace berguna untuk merekap semua data produk, pesanan, jumlah stok, dan transaksi pembelian untuk dikelola dalam satu sistem […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu