Logo Bee Web

Liabilitas Jangka Panjang: Contoh, Kelebihan dan Dampaknya

Liabilitas jangka panjang adalah kewajiban finansial yang jatuh tempo dalam periode waktu yang lebih dari satu tahun. Selengkapnya berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 23 July 2023

Dalam dunia keuangan perusahaan, ada istilah yang sering kita dengar yaitu liabilitas jangka panjang atau kewajiban jangka panjang atau gampangnya disebut utang jangka panjang.

Liabilitas ini memegang peranan penting dalam mengatur keuangan sebuah perusahaan, dan pemahaman yang baik tentang konsep ini menjadi kunci untuk mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan perusahaan.

Artikel ini akan membahas secara komprehensif tentang liabilitas atau kewajiban jangka panjang, termasuk pengertian, contoh, kelebihan, kekurangan, serta dampaknya terhadap kesehatan keuangan perusahaan.

Apa itu Liabilitas Jangka Panjang?

Kewajiban atau likuiditas kontinjensi

Hutang menjadi salah satu contoh liabilitas jangka panjang sebuah bisnis (Credit: Freepik.com)

Liabilitas jangka panjang adalah kewajiban finansial yang jatuh tempo dalam periode waktu yang lebih dari satu tahun.

Dalam konteks ini, liabilitas jangka panjang mencakup kewajiban-kewajiban seperti utang jangka panjang, kewajiban obligasi, dan hipotek jangka panjang. Keberadaan kewajiban jangka panjang ini menjadi indikator penting dalam menilai keuangan suatu perusahaan.

Liabilitas jangka panjang adalah salah satu istilah yang sangat penting dalam dunia keuangan.

Penting untuk memahami bahwa kewajiban jangka panjang tidak hanya mencakup utang jangka panjang, tetapi juga termasuk berbagai jenis kewajiban yang memiliki jangka waktu yang cukup lama dan mempengaruhi keuangan perusahaan secara signifikan.

Baca Juga: Pengertian Kewajiban dalam Akuntansi

Karakteristik Liabilitas Jangka Panjang

Kewajiban jangka panjang memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari liabilitas jangka pendek. Berikut adalah penjelasan untuk setiap karakteristiknya:

1. Memiliki Jangka Waktu yang Lebih Lama

Liabilitas jangka panjang memiliki jangka waktu yang lebih lama daripada liabilitas jangka pendek. Biasanya, jangka waktu kewajiban jangka panjang adalah lebih dari satu tahun atau siklus operasional normal perusahaan.

Hal ini memberikan Anda keleluasaan waktu yang lebih besar dalam memenuhi kewajiban tersebut.

2. Dihasilkan dari Sumber dana Jangka Panjang

Liabilitas jangka panjang dihasilkan dari sumber dana jangka panjang seperti obligasi, utang jangka panjang, dan pinjaman jangka panjang dari bank atau kreditur lainnya.

Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pendanaan yang lebih besar dan lebih tahan lama untuk membiayai proyek-proyek jangka panjang.

3. Memiliki Nilai yang Jelas dan Dapat Diukur

Liabilitas jangka panjang memiliki nilai yang jelas dan dapat diukur. Nilai ini didasarkan pada jumlah utang atau kewajiban yang tercatat dalam laporan keuangan perusahaan.

Dengan memahami nilaikewajibanjangka panjang, Anda dapat memiliki gambaran yang lebih baik tentang beban keuangan yang harus ditanggung dan mengelola keuangan perusahaan dengan lebih efektif.

4. Membayar Bunga kepada Investor

Beberapa jenis liabilitas jangka panjang, seperti obligasi, biasanya membayar bunga kepada investor yang membeli obligasi. Bunga ini dapat menjadi beban yang signifikan bagi perusahaan dan harus dikelola dengan hati-hati.

Dalam mengelola kewajiban jangka panjang, Anda perlu memperhitungkan biaya bunga ini dan memastikan bahwa perusahaan memiliki arus kas yang cukup untuk memenuhi pembayaran tersebut.

5. Termasuk Utang yang Besar dan Dilindungi oleh Agunan

Liabilitas jangka panjang biasanya merupakan utang yang besar dan dilindungi oleh agunan, seperti tanah, gedung, atau fasilitas produksi lainnya.

Dalam hal perusahaan tidak dapat membayar kewajiban, kreditur dapat mengeksekusi agunan dan menggunakan aset tersebut untuk membayar hutang.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan dengan hati-hati agunan yang diberikan untuk memastikan bahwa Anda dapat memenuhi kewajiban tersebut.

6. Memerlukan Analisis Risiko yang Cermat

Liabilitas jangka panjang memerlukan analisis risiko yang cermat karena kewajiban ini memiliki jangka waktu yang lebih lama dan dapat berdampak pada kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dan membayar kewajiban secara tepat waktu.

Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor risiko yang mungkin mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban tersebut dan mengelola risiko dengan baik.

7. Harus Dikelola dengan Hati-hati

Liabilitas jangka panjang harus dikelola dengan hati-hati karena dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk memperoleh pembiayaan di masa depan dan mempengaruhi reputasi perusahaan.

Dengan mengelolakewajiban jangka panjang dengan bijaksana, Anda dapat mempertahankan hubungan baik dengan kreditur dan memperkuat reputasi perusahaan sebagai entitas yang dapat dipercaya dalam hal kewajiban finansial.

Contoh Liabilitas Jangka Panjang

kewajiban jangka panjang

Hutang bank jadisalah satu jenis liabilitas jangka panjang yang paling sering dimiliki bisnis (Credit: Freepik.com)

Berikut ini adalah beberapa contoh umum dari liabilitas jangka panjang dalam dunia bisnis:

1. Utang Bank

Liabilitas jangka panjang yang umum adalah utang bank. Perusahaan dapat mengambil pinjaman jangka panjang dari bank untuk membiayai investasi jangka panjang seperti ekspansi bisnis, pengadaan aset, atau penelitian dan pengembangan.

Utang bank ini memiliki jangka waktu yang lebih lama dan biasanya melibatkan pembayaran bunga.

2. Utang Obligasi

Perusahaan dapat mengeluarkan obligasi sebagai salah satu bentuk pembiayaan jangka panjang. Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan dan dijual kepada investor.

Perusahaan kemudian membayar bunga kepada pemegang obligasi dan mengembalikan pokok obligasi pada saat jatuh tempo.

3. Utang Hipotek

Utang hipotek terjadi ketika perusahaan menggunakan aset properti sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman jangka panjang. Ini umumnya terkait dengan pembelian atau pengembangan properti bisnis.

Perusahaan membayar cicilan bulanan yang terdiri dari pokok dan bunga sampai utang tersebut lunas.

4. Utang Berdurasi

Utang berdurasi adalah jenis utang jangka panjang yang dibayar dalam jumlah tetap setiap periode tertentu, biasanya setahun atau lebih.

Biasanya, utang berdurasi digunakan untuk membiayai proyek-proyek investasi jangka panjang yang memiliki arus kas yang stabil.

5. Utang Sewa Dana

Utang sewa dana terjadi ketika perusahaan menyewa aset jangka panjang seperti peralatan atau kendaraan. Perusahaan membayar sewa bulanan sesuai dengan perjanjian sewa yang telah disepakati.

Ini memungkinkan perusahaan untuk menggunakan aset tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya pembelian secara penuh.

6. Kredit Novasi

Kredit novasi adalah jenis utang jangka panjang yang melibatkan penggantian utang lama dengan utang baru yang memiliki persyaratan yang lebih menguntungkan.

Proses ini biasanya melibatkan restrukturisasi kewajiban finansial untuk mengurangi beban pembayaran atau tingkat bunga yang lebih rendah.

7. Utang Pemegang Saham

Utang pemegang saham adalah bentuk pembiayaan jangka panjang di mana perusahaan mengeluarkan saham preferen kepada pemegang saham.

Pemegang saham ini memiliki hak atas dividen tetap dan biasanya memiliki prioritas pembayaran jika perusahaan mengalami likuidasi.

Kelebihan Liabilitas Jangka Panjang

komponen persamaan dasar akuntansi liabilitas

Biaya yang lebih rendah dengan sistem pembayaran bulanan jadi salah satu keunggulan dari kewajiban jangka panjang (Credit: Freepik.com)

Liabilitas jangka panjang memiliki beberapa kelebihan yang dapat memberikan manfaat bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa kelebihan tersebut:

1. Pembayaran per Bulan Lebih Rendah

Liabilitas jangka panjang memberikan fleksibilitas dalam hal pembayaran. Dibandingkan dengan liabilitas jangka pendek, pembayaran per bulan untuk kewajiban jangka panjang umumnya lebih rendah, yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola aliran kasnya dengan lebih baik.

2. Kreditur Tidak Dapat Mencampuri Bisnis

Dalam beberapa kasus, kewajiban jangka panjang memberikan kebebasan lebih besar kepada perusahaan. Dibandingkan dengan modal ekuitas, kreditur dalam kewajibanjangka panjang tidak memiliki hak untuk mencampuri operasional perusahaan atau mengambil alih kontrol.

3. Memperluas Kemampuan Keuangan

Liabilitas jangka panjang memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan sumber dana tambahan yang dapat digunakan untuk pengembangan bisnis atau investasi jangka panjang.

Dengan memperluas kemampuan keuangan perusahaan, ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan kesempatan bisnis.

4. Mengurangi Ketergantungan Terhadap Pemegang Saham

Dalam beberapa kasus, perusahaan dapat memilih untuk memperoleh pendanaan melalui kewajiban jangka panjang daripada mengeluarkan saham tambahan.

Ini membantu mengurangi ketergantungan terhadap pemegang saham dan mempertahankan kendali perusahaan dalam tangan manajemen.

5. Meningkatkan Peringkat Kredit

Dengan mengelola kewajiban jangka panjang dengan baik, perusahaan dapat membangun reputasi keuangan yang kuat dan meningkatkan peringkat kreditnya.

Hal ini dapat menguntungkan perusahaan dalam hal memperoleh pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah dan persyaratan kredit yang lebih menguntungkan.

Kekurangan Liabilitas Jangka Panjang

Meskipun memiliki kelebihan, kewajiban jangka panjang juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

1. Bunga

Liabilitas jangka panjang umumnya melibatkan pembayaran bunga kepada kreditor. Bunga ini dapat menjadi beban finansial yang signifikan bagi perusahaan, terutama jika tingkat bunga yang dikenakan tinggi atau jika perusahaan mengalami kesulitan keuangan.

2. Risiko Tinggi

Liabilitas jangka panjang berarti perusahaan memiliki kewajiban finansial jangka panjang yang harus dipenuhi. Ini menimbulkan risiko yang lebih tinggi, terutama jika perusahaan menghadapi kesulitan keuangan atau jika proyek investasi yang didanai oleh utang tersebut tidak menghasilkan hasil yang diharapkan.

3. Berdampak pada Pertumbuhan Bisnis

Terlalu banyak kewajiban jangka panjang dapat membatasi kemampuan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Kewajiban finansial jangka panjang yang tinggi dapat mengurangi kemampuan perusahaan untuk mengalokasikan sumber daya untuk inovasi, penelitian dan pengembangan, atau ekspansi bisnis.

4. Keterbatasan Fleksibilitas Keuangan

Kewajiban jangka panjang memiliki jangka waktu yang panjang dan membutuhkan pembayaran tetap selama periode waktu tertentu.

Ini mengurangi fleksibilitas keuangan perusahaan, terutama jika perusahaan menghadapi situasi keuangan yang sulit atau perubahan pasar yang cepat.

Dampak Liabilitas Jangka Panjang terhadap Kesehatan Keuangan Perusahaan

Liabilitas jangka panjang adalah

Diperlukan manajemen keuangan yang baik agar liabilitas tidak menjadi beban berlebihan bagi bisnis (Credit: Freepik.com)

Kewajiban jangka panjang dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan keuangan perusahaan. Berikut adalah beberapa dampak yang perlu dipertimbangkan:

1. Masalah Arus Kas yang Disebabkan oleh Utang Jangka Panjang

Kewajiban jangka panjang dapat mempengaruhi arus kas perusahaan, terutama jika pembayaran bunga dan pokok utang tersebut memberikan beban keuangan yang signifikan.

Jika perusahaan tidak memiliki arus kas yang cukup untuk memenuhi kewajiban tersebut, hal ini dapat menyebabkan masalah likuiditas dan kesulitan dalam memenuhi kewajiban finansialnya.

2. Kesulitan dalam Memenuhi Pembayaran Utang

Perusahaan harus memastikan bahwa pendapatan yang dihasilkan cukup untuk memenuhi pembayaran bunga dan pokok utang jangka panjang.

Jika perusahaan mengalami penurunan pendapatan atau laba yang tidak diantisipasi, dapat timbul kesulitan dalam memenuhi kewajiban finansialnya.

3. Peningkatan Risiko Gagal Bayar Utang

Liabilitas jangka panjang yang tidak dikelola dengan baik dapat meningkatkan risiko gagal bayar utang.

Jika perusahaan tidak dapat memenuhi pembayaran utangnya, hal ini dapat berdampak buruk pada reputasi perusahaan, meningkatkan suku bunga yang dikenakan, dan membatasi akses perusahaan terhadap pembiayaan masa depan.

4. Pengaruh terhadap Pengambilan Keputusan Investasi

Keberadaan kewajiban jangka panjang dapat mempengaruhi keputusan investasi perusahaan. Perusahaan harus mempertimbangkan dampak pembayaran utang jangka panjang terhadap aliran kas dan ketersediaan dana untuk investasi.

Hal ini dapat membatasi kemampuan perusahaan untuk mengambil risiko atau melaksanakan proyek investasi yang berpotensi menguntungkan.

5. Penilaian oleh Investor dan Kreditor

Liabilitas jangka panjang juga dapat mempengaruhi penilaian investor dan kreditor terhadap perusahaan.

Jika perusahaan memiliki kewajiban finansial jangka panjang yang tinggi atau menghadapi masalah dalam memenuhi kewajiban tersebut, hal ini dapat mengurangi kepercayaan investor dan kreditor terhadap kesehatan keuangan perusahaan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Hutang dan Piutang dalam Keuangan Bisnis

Kesimpulan

Liabilitas jangka panjang adalah komponen penting dalam struktur modal perusahaan dan dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan keuangan perusahaan.

Dalam mengelola kewajiban jangka panjang, perusahaan harus mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangan yang terkait dengan kewajiban finansial ini.

Dengan pemahaman yang baik tentang liabilitas jangka panjang dan pengelolaan yang efektif, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya finansialnya dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Beeaccounting Memudahkan Kontrol Hutang Piutang Untuk Kelola Arus Kas

Mari optimalkan pengelolaan dan kontrol piutang serta hutang bisnis Anda dengan menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Dengan Beeaccounting, Anda dapat dengan efektif memantau aliran kas, melacak piutang dan hutang, serta mengelola pembayaran secara efisien.

Beeaccounting memudahkan kontrol hutang piutang untuk mengelola arus kas bisnis Anda. Di Beeaccounting, Anda dapat membuat daftar pelanggan dan pemasok, mengatur batas kredit, dan memantau pembayaran dengan mudah.

Selain itu, fitur pelaporan yang tersedia dalam Beeaccounting memungkinkan Anda untuk memantau performa keuangan bisnis Anda dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja keuangan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pengertian Biaya Peluang: Cara Menghindari Kerugian
Dalam dunia ekonomi, pengambilan keputusan sangatlah penting dan bisa berdampak besar pada kesuksesan sebuah bisnis. Salah satu konsep yang sangat
Baca Juga
Contoh Biaya Peluang: Cara Menghitung, dan Manfaat
Contoh biaya peluang saat ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi orang yang bekerja di bidang entrepreneur maupun ekonomi
Baca Juga
Jasa Pembuatan Software Akuntansi Terbaik
Banyak pengusaha, besar maupun kecil merasa penasaran dengan jasa pembuatan software akuntansi. Jenis jasa yang saat ini sedang berkembang pesar
Baca Juga
Pengertian Sistem Konsinyasi dan Contoh Pencatatan Akuntansinya
Salah satu perjanjian tak bernama yang populer di dunia kerjasama dan bisnis adalah perjanjian konsinyasi atau biasa disebut perjanjian bagi
Baca Juga
Pengertian Debit dan Kredit dalam Akuntansi dan Perbedaannya
Secara garis besar pengertian debit dan kredit adalah akun yang digunakan dalam mencatat transaksi keuangan, baik dalam hal akuntansi maupun
Baca Juga
Working Capital: Komponen, Cara Menghitung dan Strateginya
Keberhasilan suatu bisnis tidak hanya ditentukan oleh seberapa baik produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga seberapa kuat fondasi keuangannya.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu