🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Leverage Adalah: Pengertian, Jenis, dan Perhitungan Leverage

Apa itu leverage? Leverage adalah sumber modal bisnis yang dinilai berharga bagi perusahaan untuk menjalankan ekspansi bisnisnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 February 2023

Apa itu leverage? Leverage adalah sumber modal bisnis yang dinilai lebih multifungsi dan memberikan banyak keuntungan. Sumber modal adalah pondasi penting dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis. Pada umumnya modal suatu perusahaan diperoleh dari 2 sumber yakni leverage dan ekuitas.

Dengan mengandalkan leverage, maka nantinya bagian ekuitas yang dimiliki perusahaan bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Agar modal bisnis selalu berjalan dengan lancar, maka Anda harus memahami dengan baik mengenai pengertian leverage menurut para ahli, jenis, dan contoh penerapannya.

Apa Itu Leverage? Laverage adalah

Menghitung Laporan Perubahan Modal

Laverage Merujuk pada Aktivitas Hutang Piutang untuk Mendapatkan Modal (Sumber: Freepik.com)

Leverage merupakan alternatif bagi suatu perusahaan untuk mendapatkan modal dengan merujuk pada aktivitas utang piutang. Tentunya dalam dunia bisnis, leverage dianggap suatu hal yang wajar dan sering dikaitkan sebagai pinjaman modal guna membiayai adanya pembelian aset, peralatan, dan lainnya.

Mengapa banyak perusahaan yang lebih memilih leverage dibandingkan ekuitas? Kebanyakan pebisnis berpikir bahwa leverage memiliki banyak fungsi dan menawarkan keuntungan. Dalam konteks bisnis, leverage sendiri sering diartikan sebagai investasi perusahaan guna mendapatkan modal memadai.

Pengertian Leverage Menurut Para Ahli

Leverage artinya suatu cara bagi pebisnis untuk mendapatkan bantuan modal. Lalu bagaimana arti dari leverage menurut para ahli? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, maka kali ini akan dibahas arti leverage menurut 3 tokoh yakni Martono Harjito, Susan Irawati, dan juga Agus Sartono.

1. Martono dan Harjito

Leverage adalah kegiatan untuk menggunakan sumber dana dan aset oleh perusahaan. Dalam hal ini perusahaan nantinya bisa mengeluarkan semacam biaya tetap atau beban tetap, sehingga bisa terus menyokong segala kegiatan bisnisnya dengan baik.

2. Irawati

Pengertian leverage menurut Susan Irawati (2006) yaitu suatu kebijakan yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk menginvestasikan dana atau memperoleh sumber dana. Usaha untuk bisa memperoleh sumber dana disertai dengan biaya tetap atau beban yang ditanggung perusahaan.

3. Sartono

Menurut Sartono (2008), leverage merupakan kegiatan penggunaan aset atau sumber dana (source of funds) oleh perusahaan yang punya biaya tetap. Tujuan dilakukannya leverage sendiri untuk meningkatkan keuntungan potensial bagi para pemegang saham.

Baca Juga: Tips Mudah dalam Mengelola Hutang Usaha Agar Keuangan Tetap Terjaga

Jenis-Jenis Leverage

Jenis Jenis Biaya Peluang

Ada Beberapa Jenis Leberaver berdasarkan Operasional dan Kebutuhan (sumber: Istockphoto)

Sudah paham pengertian dari leverage yang dikemukakan oleh teori ahli? Selanjutnya Anda juga harus memahami jenis-jenis leverage yang sering digunakan oleh suatu perusahaan. Tiap perusahaan biasanya akan menerapkan leverage yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya sendiri.

1. Financial Leverage (Leverage Keuangan)

Leverage adalah upaya perusahaan untuk mendapatkan modal yang memadai, salah satunya dengan menggunakan jenis leverage keuangan. Leverage satu ini bisa dijadikan sebagai sumber modal oleh Manajer Keuangan (MK) guna mengoptimalkan return para pemegang saham.

2. Operating Leverage (Leverage Operasi)

Leverage operasi merupakan cara yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menunjukkan kemampuannya dalam menggunakan biaya tetap. Tujuan penerapan leverage operasi yaitu meningkatkan dampak penjualan agar bisa mengoptimalkan keuntungan operasi bisnis.

3. Combined Leverage (Leverage Gabungan)

Combined Leverage adalah pinjaman modal yang memiliki nilai laba atau hasil yang tinggi akibat adanya biaya tetap. Seluruh biaya yang ada dalam leverage gabungan biasanya mampu memberikan manfaat lebih baik dibandingkan jenis leverage keuangan dan operasi.

Cara Kerja Leverage

Leverage sebenarnya memiliki cara kerja yang konsepnya mirip dengan hutang, misal Anda butuh modal untuk membeli aset perusahaan guna menjalankan operasional bisnis, maka bisa memanfaatkan hutang. Namun setelah itu, perusahaan perlu memperhitungkan berapa banyak biaya pengembalian hutang.

Perusahaan harus melakukan pembayaran angsuran tiap bulannya ke bank sebelum jatuh tempo. Ketika aset sudah berhasil terbeli, maka perusahaan bisa memutar otak untuk menghasilkan untung dari aset yang sudah dimiliki. Keuntungan nantinya bisa dibagi secara teratur untuk membayar utang atau liablitas.

Perhitungan Rumus Leverage

Apa itu leverage

Ilustrasi Perhitungan Leverage Pada Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apa itu leverage? Leverage ratio adalah suatu perbandingan antara jumlah utang suatu perusahaan dengan total aset yang dimiliki. Untuk memperhitungkannya dengan baik, maka Anda harus memahami beberapa rumus leverage yang akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini.

1. Rasio Utang Ekuitas atau Debt to Equity Ratio (DER)

DER akan menunjukkan hubungan dari total hutang yang dimiliki oleh perusahaan dengan modal yang perlu dikeluarkan untuk mengembangkan bisnis. Makin rendah nilai DER, maka keuangan perusahaan dinilai aman dalam jangka waktu tertentu sesuai keperluan.

DER = Total Semua Hutang Perusahaan : Modal yang Dikeluarkan x 100%

2. Rumus Debt to Assets Ratio (DAR)

DAR digunakan untuk melakukan perhitungan atau mengukur kemampuan suatu perusahaan yang mengandalkan liabilitas atau utang guna membiayai asetnya sendiri. Jika nilai DAR makin rendah, maka tingkat keamanan dana perusahaan tentunya masih berada dalam tahap aman

DAR = Total Uang : Total Aset

3. Rasio Utang Modal Perusahaan atau Debt to Capital Ratio (DCR)

DCR merupakan jenis rasio yang digunakan untuk memenuhi kewajiban hutang, sebagaimana sudah sesuai dengan total modal yang dikeluarkan oleh perusahaan. Bagaimana rumus DCR?

DCR = Total Utang yang Dimiliki Sekarang: (Total Tagihan + Total Saham Ekuitas)

4. Rumus Cakupan Bunga dan Time Interest Earned (TIE)

TIE biasa digunakan untuk melakukan perhitungan besarnya keuntungan saat sedang mengoperasikan perusahaan serta membayar bunga utang. Rumus TIE yang bisa digunakan oleh perusahaan yaitu:

TIE = Keuntungan Perusahaan + Peluang Penyusutan : Bunga Utang Berjangka Lama

5. Rumus Solvabilitas atau Tangible Assets Debt Coverage (TAD Coverage)

Dalam menjalankan suatu usaha, maka sebaiknya perusahaan perlu memperhitungkan nilai aset tetap, sehingga bisa digunakan untuk penjaminan utang. Bagaimana rumusnya?

TAD =(Total Aktiva Keseluruhan + Tangible + Total Utang yang Lancar) : Utang Berjangka Panjang

Baca Juga: Memahami Pengertian Rasio Keuangan Bisnis

Tujuan dan Manfaat Leverage

Apa saja tujuan dan manfaat leverage bagi perusahaan? Leverage adalah bagian penting untuk melihat kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban, menilai besarnya utang, dan besaran nilai aset. Dengan leverage, perusahaan juga bisa mengetahui keseimbangan nilai aset dan total dana pinjaman.

Suatu perusahaan akan lebih mudah mengetahui seberapa besar porsi dari modal yang sudah dijadikan sebagai jaminan utang jangka panjang. Walaupun memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun setidaknya perusahaan bisa melakukan ekspansi bisnis dengan baik melalui leverage.

Kekurangan dan Kelebihan Penerapan Leverage

Kekurangan yang ditawarkan oleh leverage ada 2 yaitu menawarkan risiko tinggi dan biayanya juga sangat mahal. Jika perusahaan banyak mengambil hutang, maka risiko mengalami kerugian finansial akan semakin besar, apalagi biaya yang perlu dibayarkan relatif tinggi.

Lalu apa kelebihan yang ditawarkan? Perusahaan akan lebih mudah untuk mendapatkan modal guna pengadaan aset secara optimal. Selain itu, leverage juga bisa dijadikan tombak bagi suatu perusahaan untuk bisa melakukan ekspansi bisnis secara spesifik dalam jangka waktu tertentu.

Penerapan Leverage

Masih bingung dengan konsep leverage yang bisa diterapkan perusahaan? Dengan cara mengandalkan rumus-rumus yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda akan lebih mudah menerapkannya. Ada model perhitungan posisi keuangan perusahaan sampai dengan laporan laba rugi sebagaimana mestinya.

Setelah melalui tahap perhitungan laporan posisi keuangan dan penghasilan komprehensif, maka Anda akan lebih mudah menarik kesimpulan mengenai leverage-nya. Contoh penerapan leverage dalam suatu perusahaan bisa dilihat dari hasil perhitungan yang ada

Salah Satu Contoh Laporan Posisi Keuangan

Salah Satu Contoh Laporan Posisi Keuangan sebagai Bentuk Pengwasan dan Pelaporan Leverage (Sumber: Idmanajemen.com)

Kesimpulannya apa itu leverage? Leverage adalah suatu upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk mendapatkan modal, sehingga bisa melakukan ekspansi bisnis. Namun tetap perhitungkan kemampuannya dalam mengembalikan hutang karena bisa mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan seterusnya.

Kini Anda bisa menghitung keuangan bisnis dengan mudah hanya menggunakan software akuntansi online Beecloud. Pebisnis hanya tinggal memasukkan data keuangan, transaksi dan laporan akan langsung jadi dengan hasil yang akurat. Selengkapnya klik banner di bawah ini:

Cta Beecloud

Artikel Terkait

Standar Akuntansi ETAP, Manfaat, Prinsip dan Contohnya
SAK ETAP atau yang disebut juga dengan standar akuntansi ETAP adalah sebuah standar yang mendasari pembuatan laporan keuangan, terutama pada
Baca Juga
Pengertian Ekonomi Makro, Penjelasan dan Tujuan
Jika membahas mengenai ekonomi memang tidak ada habisnya karena sebenarnya ilmu ekonomi sangat luas sekali ditambah dengan adanya kegiatan sehari-hari
Baca Juga
Memahami Cashflow Quadrant dan 4 Kuadrannya
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa orang tampaknya memiliki bakat menghasilkan uang, sementara yang lain terus berjuang untuk mencapai kestabilan finansial?
Baca Juga
5 Alur Proses Akuntansi Sederhana Serta Fungsi dan Tujuannya
Apakah Anda pernah mendengar tentang proses akuntansi? Bagi pelaku bisnis, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi. Proses akuntansi merupakan
Baca Juga
Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan dasar akuntansi atau persamaan akuntansi merupakan hubungan antara harta (asset), kewajiban (liabilitas) dan modal (ekuitas) yang sudah dimiliki oleh
Baca Juga
Diskon adalah Potongan Harga, Bagaimana Cara Menghitungnya?
Diskon adalah potongan harga dari sebuah produk dari harga biasanya, potongan harga ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu