📅 Sisa 2 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal Paylater dan Pengaruhnya Bagi Bisnis

Sebelum menggunakan Shopee Paylater atau aplikasi bayar nanti lainnya, pahami segala keuntungan dan kelemahannya agar tidak buntung.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 17 February 2023

Konsumen semakin dipermudah dengan metode pembayaran paylater. Banyak sekali aplikasi yang menyediakan metode ini, Aplikasi paylater adalah seperti Shopee, Gojek, OVO dan lain sebagainya. Mengapa bisa banyak yang tertarik? Hal ini karena metode pembayarannya bisa berangsur tanpa kartu kredit.

Bisa dibilang seperti berhutang dulu, lalu bayar kemudian secara cicil. Pengguna dapat merasakan manfaat berlimpah apabila menggunakannya dengan bijaksana. Sebelum memutuskan untuk mengaktifkan fitur pembayaran ini, pastikan baca artikel berikut ini terlebih dulu!

Apa itu Paylater? Paylater Adalah ...

Buy Now Pay Later

Beli Sekarang Bayar Nanti, Jadi Trend Belanja Masa Kini (Sumber: Gramedia.com)

Terdiri dari dua kata yaitu “pay” dan “later”, yang jika digabungkan paylater adalah bayar nanti. Cara kerjanya mirip dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, hanya saja metode pembayaran ini lebih mudah dan bunganya rendah.

Tak heran banyak e-commerce dan dompet digital yang menyediakan alternatif pembayaran. Kehadirannya telah membawa kemudahan bagi masyarakat yang ingin membeli sesuatu, namun belum memiliki anggaran yang cukup.

Cara Kerja Paylater

Bagi yang bertanya-tanya bagaimana cara kerja pembayaran ini, pastikan terus membaca. Para pengguna aplikasi paylater adalah penyedia jasa yang bisa meminjam dana terlebih dulu, nantinya pihak penyedia aplikasi yang menalangi dana tersebut.

Selanjutnya pengguna akan diberikan waktu untuk melunasinya. Waktu yang diberikan telah disepakati oleh kedua belah pihak. Nantinya ada bunga yang dikenakan kepada pengguna supaya pihak penyedia tetap mendapatkan keuntungan.

Pengguna juga tidak bisa semaunya dalam menggunakan pembayaran ini. Terdapat batasan atau limit yang ditetapkan oleh aplikasi. Besarannya bervariasi, paling kecil yaitu 1 juta dan paling besar bisa mencapai 50 juta.

Kelebihan Menggunakan Paylater bagi Pebisnis

Bayar nanti

Membuka Sistem Pembayaran Paylater Meningkatkan Daya Tarik Konsumen (Sumber: Freepik.com)

Banyaknya keuntungan yang didapatkan membuat metode pembayaran ini laris digunakan di kalangan pebisnis. Memang, apa saja keuntungan menggunakan metode pembayaran ini? Berikut adalah penjelasannya:

1. Proses Transaksi Cepat

Metode bayar nanti sangat cocok dipakai dalam kondisi mendesak dan butuh barang tersebut dalam waktu cepat. Terlepas dari itu, untuk menggunakannya pun tidak membutuhkan rekening bank. Dana akan ditransfer ke dompet digital pada aplikasi terkait.

Cara kerjanya paylater adalah berbeda dari kredit yang mana membutuhkan persyaratan rumit. Metode ini jauh lebih mudah untuk digunakan pebisnis pemula. Anda hanya perlu mengunggah foto KTP serta memasukkan identitas asli. Setelah berhasil dikonfirmasi, Anda bisa langsung menikmati fitur ini.

2. Menarik Peluang Konsumen Baru

Di sisi lain, jika Anda seorang pebisnis yang menyediakan metode pembayaran ini bagi pelanggan, tentunya ada peluang bagus untuk menarik pengguna baru.

Pasalnya Anda telah memperluas jangkauan penjualan. Semakin banyak pelanggan yang tertarik, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan nantinya.

3. Diawasi OJK

Otoritas Jasa Keuangan

OJK - Otoritas Jasa Keuangan (Sumber: ojk.go.id)

Tidak perlu takut menggunakan metode pembayaran ini, beberapa aplikasi beroperasi di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, pengguna tidak akan disulitkan saat ingin mencicil kembali pinjaman tersebut.

Kekurangan Menggunakan Paylater bagi Pebisnis

Paylater adalah

Ilustrasu Pembayaran Transaksi (Sumber: Freepik.com)

Bisa mendapatkan barang yang diinginkan kapan saja memang terdengar menyenangkan. Namun jika tidak bisa mengendalikan diri, ada beberapa kerugian yang bisa menimpa bisnis Anda.

Kenali beberapa kelemahan berikut untuk mengingatkan diri agar selamat selama menggunakannya:

1. Pencatatan Keuangan Ribet

Mengingat metode pembayaran ini pada dasarnya adalah pinjaman, sedikit lebih sulit bagi pebisnis untuk melakukan proyeksi perhitungan penjualan.

Pebisnis hendaknya tidak membelanjakan dana yang tidak ada secara berlebihan. Meski dibutuhkan untuk membeli barang modal, ada baiknya tetap melakukan perhitungan matang supaya keuangan bisnis tidak macet.

Anda juga bisa menggunakan software kasir online yang memudahkan Anda melakukan transaksi penjualan yang sudah terintegrasi dengan pembukuan. Anda bisa membuat jurnal dengan mudah, melacak histori transaksi tanpa perlu rekap manual lagi. Pencatatan lebih mudah dan pengelolaan keuangan pun akan semakin menjadi lebih mudah dikontrol.

Bikin Nota Penjualan Otomatis Integrasi ke Pembukuan beepos

2. Peluang Rugi

Kekurangan dari menggunakan sistem paylater bagi bisnis adalah membuka peluang kerugian. Hal ini terutama jika bisnis tidak dijalankan dengan pencatatan keuangan yang memadai.

Sehingga, konsumen bisa saja kabur tanpa membayar hutangnya karena tidak ada bukti catatan hutang dari pihak penjual.

Aplikasi Paylater yang Biasa Digunakan di Indonesia

Sekarang ada lima aplikasi terbaik yang melayani pembayaran ini. Bagi yang berniat untuk berbelanja dengan metode pembayaran, ketahui apa saja aplikasi yang menyediakannya pada daftar di bawah ini:

1. Shopee Paylater

Sebagai salah satu aplikasi belanja online yang terkenal, Shopee tidak ketinggalan dengan metode pembayaran ini. Limit pada Shopee Paylater bisa mencapai Rp15 juta dan klaim pencairan dana instan.

Shopee Paylater

Layanan Shopee Paylater

Tentunya itu menawarkan bantuan bagi pengguna yang membutuhkan dana cepat tanpa mengajukan persyaratan yang rumit.

2. OVO Premier

OVO adalah dompet digital yang bisa digunakan untuk membeli makanan, minuman, hingga berbelanja online. Bagi pengguna yang sudah menjadi OVO Premier bisa menikmati fitur bayar nanti ini, namun dengan catatan harus mengunggah KTP dan foto diri dengan KTP dahulu.

Pembayaran Gopaylater

Pembayaran Menggunakan Gopaylater

3. GoPaylater

GoPaylater juga termasuk dalam jajaran metode bayar nanti yang cukup populer. Metode ini tersedia pada aplikasi Gojek dan dapat digunakan pada seluruh layanan yang ada di aplikasi.

Contohnya GoFood, GoCar, GoRide, GoSend, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan telah memverifikasi akun menjadi GoPay Plus.

4. Akulaku

Akulaku adalah aplikasi jual-beli online yang menawarkan metode bayar nanti. Pilihan tenornya beragam dan limit pinjaman pun tergolong tinggi, yaitu Rp15 juta. Layanan ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu Akulaku Khusus Pengguna dan Akulaku Khusus Merchant.

Kredivo Cicilan 0persen

Kredivo Cicilan Bisa 0%

5. Kredivo

Terakhir adalah aplikasi pinjaman kredit yang telah bekerja sama dengan banyak e-commerce, seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. Pinjaman bisa langsung cair sebesar Rp3 juta tanpa bunga dengan tenor 1 bulan.

Terlepas dari kemudahan yang ditawarkan Paylater, metode pembayaran ini disarankan hanya digunakan untuk kebutuhan mendesak saja. Pastikan membuat keputusan pembelian yang rasional agar pinjaman tersebut tidak menjadi hutang yang memberatkan.

Selain itu, kontrol diri juga diperlukan agar tidak menjadi kebiasaan impulsive buying yang akan merugikan diri sendiri. Gunakanlah metode pembayaran ini jika benar-benar dibutuhkan.

Artikel Terkait

Nota Kredit adalah: Fungsi, Manfaat, Contoh dan Perbedaannya
Nota kredit adalah sebuah berkas dokumen yang dijadikan sebagai bukti dari pengurangan piutang usaha yang disebabkan karena pengembalian barang dagang
Baca Juga
Defisit Adalah Kerugian, Ketahui Macam dan Penyebabnya
Defisit adalah kerugian/ kekurangan berkaitan dengan anggaran belanja. Mengutip Ivestopedia, apa itu defisit adalah sebuah istilah yang menggambarkan kondisi keuangan
Baca Juga
Biaya Overhead Adalah? Ketahui Jenis dan Cara Menghitungnya
Dalam menjalankan bisnis, ada begitu banyak anggaran dari keuangan perusahaan yang perlu diperhitungkan seperti biaya tenaga kerja, anggaran overhead, dan
Baca Juga
BEP (Break Even Point): Arti, Fungsi dan Cara Menghitung
BEP adalah singkatan dari Break Even Point yang artinya sebuah keadaan yang menunjukkan tingkat penjualan yang didapatkan dan modal yang
Baca Juga
Program Kasir Toko Ini Punya 4 Manfaat Yang Jarang Diketahui Pebisnis
Mengetahui 4 manfaat menggunakan program kasir toko adalah hal penting yang dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Informasi tersebut bisa
Baca Juga
7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan
Sekilas, menyusun laporan keuangan usaha memang terdengar mudah. Akan tetapi, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum benar-benar paham cara membuat
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu