Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

KPI Singkatan dari Apa? Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya

Dipublish Tgl: Wednesday, 10 August 2022

Apa itu sebenarnya KPI? KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator. KPI ini sangat berguna untuk menunjukkan langkah mana yang efektif untuk mencapai tujuan dari perusahaan yang diinginkan.

Akan tetapi, dalam membuat KPI, Anda juga harus merancangnya dengan baik agar dapat berpengaruh dalam penilaian performa sebuah perusahaan. Oleh karena itu, di artikel kali ini tidak hanya membahas KPI adalah singkatan dari apa saja tetapi juga informasi lainnya.

KPI Singkatan dari Apa?

Kpi Singkatan Dari Apa

Ilustrasi KPI Key Performance Indicator (Sumber: Freepik.com)

Secara umum, KPI merupakan indikator yang biasanya digunakan untuk memonitor tingkat pencapaian dari target suatu perusahaan.

Namun jika dalam dunia pekerjaan, KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator yang memiliki arti serangkaian dari indikator pekerjaan penting yang memiliki sifat terukur serta memberikan informasi sejauh mana sasaran dari strategi perusahaan telah berhasil tercapai.

Dengan begitu, KPI juga dapat digunakan untuk mengukur serta membandingkan kinerja dalam berbagai hal untuk memenuhi tujuan strategis dari operasional perusahaan mereka.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Operasional? Fungsi, Tujuan dan Peran Pentingnya

Fungsi KPI

Jika dilihat dari pengertian KPI di atas, ada beberapa fungsi KPI yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya di dalam perusahaan. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari KPI:

  • Penyemangat Kerja

Fungsi yang pertama adalah sebagai penyemangat kerja. Fungsi ini sangat berguna untuk meningkatkan semangat kerja oleh karyawan. Apalagi memang KPI diperuntukkan untuk seluruh karyawan dalam suatu perusahaan.

  • Mengukur Performa

Karena KPI didistribusikan untuk karyawan, hal ini juga dapat berfungsi untuk mengukur performa karyawan dan mengevaluasi mereka sehingga mudah untuk memberikan tugas serta cara kerja yang efektif kepada karyawan.

  • Mengasah Kemampuan

KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator, yang dimana adalah kunci utama untuk mengindikasi performa dari karyawan. Selain itu, KPI ini juga dapat berfungsi untuk mengasah kemampuan dari seorang karyawan sehingga dapat menempatkannya ke departemen yang tepat.

Jenis-Jenis KPI

Jenis Jenis Kpi

Ilustrasi Jenis-jenis KPI Sesuai Bidang Usaha (Sumber: Freepik.com)

KPI memang memiliki manfaat yang besar untuk perusahaan. Anda dapat menerapkan KPI pada beberapa bagian dan memecahnya menjadi berbagai jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis dari KPI yang bisa Anda buat dan menyusunnya dengan rapi.

  • Finansial

Finansial adalah hal paling utama dalam sebuah perusahaan. Untuk itu, Anda juga harus menerapkan finansial yang baik agar bisnis dapat meningkat. Salah satu untuk meningkatkan finansial yang baik adalah dengan menerapkan KPI.

Anda bisa menargetkan finansial yang tepat untuk perusahaan dalam beberapa periode. Dari situ, Anda dapat melihat apakah finansial perusahaan berkembang atau menurun.

  • Operasional

Karna KPI didistribusikan untuk seluruh karyawan, Anda dapat menggunakan hal tersebut untuk mengukur apakah karyawan telah bekerja sesuai dengan SOP dan peraturan perusahaan. 

Misalnya untuk perusahaan penjualan produk, Anda dapat menerapkan KPI tentang seberapa tepat waktu pengiriman barang dan lain sebagainya.

  • Pertumbuhan

Anda juga dapat menggunakan KPI untuk mengukur pertumbuhan dari bisnis yang Anda jalankan. Anda dapat mengukur seberapa besar jumlah pembeli, pengunjung hingga rekan perusahaan. 

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda dapat menerapkan KPI tidak hanya untuk satu departemen saja tetapi seluruh departemen dalam perusahaan.

Indikator-indikator KPI

Indikator Indikator Kpi

Ilustrasi Indikator KPI (Sumber: Freepik.com)

Agar perusahaan dapat bekembang dengan baik, Anda juga harus menerapkan KPI untuk seluruh departemen. Akan tetapi, hal tersebut juga membutuhkan beberapa indikator yang mendukung agar KPI bisa sesuai dengan target perusahaan. Berikut ini adalah indikator-indikator KPI:

  • Dukungan Karyawan

Karena KPI didistribusikan untuk seluruh karyawan maka hal tersebut juga membutuhkan dukungan dari para karyawan agar berjalan dengan baik. Dalam hal ini, Anda dapat melihat bagaimana karyawan melibatkan diri dalam setiap pekerjaan dan proyek perusahaan.

  • Nilai Tambah SDM

Nilai SDM juga menjadi sebuah indikator kesuksesan kinerja dari karyawan dalam perusahaan. Anda juga harus memperhatikan hal tersebut agar KPI bisa sesuai dengan target.

  • Umpan Balik 360 Derajat

Anda juga harus memperhatikan indikator umpan balik 360 derajat agar seluruh perusahaan dapat berjalan dengan baik. Indikator tersebut berupa penilaian karyawan dengan karyawan lain yang pekerjaan saling berkaitan dengan mereka.

Baca Juga: Cara Input Biaya Gaji Karyawan di Beeaccounting

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator yang dapat digunakan untuk meningkatkan perusahaan dalam berbagai aspek dengan indikator-indikator tertentu. 

Untuk memudahkan dalam manajemen operasional, sangat disarankan untuk Anda untuk menggunakan Software Akuntansi dalam manajemen operasional. Software akuntansi tersebut adalah Beeaccounting, yang memiliki banyak fitur dalam memudahkan Anda dalam mengatur operasional perusahaan. Coba gratis selama 30 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu […]
Baca Juga
Bagaimana Memulai Membangun Usaha Digital Printing?
Membangun Usaha Digital Printing - Digital printing adalah salah satu peluang usaha yang banyak dilirik saat ini. Tak mengherankan, karena […]
Baca Juga
E-commerce adalah: Kelebihan dan Kekurangan Berjualan di E-commerce
E-commerce adalah sebuah platform yang bisa menjadi penyelamat hidup jika Anda memutuskan untuk meluncurkan sebuah toko online dari nol, atau […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu