Logo Bee Web

KPI Singkatan dari Apa? Penjelasan Lengkap dan Manfaatnya

KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator yang bisa digunakan untuk meningkatkan perkembangan bisnis sesuai dengan tujuan
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 10 August 2022

Apa itu sebenarnya KPI? KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator. KPI ini sangat berguna untuk menunjukkan langkah mana yang efektif untuk mencapai tujuan dari perusahaan yang diinginkan.

Akan tetapi, dalam membuat KPI, Anda juga harus merancangnya dengan baik agar dapat berpengaruh dalam penilaian performa sebuah perusahaan. Oleh karena itu, di artikel kali ini tidak hanya membahas KPI adalah singkatan dari apa saja tetapi juga informasi lainnya.

KPI Singkatan dari Apa?

Kpi Singkatan Dari Apa

Ilustrasi KPI Key Performance Indicator (Sumber: Freepik.com)

Secara umum, KPI merupakan indikator yang biasanya digunakan untuk memonitor tingkat pencapaian dari target suatu perusahaan.

Namun jika dalam dunia pekerjaan, KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator yang memiliki arti serangkaian dari indikator pekerjaan penting yang memiliki sifat terukur serta memberikan informasi sejauh mana sasaran dari strategi perusahaan telah berhasil tercapai.

Dengan begitu, KPI juga dapat digunakan untuk mengukur serta membandingkan kinerja dalam berbagai hal untuk memenuhi tujuan strategis dari operasional perusahaan mereka.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Operasional? Fungsi, Tujuan dan Peran Pentingnya

Fungsi KPI

Jika dilihat dari pengertian KPI di atas, ada beberapa fungsi KPI yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya di dalam perusahaan. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari KPI:

  • Penyemangat Kerja

Fungsi yang pertama adalah sebagai penyemangat kerja. Fungsi ini sangat berguna untuk meningkatkan semangat kerja oleh karyawan. Apalagi memang KPI diperuntukkan untuk seluruh karyawan dalam suatu perusahaan.

  • Mengukur Performa

Karena KPI didistribusikan untuk karyawan, hal ini juga dapat berfungsi untuk mengukur performa karyawan dan mengevaluasi mereka sehingga mudah untuk memberikan tugas serta cara kerja yang efektif kepada karyawan.

  • Mengasah Kemampuan

KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator, yang dimana adalah kunci utama untuk mengindikasi performa dari karyawan. Selain itu, KPI ini juga dapat berfungsi untuk mengasah kemampuan dari seorang karyawan sehingga dapat menempatkannya ke departemen yang tepat.

Jenis-Jenis KPI

Jenis Jenis Kpi

Ilustrasi Jenis-jenis KPI Sesuai Bidang Usaha (Sumber: Freepik.com)

KPI memang memiliki manfaat yang besar untuk perusahaan. Anda dapat menerapkan KPI pada beberapa bagian dan memecahnya menjadi berbagai jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis dari KPI yang bisa Anda buat dan menyusunnya dengan rapi.

  • Finansial

Finansial adalah hal paling utama dalam sebuah perusahaan. Untuk itu, Anda juga harus menerapkan finansial yang baik agar bisnis dapat meningkat. Salah satu untuk meningkatkan finansial yang baik adalah dengan menerapkan KPI.

Anda bisa menargetkan finansial yang tepat untuk perusahaan dalam beberapa periode. Dari situ, Anda dapat melihat apakah finansial perusahaan berkembang atau menurun.

  • Operasional

Karna KPI didistribusikan untuk seluruh karyawan, Anda dapat menggunakan hal tersebut untuk mengukur apakah karyawan telah bekerja sesuai dengan SOP dan peraturan perusahaan. 

Misalnya untuk perusahaan penjualan produk, Anda dapat menerapkan KPI tentang seberapa tepat waktu pengiriman barang dan lain sebagainya.

  • Pertumbuhan

Anda juga dapat menggunakan KPI untuk mengukur pertumbuhan dari bisnis yang Anda jalankan. Anda dapat mengukur seberapa besar jumlah pembeli, pengunjung hingga rekan perusahaan. 

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda dapat menerapkan KPI tidak hanya untuk satu departemen saja tetapi seluruh departemen dalam perusahaan.

Indikator-indikator KPI

Indikator Indikator Kpi

Ilustrasi Indikator KPI (Sumber: Freepik.com)

Agar perusahaan dapat bekembang dengan baik, Anda juga harus menerapkan KPI untuk seluruh departemen. Akan tetapi, hal tersebut juga membutuhkan beberapa indikator yang mendukung agar KPI bisa sesuai dengan target perusahaan. Berikut ini adalah indikator-indikator KPI:

  • Dukungan Karyawan

Karena KPI didistribusikan untuk seluruh karyawan maka hal tersebut juga membutuhkan dukungan dari para karyawan agar berjalan dengan baik. Dalam hal ini, Anda dapat melihat bagaimana karyawan melibatkan diri dalam setiap pekerjaan dan proyek perusahaan.

  • Nilai Tambah SDM

Nilai SDM juga menjadi sebuah indikator kesuksesan kinerja dari karyawan dalam perusahaan. Anda juga harus memperhatikan hal tersebut agar KPI bisa sesuai dengan target.

  • Umpan Balik 360 Derajat

Anda juga harus memperhatikan indikator umpan balik 360 derajat agar seluruh perusahaan dapat berjalan dengan baik. Indikator tersebut berupa penilaian karyawan dengan karyawan lain yang pekerjaan saling berkaitan dengan mereka.

Baca Juga: Cara Input Biaya Gaji Karyawan di Beeaccounting

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa KPI adalah singkatan dari Key Performance Indicator yang dapat digunakan untuk meningkatkan perusahaan dalam berbagai aspek dengan indikator-indikator tertentu. 

Untuk memudahkan dalam manajemen operasional, sangat disarankan untuk Anda untuk menggunakan Software Akuntansi dalam manajemen operasional. Software akuntansi tersebut adalah Beeaccounting, yang memiliki banyak fitur dalam memudahkan Anda dalam mengatur operasional perusahaan. Coba gratis  klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Bikin Laporan Akuntansi 1x Klik Pakai Beeaccounting

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih
Baca Juga
Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan surat perizinan yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang menjalankan usaha di bidang perdagangan
Baca Juga
Barang Komplementer Adalah: Perbedaan, Ciri-ciri dan Contoh
Barang komplementer adalah istilah yang seringkali kita dengar dalam dunia ekonomi. Contoh barang komplementer yang umumnya kita jumpai di sekitar
Baca Juga
Fungsi, Cara dan Contoh Purchase Order Barang
Form Purchase Order barang merupakan salah satu dokument penting dan harus dibuat oleh sebuah perusahaan. Mengapa PO itu penting dan
Baca Juga
Remunerasi Adalah Imbalan, Begini Penjelasannya
Remunerasi adalah salah satu istilah yang mungkin saat ini masih asing bagi masyarakat umum. Banyak sekali orang yang tidak tahu
Baca Juga
4 Ciri Ciri Sistem Ekonomi Komando dan Kelebihannya
Sistem ekonomi komando mempunyai istilah lain, yaitu sistem ekonomi terpusat. Di Indonesia, sistem ekonomi ini bukanlah satu-satunya, ada juga sistem
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu