Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Bisnis Model Canvas Adalah, Keuntungan, dan Fundamental

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 11 August 2022

Bisnis model canvas adalah konsep bisnis yang digunakan oleh banyak perusahaan saat ini. Mereka menggunakannya agar manajemen dalam perusahaan bisa lebih terstruktur dan berjalan dengan baik sehingga sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Dalam pembuatannya, ada berbagai gambar ide yang ada untuk membuat bisnis model canvas ini. Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai bisnis model canvas untuk bisnis yang Anda jalankan, simak artikel berikut ini:

Bisnis Model Canvas Adalah

Ilustrasi Salesman Kanvas

Ilustrasi Salesman Kanvas (Sumber: Pexels.com)

Bisnis model canvas adalah konsep bisnis yang terbuat dari gambar-gambar ide agar dapat dipahami oleh semua orang dan dapat saling mengerjakannya bersama. 

Dalam gambar-gambar ide tersebut nantinya akan dibuat kerangka agar dapat dilihat dengan lebih jelas dan mudah untuk merealisasikan bersama.

Oleh karena itu, biasanya model canvas ini berbentuk elemen visual dan dapat digunakan untuk membuat strategi manajemen. Elemen-elemen visual tersebut akan lebih memudahkan untuk memahami konsep, infrastruktur, hingga keuangan perusahaan.

Baca Juga: [DOWNLOAD] Usaha Distributor, E-Book 3 Jurus Jitu Kontrol Stok

Keuntungan Membuat Bisnis Model Canvas

Membuat bisnis model canvas juga sangat menguntungkan bagi perusahaan. Di bawah ini yang termasuk dalam keuntungan bisnis model canvas adalah sebagai berikut:

  • Rancangan Bisnis yang Lebih Praktis

Daripada menuliskan seluruh rancangan bisnis, membuat bisnis model canvas jauh lebih praktis. Anda hanya perlu membuat point penting dan meletakkannya sesuai dengan urutan dan rancangan agar sesuai dan mudah untuk dipahami.

  • Fleksibilitas dalam Memetakan Bisnis Jangka Panjang

Salah satu kendala yang sering terjadi dapat perencanaan bisnis menggunakan metode tradisional adalah kurang akuratnya hasil yang didapatkan. Dengan menggunakan bisnis model canvas, Anda bisa menyusun perencanaan jauh lebih akurat dan cepat.

  • Dapat Membuat Pivot Sesuai dengan Kebutuhan

Dengan menggunakan bisnis model canvas, Anda dapat lebih mudah untuk mengatur ulang kembali rencana bisnis yang akan disusun. Selain itu, Anda juga bisa memperbaharui rencana bisnis tersebut kapanpun dibutuhkan.

Fundamental Bisnis yang Digunakan dalam Membuat Bisnis Model Canvas

Fundamental Bisnis Model Kanvas

Ilustrasi Fundamental Binsis Model Kanvas (Sumber: Pexels.com)

Ada beberapa fundamental bisnis yang digunakan untuk membuat bisnis model canvas. Fundamental-fundamental bisnis model canvas adalah sebagai berikut:

  • Key Partners

Dengan adanya key partners, Anda akan terbantu untuk mendapatkan sumber daya serta mengurangi risiko bisnis yang mungkin terjadi dalam perusahaan. Anda bisa menyesuaikan partners bisnis sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Key Activities

Selanjutnya, Anda dapat mengembangkan perusahaan dengan kategori kegiatan yang menghasilkan produk atau jasa dalam bisnis. Kegiatan tersebut, seperti produksi, pemecahan masalah dan platform.

  • Key Resources

Yang ketiga adalah key resources. Fundamental yang dimaksud untuk mengembangkan ide bisnis ini adalah karyawan, gedung, intelektual hingga keuangan. Dengan adanya sumber daya tersebut, model bisnis yang Anda buat dapat berjalan dengan baik.

  • Value Proposition

Kemudian ada juga value proposition yang menjadi komponen utama dalam sebuah model canvas. Pada tahap ini, Anda diminta untuk membuat solusi pada masalah yang mungkin terjadi pada konsumen.

  • Customer Relationship

Customer Relationship

Ilustrasi Customer Relationship (Sumber: Freepik.com)

Selanjutnya, dalam sebuah model bisnis juga harus ada customer relationship. Anda harus mencari ide bagaimana cara untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini tentu saja bertujuan agar pelanggan tetap setia dan tidak beralih ke bisnis lain.

  • Channels

Yang keenam adalah channels. Anda juga harus memikirkan media atau sarana mana yang tepat untuk digunakan dalam menyampaikan atau mempromosikan produk dan jasa. Dengan pemilihan channels yang tepat maka tujuan promosi yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik.

  • Customer Segments

Anda juga harus memikirkan secara rinci target pasar atau konsumen yang tepat untuk produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Anda dapat menentukan segmentasi pelanggan mulai dari usia, jenis kelamin, minat perilaku hingga area geografis.

  • Cost Structure

Dalam menjalan sebuah bisnis, Anda juga harus merinci biaya apa saja yang diperlukan dalam menjalankan usaha tersebut. Biaya tersebut meliputi biaya listrik, tempat, internet dan lain sebagainya.

  • Revenue Stream

Dan fundamental yang terakhir adalah revenue stream. Anda harus merancang keuntungan apa saja yang nantinya Anda dapatkan dalam sebuah bisnis tersebut.

Baca Juga: Software Akuntansi Distributor dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Kesimpulan

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa bisnis model canvas adalah rancangan atau konsep bisnis yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan perusahaan dan merealisasikannya dengan tepat. 

Jika Anda mau punya bisnis distributor yang berkembang dan benar-benar menguntungkan maka sangat penting untuk membuat database outlet dan sales kanvas. Masalah yang sering dikeluhkan adalah bagaimana memantau kinerja sales kanvas agar terhindar dari sales nakal yang suka mark-up harga, buat nota dobel, sales kanvas yang males jarang visit ke outlet sehingga pelanggan kabur.

Untuk Anda disttibutor yang memiliki masalah-masalah tsb, sekarang ada apliksi SO (Sales Order) Mobile Beecloud untuk sales kanvas yang memiliki fitur, lokasi GPS, bagikan foto tampan depan dan dalam outlet, foto owner toko, nama toko dan owner, dan kontak.

Coba gratis SO (Sales Order) Mobile Beecloud sekarang!

Sales Order (so) Mobile Beecloud

Cara Menjadi Star Seller Shopee Dapatkan Ratusan Order Per Bulan
Cara menjadi star seller shopee merupakan salah satu strategi penting untuk mendatangkan banyak keuntungan saat berjualan di shopee. Calon pembeli […]
Baca Juga
Inilah Rahasia Promosi Bisnis Offline yang Paling Ampuh
Sebagai seorang pengusaha, Anda pastinya menginginkan jika usaha yang Anda jalankan dapat mencapai keberhasilan. Keberhasilan usaha tidak terlepas dari promosi […]
Baca Juga
Mengapa Usaha Startup Saya gagal? Mungkin ini Alasannya
Usaha Startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang atau baru di buat. Bisnis stratup identik dengan bisnis yang berbau teknologi. […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu