Logo Bee Web

Konsep Dasar Akuntansi: Pengertian, Contoh, dan Pentingnya

Konsep dasar akuntansi adalah hal mendasar yang membangun informasi akuntansi, khususnya pada proses pengelolaan datanya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 6 November 2023

Sebagai pemula dalam dunia akuntansi, memahami konsep dasar merupakan langkah awal yang krusial. Terdapat delapan konsep dasar akuntansi yang perlu diperhatikan, masing-masing membawa signifikansi dalam menciptakan pemahaman yang kokoh terhadap keuangan perusahaan.

Apa itu Akuntansi dan Apa saja Manfaatnya?

konsep dasar akuntansi adalah

konsep dasar akuntansi adalah hal mendasar yang membangun informasi akuntansi, khususnya pada proses pengelolaan datanya (Credit: Freepik.com)

Akuntansi adalah proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah, dan menyajikan data transaksi keuangan suatu entitas. Akuntansi memiliki tujuan untuk memberikan informasi keuangan yang relevan, andal, dan tepat waktu kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Informasi keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi dapat digunakan untuk berbagai tujuan, antara lain:

  • Pengambilan keputusan: Informasi keuangan dapat digunakan oleh manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.
  • Penilaian kinerja: Informasi keuangan dapat digunakan untuk menilai kinerja perusahaan.
  • Perencanaan keuangan: Informasi keuangan dapat digunakan untuk merencanakan keuangan perusahaan.

Pengertian Konsep Dasar Akuntansi

Konsep dasar akuntansi menjadi landasan utama bagi setiap pelaku usaha, besar maupun kecil, untuk mengelola keuangannya dengan efektif.

Didefinisikan sebagai rumus atau konsep umum, konsep dasar akuntansi menyediakan kerangka analisis yang konsisten bagi pemberi informasi keuangan dan pihak lainnya.

Pemahaman yang matang terhadap konsep ini penting untuk menghindari kesalahan dalam pencatatan keuangan, yang dapat berpotensi menimbulkan kerugian dan bahkan kebangkrutan. Secara keseluruhan, konsep dasar akuntansi menjadi pedoman dalam menyusun berbagai persoalan keuangan, terutama dalam praktik akuntansi.

Baca Juga: Mengenal Dasar Dasar Akuntansi, Ini Pembahasannya Lebih Lanjut

Contoh Konsep Dasar Akuntansi

Konsep dasar akuntansi adalah prinsip-prinsip yang mendasari proses akuntansi. Konsep dasar akuntansi ini penting untuk dipahami agar informasi keuangan yang dihasilkan dapat akurat dan bermanfaat.

Berikut ini adalah beberapa contoh konsep dasar akuntansi:

1. Konsep Dasar Akrual (Accrual Basis)

Contoh konsep dasar akuntansi yang pertama ada akrual basis, yakni menekankan pengakuan peristiwa usaha seketika terjadinya, tanpa memperdulikan waktu pembayaran. Dalam hal ini, dampak dari suatu peristiwa harus diakui setelah terjadi.

Sebagai contoh, penjualan barang atau jasa diakui begitu transaksi terjadi, meskipun pembayarannya belum diterima.

2. Dasar Kas (Cash Basis)

Dasar kas mengakui transaksi ekonomi pada saat pembayaran atau penerimaan kas, yang kemudian dicatat dalam buku akuntansi dan dilaporkan dalam laporan keuangan seiring waktu transaksi kas berlangsung.

Sebagai contoh, pembayaran gaji karyawan dicatat pada saat uang tunai benar-benar dikeluarkan.

3. Konsep Kesatuan Usaha

Konsep kesatuan usaha menggambarkan informasi keuangan perusahaan yang fokus pada masalah keuangan perusahaan sendiri, terpisah dari pemilik, karyawan, dan direksi. Perusahaan dianggap sebagai entitas yang mandiri.

4. Kesinambungan (Going Concern)

Konsep kesinambungan menandakan usaha perusahaan untuk beroperasi secara berkesinambungan. Laporan keuangan yang disusun secara periodik memungkinkan perbandingan, memberikan informasi mengenai kemajuan atau kemunduran usaha.

5. Penetapan Beban dan Pendapatan (Matching Concept)

Prinsip penetapan beban dan pendapatan menegaskan bahwa perusahaan harus mengakui beban dan pendapatan hanya pada periode terkait, mencerminkan keadaan sebenarnya pada periode tersebut.

Sebagai contoh, biaya produksi diakui bersamaan dengan pendapatan dari penjualan produk.

6. Harga Perolehan (Cost)

Harga perolehan mencatat transaksi pembelian dengan nilai uang yang dikeluarkan untuk memperoleh barang atau jasa. Sebagai contoh, harga perolehan suatu mesin mencakup tidak hanya harganya, tetapi juga biaya pemasangannya.

7. Konsep Dasar Periode Akuntansi

Informasi keuangan perusahaan dilaporkan secara berkala melalui periode akuntansi, seperti per tiga bulan atau satu tahun. Hal ini bertujuan untuk menentukan strategi dan kebijakan perusahaan pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Apa itu Periode Akuntansi? Ini Jenis dan Penjelasannya

8. Pengukuran Nilai Uang

Setiap transaksi usaha harus dapat diukur dengan satuan uang tertentu, termasuk harta, utang, dan modal perusahaan. Pengukuran dengan nilai uang memungkinkan perhitungan nilai seluruh kekayaan perusahaan.

Dengan memahami konsep dasar ini, pengusaha pemula dapat membentuk dasar yang kuat untuk mengelola keuangan perusahaan dengan lebih efektif. Penerapan konsep-konsep ini akan membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat dan penyusunan strategi bisnis yang baik.

Konsep Dasar Akuntansi Manajemen

Konsep dasar akuntansi manajemen bertumpu pada penyediaan data relevan dan valid yang dapat mengurangi ketidakpastian.

Informasi ini dapat diadaptasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam, terutama dalam menghadapi situasi ekonomi yang tidak menentu seperti pandemi Coronavirus (2020).

Peran Akuntansi Manajemen

Peran akuntansi manajemen sangat penting bagi pengambil keputusan, manajer, dan profesional di berbagai sektor bisnis, termasuk perusahaan manufaktur, dagang, dan jasa.

Dalam menghadapi investasi berisiko tinggi, akuntansi manajemen memberikan informasi yang kritis untuk pengelolaan kekayaan dan alokasi sumber daya secara efisien.

Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Ruang lingkup akuntansi manajemen tidak hanya mencakup penyediaan informasi, tetapi juga menuntut pemahaman keterampilan khusus dalam pengolahan data akuntansi.

Meskipun pengolahan data dapat menjadi beban perusahaan, informasi yang dihasilkan dapat memberikan manfaat besar jika dapat mengurangi ketidakpastian dan diimplementasikan dengan baik.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen bukan hanya sekedar kumpulan angka dan laporan keuangan; ini adalah alat vital yang membantu perusahaan menjalankan operasinya dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan merinci dan menganalisis data keuangan, akuntansi manajemen tidak hanya memberikan gambaran tentang kesehatan finansial perusahaan tetapi juga berperan dalam menyusun strategi bisnis, memfasilitasi pengambilan keputusan, dan menangani konflik internal.

Dalam konteks ini, mari kita eksplorasi lebih lanjut fungsi-fungsi kunci akuntansi manajemen yang memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesan dan keberlanjutan suatu bisnis.

1. Mediator Konflik

Fungsi mediator konflik dalam akuntansi manajemen tidak hanya memfasilitasi pengambilan keputusan dan alokasi sumber daya, tetapi juga bertindak sebagai penengah dalam situasi konflik.

Manajemen akuntansi membantu mencapai kesepakatan yang adil dalam alokasi sumber daya, sehingga perusahaan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensinya.

Sebagai contoh, dalam situasi ketidaksetujuan terkait alokasi anggaran antar departemen, akuntansi manajemen dapat merancang solusi yang memuaskan semua pihak untuk mencapai keseimbangan yang optimal.

2. Memberikan Informasi tentang Akibat Konflik

Lebih dari sekadar memberikan informasi, fungsi ini juga melibatkan analisis mendalam terhadap aspek-aspek disfungsional yang timbul akibat konflik.

Akuntansi manajemen tidak hanya melaporkan dampak konflik, tetapi juga menyajikan solusi potensial untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebagai contoh, jika terdapat konflik internal yang mempengaruhi produktivitas karyawan, akuntansi manajemen dapat memberikan informasi tentang sejauh mana konflik tersebut merugikan kinerja dan hasil perusahaan, sambil mengusulkan strategi perbaikan.

Baca Juga: Tips Manajemen Konflik, Atasi Masalah di Tempat Kerja

3. Hubungan Data Akuntansi dan Keputusan

Lebih dari sekadar mencatat data, akuntansi manajemen memiliki peran proaktif dalam membantu manajer membuat keputusan yang strategis.

Dengan merinci data akuntansi, manajer dapat menentukan strategi bisnis yang lebih baik, mengendalikan operasional sehari-hari, dan membuat keputusan khusus yang menguntungkan perusahaan.

Misalnya, data akuntansi operasional seperti biaya produksi dan kinerja karyawan dapat membantu manajer merencanakan perubahan proses produksi untuk meningkatkan efisiensi.

4. Different Cost for Different Purpose

Dalam konteks ini, akuntansi manajemen tidak hanya mengakui perbedaan biaya untuk tujuan yang berbeda, tetapi juga merinci jenis-jenis biaya tersebut.

Sebagai contoh, biaya standar yang diterapkan dapat bervariasi berdasarkan tujuan perusahaan, seperti biaya untuk inovasi produk atau biaya untuk peningkatan kualitas. Pengakuan ini memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan alokasi sumber daya sesuai dengan fokus strategisnya.

Dengan demikian, akuntansi manajemen tidak hanya memberikan informasi yang berbeda, tetapi juga mengkustomisasikan pendekatan biaya sesuai dengan kebutuhan dan prioritas perusahaan.

Kesimpulan

Dalam keseluruhan penjelasan mengenai konsep dasar akuntansi dan akuntansi manajemen, dapat disimpulkan bahwa pemahaman mendalam terhadap aspek-aspek ini merupakan kunci keberhasilan bagi setiap entitas bisnis. Konsep dasar akuntansi, baik dalam konteks umum maupun manajemen, memberikan landasan yang kuat untuk pengelolaan keuangan yang efektif, pengambilan keputusan yang bijak, dan pengembangan usaha yang berkelanjutan.

Melalui penerapan konsep akrual, manajemen dapat dengan lebih akurat merefleksikan kinerja perusahaan, sedangkan konsep kesatuan usaha memastikan informasi keuangan yang jelas dan terpisah dari pihak-pihak terkait. Fungsi akuntansi manajemen sebagai mediator konflik, penyedia informasi, serta penghubung antara data dan keputusan memberikan gambaran lengkap bagaimana akuntansi dapat menjadi alat strategis dalam menjalankan operasional bisnis.

Gunakan software akuntansi online Beecloud, untuk kelola manajemen bisnis Anda, catat transaksi pembelian pembukuan, sistem PID, kontrol stok klop dengan penjualan, hingga laporan akuntansi langsung jadi. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Oleh karena itu, pemahaman konsep dasar akuntansi dan akuntansi manajemen menjadi inti dalam membimbing perusahaan menuju kesuksesan dan keberlanjutan dalam dunia bisnis yang dinamis.

Cara Menghitung Average Cost (Biaya Rata-Rata), Lengkap!
Menghitung average cost atau biaya rata-rata dilakukan untuk mengetahui biaya rata-rata, perusahaan dapat menentukan harga jual yang tepat untuk produk
Baca Juga
Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa & Cara Membuatnya
Jurnal penyesuaian perusahaan jasa adalah bagian dari catatan keuangan akuntansi, dalam upaya memastikan keterbacaan dan keakuratan laporan keuangan. Hal ini
Baca Juga
Mengenal Accounting Payable, Jenis dan Contohnya
Accounting payable adalah salah satu akun yang tercatat di buku besar. Posisinya mewakili kewajiban perusahaan untuk melunasi utangnya yang berjenis
Baca Juga
ERP Adalah Sistem yang Bisa Digunakan untuk Optimalisasi Bisnis
Bagi yang belum mengenal istilah bisnis yang satu ini, ERP adalah sistem dalam bisnis yang banyak digunakan baik itu oleh
Baca Juga
Pengertian Sistem Konsinyasi dan Contoh Pencatatan Akuntansinya
Salah satu perjanjian tak bernama yang populer di dunia kerjasama dan bisnis adalah perjanjian konsinyasi atau biasa disebut perjanjian bagi
Baca Juga
Pengertian dan Manfaat Software Akuntansi Untuk Bisnis
Sebelum kita membahas software akuntansi, akan lebih baik kita mengenal terlebih dahulu apa itu akuntansi dan akuntan. Akuntansi adalah seni
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu