🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis

Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 27 August 2019

Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan, agama, ataupun pekerjaan.

Banyak merk dan pengiklan yang menggunakan segmentasi pasar jenis ini untuk memasarkan secara lebih efektif, serta mengetahui konsumen potensial mereka secara lebih mendalam. Segmentasi demografis juga merupakan cara paling populer untuk segmentasi pasar karena banyaknya sumber data yang bisa digunakan untuk mengelompokkan calon konsumen di daerah tertentu.

Walaupun tampaknya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari segmentasi pasar demografis, nyatanya ada juga beberapa kerugian dibandingkan dengan menggunakan segmentasi pasar jenis lain. Di bawah ini, Anda akan mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan segmentasi demografis.

Keuntungan Segmentasi Pasar Demografis

segmentasi

Salah Satu Keuntungan dari Melakukan Segmentasi Pasar Demografis adalah Menghemat Biaya (Sumber: Freepik.com)

Berikut beberapa keuntungan melakukan segmentasi pasar demmografis bagi bisnis:

1. Cenderung Mudah untuk Mendapatkan Data

Salah satu cara mendapatkan informasi untuk segmentasi pasar demografis adalah dengan mengakses data sensus pemerintah, dan ini tidak sulit untuk dicari. Ada banyak sumber di situs-situs pemerintah yang bisa didapatkan dengan cuma-Cuma. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survey sendiri melalui berbagai media seperti survey online, media sosial, atau email.

2. Lebih Hemat Biaya

Data sensus bisa diakses setiap saat tanpa biaya, yang berarti tidak menambah total pengeluaran usaha Anda. Selain itu, banyak juga alat survey online yang bisa Anda manfaatkan tanpa biaya sehingga Anda tak perlu pusing memikirkan tentang biaya untuk memperoleh data.

3. Lebih Mudah Diukur

Data demografis cenderung lebih mudah dianalisis dan diukur karena ketersediaannya. Dimana data ini juga lebih jelas daripada jenis data lain (misalnya data psikografis – sifat, karakter, preferensi orang) yang cenderung subjektif serta lebih sulit untuk dikumpulkan. Data demografis ada berdasarkan pada fakta, sehingga mudah diukur dan ditindaklanjuti.

4. Ideal untuk Melihat  Tren serta Perubahan di Masyarakat.

Data demografis yang selalu up-to-date bisa Anda manfaatkan untuk melihat tren yang berkembang di masyarakat. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi perubahan apa saja yang akan terjadi di masa depan, serta menentukan apa tindakan yang sebaiknya diambil untuk mendatangkan keuntungan bagi pihak Anda maupun konsumen.

Baca Juga: Cara Menentukan Segmentasi Pasar Berdasarkan Tipenya

Kekurangan Segmentasi Pasar Demografis

Segmentasi geografis

Meskipun segmentasi demografis memiliki banyak keuntungan, Anda perlu melakukan analisa yang tepat agar bisnis tidak mengalami kerugian (Credit; Freepik.com)

Meskipun memiliki banyak keuntungan, segmentasi pasar demografis ternyata juga memiliki beberapa kerugian yang harus dipertimbangkan jika Anda ingin memilih metode segmentasi pasar ini. Beberapa kerugian melakukan segmentasi pasar demografis adalah:

1. Berdasarkan pada Asumsi

Segmentasi pasar demografis memiliki pendekatan satu arah, yang berarti mengelompokkan orang berdasarkan informasi demografis bisa menciptakan stereotipe yang belum tentu benar.

2. Data Demografis Kadang tidak Cukup Jelas.

Meskipun data demografis bisa memberi Anda informasi tentang berapa usia calon konsumen atau berapa penghasilan mereka, informasi ini belum tentu bisa Anda gunakan untuk memprediksi apa yang bisa menarik minat calon pelanggan. Misalnya, pengusaha makanan tradisional tidak bisa menentukan apakah sekelompok orang dengan pekerjaan karyawan swasta akan tertarik pada produk mereka.

3. Rawan Salah tafsir

Data demografis yang tersedia belum tentu merupakan data paling baru. Dalam jangka waktu satu tahun saja, aspek demografis bisa berubah secara drastis. Tidak ada yang bisa menjamin apakah data yang Anda dapatkan saat ini merupakan data paling aktual.

4. Mobilitas Perubahan Cepat

Data demografis bisa berubah dalam waktu yang sangat singkat. Usia, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, serta pekerjaan masyarakat merupakan contoh faktor yang cepat berubah. Selain itu, sulit untuk menentukan apakah informasi yang didapatkan dari seseorang bisa dijamin kebenarannya.

Dalam hal ini Anda perlu melakukan analisa bisnis yang tajam agar tidak terjadi kesalahan, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, hanya via dashboard saja Anda bisa melakukan analisa bisnis dari laporan keuangan bisnis Anda.

Jadikan bisnis Anda lebih terorganisir dan menguntungkan dengan Beecloud. Dengan fitur-fitur lengkap seperti pengelolaan stok barang dan pengendalian cabang, Anda dapat meraih kesuksesan dengan mudah. Langganan sekarang!

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

13 Kunci Keberhasilan dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut!
Jika disebutkan secara sederhana kunci keberhasilan dalam bisnis adalah konsistensi dan adanya keinginan untuk terus belajar. Sebab kesuksesan suatu bisnis
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat
Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang
Baca Juga
Peran Rumah Tangga Produsen, Pengertian dan Contohnya
Secara pengertian rumah tangga produsen adalah seorang individu atau kelompok yang bertanggung jawab dalam menambah nilai guna sebuah benda atau
Baca Juga
11 Rekomendasi Aplikasi Gudang dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Peran teknologi dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi bisnis semakin tinggi. Salah satu aspek yang sangat penting dalam rantai pasokan adalah
Baca Juga
7 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba
Secara bahasa, waralaba diambil dari bahasa prancis, yaitu franchise yang berarti hak atau kebebasan. Berdasarkan arti tersebut. Waralaba bisa diartikan
Baca Juga
Syarat dan Cara Lapor Pajak Online untuk Pelaku Usaha
Pemerintah sudah menyediakan cara lapor pajak online untuk memudahkan proses pelaporan hingga pembayaran pajak bagi pengusaha atau individu, melalui layanan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu