Logo Bee Web

11 Rekomendasi Aplikasi Gudang dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Salah satu aspek yang sangat penting dalam rantai pasokan adalah manajemen gudang, dengan menggunakan aplikasi gudang.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 24 September 2023

Peran teknologi dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi bisnis semakin tinggi. Salah satu aspek yang sangat penting dalam rantai pasokan adalah manajemen gudang, dengan menggunakan aplikasi gudang.

Gudang bukan lagi hanya tempat untuk menyimpan barang, tetapi juga menjadi pusat kendali bagi perusahaan yang ingin mengatur persediaan, pengiriman, dan rantai pasokan mereka dengan lebih efisien.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dunia aplikasi gudang, mengungkap bagaimana teknologi ini dapat membantu perusahaan meningkatkan operasi mereka, dan melihat beberapa pilihan terbaik yang tersedia di pasaran.

Rekomendasi Aplikasi Gudang Terbaik 2023

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi gudang yang bisa Anda coba:

1. SAP Extended Warehouse Management (SAP EWM)

SAP EWM berasal dari Jerman dan menonjolkan diri dengan manajemen persediaan real-time serta integrasi yang kuat dengan sistem SAP lainnya. Keuntungannya meliputi skalabilitas dan manajemen persediaan yang akurat. Namun, kekurangannya adalah biaya implementasi yang tinggi dan kebutuhan akan sumber daya IT yang terlatih.

2. Beecloud

Rekomendasi aplikasi gudang selanjutnya ada Beecloud, pada dasarnya Beecloud sendiri merupakan aplikasi pembukuan keuangan online yang mencakup manajemen keuangan bisnis dari laba rugi hingga neraca.

Beecloud 3.0 Laptop

Tampilan software Beecloud

Namun, beecloud memiliki fitur kontrol stok yang klop, yang bisa menjadi solusi alternatif aplikasi gudang yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Lengkap dengan laporan stok barang Anda bisa pantau kondisi gudang kapanpun.

Selain Beecloud, Bee juga menghadirkan aplikasi gudang Bee Inventory yang memudahkan dalam melakukan stok opname. Dapatkan akses gratis trial terbatas khusus dengan klik banner di bawah ini!

3. Oracle Warehouse Management (Oracle WMS)

Berikutnya ada Oracle WSM, aplikasi yang berasal dari Amerika Serikat, menawarkan manajemen persediaan, pemantauan real-time, pemrosesan pesanan, dan manajemen transportasi.

Keuntungannya adalah integrasi dengan basis data Oracle serta dukungan untuk operasi gudang yang kompleks. Sayangnya, biaya lisensinya mahal dan memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.

4. WMS360

Selanjutnya ada WMS360 aplikasi gudang asal Indonesia, menyediakan manajemen persediaan, pemantauan real-time, perencanaan persediaan, dan laporan analitik. Keuntungannya adalah dukungan bahasa Indonesia dan biaya implementasi yang lebih terjangkau. Namun, mungkin kurang cocok untuk operasi internasional yang besar.

5. Zoho Inventory

Zoho berasal dari India dan menawarkan manajemen persediaan, pemantauan stok, pelacakan pengiriman, serta integrasi dengan Zoho Suite. Keuntungannya adalah harga terjangkau dan integrasi yang kuat, tetapi mungkin tidak cocok untuk gudang yang sangat besar.

6. Fishbowl Warehouse

Selanjutnya Fishbowl Warehouse, aplikasi asal Amerika Serikat, mengintegrasikan diri dengan QuickBooks dan menonjolkan fleksibilitas dalam konfigurasi. Keuntungannya adalah integrasi yang kuat, tetapi biaya lisensi yang mahal bisa menjadi kerugian.

7. WiseTech Global CargoWise

Rekomendasi aplikasi gudang berikutnya berasal dari Australia, menawarkan manajemen persediaan, manajemen transportasi, dan pemantauan real-time. Keuntungannya adalah dukungan untuk operasi logistik internasional dan integrasi yang kuat, tetapi biaya implementasinya tinggi.

8. Aplikasi Gudang ShipHero

Kemudian ada ShipHero, asal Amerika Serikat dan menawarkan manajemen persediaan, pemantauan stok, pemrosesan pesanan, serta pengiriman multi-lokasi. Keuntungannya adalah dukungan untuk bisnis e-commerce dan integrasi dengan platform populer. Namun, biaya berdasarkan penggunaan bisa mahal, terutama untuk bisnis yang berkembang pesat.

9. Warehouse Anywhere

Masih aplikasi asal Amerika Serikat, Warehouse Anywhere menawarkan manajemen persediaan, penyimpanan eksternal, dan pelacakan pengiriman. Keuntungannya adalah fleksibilitas penyimpanan dan integrasi yang kuat, tetapi biaya mungkin tinggi untuk penyimpanan eksternal.

10. Logiwa WMS

Hampir sama dengan sebelumnya, Logiwa WSM juga berasal Amerika Serikat, menawarkan manajemen persediaan, pemantauan stok, pemrosesan pesanan, serta integrasi dengan platform e-commerce. Keuntungannya mencakup skalabilitas, dukungan e-commerce, dan laporan analitik yang kuat. Namun, harganya mungkin tinggi untuk bisnis kecil.

11. HighJump Warehouse Advantage

HighJump Warehouse Advantage berasal dari Amerika Serikat, menawarkan manajemen persediaan, pemantauan stok, perencanaan persediaan, dan manajemen transportasi. Keuntungannya adalah integrasi yang kuat dan fleksibilitas konfigurasi. kekurangannya adalah biaya lisensi yang mahal dan kebutuhan akan sumber daya IT yang terlatih.

Peran Penting dan Manfaat Aplikasi Gudang bagi Bisnis

Berikut adalah 7 manfaat dan peran penting aplikasi gudang bagi bisnis:

1. Manajemen Persediaan yang Lebih Efisien

Manfaat yang pertama aplikasi gudang membantu perusahaan untuk mengelola persediaan dengan lebih efisien. Mereka memungkinkan pemantauan stok secara real-time, memastikan bahwa barang selalu tersedia ketika dibutuhkan, dan mencegah kelebihan persediaan yang dapat mengikis keuntungan.

Beecloud Kelola Stok Barang Di Gudang

Salah satu cara untuk melakukan inventory control yang efektif adalah dengan menggunakan software stok barang seperti Beecloud, yang menyediakan fitur-fitur lengkap untuk mengontrol persediaan barang dan menyajikan laporan keuangan dengan cepat dan akurat.

Dengan menggunakan software ini, bisnis dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan barangnya dan memperkuat pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

2. Akurasi yang Lebih Tinggi

Dengan otomatisasi proses seperti pemindaian barcode dan RFID, kesalahan manusia dapat dikurangi secara signifikan. Hal ini meningkatkan akurasi dalam pemrosesan pesanan, pengiriman, dan pelacakan produk, mengurangi risiko kesalahan yang dapat merugikan bisnis.

3. Peningkatan Produktivitas Karyawan

Aplikasi gudang mempercepat proses pekerjaan gudang dan memungkinkan karyawan untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting. Ini mengarah pada peningkatan produktivitas, karena tugas manual yang berulang dapat dihindari.

Ini berkaitan erat dengan bagaimana teknologi mengubah cara karyawan berinteraksi dengan tugas-tugas mereka sehari-hari dan bagaimana perusahaan dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan efisiensi.

4. Optimasi Rute Pengiriman

Bagi bisnis yang terlibat dalam pengiriman produk, aplikasi gudang dapat membantu dalam perencanaan dan pengoptimalan rute pengiriman. Ini mengurangi waktu perjalanan, biaya bahan bakar, dan emisi karbon, sambil meningkatkan kepuasan pelanggan dengan pengiriman yang lebih cepat.

5. Pelacakan dan Visibilitas yang Lebih Baik

Aplikasi pergudangan biasanya juga menyediakan visibilitas penuh terhadap seluruh rantai pasokan, mulai dari gudang hingga pengiriman ke pelanggan akhir. Ini memungkinkan perusahaan untuk melacak setiap langkah dalam proses, memantau kinerja, dan mengidentifikasi potensi masalah dengan cepat.

6. Integrasi yang Mudah

Berikutnya aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan sistem perusahaan yang ada, seperti perangkat lunak akuntansi atau perangkat keras lainnya. Hal ini memungkinkan aliran data yang mulus antara departemen yang berbeda dan meningkatkan koordinasi dalam bisnis.

7. Peningkatan Layanan Pelanggan

Peningkatan layanan pelanggan adalah salah satu manfaat paling krusial yang diberikan oleh aplikasi gudang. Mengapa? Karena pengalaman pelanggan adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan bisnis.

Layanan 24 Jam Rental Aplikasi

Ilustrasi pelayanan prima

Aplikasi gudang membantu menciptakan pengalaman yang lebih positif dan efisien bagi pelanggan dengan beberapa cara.

Dengan memiliki akses cepat dan akurat ke informasi persediaan, perusahaan dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Pelanggan dapat diberi estimasi pengiriman yang lebih tepat waktu, dan masalah stok dapat diidentifikasi dan diatasi dengan cepat.

Kesimpulannya

Dalam dunia yang terus berubah dengan cepat, aplikasi gudang bukan hanya alat penting untuk mengelola operasi sehari-hari, tetapi juga menjadi landasan untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan kompetitif.

Dengan meningkatnya kompleksitas bisnis, memiliki sistem yang kuat untuk mengelola gudang adalah salah satu kunci keberhasilan. Selain itu, pemilihan aplikasi gudang yang sesuai harus mempertimbangkan kebutuhan bisnis, skala operasi, dan anggaran yang tersedia.

Memahami Pengertian LKBB, Jenis, dan Fungsinya
Institusi selain bank yang beroperasi dengan menjalan kegiatan financial disebut juga dengan LKBB. Peranan Lembaga Keuangan Bukan Bank cukup penting
Baca Juga
Contoh Pembukuan Akuntansi dan Manfaat Menerapkannya Bagi Bisnis
Contoh pembukuan sudah bisa Anda temukan pada banyak platform yang menjelaskan mengenai akuntansi bisnis. Anda juga bisa menemukannya di sini.
Baca Juga
Performance Appraisal: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tahapannya
Pernah mendengar istilah performance appraisal? Istilah yang sering digunakan untuk penilaian kinerja karyawan dalam menjalankan pekerjaannya. Hal ini biasanya kerap
Baca Juga
Pialang adalah: Jenis, Tips Memilih dan Contoh Perusahaannya
Istilah pialang adalah hal yang umum di antara para pebisnis, yang jika diartikan berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia pialang adalah
Baca Juga
Manajemen Waktu Pebisnis: Tips Luangkan Waktu untuk Keluarga
Pernahkah Anda merasa sibuk dengan pekerjaan yang tak kunjung selesai? Atau terjebak dalam rutinitas yang membuat Anda kehilangan waktu untuk
Baca Juga
5 Contoh Analisis Resiko Bisnis dan Cara Analisisnya
Dalam mengelola sebuah usaha, analisis resiko memainkan peran krusial dalam menentukan kesuksesan jangka panjang. Dimana dengan analisis ini kita dapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu