Logo Bee Web

Usaha Angkringan: Peluang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Temukan rahasia sukses usaha angkringan dengan menu angkringan yang menggoda dan pilihan gerobak angkringan yang menarik di artikel ini!
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Friday, 11 August 2023

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang "Usaha Angkringan” yang sedang populer di kalangan para pengusaha pemula. Simak juga menu-menu angkringan yang sedang populer, serta bagaimana cara memilih gerobak angkringan yang tepat. Mari mulai!

Angkringan adalah salah satu jenis usaha kuliner yang menawarkan makanan dan minuman ringan dengan harga terjangkau.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha angkringan, ikuti terus artikel ini karena kami akan memberikan tips-tips penting untuk Anda!

Apa itu Usaha Angkringan?

Sebelum kita masuk ke tips memulai usaha angkringan, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu usaha angkringan. Usaha angkringan adalah jenis bisnis kuliner yang populer di Indonesia.

Angkringan dikenal dengan konsep santai dan sederhana. Pada awalnya, angkringan hanya berupa gerobak kecil yang diparkir di pinggir jalan, dan para pembeli bisa duduk santai sambil menikmati hidangan di tempat terbuka.

Angkringan menawarkan beragam menu makanan dan minuman ringan yang harganya terjangkau, sehingga banyak diminati oleh berbagai kalangan, terutama para pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran.

Konsepnya yang sederhana dan harganya yang terjangkau membuat angkringan menjadi tempat favorit untuk berkumpul dan menikmati waktu luang.

Tips Memulai Usaha Angkringan untuk Pemula

Apakah Anda termasuk dalam kategori pengusaha pemula yang tertarik untuk membuka usaha angkringan? Berikut adalah beberapa tips penting untuk memulai usaha angkringan Anda:

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi sangatlah penting dalam bisnis angkringan. Pilihlah lokasi yang strategis dan ramai dikunjungi orang. Tempat dekat kampus, sekolah, perkantoran, atau tempat nongkrong akan menjadi pilihan yang tepat. Pastikan juga untuk mendapatkan izin berjualan dari pihak berwenang jika diperlukan.

2. Sajikan Menu yang Menarik

Penyajian menu yang menarik dan beragam adalah kunci kesuksesan angkringan. Pastikan Anda memiliki berbagai macam hidangan, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, serta minuman yang segar.

Jangan lupa untuk menyajikan hidangan khas angkringan yang menjadi favorit pelanggan, seperti nasi kucing, sate usus, tempe bacem, dan sebagainya.

3. Berikan Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Sapa pelanggan dengan ramah, layani dengan cepat, dan berikan senyuman kepada setiap pelanggan. Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan merasa nyaman dan kembali lagi ke angkringan Anda.

4. Jaga Kebersihan Angkringan

Kebersihan adalah faktor krusial dalam usaha angkringan. Pastikan tempat usaha, peralatan masak, dan kebersihan karyawan selalu terjaga dengan baik. Kebersihan yang terjaga akan memberikan kesan positif kepada pelanggan.

Baca Juga: Cara Menghitung Harga Jual Produk Agar Tidak Rugi

5. Promosikan Usaha Angkringan Anda

Manfaatkan media sosial, brosur, atau mulut ke mulut untuk mempromosikan usaha angkringan Anda. Buat konten yang menarik dan unik agar usaha Anda lebih dikenal oleh masyarakat.

Jangan ragu untuk memberikan diskon atau promo menarik guna menarik perhatian pelanggan baru.

Menu Sate Sate An Di Angkringan

Menu Sate-satean di Usaha Angkringan (Foto: Freepik.com)

Menu Angkringan yang Lagi Populer dan Saran Harga Jualnya

Menu-menu angkringan yang populer adalah daya tarik utama dalam bisnis ini. Berikut adalah beberapa menu angkringan yang sedang populer dan sering menjadi favorit pelanggan beserta saran harga jualnya:

1. Nasi Kucing

Nasi kucing adalah nasi putih yang dikemas dalam porsi kecil, biasanya sekitar 2 sendok makan. Biasanya dimakan dengan lauk pauk yang sederhana seperti sate, gorengan, atau bacem. Harganya sekitar Rp 2.000 per porsi.

2. Sate Usus

Terbuat dari usus ayam atau kambing yang dibakar dan dibumbui dengan kecap manis, bawang putih, dan garam. Harganya sekitar Rp 2.000 per tusuk.

3. Sate Telur Puyuh

Terbuat dari telur puyuh yang dibakar dan dibumbui dengan kecap manis, bawang putih, dan garam. Harganya sekitar Rp 2.000 per tusuk.

4. Tempe Bacem

Tempe yang diolah dengan bumbu bacem, yaitu kecap manis, bawang putih, jahe, dan gula merah. Memiliki rasa yang manis dan gurih. Harganya sekitar Rp 2.000 per potong.

5. Tempe Mendoan

Tempe yang digoreng dengan tepung terigu dan bumbu, rasanya gurih dan renyah. Harganya sekitar Rp 2.000 per potong.

6. Tahu Bacem

Tahu yang diolah dengan bumbu bacem, yaitu kecap manis, bawang putih, jahe, dan gula merah. Memiliki rasa yang manis dan gurih. Harganya sekitar Rp 2.000 per potong.

7. Gorengan

Makanan yang digoreng dengan minyak goreng, antara lain tempe, tahu, bakwan, pisang goreng, dan ubi goreng. Harganya sekitar Rp 1.000 per potong.

8. Kopi Joss

Kopi yang dicampur dengan arang panas, memiliki rasa khas kopi yang pekat dan beraroma arang. Harganya sekitar Rp 3.000 per gelas.

9. Teh Poci

Teh yang dimasak di dalam poci, memiliki rasa khas teh yang pekat dan beraroma kayu. Harganya sekitar Rp 2.000 per gelas.

10. Wedang Jahe

Minuman dari jahe yang direbus dengan air, memiliki rasa yang hangat dan menyegarkan. Harganya sekitar Rp 2.000 per gelas.

11. Es Teh Manis

Minuman dari teh yang dicampur dengan gula dan air dingin, memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Harganya sekitar Rp 2.000 per gelas.

Menu-menu ini bisa Anda variasikan sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar. Pastikan untuk selalu menyajikan menu yang segar dan berkualitas agar pelanggan puas dengan hidangan yang Anda sajikan.

Contoh Gerobak Angkringan

Contoh Gerobak Angkringan (Foto: Freepik.com)

Jenis-jenis Gerobak Angkringan

Gerobak angkringan menjadi identitas dari usaha angkringan. Pemilihan gerobak yang tepat akan memberikan kesan menarik bagi para pelanggan. Berikut adalah beberapa jenis gerobak angkringan yang umum digunakan:

1. Gerobak Angkringan Tradisional

Gerobak angkringan tradisional biasanya terbuat dari kayu dengan desain yang sederhana. Gerobak ini lebih mengutamakan nilai tradisional dan keaslian angkringan. Cocok bagi Anda yang ingin mempertahankan budaya angkringan klasik.

2. Gerobak Angkringan Modern

Gerobak angkringan modern biasanya terbuat dari bahan yang lebih modern seperti stainless steel atau aluminium. Desainnya lebih futuristik dan menarik perhatian kaum muda. Cocok bagi Anda yang ingin tampil beda dan lebih terlihat up-to-date.

3. Gerobak Angkringan Unik

Gerobak angkringan unik memiliki desain yang tidak biasa, seperti berbentuk binatang, kendaraan, atau benda-benda lucu lainnya. Gerobak ini menarik perhatian dan cocok bagi Anda yang ingin menghadirkan keunikan di usaha angkringan Anda.

Cara Memilih Gerobak Angkringan yang Tepat

Pemilihan gerobak angkringan adalah langkah penting sebelum Anda memulai usaha ini. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih gerobak angkringan yang tepat:

1. Perhatikan Ukuran Gerobak Angkringan

Pilihlah ukuran gerobak angkringan yang sesuai dengan skala usaha Anda. Jika Anda ingin berjualan secara kecil-kecilan, gerobak kecil sudah cukup.

Namun, jika Anda berencana untuk berjualan dalam skala besar, pilihlah gerobak yang lebih besar sehingga Anda dapat menampung lebih banyak menu.

2. Perhatikan Bahan dan Kualitas Gerobak Angkringan

Pastikan gerobak angkringan terbuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama. Bahan seperti kayu yang diawetkan dengan baik atau stainless steel yang tahan karat dapat menjadi pilihan yang baik agar gerobak Anda dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

3. Perhatikan Desain Gerobak Angkringan

Pilihlah desain gerobak yang sesuai dengan konsep usaha Anda. Jika Anda mengusung konsep tradisional, pilihlah gerobak dengan desain klasik. Namun, jika Anda ingin tampil lebih modern, pilihlah gerobak dengan desain yang lebih futuristik.

4. Perhatikan Harga Gerobak Angkringan

Pastikan harga gerobak angkringan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah, tetapi perhatikan juga kualitas dan keawetan gerobak tersebut.

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan web

Tips Membuat Angkringan Ramai Terus Setiap Hari

Memiliki usaha angkringan yang ramai pengunjung adalah impian setiap pengusaha. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat angkringan Anda ramai setiap harinya:

1. Buatlah Angkringan Anda Menjadi Tempat yang Nyaman untuk Bersantai

Tambahkan fasilitas-fasilitas yang membuat pelanggan merasa nyaman, seperti kursi dan meja yang nyaman untuk bersantai. Selain itu, sediakan juga akses Wi-Fi gratis agar para pelanggan dapat berselancar di dunia maya sambil menikmati hidangan Anda.

2. Adakan Acara-acara Menarik

Selenggarakan acara-acara menarik di angkringan Anda seperti live music, stand-up comedy, atau karaoke. Acara-acara semacam ini akan menarik perhatian pelanggan baru dan membuat angkringan Anda semakin ramai.

3. Bermitra dengan Bisnis Lain yang Sejenis

Bekerjasama dengan bisnis lain yang sejenis, seperti warung makan atau kafe, dapat meningkatkan visibilitas dan daya tarik usaha Anda.

Misalnya, Anda bisa menyediakan tempat duduk yang nyaman bagi pengunjung yang ingin menikmati hidangan dari kedua usaha tersebut.

4. Ikuti Perkembangan Tren Kuliner Terbaru

Selalu perbarui menu angkringan Anda dengan menambahkan hidangan-hidangan terbaru yang sedang tren di kalangan masyarakat. Pastikan Anda juga menyediakan hidangan yang sesuai dengan musim, misalnya makanan berkuah di musim hujan dan minuman segar di musim panas.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai usaha angkringan yang semoga dapat memberikan inspirasi bagi Anda para calon pengusaha kuliner.

Memulai usaha angkringan memang menarik, namun tentu dibutuhkan kerja keras, inovasi, dan pelayanan yang baik untuk meraih kesuksesan.

Ingatlah untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan Anda dan selalu berinovasi dalam menyajikan menu dan layanan yang menarik. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam menjalankan usaha angkringan Anda!

Cara Daftar GrabFood, Syarat dan Langkah-Langkahnya
Bergabung dengan GrabFood sebagai mitra bisnis kuliner dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan visibilitas bisnis dan memperluas jangkauan pelanggan. Oleh
Baca Juga
Mengenal Anggaran Dasar Perusahaan dan Fungsinya
Dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan pastinya memerlukan anggaran dasar perusahaan dalam menjalankan operasional kerjanya, baik itu perusahaan besar maupun
Baca Juga
Definisi Bisnis Model Canvas Makanan dan Elemennya
Bisnis kuliner menjadi yang paling banyak diminati oleh para pebisnis saat ini. Hal tersebut dikarenakan peminat dari kuliner tidak pernah
Baca Juga
11 Manfaat Ekonomi Kreatif untuk Indonesia
Ekonomi kreatif bukanlah istilah asing lagi dalam dunia perkembangan ekonomi global. Di tengah arus perubahan dan inovasi, konsep dan manfaat
Baca Juga
11 Ide Bisnis Makanan Kekinian dan Paling Laris 2023
Ingin memulai bisnis dan bingung mau cari ide bisnis makanan apa, simak beberapa rekomendasi di bawah ini. Lengkap dari mulai
Baca Juga
15 Faktor Kegagalan Wirausaha dan Cara Mengidentifikasi
Ada cukup banyak faktor kegagalan wirausaha karena menjalankan bisnis merupakan tantangan yang penuh risiko dan tidak semua usaha berakhir dengan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu