Logo Bee Web

Cara Menentukan Segmentasi Pasar Berdasarkan Tipenya

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi target pasar ke dalam kelompok lebih kecil, simak cara melakukan segmentasi pasar berikut ini
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Friday, 23 August 2019

Cara menentukan segmentasi pasar adalah kegiatan usaha yang membagi target pasar ke dalam beberapa kelompok lebih kecil sehingga lebih mudah dikelola berdasarkan kesamaan yang dimiliki. Dengan kata lain, setiap bagian dari segmen pasar pasti memiliki beberapa kesamaan yang bisa dimanfaatkan pemilik bisnis untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, pengiklanan, dan penjualan.

Manfaat dari segmentasi pasar yaitu Anda bisa memperlakukan setiap segmen secara khusus sehingga lebih menarik pihak yang berada dalam segmen tersebut. Hal ini pasti sangat menguntungkan, terlebih bagi perusahaan dengan konsumen yang sangat beragam.

Tentunya Anda menyadari bahwa tidak mungkin menjadi “paket lengkap” bagi semua pelanggan, maka sangat penting untuk mengetahui cara paling efektif menentukan segmentasi pasar berdasarkan tipenya. Di bawah ini, Anda bisa mempelajari dan menerapkannya dalam bisnis sehingga bisa menargetkan konsumen secara lebih khusus dan tentunya meningkatkan keuntungan yang didapat.

Baca Juga: Segmentasi Pasar Adalah: Syarat, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Langkah-Langkah Cara Melakukan Segmentasi Pasar

Menentukan Segmentasi Pasar

Ilustrasi Segmentasi berdasarkan wilayah (Sumber: Freepik.com)

Berikut beberapa langkah dalam melakukan segmentasi pasar:

1. Segmentasi Geografis

Jenis segmentasi pasar ini membagi kelompok konsumen berdasarkan wilayah tempat mereka tinggal. Ketertarikan masyarakat, budaya, serta preferensi pastinya berbeda, maka sangat penting untuk menyesuaikan pendekatan dari bisnis yang Anda jalankan.

Contoh sederhananya adalah penjualan produk seperti jaket dan jas hujan. Produsen jaket dan jas hujan sebaiknya lebih fokus menjual produknya di wilayah hujan turun hampir sepanjang tahun, lalu memberi pasokan produk ke wilayah yang cenderung kering hanya pada waktu tertentu seperti musim hujan.

2. Segmentasi Demografis

Jenis segmentasi pasar ini membagi konsumen berdasarkan beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga, pekerjaan, penghasilan, dan masih banyak lagi. Segmentasi demografis adalah strategi yang paling banyak digunakan karena kebanyakan produk yang ada saat ini terkait dengan paling tidak salah satu elemen demografis.

Dari semua faktor yang digunakan untuk segmentasi demografis, yang paling penting mungkin adalah usia karena preferensi orang berubah dengan cepat seiring dengan bertambahnya usia. Bahkan, media komunikasi yang digunakan oleh setiap generasi berbeda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui usia berapa konsumen yang ditargetkan serta media apa yang harus digunakan untuk mencapai mereka.

Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis

3. Segmentasi Psikografis

Tak seperti segmentasi geografis dan demografis, segmentasi psikografis berfokus pada unsur intrinsik dari pelanggan seperti latar belakang, sifat, ketertarikan pribadi, gaya hidup, dan opini. Untuk memahami target pasar dalam segmentasi psikografis, cara yang paling efektif adalah dengan melakukan survey, wawancara, dan studi kasus.

Contoh dari pentingnya segmentasi psikografis adalah perbedaan gaya hidup di wilayah kota kecil dan metropolitan. Tentunya gaya hidup, kebutuhan, dan keinginan masyarakat di dua wilayah ini sangat berbeda. Pihak produsen atau pengusaha harus bisa menentukan cara apa yang paling tepat untuk konsumen di masing-masing wilayah sehingga usaha pemasaran bisa sukses.

4. Segmentasi Perilaku

Segmentasi jenis ini memiliki pengukuran yang mirip dengan segmentasi psikografis, namun lebih fokus kepada reaksi yang spesifik serta cara konsumen menentukan pilihan produk maupun jasa. Tanggapan konsumen terhadap suatu produk, cara penggunaannya, serta pemahaman mereka adalah contoh-contoh dari segmentasi perilaku.

Cara melakukan segmentasi perilaku juga mirip dengan segmentasi psikografis. Situs ulasan juga bisa menjadi alat bantu dalam melakukan segmentasi perilaku.

Kesetiaan konsumen terhadap merk tertentu merupakan contoh paling nyata dari keberhasilan segmentasi perilaku. Bahkan ketika Anda membaca artikel ini, pasti Anda bisa memikirkan salah satu merk yang selalu Anda jadikan pilihan tanpa ada keraguan.

Dengan tingginya kepercayaan konsumen terhadap suatu merk, akan tercipta suatu perilaku konsumen, yaitu pembelian berulang. Segmentasi perilaku bisa dikatakan berhasil jika konsumen menyukai dan tetap setia kepada suatu produk atau jasa dalam jangka waktu panjang.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Cara menentukan segmentasi pasar memang tidak mudah, namun dengan cara di atas, Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Semoga Bermanfaat 🙂

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih
Baca Juga
Apa Itu Pomodoro Timer dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Pomodoro timer merupakan sebutan lain bagi teknik pomodoro, yaitu sebuah sistem manajemen waktu yang dapat mendorong seseorang untuk bekerja secara
Baca Juga
[DOWNLOAD] Usaha Distributor, E-Book 3 Jurus Jitu Kontrol Stok
Industri distribusi adalah salah satu industri tertua di dunia. Faktanya, ada banyak jenis sistem distribusi termasuk grosir, eceran, pesanan melalui
Baca Juga
7 Contoh Mind Mapping, Pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya
Mind mapping adalah sebuah metode yang digunakan untuk merangkum suatu ide. Untuk memudahkan biasanya seorang membutuhkan contoh mind mapping untuk
Baca Juga
11 Contoh Usaha Kecil di Rumah dengan Modal Pas-Pasan
Menjalankan usaha sendiri bisa jadi sebuah impian bagi sebagian besar orang, khususnya usaha yang dijalankan di rumah tanpa harus meninggalkan
Baca Juga
Hindari Kesalahan Fatal! Ini 7 Tips Melakukan Restock Barang
Kegiatan restock barang strategi bisnis yang penting bagi para pengecer dan produsen guna memenuhi permintaan yang terus meningkat dari pasar.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu