Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Aplikasi Kasir Toko Baju Wajib Punya 5 Fitur Ini!

Dipublish Tgl: Monday, 6 June 2022

Aplikasi kasir toko baju saat ini mulai diminati oleh banyak pemilik bisnis, termasuk bisnis yang bergerak di bidang fashion. Ada banyak spesifikasi toko baju yang saat ini berkembang, di antaranya toko baju khusus perempuan, laki-laki, anak-anak dan fashion muslim. Meskipun berbeda barangnya, namun secara umum memiliki management pengelolaan yang sama.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam melaksanakan bisnis fashion akan memerlukan sebuah aplikasi untuk membantu memudahkan pengelolaan. Terutama aplikasi yang dapat membantu kasir dalam melakukan transaksi, pencatatan, hingga laporan keuangan. Bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi kasir toko baju, Anda harus memahami apa itu aplikasi kasir serta fitur apa saja yang harus ada pada aplikasi tersebut. 

Pengertian Aplikasi Kasir Toko Baju

Aplikasi Kasir Toko Baju

Ilustrasi toko baju yang sudah menggunakan software akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi kasir merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang dapat digunakan pada sebuah mesin kasir POS (Point of Sale) untuk menunjang pengelolaan operasional bisnis. Aplikasi ini dapat diatur dengan berbagai program untuk mendukung bisnis Anda agar berjalan lancar. Misalnya toko baju, aplikasi tersebut bisa disesuaikan agar memiliki fitur khusus bisnis fashion. 

Setiap aplikasi menawarkan berbagai fitur untuk menarik para pelaku usaha agar menggunakan jasanya. Sehingga, Anda memiliki banyak pilihan yang justru membuat Anda ragu akan pilihan mana yang paling tepat. Oleh karena itu, Anda harus lebih selektif dalam membandingkan beberapa aplikasi yang nantinya akan Anda gunakan. 

5 Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Kasir Khusus Untuk Toko Baju

Setiap bisnis memiliki kebutuhan fitur aplikasi yang berbeda sesuai dengan kepentingannya. Begitu pula dengan bisnis fashion, aplikasi kasir yang akan digunakan tentu harus menunjang kebutuhan khusus untuk toko baju. Sebagai gambaran, berikut merupakan 5 fitur yang wajib ada untuk toko baju. 

  • Fitur Transaksi Penjualan

Bisnis fashion merupakan bisnis yang tidak terlepas dari transaksi penjualan. Oleh karena itu, Anda harus memilih aplikasi yang memiliki fitur transaksi penjualan. Fungsi fitur ini yaitu untuk memudahkan transaksi, mengelola laporan keuangan, mengatur harga modal hingga menghitung laba penjualan secara otomatis. 

Fitur transaksi dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan produk. Selain itu juga dapat mempercepat proses transaksi dengan perhitungan yang tepat. Aplikasi dengan fitur ini dapat meminimalisir adanya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan.

  • Fitur Layanan Pelanggan dan Up Selling

Layanan pelanggan dan up selling merupakan fitur untuk meningkatkan total penjualan dengan memperkenalkan pelanggan pada pilihan yang mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Adanya fitur ini dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan dan mengetahui perkembangan fashion yang diinginkan oleh pelanggan. Fitur ini juga cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis toko online. 

  • Fitur Layanan Manajemen Karyawan

Aplikasi kasir untuk toko online harus memiliki fitur manajemen karyawan. Pasalnya Anda dapat dengan mudah menghitung secara langsung komisi untuk karyawan Anda. Selain itu, fitur ini dapat membantu Anda menentukan shift kerja karyawan berdasarkan kinerjanya dari informasi yang didapatkan melalui sistem secara otomatis.

  • Fitur Direct Marketing

Seiring dengan perkembangan dunia fashion, bisnis penjualan baju semakin berkembang pula. Hal tersebut dapat mempengaruhi jumlah kompetitor bagi Anda yang mempunyai toko baju. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan strategi marketing agar dapat bersaing dengan kompetitor.  

Menggunakan aplikasi kasir yang memiliki fitur direct marketing dapat menjadi solusi untuk Anda. Fitur ini memanfaatkan aplikasi wirausaha untuk mengirimkan promosi melalui email ke pelanggan. Sehingga, pelanggan akan mendapatkan informasi toko Anda seperti diskon, sale, atau event spesial lainnya. 

  • Fitur Manajemen Inventori

Semua pelaku bisnis retail khususnya dibidang fashion harus melakukan manajemen Inventori. Aplikasi kasir dengan fitur manajemen inventori dapat menjaga, mengawasi, dan mengontrol persediaan barang di toko dengan pengaturan sistem. Fitur ini akan memberi notifikasi saat stok sedikit sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecekan barang secara manual. 

Tips Memilih Aplikasi Kasir Untuk Toko Baju

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi kasir saat ini sudah banyak sehingga Anda mudah untuk mendapatkannya. Namun, dalam menentukan sebuah aplikasi kasir Anda tidak boleh sembarangan memilih. Pasalnya, aplikasi tersebut akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang selama Anda menjalankan bisnis. 

Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih aplikasi kasir untuk bisnis Anda. Nah, berikut merupakan beberapa tipe yang bisa Anda coba sebelum menentukan aplikasi kasir mana yang akan dipakai. 

  • Buatlah Daftar Fitur Aplikasi Yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat list fitur apa saja yang dibutuhkan agar aplikasi tersebut dapat memudahkan pekerjaan Anda. fitur yang wajib ada untuk toko baju sudah dijelaskan pada pemaparan di atas. Setelah membuat list, Anda bisa lebih fokus dalam melakukan riset aplikasi yang akan Anda pilih. 

  • Lakukan Riset Aplikasi Kasir Toko Baju

Lakukanlah riset sederhana untuk mencari referensi beberapa aplikasi kasir yang banyak digunakan oleh pelaku usaha. Kemudian, bandingkan aplikasi satu dengan aplikasi lainnya dilihat dari kelebihan dan kekurangannya. 

26 Juli 2021

Beepos, Software Kasir Online yang Didesain untuk Keamanan & Kecepatan Penjualan

  • Pertimbangkan Harga

Harga setiap aplikasi berbeda-beda sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Oleh karena itu, setelah melakukan riset mengenai fitur aplikasi Anda juga harus mempertimbangkan harga. Apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas aplikasinya atau tidak. Lihat juga harga aplikasi kasir yang ada dipasaran untuk membandingkan kualitas dengan harga.

  • Tentukan Pilihan Sesuai Kebutuhan

Setelah ketiga poin diatas Anda lakukan, maka akan didapatkan pilihan aplikasi yang memiliki nilai teratas. Penilaian tersebut dilihat dari kualitas dan harganya seperti apa. Jika sudah yakin, maka Anda bisa langsung menghubungi penjual jasa aplikasi kasir tersebut dan mulai melakukan uji coba. 

Bisnis fashion akan terus berkembang dari hari ke hari. Begitu pula dengan aplikasi kasir toko baju akan mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengikuti trend pasar untuk menentukan fitur apa saja yang dibutuhkan agar memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis.

5 Pаnduаn Bisnis Rental Mobil dаn Alasannya
Sudah berpuluh-puluh tahun lamanya bisnis rental mobil mеnjаdі ѕаrаnа trаnѕроrtаѕі ріlіhаn untuk bepergian keluar kоtа. Semakin lаmа bisnis tеrѕеbut menjamur […]
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Penjualan dan Contohnya
Sebagai Pebisnis skala besar ataupun kecil jangan pernah menyepelekan pencatatan transaksi terutama catatan transaksi penjualan. Semua informasi mengenai transaksi penjualan […]
Baca Juga
Update! Biaya Admin Star Seller Shopee Disertai Ilustrasi Perhitungannya
Bagi setiap pelaku usaha star seller shopee pasti tidak asing dengan biaya admin star seller shopee. Biaya admin merupakan biaya […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu