Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

1001 Panduan Mengoperasikan Mesin Kasir Toko Baju

Dipublish Tgl: Friday, 10 June 2022

Mesin kasir toko baju merupakan perangkat untuk mencatat jumlah pembayaran dan menangani uang tunai dalam sistem POS ritel. 4 jenis mesin kasir yang paling populer adalah electronic cash register (ECR), point of sale cash register di desktop, mobile cash register di tablet, dan cash register berbasis cloud.

Bagaimana cara kerja mesin kasir toko baju? Sebagian besar mesin kasir memiliki cara kerja yang sama. Di dalam artikel ini kami akan memperkenalkan cara menggunakan mesin kasir toko baju dengan 3 proses ritel utama. Yang Anda butuhkan hanyalah membawa mesin kasir untuk berlatih dengan panduan kami. Mari kita mulai!

Bagaimana Menggunakan Mesin Kasir Toko Baju?

Menggunakan Mesin Kasir Toko Baju

Ilustrasi Menggunakan Mesin Kasir Toko Baju (Sumber: Pexels.com)

Untuk menggunakan mesin kasir toko baju, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah 1: Letakan Mesin Kasir di Tempat yang Strategis dan Sesuai

Mulailah dengan meletakkan mesin kasirmu di permukaan yang rata dan solid, idealnya di konter kasir dan samping terminal POS lain tempat pelanggan biasa membayar. Kemudian Anda harus mecolokkannya ke stop kontak lisrtik.

  • Langkah 2: Jangan Lupa untuk Memasang Baterai

Baterai merupakan cadangan daya untuk mesin kasir saat kondisi mendesak seperti listrik padam. Oleh karena itu, Anda perlu sekali memperhatikan baterai sudah terpasang sebelum mengaktifkan mesin kasir.

Pertama, lepaskan penutup untuk melihat komparetmen baterai. Beberapa kompartemen baterai terletak di bawah wadah struk, disini Anda perlu menggunakan obeng kecil untuk membuka penutupnya.

Kemudian, masukkan bateria sesuai dengan instruksi manual yang disertakan dengan mesin kasir milikmu. Setelah selesai, tutup penutup kompartemen baterai.

  • Langkah 3: Pasang Gulungan Kertas Tanda Terima (Struk)

mesin kasir untuk toko baju

Pasang Gulungan Kertas Tanda Terima

Untuk memasang gulungan struk tanda terima, pertama-tama Anda harus cari pada bagian laci tanda terima dan buka penutupnya. Kemudian, masukkan rollover dan tarik rollover kedepan yang nanti akan digunakan bagian kasirmu untuk merobek struk/kwitansi untuk pelanggan.

Lakukan percobaan dulu dengan menekan tombol FEED. Register akan menangkap struk dan meneruskannya.

Selanjutnya, mari kita pelakari cara membuka mesin kasir.

  • Langkah 4: Buka Laci Mesin Kasir

Bagi Anda yang baru pertama kalinya membuka laci meja kasir, Anda perlu mengguunakan kunci yang disertakan dengan mesin kasir yang Anda punya. Setelah laci terbuka, Anda dapat menaruh dan meninggalkan kuncinya di dalam laci selama toko beroperasi.

Catatan: Jangan sampai Anda kehilangan kunci ini ya! Selalu kunci laci uang di dalam mesin kasir Anda setelah jam operasional toko berakhir demi keamanan toko.

  • Langkah 5: Nyalakan Mesin Kasir

Langkah ini cukup mudah, Anda dapat menemukan tombol ON/OFF di samping atau belakang mesin kasirmu. Namun, tidak menutup kemungkinan beberapa mesin kasir memiliki kunci tersendiri untuk mengaktifkan mesin kasir di depannya. Dengan mesin kasir sejenis itu, Anda perlu memutar kunci ke posisi REG untuk memulai.

Begitu pula dengan tipe mesin kasir yang jauh lebih baru, Anda mungkin tidak akan menemukan tombol START melainkan MODE. Jika sudah, Anda bisa tekan tombol MODE tersebut dan geser ke mode REGISTER atau mode aktif.

  • Langkah 6: Konfigurasikan Mesin Kasir Toko Baju

Konfigurasikan Mesin Kasir Toko Baju

Ilustrasi Konfigurasi Mesin Kasir Toko Baju dengan Perangkat Lainnya

Di barang-barang toko ritel milikmu, akan ada barang kena pajak atau tidak kena pajak. Selain itu, Anda mungkin saja ingin mengatur tanggal dan waktu. Dengan begitu, biasanya akan ada tombol fungsi yang sesuai di laci kas Anda untuk memprogram barang-barang tersebut. Tergantung pada jenis mesin kasirnya, untuk mengakses fungsi program, Anda dapat menekan tombol PRG atau P, atau secara manually swipe di bawah penutup struk tanda terima.

Misalnya, beberapa mesin kasir memiliki 4 tombol pajak untuk mengatur tarif pajak yang berbeda, termasuk PPN, GST, PST, atau tergantung pada lokasimu. Kami menyarankan agar Anda Ikuti panduan pengguna untuk menginstal fungsi-fungsi ini.

  • Langkah 7: Hubungkan Mesin Kasir dengan Perangkat Penjualan Lainnya

Terminal POS yang terhubung untuk toko ritel termasuk laci kas, pembaca kartu kredit, printer tanda terima, dan pemindai barcode. Secara umum, perangkat ini terhubung ke mesin kasir baik kabel atau nirkabel melalui Bluetooth.

Sebelum Anda membuka toko, ada baiknya Anda lakukan beberapa transaksi uji coba untuk memastikan bahwa semua perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dengan benar, dan karyawanmu juga telah menguasai cara menggunakan mesin kasir.

  • Langkah 8: Tutup Laci Mesin Kasir

Selalu tutup laci uang segera setelah Anda menggunakannya. Hal ini akan mengurangi risiko pencurian. Selain itu, selalu kosongkan dan seimbangkan laci kas sebelum menyimpannya di tempat yang aman pada akhir jam operasional toko.

Baca Juga: Software Kasir Toko Baju Gratis untuk Bisnis Anda

Cara Menjalankan Transaksi di Mesin Kasir Toko Baju

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti cara melakukan transaksi penjualan di mesin kasir

  • Langkah 1: Masuk ke Mesin Kasir Toko Baju

06. Awal konfigurasi

Masuk ke Mesin Kasir Toko Baju Beepos

Untuk menggunakan laci mesin kasir, Anda harus memasukkan kode keamanan atau kata sandi. Beberapa jenis mesin kasir akan menggunakan ID karyawan atau email untuk menghubungkan setiap pesanan penjualan ke kasir tertentu. Sangat membantu bagi Anda untuk melacak penjualan setiap karyawan atau untuk menangani kesalahan.

  • Langkah 2: Masukkan Informasi dan Jumlah Item

Anda bisa  menggunakan tombol numerik untuk memasukkan jumlah barang yang tepat saat memberi kembalian ke pelanggan

Kemudian, tekan tombol setelah harga tunai item tersebut untuk menetapkannya ke kategori penjualan seperti makanan atau pakaian. Selain itu, Anda juga dapat memilih tarif pajak yang sesuai untuk kategori barang. Kami sarankan Anda cek manual laci kas pada mesin kasirmu untuk cara mengatur pajak.

  • Langkah 3: Tambahkan Kode Kupon Diskon atau Gift Voucher

Anda mungkin perlu memasukkan persentase diskon untuk menerapkan kode diskon pada saat-saat tertentui. Untuk melakukannya, tekan tombol departemen. Selanjutnya, masukkan persentase diskon, misalnya 10 untuk diskon 10%, lalu tekan tombol % di deretan tombol di sebelah kiri keypad numerik.

  • Langkah 4: Pilih Metode Pembayaran

Toko ritel akan menerima banyak metode pembayaran yang sedang marak untuk pelanggan, seperti uang tunai, cek, kartu kredit, voucher, dan metode pembayaran e-wallet lainnya.

Langkah 5: Cetak Tanda Terima (Struk)

software cetak struk

Gambar 8a. Bukti Cetak Struk dari Beepos

Dengan keberadaan mesin kasir toko baju untuk membantu proses transaksi penjualan, pembeli akan merasa diuntungkan karena mesin ini juga berfungsi untuk mencetak tanda terima penjualan yang berisi barang yang dibeli bersama dengan harga setiap item dan total pembayaran.

Tanda terima ini akan diberikan kepada pelanggan selama proses pembayaran. Setelah struk cetak, ini secara otomatis akan keluar dengan sendirinya

Teknologi Mesin Kasir Terbaru Untuk Toko Baju

Mungkin menggunakan mesin kasir sudah terlihat jadul atau konvensional di era teknologi ini. Jika Anda menginginkan sebuah mesin yang lebih mumpuni atau memiliki teknologi yang lebih canggih, Anda bisa menggunakan mesin kasir POS android untuk usaha toko baju Anda.

Mesin kasir android memiliki teknologi yang lebih canggih dengan memiliki fitur yang lebih memudahkan Anda dalam menjalankan usaha toko baju.

Berikut ini adalah rekomendasi mesin kasir untuk usaha toko baju Anda!

Mesin Kasir Android Beepos

Keunggulan utama Beepos, memiliki teknologi yang akan memenuhi kebutuhan dalam melakukan transaksi secara cepat dan aman. Sehingga, melakukan transaksi penjualan produk baju dapat dilakukan lebih mudah tanpa adanya antrian.

Kesimpulan

Mesin kasir toko baju merupakan sebuah alat yang dapat membantu usaha toko baju yang Anda dijalankan. Dengan berbagai fitur yang akan memberikan manfaat untuk usaha toko baju, sehingga Anda akan lebih mudah menjalankan operasional. Namun, Anda perlu mempertimbangkan atau memilih secara tepat mesin kasir toko baju yang akan Anda pilih. Karena jika salah pilih, itu akan jadi sebuah kerugian bagi Anda.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi toko baju Beepos, Anda bisa mencoba gratis dengan klik gambar di bawah ini!

Software Kasir Toko Baju Integrasi dengan Akunting Beepos

Software Kasir Toko Baju Integrasi dengan Akunting Beepos

5 Aplikasi Pengatur Keuangan yang Dapat Diunduh Melalui Playstore
Aplikasi pengatur keuangan merupakan kunci utama dalam mencatat seluruh aktivitas kas masuk dan keluar, sehingga dapat membantu Anda untuk mengelola […]
Baca Juga
Apa Saja Beda Biaya dan Beban?
Beda biaya dan beban sangat penting diketahui dalam dunia akuntansi. Biaya dan beban merupakan istilah yang sangat sering kita dengar. […]
Baca Juga
Strategi Akuntansi Bisnis Minimarket Yang Efektif
Pembukuan akuntansi adalah prosedur bisnis penting yang harus dijalankan dengan tepat oleh pengusaha. Hal ini membantu Anda dalam mengatur ke […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu