🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Inventory Control Adalah: Pengertian, Fungsi, Metode

Inventory control adalah metode mengukur persediaan barang agar efisien dan menguntungkan. Pelajari cara membuat stock control yang terukur.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 18 April 2023

Sebuah sistem untuk memanajemen persediaan barang yaitu stock control dan inventory control adalah kebutuhan yang paling penting dalam suatu bisnis. Adanya sistem kontrol ini membuat Anda memperoleh kepastian apa barang masih ada atau tidak.

Jenis kontrol ini berbeda dengan inventory management. Ini dikarenakan inventory management melakukan pengawasan inventaris barang dan hal tersebut mencakup proses pemesanan, pengulangan stok barang, sampai strategi penyimpanan produk usaha.

Pengertian Inventory Control Adalah ...

Inventory control adalah proses pengelolaan persediaan barang yang meliputi pengadaan, penyimpanan, dan pengendalian persediaan agar terjaga dalam jumlah yang tepat, pada waktu yang tepat, dan di tempat yang tepat.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan penggunaan persediaan barang, menghindari kerugian akibat persediaan yang berlebihan atau kekurangan, serta meningkatkan efisiensi dan keuntungan bisnis.

Inventory control melibatkan penggunaan teknik dan sistem tertentu untuk memantau dan mengontrol persediaan barang, termasuk penggunaan perangkat lunak khusus seperti software inventory control.

Dengan adanya inventory control, bisnis dapat lebih efektif mengelola persediaan barangnya dan memaksimalkan keuntungan dengan menjaga biaya persediaan tetap rendah dan mengurangi kerugian akibat persediaan yang tidak terpakai.

Baca Juga: Pengertian Inventory, Manfaat dan Cara Pengelolaannya

Fungsi dan Manfaat Inventory Control Bagi Bisnis

Fungsi serta manfaat dari kegiatan kontrol inventaris bagi bisnis ada beragam. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Fungsi dari Kegiatan Inventory Control Adalah ...

Sebelum membahas manfaat dari kegiatan kontrol inventaris ini, kita kupas dahulu fungsi utama stock control. Ada 6 fungsi yang dimiliki stock control:

  • Mengantisipasi adanya keterlambatan pengiriman terhadap barang jadi atau bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Memastikan bila produk yang telah dipesan sudah tepat dengan kebutuhan agar tidak ada proses pengembalian. Fungsi ini membutuhkan ketelitian serta kehati-hatian supaya tidak mengalami kerugian.
  • Melakukan antisipasi jika ada produk yang mengalami kenaikan harga secara mendadak.
  • Memperoleh keuntungan dari proses pembelian yang sudah dilakukan sebelumnya.
  • Menampung produk barang yang hanya dibuat secara musiman.
  • Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dengan selalu menyediakan produk yang dibutuhkan.

2. Manfaat dari Inventory Control Adalah ...

Selain keenam fungsi inventaris, ketahui juga manfaat penggunaan inventory control. Manfaat utama dari kegiatan stock control ada 4 yaitu

  • Menjaga perhitungan agar tetap lebih akurat. Setiap perusahaan yang melakukan kontrol ini mempunyai perhitungan yang tepat. Ini dilakukan dengan menggunakan sistem barcode yang ada di setiap produk.
  • Membantu membuat suatu keputusan. Dalam mengelola persediaan barang tidak hanya melacak persediaan saja. Proses yang ada di dalamnya juga terdiri dari perhitungan terhadap perputaran persedian produk. Perputaran ini berarti tingkat kecepatan penjualan persediaan serta penggantiannya dalam kurun waktu tertentu. Di setiap waktu, jumlah penjualan terhadap produk tidak pernah sama. Oleh sebab itu, perusahaan wajib bisa mengukur tingkat perubahan.
  • Manfaat selanjutnya, menghilangkan write off. Jika mengelola persediaan dengan baik, perusahaan bisa terhindar dari write off. Tipsnya dengan mengurangi pemborosan, memudahkan proses perhitungan terhadap nilai inventaris. Selain itu juga meningkatkan keuntungan dengan mempertahankan inventaris yang diperlukan saja.
  • Manfaat keempat yaitu pesanan bisa tercukupi. Perusahaan tidak perlu membutuhkan persediaan melimpah di gudang asalkan kebutuhan pelanggan terpenuhi.

Pengendalian terhadap inventaris akan memperhitungkan jumlah persediaan produk yang aman. Hal ini membuat perusahaan bisa memberikan pesanan konsumen secara tepat waktu tanpa membuat konsumen tersebut menunggu lama.

Metode yang Dipakai di dalam Aktivitas Inventory Control

Stock Control Menggunakan Sistem

Ilustrasi Kontrol Stok Menggunakan Sistem (Credit: Freepik.com)

Di dalam melakukan aktivitas kontrol inventaris ada beberapa metode yang diterapkan. Mulai dari Just in Time, Trackin Inventory, Quality Control, Set Reorder Point, hingga melakukan proses audit secara berkala.

1. JIT (Just in Time)

Just in Time berarti sistem produksi yang tepat waktu. Semua persediaan bahan baku dari produk akan diproses dalam kegiatan produksi. Hal ini dilakukan dengan tepat waktu beserta kuantitas yang juga tepat.

Prinsip dasar metode ini dalam inventory control adalah sistem produk yang terjadwal. Hal ini bertujuan memproduksi produk menjadi barang jadi dengan tepat waktu serta jumlah yang tepat untuk dikonsumsi.

Prinsip dasar lainnya yaitu mengurangi mengalami keadaan yang tidak diduga. Saat proses produksi dilakukan sesuai dengan permintaan konsumen, secara tidak langsung perusahaan Anda dapat terhindar dari hal yang tidak terduga seperti pemborosan.

2. Metode Track-in Inventory

Metode ini berarti suatu aktivitas pemantauan terhadap produk persediaan untuk mengetahui lokasi penyimpaan produk tersebut di dalam tempat seperti gudang. Proses dari metode ini perlu dilakukan secara real time.

Hal ini dilakukan agar jumlah barang yang bisa dikirim kepada konsumen dapat diketahui secara jelas serta pasti. Trackin inventory yang bagus bisa memudahkan perusahaan untuk membuat keputusan dengan cepat jika harus melakukan pengiriman ke tempat lain.

3. Metode QC atau Quality Control

Jenis metode ini mebuat perusahaan terbantu dalam pengawasan pesanan barang dari pihak supplier. Selain itu juga mengawasi inventaris pada semua batch, menyenangkan pelanggan, hingga memenuhi seluruh persyaratan yang ada.

Proses metode ini lebih mudah serta efisen jika dibantu dengan adanya kontrol inventaris. Saat jumlah barang dan tempat penyimpanan diketahui dengan pasti, perusahaan lebih mudah untuk mengambil tindakan jika adapenarikan produk dari pelanggan atau pasar.

4. Metode Set Re-order Point

Metode ini mewajibkan perusahaan untuk memesan inventaris dalam jumlah yang lebih banyak sebagai antisipasi jika persediaan telah habis. Hal ini dilaksanakan pada setiap SKU atau Stock Keeping Unit.

Ini dikarenakan ada jenis produk yang mungkin sangat diminati oleh konsumen sehingga terjual dengan cepat. Sementara produk lainnya memiliki peminat yang kurang sehingga jumlah yang terjual cenderung sangat kecil.

5. Metode Sistem Zonasi

Zonasi dibutuhkan untuk perusahaan yang mempunyai banyak SKU serta bermacam-macam produk. Tujuannya yakni menjaga keteraturan produk serta memudahkan saat harus menemukannya.

Metode zonasi memiliki keterkaitan dengan cara yang dilakukan perusahaan dalam menata gudang, menentukan jenis layout gudang, hingga kedekatan peletakan produk-produk yang sesuai. Hal ini akan memberikan dampat yang bagus pada aktivitas operasional perusahaan.

Zonasi membantu proses penataan terhadap ruang pada gudang, khususnya untuk menentkan tempat-tempat tertentu yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, 1 tempat yang membutuhkan pendinginan dengan suhu tertentu.

6. Melakukan Audit Secara Berkala atau Teratur

Pengelolaan terhadap persediaan produk akan membantu perusahaan dalam melaksanakan audit inventaris. Dengan adanya kontrol inventaris, audit bisa berjalan secara efisien. Masalah-masalah menjadi lebih mudah untuk diidentifikasi.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, inventory control merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pengelolaan bisnis. Dengan memahami dan menerapkan konsep inventory control yang tepat, bisnis dapat memperoleh banyak manfaat seperti menghindari kerugian akibat kelebihan atau kekurangan stok, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan keuntungan.

Beecloud Kelola Stok Barang Di Gudang

Salah satu cara untuk melakukan inventory control yang efektif adalah dengan menggunakan software stok barang seperti Beecloud, yang menyediakan fitur-fitur lengkap untuk mengontrol persediaan barang dan menyajikan laporan keuangan dengan cepat dan akurat.

Dengan menggunakan software ini, bisnis dapat mengoptimalkan pengelolaan persediaan barangnya dan memperkuat pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Artikel Terkait

Stock Taking Adalah Metode Pelacakan Stok, Begini Caranya
Apa itu stock taking? Secara sederhana, stock taking adalah proses penghitungan fisik persediaan barang yang dilakukan secara berkala untuk memastikan
Baca Juga
Tahapan Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain), Komponen dan Prinsipnya
Rantai pasok adalah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai tahap, entitas, dan proses yang saling terkait dalam mengantarkan produk atau
Baca Juga
5 Jenis Biaya Produksi dan Pengertiannya Beserta Contoh
Perusahaan harus menghadapi berbagai jenis biaya produksi yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan barang atau layanan. Dalam dunia bisnis, memahami biaya
Baca Juga
Dead Stock adalah: Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi
Bisnis tidak pernah lepas dari berbagai tantangan, dan salah satu misteri yang sering kali membingungkan pemilik usaha adalah fenomena yang
Baca Juga
Warehouse Adalah: Pengertian, Jenis dan Fungsinya
Warehouse adalah gudang tempat penyimpanan logistic dan inventory sebuah perusahaan,sebagai tempat penyimpanan hasil produksi agar kualitasnya tetap terjaga juga meningkatkan
Baca Juga
Buku Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya
Sebagai seorang pebisnis yang memiliki stok barang untuk dijual, salah satu rutinitas yang harus Anda lakukan adalah membuat buku stok
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu