🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

4 Kelebihan Aplikasi Stok Barang, No.1 untuk Stock Opname

Siapapun akan merasakan mudahnya mengelola stok barang dengan bantuan aplikasi stok barang. Disini akan dibahas kelebihan menggunakan aplikasi stok barang
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 10 March 2020

Dasarnya setiap bisnis yang dikelola selalu punya porsi waktu yang bervariatif, seperti contoh pekerjaan gudang yang bisa dikerjakan berhari-hari karena banyak stok yang perlu dihitung. Lalu bagaimana agar pekerjaan gudang tidak memakan waktu lama? Yuk kontrol gudang lebih mudah jadi kelebihan aplikasi stok barang.

Banyak pengusaha yang memiliki inventory system, yang dimana dibutuhkan pengelolaan stok yang tepat supaya manajemen bisnis tidak kacau. Seperti yang kita tahu pekerjaan pengelola gudang diantara lain seperti pengecekan stok, mencatat keluar masuknya stok pada gudang, melakukan opname stok, dan masih banyak lagi.

Saat ini semua bisnis dimudahkan dengan berbagai aplikasi yang dapat membantu operasional usaha menjadi lebih cepat dan efisien. Salah satunya adalah pekerjaan gudang yang bisa dilakukan jauh lebih cepat dengan bantuan aplikasi gudang, dibandingkan dahulu yang masih manual hingga pekerjaan tidak kelar-kelar.

Siapa yang Mengelola Stok Barang?

aplikasi kontrol stok

Cara Mudah Melakukan Kontrol Stok (Sumber: Freepik.com)

Umumnya mereka yang menjalankan bisnis selalu punya manajemen stok. Dan biasanya manajemen stok selalu dikelola oleh divisi kepala gudang. Namun tetap saja divisi kepala gudang harus terkoneksi dengan divisi lain karena di sini perannya sangat penting bagi kelancaran usaha yang dikelola.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Gudang?

Bukan hanya sekedar melakukan pengecekan stok barang saja, tugas dan tanggung jawab kepala gudang antara lain:

  1. Membuat perencanaan pengadaan barang dan distribusinya
  2. Mengawasi dan mengontrol kegiatan operasional gudang
  3. Mengawasi dan mengontrol barang masuk dan keluar sesuai SOP
  4. Melakukan pengecekan barang yang diterima sesuai SOP
  5. Memastikan persediaan barang sesuai dengan kebutuhan usaha
  6. Memastikan aktivitas keluar masuk barang berjalan lancar

Baca Juga:Stock Opname Adalah: Fungsi, Contoh dan Cara Menyusunnya

Cara Mengelola Stok Barang

Berikut ini akan kami berikan tips untuk agar Anda lebih mudah mengelola stok barang pada usaha Anda.

1. Pakai SDM yang Banyak

Cara pertama ini menganut pada sebuah pepatah yang mengatakan "Pekerjaan akan lebih mudah jika dilakukan bersama-sama", maka yang bisa Anda lakukan adalah memperbanyak SDM Anda pada bagian gudang agar lebih cepat dan mudah mengelola stok barang.

Namun Anda juga harus melakukan seleksi untuk beberapa SDM yang dirasa sangat mumpuni supaya lebih mudah lagi melakukan manajemen stok barang pada gudang.

2. Pakai Program Beepos

aplikasi stok barang

Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan program Beepos yang terintegrasi dengan Beecloud karena program ini memberikan lebih banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengelola usaha Anda. Selain fitur untuk mengontrol stok barang, Anda juga akan merasakan manfaat fitur lain seperti Kontrol Pembelian, Transaksi pembelian, memberikan laporan keuangan dengan cepat dan tepat, dan masih banyak lagi.

Info lengkap bisa Anda kunjungi halaman berikut ini: Software Kontrol Stok Beepos

Kelebihan Aplikasi Stok Barang

Sebelumnya kami sudah menyebutkan bahwa pekerjaan gudang bisa lebih mudah dilakukan menggunakan aplikasi stok barang. Namun pekerjaan apa yang lebih mudah? Apa saja kelebihannya? Mari kita bahas di bawah ini.

1. Stok Terkontrol

Pernahkan Anda ataupun karyawan Anda melakukan tugas gudang berjam-jam hingga berhari-hari karena stoknya sulit terkontrol? Banyak pengusaha mengeluh karena sulit mengontrol stok yang berakibat kacaunya operasional usaha.

Pekerjaan seperti mengelola stok masuk dan keluar, pengecekkan persediaan stok, pengecekkan stok masuk, akan lebih mudah menggunakan aplikasi stok barang. Apalagi jika Anda memiliki bisnis dengan cabang lebih dari satu. Akan sangat lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi stok barang untuk melakukan mutasi stok barang antar cabang usaha Anda.

Aplikasi stok barang bisa memberikan Anda kemudahan dengan melakukan pencatatan stok barang masuk dan keluar secara otomatis ketika Anda melakukan input pembelian dan penjualan pada aplikasi tersebut.

Anda juga bisa melakukan pengecekan persediaan stok, melakukan stok opname dengan mudah, melakukan mutasi barang dengan mudah, sehingga Anda tidak lagi mengalami kesulitan mengontrol stok usaha Anda.

2. Tidak Lupa Lagi Restok Barang

Suatu hal yang bisa dikatakan wajar jika Anda pernah lupa untuk melakukan restok barang yang persediaannya mulai mau habis. Namun jika terus-terusan maka akan mengacaukan bisnis Anda karena jika ada pembeli menginginkan suatu barang dengan jumlah banyak namun stok tidak mencukupi, dampaknya akan sangat buruk bagi bisnis Anda.

Untungnya aplikasi stok barang akan menampilkan beberapa barang yang persediaannya mulai mau habis dengan memberi warna pada jumlah stoknya menjadi warna merah. Dengan melihat jumlah stok Anda dengan font yang berwarna merah akan mengingatkan Anda untuk melakukan restok barang.

3. PO (Purcashe Order) ke Vendor Lebih Cepat

Jika Anda sudah menggunakan fitur yang sudah dijelaskan di atas, maka kelebihan aplikasi stok barang ini cocok untuk Anda, dimana Anda tidak akan lagi mengalami hambatan apabila Anda ingin melakukan PO ke vendor. Otomatis persediaan barang akan selalu tercukupi.

4. Anti Lembur Saat Stock Opname

Sebal sekali ketika waktu pulang dari kerjaan tetapi tugas Anda belum selesai sehingga Anda harus merelakan waktu keluarga untuk lembur mengerjakan Stock Opname. Sering sekali banyak orang yang mengalami hal ini. Tapi jika Anda menggunakan aplikasi kontrol stok Beepos, semua itu dengan cepat segera teratasi karena aplikasi ini memiliki fitur stok opname yang memudahkan Anda melakukan stok opname hanya dengan menginput persediaan stok, maka selanjutnya aplikasi akan memberikan Anda informasi mengenai beberapa stok yang harus di opname.

Simak video berikut ini:

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cari Aplikasi Pembukuan Bengkel? Simak Biar Nggak Salah Pilih!
Ketika Anda adalah pemilik bisnis yang menjalankan bengkel otomotif, memiliki aplikasi pembukuan bengkel yang tepat akan membantu manajemen service antrian
Baca Juga
Manfaat Software Akuntansi yang Wajib Anda Tahu
Manfaat software akuntansi bagi perusahaan sudah tidak perlu kita pertanyakan lagi. Bagaimana sistem ini bekerja terbukti dapat menyajikan kemudahan dan
Baca Juga
Faktor Penting Memilih Software Akuntansi Pabrik Terbaik 2023
Anda tentu menginginkan software akuntansi yang terbaik untuk perusahaan, bukan? Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam memilih sebuah software akuntansi.
Baca Juga
Aplikasi Keuangan Gereja: 7 Kesalahan Umum Keuangan Gereja
Aplikasi keungan gereja adalah salah satu solusi dalam mengatur keuangan pada gereja. Karena dasarnya, mengelola keuangan dibutuhkan kemampuan menghitung dan
Baca Juga
5 Aplikasi Penjualan Online Terbaik 2023 untuk UMKM
Kehadiran aplikasi penjualan online dapat membantu mempercepat transaksi penjualan yang sebelumnya dilakukan secara manual, kini bahkan dapat diperoleh secara real-time.
Baca Juga
Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor
Software bengkel motor, merupakan sebuah sistem yang banyak digunakan untuk memudahkan operasional usaha bengkel motor. Bisnis perbaikan sepeda motor dapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu