🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Fungsi Kemasan dan Tujuannya Bagi Bisnis

Fungsi kemasan, yaitu sebagai identitas brand, bungkus untuk melindungi produk, media promosi, informasi produk, hingga menjaga kebersihan.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 7 March 2023

Menjadi salah satu elemen penting dalam industri yang tidak hanya berfungsi sebagai bungkus produk, tetapi juga memiliki fungsi kemasan dan tujuan lebih kompleks.

Bagi produsen, kemasan berperan untuk melindungi produk dan memperkuat merek. Sementara bagi konsumen, ini berfungsi untuk memperoleh informasi mengenai produk, melindunginya dari kerusakan, serta memudahkan dalam penggunaan dan penyimpanan.

Dikutip dari kemasan sinergy, fungsi kemasan, yaitu sebagai identitas brand, melindungi produk, memudahkan pengangkutan, media promosi, informasi produk, hingga menjaga kebersihan.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara lengkap mengenai apa fungsi kemasan dan tujuannya, sehingga dapat memberikan pemahaman lebih baik mengenai pentingnya mereka dalam suatu bisnis.

Daftar 9 Fungsi Kemasan Produk

Kemasan produk memiliki peran penting dalam menjaga kualitas dan keselamatan produk selama proses produksi, distribusi, dan konsumsi. Selain itu, kemasan juga memiliki berbagai fungsi tambahan yang dapat memberikan nilai tambah bagi produk dan merek.

fungsi kemasan sebagai bungkus produk

ilustrasi kasir membungkus packing belanja pelanggan

Dalam hal ini, produsen perlu mempertimbangkan desain kemasan yang efektif dan efisien untuk memenuhi berbagai fungsi tersebut, sehingga dapat memberikan pengalaman positif bagi konsumen serta membantu meningkatkan penjualan produk.

Pada poin di bawah ini, kami akan membahas berbagai fungsi kemasan produk yang perlu diketahui, antara lain:

1. Identitas Brand

Kemasan yang memiliki desain dan warna khas bisa membantu konsumen mengidentifikasi merek serta menjadi pembeda dari merek lainnya. Identitas merek yang kuat pada kemasan akan meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan loyalitas konsumen.

2. Melindungi Produk

Fungsi paling utama adalah melindungi produk dari kerusakan, pencurian, atau kerusakan saat transportasi. Kemasan harus mampu melindungi produk dari guncangan, kelembaban, udara, dan suhu ekstrem agar tetap dalam kondisi yang baik hingga di tangan konsumen.

3. Memudahkan Pengangkutan

Kemasan juga berfungsi untuk memudahkan pengangkutan produk dari produsen ke konsumen. Jenis kemasan yang kuat dan ringan bisa membantu mengurangi biaya logistik.

4. Media Promosi

Bekerja sebagai media promosi dan pemasaran. Desain yang menarik dan menampilkan merek dengan jelas akan menarik perhatian konsumen serta membantu meningkatkan penjualan.

5. Informasi Produk

informasi produk pada bungkus

Memberikan informasi tentang produk kepada konsumen berupa bahan, tanggal kedaluwarsa, komposisi, instruksi penggunaan, dan lain-lain. Informasi jelas dan akurat pada kemasan akan membantu konsumen memilih produk yang tepat.

6. Menjaga Kebersihan Produk

Fungsi kemasan juga untuk menjaga kebersihan produk, terutama makanan atau minuman. Kemasan yang steril atau tahan air akan menjaga kualitas dan mencegah produk terkontaminasi oleh bakteri hingga kuman.

7. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Kemasan dapat memberikan pengalaman positif bagi konsumen dan meningkatkan kepuasan mereka. Terlebih lagi itu adalah kemasan yang menarik, fungsional, dan mudah digunakan.

8. Fungsi Kemasan Ekonomis

Selain itu, kemasan juga memiliki fungsi ekonomis. Kemasan yang efisien akan membantu mengurangi biaya produksi dan pengiriman produk. Selain itu, kemasan juga dapat meminimalkan kerusakan produk dan mengurangi biaya klaim garansi.

9. Kemudahan Penyimpanan

Kemasan untuk memudahkan penyimpanan produk di toko atau rumah konsumen. Jenis kemasan yang dirancang dengan baik bisa menyesuaikan ukuran dan bentuk produk serta dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanan.

Apa itu Fungsi Kemasan Produk?

Jika Anda bertanya apa fungsi kemasan pada mulanya, jawabannya adalah sebagai alat untuk melindungi produk dari kerusakan, kontaminasi, atau bahaya lainnya. Dalam sejarah, kemasan pertama kali digunakan manusia saat menjual dan memperdagangkan barang.

Ketika zaman prasejarah, manusia menggunakan kulit binatang, daun, dan anyaman tumbuhan untuk mengemas serta membungkus makanan atau barang lainnya.

Pengertian kemasan produk sendiri adalah wadah atau bungkus yang digunakan untuk melindungi, mengemas, dan menampilkan merek atau produk. Kemasan dapat terbuat dari berbagai macam bahan, seperti plastik, kertas, kardus, atau bahan lainnya.

Kemasan produk memiliki peran penting dalam bisnis, selain untuk melindungi produk, kemasan juga meningkatkan nilai jual dan branding. Desain yang menarik dan fungsional akan membuat produk Anda nampak lebih menarik dibandingkan pesaing.

Tujuan Kemasan Produk bagi Produk

Kemasan memiliki berbagai fungsi dan tujuan yang sangat vital bagi produk, produsen, dan konsumen. Sebagai produsen, merancang kemasan produk yang efektif dan efisien dapat membantu dalam meningkatkan nilai serta daya saing produk di pasar.

Sementara itu, bagi konsumen bungkus produk berfungsi sebagai alat untuk memperoleh informasi mengenai produk, melindungi produk dari kerusakan, serta memudahkan dalam penggunaan dan penyimpanan produk.

fungsi kemasan bagi produk

Berbagai macam manfaat kemasan sebagai bungkus produk

Pada bagian ini akan dibahas secara lengkap mengenai tujuan kemasan produk bagi produk itu sendiri maupun bagi bisnis. inilah daftarnya, antara lain:

1. Melindungi Produk

Tujuan utama kemasan adalah untuk melindungi produk dari kerusakan selama proses produksi, transportasi, penyimpanan, dan distribusi. Kemasan yang baik dapat membantu mencegah produk dari kerusakan fisik, termasuk benturan, goresan, atau tumpahan.

Selain itu, bungkus juga dapat membantu melindungi produk dari kerusakan lingkungan, seperti paparan sinar matahari, kelembapan, atau suhu yang ekstrem.

2. Mempertahankan Kualitas Produk

Fungsi dari kemasan adalah untuk mempertahankan kualitas produk selama masa simpan dan penggunaan sama dengan tujuannya. Kemasan yang dirancang dengan baik dapat membantu menjaga kesegaran, aroma, rasa, dan tekstur produk.

Contohnya, kemasan makanan biasanya dilengkapi dengan lapisan pelindung untuk mencegah makanan dari kerusakan akibat kontaminasi bakteri atau kelembapan.

3. Memperpanjang Masa Simpan Produk

Kemasan juga dapat membantu memperpanjang masa simpan produk dengan melindungi produk dari kontaminasi dan kerusakan.

Jenis kemasan yang tahan lama dan kedap udara akan membantu menjaga produk dalam kondisi yang baik selama masa simpan, memperpanjang jangka waktu penjualan produk, dan mengurangi limbah produk.

4. Meningkatkan Daya Tarik

Selanjutnya kemasan produk juga bertujuan sebagai alat pemasaran yang efektif. Bungkus yang menarik dapat membantu produk menonjol di rak dan menarik perhatian konsumen.

Selain itu, kemasan dapat membantu memperkuat merek dan membangun citra merek yang positif.

5. Membantu Penjualan Produk

Bisa membantu menjual produk dengan lebih mudah dan meningkatkan daya tarik produk di mata konsumen. Selain itu, bungkus juga dapat meningkatkan pengalaman pembelian konsumen dengan memberikan informasi yang jelas dan cara penggunaan produk.

6. Membantu Transportasi dan Penyimpanan Produk

Kemasan yang tahan lama dan mudah diangkut dapat membantu produsen dalam menghemat biaya pengiriman produk. Selain itu, kemasan yang mudah disimpan juga dapat membantu konsumen dalam menyimpan produk dengan rapi dan terorganisir.

7. Memenuhi Persyaratan Regulasi dan Standar

Terakhir, kemasan harus memenuhi persyaratan regulasi dan standar yang berlaku, seperti persyaratan keamanan makanan, label bahan kimia, dan tanda peringatan bahaya.

Kemasan yang memenuhi persyaratan ini akan membantu produsen dalam menjaga kepatuhan terhadap undang-undang dan regulasi yang berlaku, serta memberikan jaminan keamanan dan kualitas produk bagi konsumen.

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, kemasan produk memegang peranan yang sangat penting bagi produk, produsen, dan konsumen. Melalui fungsi dan tujuannya yang beragam, kemasan produk daapat membantu produsen dalam meningkatkan nilai dan daya saing produk di pasar, serta memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen dalam penggunaan dan penyimpanan produk.

Oleh karena itu, penting bagi produsen untuk merancang kemasan produk yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mempertimbangkan dampak lingkungan dari penggunaan kemasan tersebut.

Dan sebagai pebisnis, jangan hanya memikirkan branding sehingga mengabaikan keuangan bisnis Anda, perlu adanya pembukuan yang baik dan tertata. Sebab, dari pembukuan tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana bisnis Anda akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan bisnis Anda! Klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD
Saya ingin cerita bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan matematika sd saat meng-handle usaha distributor.  Usaha ini awalnya hanya memiliki
Baca Juga
Contoh Pembukuan Sederhana Online Shop, Mudah dan Akurat!
Contoh pembukuan sederhana online shop membantu Anda untuk dapat memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan yang dimiliki. Bisnis online shop
Baca Juga
Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat
Cara menghitung untung jualan penting dikuasai para pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian. Ada berbagai
Baca Juga
Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis
Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan,
Baca Juga
11+ Ide Nama Usaha Cemilan Kekinian dan Tips Membuatnya
Memulai bisnis cemilan bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para pengusaha muda. Namun, sebelum memulai bisnis tersebut, ada satu hal
Baca Juga
5 Contoh Riset Pemasaran untuk Brand Awareness
Sebelum memulai suatu bisnis atau usaha perlu dilakukannya riset pemasaran untuk mendapatkan data yang akurat dan bersifat objektif sehingga dapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu