Logo Bee Web

9 Makanan Khas Jogja Cocok jadi Ide Bisnis Makanan

Ada 9 kuliner atau makanan khas dari Jogja yang bisa Anda jadikan ide bisnis kuliner. Apa saja itu? Cek artikel ini.
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Friday, 24 February 2023

Anda tinggal di Jogja? Atau sedang ingin mencoba bisnis berbau Jogja? Anda bisa mencobanya dengan mulai membuka bisnis makanan khas Jogja dengan cita rasanya yang khas.

Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat, semuanya bisa Anda jadikan peluang untuk memulai bisnis makanan, Berikut rekomendasi makanan khas jogja yang bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis:

Rekomendasi Makanan Khas Jogja Bisa Jadi Ide Usaha

Berikut deretan makanan khas jogja yang bisa Anda jadikan sebagai ide usaha:

1. Sate Klatak

Sate Klathak Makanan Khas Yogyakarta

Sate Klathak Makanan Yogyakarta (Sumber: Wikipedia.com)

Pertama adalah sate klatak, ingat klatak bukan katak. Dibuat dari bahan dasar daging kambing dan dibumbui dengan berbagai rempah. Sekilas hampir sama dengan sate-sate pada umumnya. Namun, yang membedakan adalah tusuk satenya yang berasal dari jeruji besi yang tajam.

Selain unik, ternyata penggunaan besi sebagai tusuk sate mampu menjadikan gading kambing menjadi lebih empuk dan matang secara merata karena kemampuan besi untuk menghantarkan panas dengan baik.

Sate klatak ini biasanya disajikan bersamaan dengan nasi dan kuah gulai paduan kecap dan beberapa potongan cabe rawit untuk menambah sensasi pedas.

Jika Anda ingin membuka bisnis makanan sate klatak, Anda perlu menyisipkan tusuk besi sebagai salah satu ciri khasnya. Tidak hanya bisa dibuka di Jogja Anda juga bisa mulai berbisnis di daerah lain dengan peluang usaha baru membawa makanan khas Jogja di kota orang.

2. Gudeg

Kuliner Gudeg

Gudeg Makan Jogja (Sumber: Freepik.com)

Berikutnya adalah gudeg, makanan populer yang digemari para pengunjung yang datang di Jogja. Anda bisa mulai membuka bisnis makanan gudeg di kota lain, untuk mengobati rasa rindu konsumen akan sensasi dan nuansa Jogja atau hanya sekedar ingin menikmati salah satu makanan khasnya.

Gudang sendiri berbahan dasar Nangka muda yang dimasak bersamaan dengan santan dalam waktu yang lama sampai bertekstur lembut dan cita rasa manis yang digemari berbagai kalangan.

Dalam penyajiannya gudeg disajikan Bersama dengan nasi, kuah santan,telur, sambal goreng, krecek, dan ayam kampung. Ada catatan penting agar gudeg Anda bisa dikatakan khas Jogja, sebab banyak daerah yang menjadikan gudeg sebagai salah satu makanan khas mereka.

Catatan khas gudeg jogja ada pada kuahnya yang cenderung kering dibandingkan dengan jenis gudeg lainnya yang ada di Jawa Tengah. Pastikan Anda memahami makanannya sebelum memutuskan untuk membuka bisnis.

Salah satu Gudeg yang menjadi jujukan wisatawan yang lagi di Jogja adalah Gudeg Yuk Jum.

3. Belalang Goreng

Rekomendasi selanjutnya adalah belalang goreng atau walang goreng, cemilan ekstrim juga unik khas Jogja ini bisa jadi rekomendasi ide bisnis untuk Anda.

Jika dua rekomendasi sebelumnya cocok untuk bisnis restoran maka rekomendasi kali ini bisa Anda jalankan di rumah saja dengan menjualnya secara online.

Teksturnya yang renyah, gurih, unik dan ekstrim inilah yang menjadikan walang goreng menjadi populer dan banyak orang yang ingin mencoba. Nah, dari sini peluang bisnis walang goreng patut dijajal karena memiliki banyak peminat.

Meskipun unik dan aneh, walang goreng ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi bahkan hampir menyamai kandungan protein yang ada pada ikan salmon.

4. Bakpia Pathuk

Foto Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk Kuliner Jogja (Sumber: Freepik.com)

Masih kategori cemilan, bakpia pathuk khas Jogja bisa Anda jadikan ide bisnis makanan berikutnya. Bakpia Pathuk sendiri sudah menjadi ikon khas bahkan oleh-oleh wajib yang harus dibawa pulang pelancong ketika berkunjung ke Jogja.

Dengan cita rasa manis dan teksturnya yang krispi menjadikan Bakpia Pathuk digemari belum lagi dengan berbagai macam varian isi didalamnya menjadikan rasa bakphiaPathuk semakin beragam.

Anda bisa menjadi reseller dari Bakpia Pathok atau membuka bisnis jasa titip bagi Anda yang suka melancong ke Jogja jika ingin memulai bisnis bakpia ini.

5. Tengkleng Gajah

Tengkleng dari Sleman

Tengkleng dari Jogja (Sumber: sajiansedap.grid.id)

Selanjutnya adalah Tengkleng Gajah, meskipun namanya memiliki unsur gajah didalamnya, Namun Tengkleng ini tidak benar-benar berasal dari daging gajah. Melainkan sajian gulai yang dipadu padankan dengan daging, tulang dan jeroan kambing.

Kenapa disebut Gajah? Karena porsinya yang besar menjadikannya disebut dengan Tengkleng Gajah. Bisnis ini terbilang cukup menguntungkan karena memiliki banyak peminat yang berpotensi menjadi calon konsumen Anda.

6. Tiwul dan Gatot

Berikutnya adalah jajanan pasar Tiwul, makanan berbahan dasar singkong yang kerap dijadikan sebagai pengganti nasi pada zaman dahulu era penjajahan Jepang Tiwul sendiri bisa dikatakan sebagai makanan inovasi kala itu, karena banyak masyarakat yang tidak bisa membeli beras karena harganya yang cukup mahal.

Meskipun berasal dari kisah sedih di masa lalu, Nyatanya rasa tiwul tidak semenyedihkan latar belakang kisahnya. Rasanya yang enak menjadikan Tiwul banyak digemari.

Meskipun Tiwul tidak berasa dari Jogja 100%, Tiwul cukup popular disana dan masih bisa menjadi salah satu makanan yang harus dicoba dan dijadikan peluang sebagai ide usaha.

Selanjutnya adalah Gatot, makanan berbahan dasar singkong sama seperti tiwul namun berbeda dalam pengelolaannya. Gatot berasal dari singkong kering yang diolah. Atau sisa olahan singkong yang tidak bisa diolah menjadi tiwul.

Kedua jenis makanan ini bisa dipadu padankan dengan sajian modern, seperti café dan sejenisnya.Jadi konsumen bisa nongkrong sekaligus mencicipi makanan khas Gunung kidul yang populer juga di Jogja.

Baca Juga: 9+ Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Tips Mengelolanya

7. Brongkos

Brongkos Kuliner Yogyakarta

Brongkos dari Yogya (Sumber: Instagram/warung_tigaperempat)

Berikutnya adalah makanan bernama brongkos, Jajanan yang pertama kali diciptakan oleh Warung Makan Bu Rini sejak tahun 1973.

Brongkos sendiri merupakan makanan berkuah hitam dari olahan paduan kluwek dan santan. Disajikan Bersama dengan nasi, tempe goreng, perkedel, peyek, kerupuk dan aneka ragam lauk khas Indonesia lainnya.

Anda bisa membuat makanan sejenis brongkos dengan untuk dijadikan sebagai usaha makanan, khususnya di luar kota. Selain kepopuleran masakan brongkos dengan berbisnis di luar kota bisa meminimalisir pesaing/ competitor.

8. Bakmi Jawa

Selanjutnya adalah bakmi Jawa, makanan ini sudah tidak lagi menjadi makanan yang asing di kalangan orang jawa, baik di Jogja maupun di luar jogja, dengan variasi isian tambahan yang berbeda-beda.

Apa sebenarnya yang membedakan bakmi Jawa dan bakmi-bakmi lainnya? Pertama dari bentuk mienya yang lebih besar dan kedua adalah isian topingnya baik dari kembang kol, daging ayam dengan potongan besar sampai bawang goreng dengan aroma khas.

Selain toppingnya, proses pemasakan bakmi Jawa juga unik karena mempertahankan menggunakan arang untuk menjaga cita rasa khasnya. Dengan banyaknya pebisnis yang menjual bakmi jawa terbukti jika bakmi ini memiliki banyak peminat. Sehingga, bisa menjadi peluang usaha yang layak dicoba.

9. Mie Lethek

Sepiring Mie Lethek Khas Jogja

Mie Lethek (Sumber: masakapahariini.com)

Masih sejenis mie-miean, selain bakmi lethek Anda juga bisa menjual Mie Lethek sebagai produk usaha Anda. Mie Lethek sendiri memiliki warna yang sedikit kusam karena tidak menggunakan pemutih atau bahan kimia didalamnya. Sehingga, gizi yang terkandung di dalamnya bisa terjamin kualitasnya dan cocok jadi ide usaha.

Kesimpulan

Daerah istimewa Yogyakarta menyimpan banyak cerita dari mulai sejarah, keindahan alam sampai makananya. 9 makanan khas di atas tidak keseluruhan makanan khas yang Ada di Jogja. Melainkan rekomendasi ide usaha makanan yang bisa dicoba.

Dalam memulai bisnis makanan ada beberapa poin penting yang perlu dipertahankan, cita rasa, keramahan pelayanan dan kebersihan. Untuk bisa memberikan ketiga hal tersebut secara maksimal pebisnis perlu melakukan Analisa dan manajemen bisnis secara teratur dan terarah baik secara internal maupun eksternal.

Dengan menggunakan software akuntansi Beecloud, Anda bisa dengan mudah melakukan analisa dan manajemen bisnis secara efektif. Anda bisa pantau keuangan yang akurat dan real-time, serta laporan keuangan yang lengkap dengan mudah.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Sehingga Anda sebagai pebisnis bisa mengambil keputusan bisnis yang lebih cepat dan teat. Dengan fitur-fitur canggih dan user-friendly, Beecloud siap membantu Anda dalam memaksimalkan profit bisnis. Yuk, coba sekarang!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

10 Karakteristik Wirausaha, Apakah Anda Termasuk?
Pada saat ini banyak orang yang memilih untuk menjadi wirausahawan. Hal tersebut dikarenakan menjadi seorang wirausahawan mempunyai pendapatan yang cukup
Baca Juga
SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan, Ini Cara Daftarnya
Dokumen berupa Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah hal yang tidak boleh sampai dilewatkan pemilik bisnis. Surat izin jenis
Baca Juga
3 Contoh Marketing Plan dan Cara Penyusunannya
Bisnis perlu mengenalkan produk kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan penjualan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun menyusun rencana pemasaran
Baca Juga
Contoh Template Format Order Olshop
Saat hendak berbelanja online, seseorang mungkin pernah diminta oleh seller untuk mengisi format order olshop sebelum akhirnya melakukan pembelian. Mengisi
Baca Juga
9 Manfaat Statistik dalam Bisnis dan Metodenya
Apakah Anda pernah mendengar tentang statistik bisnis? Jika belum, jangan khawatir. Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda apa itu statistik
Baca Juga
Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah Peluang Bisnis, Ini Caranya
Wirausaha kerajinan bahan limbah adalah sebuah kegiatan usaha kreatif dengan memanfaatkan limbah/ sampah bekas untuk dikelola kembali menjadi produk inovatif
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu