Logo Bee Web

Strategi Adalah: Pengertian, Jenis & Fungsinya Pada Bisnis

Strategi adalah istilah perencanaan yang ada di berbagai bidang, maka dari itu pengetahuan mengenai istilah ini perlu diketahui dengan baik.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 22 February 2023

Strategi adalah istilah atau kata lain yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang, karena memang banyak dipakai dalam berbagai bidang kehidupan, seperti pada dunia bisnis. Semua hal yang diinginkan dapat diraih dengan menerapkan perencanaan yang tepat.

Dengan demikian maka hasil yang didapatkan juga bisa lebih maksimal. Strategi menjadi formula utama yang dibutuhkan oleh seorang pimpinan, pebisnis, organisasi dan yang lainnya, untuk mencapai tujuan yang sudah dirumuskan bersama-sama.

Maka dari itu untuk bisa menerapkan istilah ini dengan tepat diperlukan pemahaman yang baik. Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari strategi, jenis, tujuan, tingkatan serta contoh penerapannya dalam dunia bisnis.

Apa itu Strategi?

Apa Itu Strategi adalah Perencanaan

ilustrasi penyusunan strategi (sumber: Unsplash)

Pengertian strategi secara umum yaitu upaya yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi dalam membuat skema, mengenai sasaran yang ingin dicapai.

Dengan kata lain, strategi juga bisa disebut sebagai seni, kemampuan serta sumber daya yang dimiliki guna mencapai sasaran yang tepat, melalui cara-cara yang efektif dan efisien, sehingga bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Strategi juga bisa diartikan sebagai tindakan yang dilakukan untuk penyesuaian diri terhadap reaksi atau kondisi lingkungan yang terjadi, baik itu terhadap situasi yang disadari ataupun tidak disadari.

Mengutip dari Perpus MA bahwa inti dari strategi adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber dayanya, dan bagaimana sumber daya yang ada dapat digunakan secara efektif untuk memenuhi tujuan strategi

Jadi bagi Anda yang mempunyai tujuan atau rencana yang hendak dicapai, baik itu dalam skala yang besar atau kecil, untuk meminimalisir kegagalan dibutuhkan penyusunan strategi yang tepat. Sehingga bisa meningkatkan peluang menuju keberhasilan.

Dalam bisnis penyusunan strategi dalam semua bidang menjadi hal yang penting, salah satunya yaitu dalam pemasaran. Strategi pemasaran adalah kunci untuk mengenalkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan kepada orang banyak.

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Sebelumnya sudah dijelaskan tentang pengertian strategi secara umum, selanjutnya akan dipaparkan juga beberapa pandangan dari para ahli mengenai strategi. Berikut ini merupakan penjelasannya:

1. Chandler

Pendapat pertama yaitu berasal dari Chandler yang mengartikan strategi adalah alat yang digunakan perusahaan ataupun organisasi, untuk mencapai tujuan yang ingin diraih sebagai kepentingan yang sifatnya jangka panjang. Selain itu juga digunakan sebagai prioritas dalam alokasi sumber daya.

2. Quinn

Selanjutnya yaitu pendapat dari Quinn, yang menyampaikan bahwa strategi merupakan bentuk dari perencanaan untuk mengintegrasikan tujuan,kebijakan serta rangkaian yang bisa berubah menjadi satu kesatuan yang utuh.

Jadi strategi menjadi formulasi yang disusun dengan berbagai pertimbangan yang ada, guna membantu dalam menyusun sumber daya yang dimiliki dalam organisasi atau perusahaan, sehingga bisa terus bertahan dan bisa tetap bersaing.

3. Ohmae

Sementara itu menurut Ohmae, strategi diartikan sebagai keunggulan kompetitif, dimana bertujuan untuk menyusun perencanaan yang strategis. Tujuan dari penggunaan strategi adalah agar organisasi bisa bersaing dan bekerja secara efektif dan efisien.

4. Marrus

Strategi menurut pendapat Marrus diartikan sebagai proses yang dilakukan oleh seseorang dalam menyusun sebuah rencana dalam menjalankan organisasi, sehingga bisa membantu dalam memfokuskan diri untuk meraih puncak yang ingin dicapai.

Jenis-Jenis Strategi

Jenis Jenis Strategi Adalah Perencanaan

ilustrasi pembagian jenis strategi (sumber: Istockphoto)

Berdasarkan jenisnya, strategi terbagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Strategi Integrasi

Strategi ini dikatakan sebagai strategi integrasi karena lebih banyak digunakan bagi perusahaan besar dalam mengontrol masalah dalam hal distributor, pasokan maupun perencanaan pesaing. Beberapa jenis dari strategi integrasi diantaranya yaitu sebagai berikut:

2. Forward Integration Strategy

Strategi ini merupakan upaya yang dilakukan untuk mengendalikan distributor atau pengecer, sehingga bisa berjalan sesuai dengan keinginan dari perusahaan/organisasi.

3. Backward Integration Strategy

Strategi ini merupakan salah satu cara perusahaan dalam melakukan pengawasan terhadap seluruh bahan baku, terutama dalam hal kualitas agar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

4. Horizontal Integration Strategy

Jenis strategi yang terakhir ini lebih difokuskan dalam pertumbuhan, termasuk mengenai cara untuk memperoleh kendali atas para pesaing ataupun memperoleh kepemilikan.

5. Strategi Intensif

Strategi intensif paling cocok diterapkan untuk mengecek kondisi pasar, atau hanya sekedar untuk melihat perkembangan dari produk yang sedang dipasarkan. Sehingga perencanaan ini bisa membantu dalam meningkatkan angka penjualan dan keuntungan.

6. Strategi diversitas

Selanjutnya yaitu ada strategi diversitas, yaitu strategi yang banyak digunakan sebagai upaya untuk menambah variasi produk atau jasa baru dalam perusahaan. Hal ini tentunya dengan tidak mengganggu atau merusak selera dari pelanggan yang sebelumnya sudah terbentuk.

7. Strategi Defensif

Strategi defensif adalah strategi yang dijalankan dengan usaha dan dasar rasionalitas. Hal ini dikarenakan rasionalitas merupakan kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Tujuan Penerapan Strategi Bagi Bisnis

Briefing Penerapan Strategi untuk Perencanaan

ilustrasi briefing penerapan strategi (sumber: Unsplash)

Penerapan strategi tentu menjadi hal yang penting dalam bisnis, contohnya yaitu ada strategi pemasaran. Adapun untuk beberapa tujuan dari penerapan strategi dalam dunia bisnis diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Melakukan Perencanaan

Strategi bisa memberikan gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis.

2. Sarana untuk Evaluasi

Strategi juga bisa menjadi ajang dalam melakukan evaluasi, sehingga bisa terus memperbaiki diri dari kegagalan yang dialami. Sehingga bisa mencapai tujuan yang lebih baik dan meminimalisir terjadinya kegagalan atau kekurangan.

3. Menjaga Kepentingan

Strategi juga bisa mengikat mengenai hal secara menyeluruh, maka dari itu tujuan strategi baik digunakan untuk kepentingan banyak orang tanpa terkecuali.

4. Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi

Hal ini tentu sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis untuk selalu tampil kreatif dan inovatif, contohnya dalam hal perumusan marketing.
Jadi strategi marketing adalah upaya yang dilakukan untuk mengenalkan produk kepada orang banyak, hal ini tentu harus dibuat semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

Tingkatan Strategi

Tingkatan Penerapan Strategi

ilustrasi tingkatan pada strategi (sumber: Unsplash)

Strategi terbagi menjadi tiga tingkatan di dalamnya, dimana dalam setiap tingkatan menunjukkan levelnya masing-masing. Adapun untuk penjelasan dari masing-masing tingkatan yaitu sebagai berikut:

1. Tingkat Strategi Fungsional

Tingkat strategi fungsionalitas masuk dalam manajemen, beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya yaitu melakukan riset pasar, keuangan, pemasaran pengembangan dan merambah ke dalam bagian personalia.

2. Tingkat Strategi Bisnis

Strategi dalam level ini paling sering digunakan untuk melakukan pendekatan terhadap pasar, serta erat kaitannya dengan pangsa pasar.

Selain itu jangan melupakan kondisi internal perusahaan anda terutama di bagian keuangan terutama segala transaksi yang perlu dicatat dalam laporan.

Jika hal tersebut sering kali Anda lewatkan, ada baiknya Anda mulai menggunakan Software Akuntansi untuk pencatatan biaya produksi. Selain itu menggunakan Software Akuntansi Beecloud juga memudahkan dalam membuat laporan biaya dan laporan keuangan.

Software Beecloud untuk pengelolaan transaksi

3. Tingkat Strategi Korporasi

Tingkat strategi mengatur mengenai kegiatan hingga operasi organisasi yang mempunyai lini dan bisnis lebih dari satu, sehingga dibuat oleh manajemen puncak yang memiliki tanggung jawab tersebut.

Contoh Penerapan Strategi Bagi Bisnis

Contoh penerapan strategi untuk Perencanaan

ilustrasi penerapan strategi pada bisnis (sumber: Istockphoto)

Berikut ini merupakan beberapa contoh mengenai penerapan strategi dalam dunia bisnis, yaitu sebagai berikut:

Berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumen, hal ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas konsumen.
Selalu melakukan inovasi baru mengenai seluruh produk yang sudah dianggap usang atau kuno, sehingga bisa terus disukai dan disenangi oleh konsumen.

Memberikan penawaran barang atau jasa dengan harga yang ramah sesuai dengan kebutuhan dengan kebutuhan dari para konsumen.
Membuat strategi pemasaran berdasarkan targat pasar baru yang sesuai, sehaluan, seiring dengan tujuan utama perusahaan.

Strategi adalah upaya yang dilakukan dengan cara merumuskan rencana yang akan dilakukan agar bisa mencapai tujuan yang ingin diraih. Pemahaman mengenai strategi ini tentu harus diketahui dengan baik, agar bisa menerapkannya dengan tepat.

Artikel Terkait

7 Ide Bisnis Makanan Untuk Diet yang Menjanjikan
Melirik makanan untuk diet  adalah hal yang tepat dilakukan. Gaya hidup sehat merupakan salah satu keyword yang saat ini banyak
Baca Juga
9 Rumus Excel Paling Populer yang Digunakan di Tempat Kerja
Dalam hal produktivitas di tempat kerja, Microsoft Excel atau Spreadsheet adalah salah satu alat yang paling populer. Excel adalah sebuah
Baca Juga
6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis
Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis yang tak pernah hilang
Baca Juga
Apa itu Model Bisnis? Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya
Menentukan model bisnis sebelum membuka usaha adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha, dimana dengan menentukan modelnya terlebih
Baca Juga
7 Cara Menentukan Harga Diskon dan Cara Menghitungnya
Memahami strategi cara menentukan harga diskon menjadi salah satu senjata ampuh untuk menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan. Namun, menentukan
Baca Juga
10 Tips Membuat Booklet yang Efektif untuk Bisnis
Apakah Anda tahu apa itu booklet? Dalam era digital yang semakin maju seperti saat ini, banyak bisnis yang mengandalkan strategi
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu