📅 Sisa 2 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Finance Adalah: Pengertian, Fungsi Bagi Bisnis

Hampir setiap perusahaan atau bisnis membutuhkan sosok finance untuk mengatur keuangan perusahaan, simak informasi berikut.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 27 February 2023

Finance adalah kata dari Bahasa Inggris yang memiliki arti keuangan, jika diartikan secara istilah finance adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana cara mengelola uang agar tetap stabil dan jika bisnis bisa terhindar dari kerugian.

Hampir setiap perusahaan atau bisnis membutuhkan sosok finance untuk mengatur, mengelola dan mengawasi keluar masuknya uang dalam proses operasional perusahaan. Simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini:

Apa itu Finance? Finance Adalah …

Sebenarnya makna dari finance cukup luas, namun masih berkaitan dengan keuangan dan pengelolaannya. Lebih tepatnya pengelolaan alokasi dana dari pihak pemilik dan pihak yang membutuhkan.

Istilah finance dan keuangan sangatlah berkaitan dan bahkan bisa dikatakan hampir mirip karena keduanya sama-sama membahas tentang pengelolaan keuangan. Bedanya hanya dari sudut pandang dan jenis dana apa yang dikelola

Jika ekonomi mempelajari tentang alokasi sumberdaya yang terbatas, maka finance mempelajari tentang bagaimana sumberdaya ekonomi yang terbatas ini dikelola dan dialokasikan. Banyak sekali keputusan dalam bidang ekonomi diambil dari ilmu finance.

Apa Itu Finance

ilustrasi finance mengatur keuangan (sumber: Unsplash)

Yang digunakan untuk mengetahui cara mengkonversi sumber daya yang didapatkan dan dimiliki ini dalam bentuk inventory, kemudian pembelian mesin produksi sampai investasi surplus dana ke short-term investment dan lain sebagainya.

Keputusan keuangan yang diambil dari finance ini disebut dengan financial statement, sebuah produk dari ilmu akuntansi yang diambil dari analisis dari kejadian atau data dari masa lalu kemudian diprediksi dan di forecast untuk keputusan di masa depan dari asumsi masa lalu itu sendiri.

Sehingga, sudah menjadi hal wajib seorang yang bekerja dalam bidang finance memahami ilmu akuntansi dengan baik dan mendalam.Agar hasil analisisnya nanti tidak keliru dan menyebabkan kesalahan fatal bagi keuangan perusahaan.

Fungsi dan Tugas Finance Bagi Perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika seorang finance memiliki peran yang penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan, berikut penjelasan rincinya:

1. Mengelola Pembayaran dan Tagihan

Fungsi pertama seorang finance adalah mengelola pembayaran dan tagihan yang dimiliki perusahaan, seperti pembayaran pajak, gaji karyawan, administratif, biaya sewa gedung dn sejenisnya. Untuk memastikan bisnis bisa beroperasi secara normal tanpa perlu terhalang masalah keuangan.

2. Memastikan Kebenaran Data Pada Laporan Keuangan

Berikutnya adalah, seorang finance memiliki kewajiban untuk mengecek kebenaran dari laporan keuangan yang telah dibuat. Hal inilah yang mewajibkan seorang finance benar-benar memahami ilmu akuntansi.

Sebab, dalam pengoreksian laporan keuangan finance tidak boleh asal tebak dan harus diperhitungkan secara matang dan teliti. Jika saja terdapat angka yang kurang wajar dalam laporan keuangan maka finance perlu melakukan investigasi.

Data Keuangan Akurat

finance harus teliti dan memastikan bahwa data keuangan perusahaan secara akaurat (sumber: Unsplash)

Investigasi ini bisa dilakukan secara manual dengan mengecek satu-persatu pembukuan transaksi, dan laporan - laporan lainnya untuk menemukan dimana letak kesalahannya. Sehingga, laporan keuangan yang diajukan nanti sudah benar-benar menggambarkan bagaimana keadaan perusahaan yang sebenar-benarnya.

3. Melakukan Analisa Bisnis

Berikutnya adalah bertanggung jawab dalam melakukan analisis dengan menggunakan logika dan penalaran untuk melakukan identifikasi terkait apa saja kelemahan dan keunggulan dari perusahaan dalam satu periode keuangan.

Kemudian melakukan pendekatan dan membentuk solusi dari masalah dan kelemahan itu sendiri. Pemecahan masalah ini terbilang cukup kompleks. Sebab, finance harus memahami secara betul apa masalah dan bagaimana cara mengatasi masalah kelemahan itu.

Dalam melakukan analisis ini seorang petugas finance harus tetap mempertimbangkan moral dan profesi dalam kegiatan operasional kegiatan perusahaan yang dilakukan juga mampu melakukan pelayanan public dengan baik.

Dengan harapan public tetap percaya dengan kemampuan bisnis dalam menjalankan usahanya selama ini dan mampu bertanggung jawab dalam mengatasi masalahnya dengan integrasi yang tinggi.

4. Melakukan Budgeting

Selanjutnya adalah seorang petugas finance perlu melakukan budgeting dan analisis keuangan perusahaan yang ditangani. Mereka ditugaskan untuk membuat analisis budgeting kecil yang nantinya akan memberikan keuntungan yang besar.

Rencana dan analisis ini nantinya akan diajukan kepada petinggi perusahaan untuk dilakukan dan dipertimbangkan untuk langkah bisnis dimasa depan. Contoh sederhananya, dalam laporan keuangan menunjukkan perusahaan sedang rugi.

Finance Melakukan Budgeting Keuangan

ilustrasi finance melakukan budgeting (sumber: Unsplash)

Maka tugas finance adalah melakukan rencana budgeting apa yang harus dikurangi apa yang harus ditambah agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, perlu diingat sekali lagi, kebenaran data mengenai laporan keuangan sangat perlu diperhatikan.

Untuk mengurangi kesalahan Anda bisa memanfaatkan software akuntansi, yang memiliki kemampuan dalam pencatatan pembukuan transaksi dengan jelas, pengelolahan stok dan memiliki fitur laporan keuangan yang lengkap. Sehingga, nantinya jika terdapat kesalahan bisa dianalisa dan dibenarkan dengan lebih mudah dibandingkan dengan cara manual.

Perbedaan Finance dan Accounting

Jika seorang finance perlu memahami ilmu akuntansi, lalu apa tugas accounting? Apakah sama dengan Finance? Jika sama kenapa keduanya harus dibedakan dengan nama yang berbeda?. Eits, Finance dan Accounting memiliki tugas yang berbeda, meskipun keduanya juga berkaitan erat dengan keuangan.

Finance memiliki tugas untuk mengelola dan memegang uang secara langsung baik dalam bentuk kartal maupun giral. Yang juga bisa diartikan finance adalah seni mengelola uang uang bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari atau sebuah bisnis dan organisasi.

Sedangkan accounting adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan baik individu, organisasi atau perusahaan.

Mengutip dari penjelasan Wikipedia, accounting merupakan penjabaran, pengukuran, dan pemberi kepastian terhadap informasi keuangan yang nantinya akan membantu dalam pengambilan keputusan sebuah bisnis di masa depan.

Sehingga bisa disimpulkan, finance adalah ilmu yang mengatur dan mengelola arus keluar dan masuk keuangan pada sebuah perusahaan dan accounting adalah ilmu yang bertugas untuk mengelola data aktivitas keuangan yang nantinya akan disajikan dalam sebuah laporan  keuangan.

Keduanya saling berkaitan dan memiliki fungsi masing-masing yang saling melengkapi.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas bisa disimpulkan jika finance adalah seni dalam mengelola keuangan secara langsung, bahkan bisa dikatakan sebagai garda terdepan pada divisi keuangan perusahaan. Dimana mereka bertugas untuk mengelola keluar masuknya uang perusahaan.

Finance biasanya bertugas untuk mengatur dan mengelola keuangan perusahaan yang tersimpan dalam rekening bank perusahaan. Dari dana yang tersimpan inilah finance akan mengurus administrasi perbankan, rekening koran, pembayaran piutang, pembayaran pajak dan sejenisnya.

Sedangkan seorang akuntan tidak secara langsung memegang keuangan perusahaan, mereka hanya bertugas dalam melakukan pencatatan aktivitas keuangan yang terjadi di bagian finance.Berupa catatan saldo awal, kas kecil, transaksi pengeluaran, saldo akhir, pemasukkan keuangan dan jenisnya.

Keduanya berfungsi penting dalam menunjang kesuksesan dan kelancaran dalam sebuah bisnis. Sebab.dari kedua ini bisnis akan tahu bagaimana kondisi keuangannya dan apa yang harus dilakukan di masa depan.

Lantas bagaimana dengan bisnis skala menengah yang tidak memiliki budget tambahan untuk menyewa jasa finance dan akuntan? Anda bisa memanfaatkan software akuntansi yang Ada di Indonesia untuk membantu mengelola keuangan yang sudah dijamin akurat tanpa perlu jagi akuntansi sekalipun.

Salah satu tugas finance yang membutuhkan profesionalitas dan ketelitian tinggi adalah membuat laporan keuangan. Kini finance tidak perlu lagi khawatir takut membuat kesalahan dalam mengatur keuangan, dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, keuangan pada bisnis akan lebih teratur dan tercatat secara rapi.

Coba gratis Beecloud klik gambar di bawah!

Pantau Anggaran Real Time Pakai Beecloud

Artikel Terkait

Pengertian Akuntansi Pajak, Fungsi, Penerapan dan Contohnya
Akuntansi pajak adalah pengetahuan penting yang harus dipahami oleh Wajib Pajak. Akuntansi perpajakan diperlukan untuk mendapatkan perhitungan pajak tertentu. Pada
Baca Juga
Accounting Software: Mengenal Pengertian dan Kegunaannya
Di zaman yang semakin modern ini, penggunaan accounting software merupakan hal yang lumrah dan justru harus digunakan. Selain penggunaannya yang
Baca Juga
Apa Itu Audit? Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya Lengkap!
Tidak sedikit dari beberapa orang yang mempertanyakan tentang apa itu audit. Sebab, audit adalah salah satu hal yang harus diperhatikan
Baca Juga
Cara Memilih Aplikasi untuk Kasir Minimarket Gratis yang Terbaik
Aplikasi untuk kasir minimarket atau lebih dikenal dengan istilah Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi dari teknologi yang dapat
Baca Juga
Apa Itu Deposit, Jenis dan Contohnya?
Mungkin bagi Anda yang sudah lama terjun dalam dunia bisnis bisa menjawab apa itu deposit. Namun bagi yang baru bergabung
Baca Juga
Apa itu Profit? Profit Adalah Laba, Ini Penjelasan dan Rumusnya
Profit adalah Laba yang didapatkan sebuah perusahaan/ bisnis dalam periode akuntansi tertentu yang sudah ditentukan. Sederhananya profit merupakan sebuah rincian
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu