Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Ekuitas Adalah: Pengertian, Jenis dan Unsur

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 18 May 2022

Ekuitas adalah sebuah istilah yang lumayan sering disebutkan dalam akuntansi. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan ekuitas? Kami akan menjelaskan melalui artikel ini secara lengkap.

Dalam dunia akuntansi kita sering mendengar persamaan aktiva atau yang terdiri dari hutang serta ekuitas. Terkadang beberapa pengusaha yang ingin membuat laporan keuangan perlu tau apa itu ekuitas.

Penjelasan Mengenai Ekuitas

Ekuitas Adalah

Ilustrasi Pertumbuhan Aset (Sumber: Freepik.com)

Dalam istilah akuntansi, ekuitas memiliki arti tentang perbedaan antara nilai aset dan kewajiban atau liabilitas.

Ini berarti bahwa secara umum, ekuitas adalah aturan yang harus dikeluarkan oleh pemilik bisnis ke harta atau aset yang dimiliki oleh perusahaan.

Ekuitas itu sendiri sering disebut modal karena merupakan harta yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memenuhi operasi perusahaan, yang bahwa nantinya harta akan mengalami residu atau pengurangan karena kewajiban yang harus dibayarkan seperti hutang dan beban.

Seperti disebutkan sebelumnya, modal selalu terkait dengan aset dan liabilitas. Aset itu sendiri adalah apa yang dimiliki perusahaan dapat menjadi uang baru, peralatan operasional perusahaan seperti komputer, atau peralatan pendukung seperti kursi.

Sementara kewajiban itu sendiri adalah beban yang harus dibayar oleh perusahaan di masa depan atau layanan yang saat ini dan harus dilakukan kepada pihak lain.

Kewajiban itu sendiri dapat terdiri dari beban hutang, beban gaji karyawan, dan juga beban perawatan karena depresiasi.

Tujuan Ekuitas Adalah

Tujuan Ekuitas Adalah

Ilustrasi Rapat Analisa Bisnis (Sumber: Pexels.com)

Menurut Standar Akuntansi Keuangan (2007), tujuan ekuitas sebagai bagian dari hak-hak pemilik di perusahaan yang harus dilaporkan sehingga dapat memberikan informasi tentang sumber yang jelas dan disajikan sesuai dengan peraturan dan sertifikat pendirian yang berlaku.

Secara umum, tujuan pelaporan ekuitas pemegang saham di perusahaan harus dapat memberikan informasi kepada yang tertarik pada efisiensi dan pengelolaan manajemen perusahaan.

Tujuan lainnya adalah untuk dapat memberikan informasi tentang riwayat manajemen dan prospek investasi pemilik dan pemegang saham ekuitas lainnya, dan juga merupakan tanggung jawab yuridis pemilik.

Untuk memenuhi tujuan-tujuan ini, informasi yang akan disampaikan harus terkait dengan ekuitas minimum pemegang saham adalah sumber ekuitas, pembatasan distribusi dividen dan likuidasi, batas perlindungan dan urutan kerugian penyerapan.

Jenis-jenis Ekuitas Perusahaan

Meskipun ekuitas adalah komponen dalam akuntansi dan analisis keuangan, konsep ini juga dapat diterapkan pada aspek kehidupan lainnya.

Inilah jenisnya:

  • Ekuitas Pemilik: Besarnya kepemilikan pemilik atas bisnis terkait. Ekuitas pemilik biasanya berlaku untuk usaha kecil. Perhitungan ekuitas pemilik mirip dengan ekuitas pemegang saham, yaitu jumlah aset yang dikurangi dengan nilai kewajiban bisnis.
  • Ekuitas Pemegang Saham: Jumlah aset diberikan kepada pemegang saham suatu perusahaan, setelah dikurangi dengan hutang atau kewajiban lainnya.

Pentingnya Ekuitas dalam Perusahaan

Pentingnya Ekuitas Untuk Perusahaan

Ilustrasi Pentingnya Ekuitas Dalam Perusahaab (Sumber: Freepik.com)

Nilai ekuitas suatu perusahaan mencerminkan nilai buku perusahaan. Nilai ini adalah salah satu faktor yang menentukan harga saham perusahaan.

Namun, tidak jarang bagi kita untuk menemukan harga saham lebih tinggi dari nilai ekuitas per saham perusahaan. Harga saham yang lebih tinggi ini menunjukkan bahwa investor percaya bahwa perusahaan memiliki prospek yang baik di masa depan.

Saat menjalankan bisnis, seorang wirausahawan harus memahami dasar-dasar ekuitas perusahaan. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui seberapa besar nilai saham dan aset tanpa hutang dan kewajiban yang menunjukkan kesehatan apakah suatu perusahaan atau tidak.

Baca Juga: Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana

Unsur-unsur Modal Atau Ekuitas

Makna modal atau ekuitas adalah hal penting yang harus disimpan agar tidak menunjukkan angka negatif yang dapat menyebabkan defisit. Oleh karena itu pemilik bisnis harus mencatat setiap aset yang dimiliki dan kewajiban yang harus dipenuhi.

Untuk menjaga kualitas dan kesehatan bisnis dengan mempertahankan nilai modal, Anda perlu memahami unsur-unsur ekuitas.

1. Modal Disetor

Ini adalah jumlah aset atau uang yang disetorkan dalam jumlah tertentu oleh pemilik bisnis atau investor dengan tujuan menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Modal disetor dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Modal saham, jumlah uang nominal atau saham beredar.
  • Agio dan Disagió Stock - Selisih jumlah departemen pemegang saham dengan jumlah saham. Agio adalah perbedaan di atas nominal dan disagio sebaliknya.

2. Laba Tak Dibagi

Keuntungan yang tidak dibagi maksudnya adalah keuntungan yang diperoleh pada tahun-tahun sebelumnya yang tidak dibagi atau tidak diambil.

Jika pendapatan debit, itu tidak lagi dianggap sebagai laba, tetapi defisit. Laba yang tidak dibagi ini juga bukan dividen sehingga perusahaan harus mencari cadangan lain untuk mengantisipasi distribusi dividen.

3. Modal Penilaian Kembali

Modal penilaian kembali adalah perbedaan antara modal pada periode sebelumnya dengan modal atau ekuitas yang akan dikeluarkan pada periode berjalan.

Perusahaan dapat mencakup sisa-sisa modal yang ada pada periode sebelumnya hingga periode berikutnya pembukuan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan modal yang tersisa.

4. Modal Sumbangan

Modal sumbangan hadir ketika perusahaan mendapatkan aset baru yang berasal dari kontribusi pihak lain. Dalam hal ini, perusahaan tidak mengeluarkan modal sama sekali untuk pembelian atau hanya untuk mendapatkan aset baru.

5. Modal Lainnya

Modal lain berarti bahwa modal juga dapat berasal dari berbagai macam cadangan, modal ekspansi, pengurangan harga cadangan, persiapan untuk pembayaran obligasi, dan lainnya.

Jumlah laba yang tidak dapat dibagikan yang telah dimasukkan ke dalam cadangan dana tidak dapat diminta sebagai dividen. Itulah definisi dan jenis ekuitas atau modal.

Dalam bisnis, modal menjadi sangat penting karena sebagai sumber awal dana dalam hal operasional untuk pengembangan bisnis. Nilai modal juga dapat menjadi referensi bagi investor sebagai bahan pertimbangan apakah bisnis Anda sehat atau tidak baik-baik saja.

Oleh karena itu, nilai modal harus dipertahankan agar tidak menjadi defisit.

Bentuk Ekuitas Lainnya

Ilustrasi Ekuitas Bisnis Lainnya (Sumber: Freepik.com)

Adapun berikut ini beberapa ekuitas lain yang diketahui:

  • Ekuitas Pribadi atau Swasta

Ekuitas pribadi atau ekuitas swasta secara umum bergantung pada evaluasi perusahaan yang tidak diperdagangkan secara publik. Persamaan akuntansi masih valid di mana ekuitas yang dinyatakan dalam neraca adalah apa yang tersisa ketika mengurangi kewajiban ekuitas, ke nilai buku yang diperkirakan.

  • Ekuitas Merek

Ekuitas adalah kepentingan perusahaan dalam kekayaannya di perusahaan. Saat menentukan ekuitas aset, terutama untuk perusahaan besar, penting untuk dicatat bahwa aset ini dapat mencakup aset berwujud, seperti properti, dan aset tidak berwujud, seperti reputasi perusahaan dan identitas merek.

Melalui pengembangan periklanan dan basis pelanggan, merek perusahaan dapat memiliki nilai yang melekat. Beberapa orang mengatakan nilai ini menjadi ekuitas merek, yang mengukur nilai merek relatif terhadap versi generik atau merek-merek produk.

Kesimpulan

Ekuitas memiliki pengertian, jenis dan juga unsur yang wajib diketahui oleh sebagian orang yang memiliki perusahaan. Ekuitas disini juga merupakan salah satu komponen yang ada pada laporan keuangan yang tujuannya sangat penting bagi pemilik saham.

Salah satu unsur paling penting dalam berwirausaha adalah tersedianya kas fisik. Jika pada suatu ketika anda kehabisan uang kas dan anda ingin malakukan pinjaman uang kepada seseorang atau instansi tertentu sebagai tambahan modal. Anda bisa melakukan penginputan hutang pinjaman modal tersebut di Beecloud.

Beecloud adalah software akuntansi berbasis cloud yang memudahkan pebisnis untuk kelola keuangan, membuat laporan keuangan, hingga menganalisa dan mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan akurat. Penjualan naik tapi cashflow seret? Piutang macet tak tertagih? Analisa penyakit bisnis anda berdasarkan angka, tanpa feeling & kira-kira dengan Beecloud.

Coba gratis Beecloud sekarang!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Banner Beecloud Laporan Neraca

Review Software Akuntansi: Menjawab Mitos yang Beredar tentang Aplikasi Keuangan
Punya ketakutan ketika memilih software akuntansi merupakan suatu hal yang sangat wajar. Perasaan takut, khawatir dan semacamnya biasanya dipicu oleh […]
Baca Juga
Cara Mudah Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja
Apakah mungkin nih bikin laporan cash flow hanya dengan 5 menit saja? Sangat mungkin dong, tetapi sebelum saya berbagi kepada […]
Baca Juga
Program Kasir Toko Ini Punya 4 Manfaat Yang Jarang Diketahui Pebisnis
Mengetahui 4 manfaat menggunakan program kasir toko adalah hal penting yang dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Informasi tersebut bisa […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu