Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Harga dan Fungsi Komputer Kasir Minimarket Lengkap!

Dipublish Tgl: Friday, 3 June 2022

Komputer kasir minimarket saat ini sudah banyak digunakan perusahaan sebagai alat transaksi. Terutama perusahaan yang bergerak dibidang ritel. Mereka menjual berbagai produk langsung kepada konsumen baik secara tunai maupun non-tunai. 

Bagi Anda yang memiliki usaha dibidang ritel atau minimarket tentu membutuhkan komputer kasir minimarket. Pasalnya, komputer yang dioperasikan khusus untuk kasir ini dapat membantu Anda melakukan pencatatan dan proses transaksi secara cepat.  

Nah, jika Anda masih bingung dengan perangkat komputer yang digunakan seorang kasir minimarket itu seperti apa? Apakah sama dengan komputer biasa Anda gunakan atau tidak? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Apa yang Dimaksud Komputer Kasir Minimarket?

Ilustrasi Pegawai Kasir Menggunakan Mesin Kasir

Ilustrasi Pegawai Kasir Menggunakan Mesin Kasir Minimarket (Sumber: Freepik.com)

Jika Anda sering berbelanja di minimarket atau supermarket, tentunya tidak asing dengan pemandangan seorang kasir yang menggunakan komputer ketika melakukan transaksi. Komputer kasir minimarket adalah alat elektronik yang membantu kasir dalam melayani customer saat melakukan pembayaran. 

Jadi, komputer kasir adalah seperangkat alat elektronik yang memiliki fungsi sebagai mesin kasir untuk membantu seorang kasir dalam melakukan transaksi maupun pencatatan. Alat ini memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih luas dan fleksibel dari mesin kasir biasa. Oleh karena mesin ini dilengkapi dengan komputer, maka kegunaanya pun akan jauh lebih baik.

2 Komponen Penyusun Komputer Kasir Minimarket

Setelah mengetahui pengertian dari komputer kasir, selanjutnya Anda harus mengetahui komponen dari komputer tersebut. Komponen penyusunnya secara umum sama dengan komputer biasa, yaitu terdiri dari dua komponen hardware dan software

Bagian Hardware Komputer Kasir Minimarket

Komponen hardware terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan memiliki fungsi berbeda. Alasan mengapa setiap bagian dari alat tersebut terpisah yaitu agar pada saat salah satu bagian rusak, maka Anda hanya perlu mengganti satu bagian saja sehingga akan menghemat biaya. Namun demikian, keseluruhan bagian komponen hardware saling berkesinambungan dan tidak dapat dipisahkan. Lalu, apa saja komponen hardware komputer yang digunakan sebagai mesin kasir tersebut?

  • LCD atau POS Display

Layar LCD atau POS Display

Layar LCD atau POS Display

LCD atau POS Display merupakan layar komputer yang berfungsi untuk melihat data-data yang tersimpan. Gunakanlah LCD yang tidak memiliki refresh rate yang tinggi karena hal tersebut tidak terlalu diperlukan. Kemudian, pilihlah LCD yang memiliki radiasi serta daya yang rendah dan memiliki diameter yang tidak terlalu besar. Namun, Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. 

  • CPU

CPU merupakan bagian penting dari komputer kasir karena berfungsi sebagai otak sistem komputer. Anda harus menggunakan CPU yang memiliki kualitas baik agar dapat digunakan selama seharian penuh atau sesuai waktu jam kerja Anda. Gunakan pula CPU yang memiliki PSU (Power Supply) baik serta RAM yang disesuaikan dengan software komputer Anda. 

  • Barcode Scanner

Barcode Scanner memiliki fungsi untuk memindai simbol, menangkap dan merubah kode yang terdapat pada bar menjadi data elektrik. Kemudian, secara otomatis data tersebut akan tersimpan pada layar komputer atau LCD. Alat ini pasti sering Anda lihat di samping meja kasir dan saat digunakan akan mengeluarkan bunyi serta simbol warna khas. Warna yang umum biasanya adalah warna merah (Infra Red) sebagai pertanda barcode scanner sedang memindai simbol pada suatu produk.

  • Keyboard

Keyboard pada mesin kasir berfungsi untuk mengetik data atau tulisan yang diperlukan saat melakukan transaksi. Namun, jika Anda menggunakan LCD touch screen maka Anda tidak perlu lagi menggunakan keyboard. 

  • Printer Khusus Kasir

Printer Kasir Thermal Portable

Printer Thermal Kasir

Printer kasir digunakan untuk mencetak struk atau nota pada saat melakukan transaksi. Anda tentu tidak asing dengan kertas kecil yang diberikan kasir setelah Anda melakukan pembayaran. Kertas tersebut tercetak secara otomatis dari data yang terekam oleh LCD.

  • Laci Uang

Laci uang pada beberapa mesin kasir menjadi salah satu komponen yang berkaitan dengan sistem komputer. Dimana, laci akan terbuka secara otomatis ketika transaksi berlangsung. Sistem keamanan menggunakan laci uang yang menggunakan sistem komputer tentu akan jauh lebih aman.

  • Pole Display

Pole Display atau layar komputer merupakan salah satu komponen yang melengkapi mesin kasir. Fungsi dari Pole Display adalah memberikan informasi terkait transaksi belanja agar lebih transparan dengan customer. Sehingga, pembeli bisa memastikan data yang dimasukan oleh kasir sesuai dengan harga yang sebenarnya.

Komponen Software

Software Minimarket

Komponen kedua pada mesin kasir yang digunakan sistem komputer adalah software minimarket. Software minimarket ini berupa aplikasi atau program yang memiliki fitur komputer kasir. Kelengkapan fitur untuk kebutuhan kasir berbeda-beda tergantung pada software yang digunakan oleh tiap perusahaan. 

Saat ini sudah banyak software minimarket yang dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha, salah satunya adalah Beepos. Beepos merupakan software minimarket yang didesain untuk keamanan dan kecepatan penjualan. Sehingga akan membantu Anda dalam melakukan proses transaksi.

Berikut adalah fitur software kasir minimarket Beepos:

  • Kasir POS dan back-office sinkron karena 1 database
  • Atur hak akses untuk cegah kasir nakal
  • Stok opname realtime, TANPA tutup toko cukup pakai PDT atau HP
  • Pelayanan kasir sat-set-sat-set karena pakai Full Keyboard
  • Promo yg berjalan OTOMATIS ter-apply ketika customer checkout di kasir
  • 1x klik langsung muncul info harga dan stok barang
  • Setoran direkap per cara bayar Tunai, OVO/Gopay, Debit, Kartu kredit, Voucher
  • Cetak Label rak langsung dari sistem
  • Catat kas keluar untuk bayar iuran sampah, sedekah pengamen atau tunawisma

Daftar & Harga Komputer Kasir (Include Spesifikasi & Harga)

Jika Anda saat ini ingin memulai menggunakan mesin kasir untuk usaha Anda, maka berikut kami sajikan beberapa daftar komputer kasir yang kami rekomendasikan.

1. Komputer Kasir Standart

Software Kasir

Spesifikasi:

  • Processor: Core2Duo
  • Memory: 1 GB
  • Hdd: 80 GB
  • Casing Standart
  • Printer Kasir Dotmatrix P7645 USB Non Cutter
  • Cash Drawer Metal RJ 11 4 Not
  • Barcode Scanner Laser + Stand CS700 USB
  • Harga Rp. 7.700.000,-

Baca Selengkapnya: Daftar Harga Komputer Kasir Terlaris dan Terjangkau

5 Kegunaan Komputer Kasir

Mesin Kasir Digital Di Minimarket

Ilustrasi Komputer Kasir

Berdasarkan beberapa uraian di atas, Anda tentunya sudah mempunyai gambaran mengenai kegunaan komputer kasir itu sendiri. Namun untuk lebih lengkapnya, berikut merupakan 5 kegunaan dari mesin kasir yang sering Anda lihat di minimarket atau restoran. 

  • Memudahkan Proses Transaksi

Menggunakan mesin kasir yang dilengkapi dengan komputer merupakan salah satu pilihan yang tepat dalam menjalankan usaha. Karena proses transaksi akan jauh lebih mudah dengan berbagai fitur software kasir.  

  • Menghemat Waktu Sehingga Lebih Cepat Melayani Costumer

Saat melakukan transaksi seorang kasir harus melayani costumer dengan cepat karena pembeli bukan hanya satu atau dua orang. Oleh karena itu, kasir membutuhkan alat yang dapat mempercepat proses transaksi. Sehingga dengan menggunakan mesin kasir dapat membantu Anda menghemat waktu transaksi dengan customer.

  • Sebagai Alat Pencatat yang Lebih Akurat

Jika melakukan pencatatan secara manual biasanya akan rawan terjadi kesalahan. Maka dengan menggunakan mesin kasir dengan komputer dapat membantu melakukan  Anda dalam melakukan pencatatan secara manual agar lebih tepat dan akurat. 

  • Alat Transaksi yang Lebih Aman

Sistem komputer yang digunakan tentu akan lebih aman bila dibandingkan dengan mesin kasir manual. karena, setiap komponen perangkat akan saling berhubungan dan dapat dikendalikan oleh sistem komputer yang dapat kita atur sendiri.

  • Memberikan Kapasitas Penyimpanan Data yang Lebih Luas

Penyimpanan data pada mesin kasir biasa umumnya sangatlah terbatas. Namun, dengan menggunakan komputer kasir, maka penyimpanan data akan lebih luas. Anda bisa menyesuaikan kapasitas penyimpanan dengan memilih memori atau RAM pada perangkat CPU yang sesuai.

Itu dia beberapa hal mengenai komputer kasir. Adanya komputer akan membantu kasir Anda melakukan pencatatan dan proses transaksi secara cepat.

Kesimpulan

Dengan mengetahui apa itu komputer kasir minimarket, diharapkan Anda tidak salah pilih dalam memilih perangkat untuk memulai menggunakan sistem kasir pada bisnis Anda. Karena Anda akan sangat terbantu jika mulai menggunakan komputer kasir pada bisnis Anda.

Beepos merupakan software komputer kasir minimarket yang telah mendukung banyak komponen hardware, sehingga Anda tidak akan salah pilih komponen. Keunggulan aplikasi kasir beepos memiliki sistem keamanan dan kecepatan yang terjamin. Sehingga Anda akan mudah mengembangkan bisnis Anda.

Berikut beberapa fitur unggulan Beepos:

  • Transaksi cepat, didesain full keyboard, pencarian barcode cepat, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk membayar belanjaannya.
  • Data aman, jangan takut kalau uang dicuri atau hilang, karena beepos memiliki sistem keamanan berupa proteksi password atau pin
  • Support banyak hardware, seperti yang sudah dijelaskan, beepos telah support banyak hardware
  • Data terpusat, Anda bisa mengakses data bisnis Anda kapanpun dan dimanapun
  • Integrasi akuntansi, semua laporan akuntansi lengkap, kapanpun Anda butuh maka akan tersaji otomatis.

Coba gratis Beepos sekarang!

Thumbnail Youtube Minimarket email

Klik Gambar untuk Coba Gratis Beepos Minimarket

Download Software Bengkel Gratis untuk Usaha Bengkel Anda!
Download software bengkel gratis adalah alat yang paling dicari banyak orang mengingat fungsinya sangat beragam untuk usaha bengkel. Perlu Anda […]
Baca Juga
Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik
Software struk cetak online merupakan inovasi teknologi yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda, pasalnya software cetak struk ini sudah […]
Baca Juga
Ingin Tahu Cara Menghitung Variabel Cost? Simak Informasinya Di sini
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu