Logo Bee Web

8 Dampak Negatif Globalisasi yang Ada Dalam Bisnis

Ada 8 dampak negatif globalisasi yang ada di dunia bisnis dan perlu Anda ketahui. simak informasi selengkapya di artikel ini
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 8 June 2023

Globalisasi memiliki dampak dalam dunia bisnis, baik itu dampak secara langsung atau tidak langsung, dampak positif atau dampak negatif globalisasi. Di bidang perekonomian, globalisasi ini merupakan sebagai kehidupan yang bersifat terbuka atau global.

Tidak ada batasan wilayah antara negara satu dengan lainnya. Oleh karena tidak ada batasan, ada dampak negatif yang bisa bisnis Anda alami. Namun, sebelum itu, pelajari terlebih dahulu pengertian dari globalisasi ekonomi.

Pengertian dari Globalisasi Ekonomi

Globalisasi mencakup seluruh bidang. Ekonomi merupakan salah satu dari bidang tersebut. Berikut pengertian dari globalisasi ekonomi.

Pengertian Globalisasi Ekonomi

ilustrasi globalisasi ekonomi (Credit: Freepik)

Globalisasi ekonomi merupakan suatu peristiwa adanya pembauran ekonomi beserta munculnya ketergantungan ekonomi yang terjadi antar bangsa. Selain itu, globalisasi ekonomi juga merupakan integrasi antara pasar serta perusahaan yang ada di seluruh dunia.

8 Dampak Negatif Globalisasi dalam Bisnis

Ada banyak dampak negatif pada globalisasi dalam bisnis. Delapan diantaranya ialah harga produk tinggi, munculnya kejahatan digital, keuangan tidak stabil, perilaku konsumtif, beban bertambah, persaingan ketat, kurangnya tenaga manusia, serta sikap individual.

1. Harga Produk Cenderung Tinggi

Bagi Anda sebagai pelaku bisnis, khususnya yang berada pada negara berkembang akan menjumpai beragam masalah. Salah satunya yakni sulit dalam menentukan harga produk yang tinggi.

Harga produk yang tinggi menjadi salah satu jawaban tentang pertanyaan, apa saja dampak negatif dari globalisasi. Tingginya harga produk membuat masyarakat cenderung beralih ke produk yang murah.

Namun, jika Anda menentukan harga produk murah, bisnis Anda mengalami kesulitan karena tidak bisa berkembang. Anda tidak bisa melangkah ke pasar internasional karena keuntungan yang didapat cenderung sedikit sehingga menghasilkan tenaga kerja yang sedikit juga.

2. Munculnya Kejahatan Digital

Semakin teknologi yang digunakan maju, Anda juga harus selalu meningkatkan perlindunga hingga level maksimal. Hal ini untuk menghindari kejahatan digital seperti pencurian data pribadi serta karyawan, peretasan website perusahaan, dan lainnya.

3. Keuangan Tidak Stabil

Munculnya globalisasi bisa membuat kondisi keuangan menjadi tidak stabil. Hal ini membuat kegiatan perekonomian, baik itu usaha Anda atau secara nasional memiliki dampak yang buruk.

Dampak negatif dari globalisasi ini jika dibiarkan lebih lama akan membuat pendapatan nasional serta kesejahteraan masyarakat berada di level yang rendah. Oleh karena itu, pentingnya rencana kedua jika dampak ini terjadi.

apa saja dampak negatif globalisasi

dampak negatif dari globalisasi akan mempengaruhi kestabilan keuangan (Credit: Freepik)

Anda bisa mencari tahu artikel-artikel lama untuk menemukan solusinya. Kemudian diimplementasikan ke perusahaan agar bisnis Anda tahan akan goncangan keuangan yang tidak stabil.

4. Perilaku Karyawan menjadi Konsumtif

Konsumtif merupakan suatu kegiatan menghamburkan uang tanpa adanya rencana atau tujuan yang matang. Perilaku konsumtif ini bisa terjadi oleh siapa saja, karyawan Anda juga bisa.

Konsumtif merupakan dampak negatif globalisasi. Akibat globalisasi yang ada, membuat perekonomian perusahaan juga bisa meningkat dan gaji karyawan juga meningkat. Oleh karena sudah merasa sejahtera, karyawan menjadi lebih konsumtif.

Karyawan, khususnya karyawan yang telah dikenal luas oleh masyarakat yang berperilaku konsumtif bisa mempengaruhi citra perusahaan menjadi buruk. Selain itu, karyawan Anda juga bisa terus merasa kurang tentang gaji yang didapat.

5. Beban Kerja Bertambah

Munculnya globalisasi, membuat perusahaan akan mengarahkan tujuan bisnisnya ke arah internasional. Karyawan akan dituntut lebih loyal dan beban kerja yang didapat menjadi bertambah daripada sebelumnya.

6. Persaingan Bisnis Menjadi Lebih Ketat

Oleh karena skalanya internasional, perusahaan tidak lagi bersaing dengan perusahaan lokal tetapi bersaing dengan perusahaan asing lainnya. Kreativitas, ide, dan tenaga kerja yang dimiliki harus selalu meningkat agar tidak kalah dengan perusahaan asing tersebut.

7. Kurangnya Tenaga Manusia

Munculnya globalisasi membuat teknologi semakin canggih. Saat ini, ada banyak robot-robot canggih yang bisa melakukan tugas manusia. Hal ini membuat robot menjadi lebih dibutuhkan daripada manusia.

Dampak negatif globalisasi ini juga membuat perusahaan-perusahaan lain lebih memilih menggunakan robot karena kecepatan, ketepatan, dan ketelitiannya. Tenaga yang dimiliki menjadi tidak diperlukan lagi.

Akibatnya, lebih banyak robot daripada manusia di suatu perusahaan. Pemeliharaan untuk robot menjadi kegiatan yang wajib dan rutin agar robot bisa bertahan lama.

8. Sikap Individual

Di era yang serba cepat, seseorang cenderung memusatkan perhatian pada dirinya sendiri daripada orang lain. Mereka lebih fokus pada pekerjaan mereka daripada harus berkomunikasi atau memikirkan perasaan orang lain.

Perilaku ini merupakan sifat individual dan menjadi jawaban selanjutnya dari pertanyaan tentang apa saja dampak negatif dari globalisasi. Di dalam dunia bisnis, sikap individual membuat karyawan tidak bisa melakukan kerja sama antar tim.

Sikap Individual

sikap individual juga merupakan salah satu dampak negatif dari globalisasi (Credit: Freepik)

Kegiatan antar tim sendiri membutuhkan diskusi secara aktif dan musyawarah. Jika sifat individual terus ada dalam tim, tim Anda akan mengalami keterlambatan dalam pengumpulan tugas, kegagalan proyek, dan akibatnya perusahaan bisa mengalami kemunduran.

5 Dampak Positif Globalisasi dalam Bisnis

Tidak hanya dampak negatif, globalisasi dalam bisnis juga memiliki dampak positif. Diantaranya, perdagangan menjadi mudah, modal yang didapat mudah, jaringan menjadi luas, proses pembayaran lebih cepat, hingga proses ekspor produk bisa sampai internasional.

1. Perdagangan menjadi mudah

Masyarakat lebih mudah melakukan proses perdagangan karena bisa dijangkau kapan saja dan dimana saja. Hal ini membuat kebutuhan masyarakat terpenuhi dan mereka puas dengan produk yang Anda tawarkan karena menciptakan kenyamanan serta kesejahteraan.

2. Modal yang Didapat Mudah

Munculnya globalisasi memudahkan Anda dalam mendapatkan modal lebih banyak. Selain itu, teknologi yang didapat juga jauh lebih canggih sehingga bisa membantu proses usaha menjadi lebih lancar.

3. Jaringan Lebih Luas

Jaringan informasi dan pertemanan menjadi luas berkat globalisasi ini. Anda bisa mendapatkannya secara lebih mudah dan cepat.

4. Proses Pembayaran Lebih Cepat

Proses pembayaran di era globalisasi semakin beragam. Ada banyak pilihan yang ditawarkan perusahaan Anda kepada calon pembeli membuat mereka nyaman dalam melakukan transaksi.

5. Proses Ekspor Bisa sampai Skala Internasional

Ada peluang yang akan Anda dapatkan sebagai pengusaha saat adanya globalisasi. Salah satunya ialah kemudahan melakukan ekspor produk ke skala internasional. Tidak hanya menjual, Anda juga bisa memasarkan dengan strategi jitu agar lebih melejit.

Bentuk-Bentuk Globalisasi bagi Bisnis

Ada 5 bentuk yang ada dalam globalisasi ekonomi. Diantaranya bentuk produksi, pembiayaan, tenaga kerja, jaringan informasi, serta perdagangan.

1. Produksi

Acuan secara umum pada bentuk produksi ini ialah biaya. Ini dikarenakan biaya dipakai oleh perusahaan dalam melaksanakan kegiatan produksi. Produksi dilaksanakan ke sejumlah negara dengan mempertimbangkan berbagai faktor tertentu.

2. Pembiayaan

Pembiayaan mengacu pada kemampuan bisnis Anda dalam melakukan pinjaman atau investasi. Tujuan dari pembiayaan ini yakni menambah modal dalam suatu bisnis agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

3. Tenaga Kerja

Tenaga kerja bisa 2 jenis, yaitu tenaga kerja dari dalam negeri serta tenaga kerja dari luar negeri. Semua tenaga kerja ini memiliki harapan agar bisa mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dari pekerjaan sebelumnya.

4. Jaringan Informasi

Pada saat ini, jaringan informasi semakin hari semakin maju serta tepat sasaran. Proses penyebaran yang ada pada jaringan informasi dapat dilaksanakan melalui radio, televisi, pamflet, brosur, laptop, komputer, serta internet.

5. Perdagangan

Bentuk ini diawali dengan adanya penyeragaman terhadap biaya produk atau layanan. Anda dapat melihatnya melalui penurunan terhadap tarif pada impor serta ekspor di suatu negara. Dampak lain dari proses perdagangan ini ialah pengawasan yang lebih ketat dari biasanya.

Dalam perdagangan, software akuntansi Beecloud dapat membantu pebisnis mengatur pengeluaran, memantau pembayaran tagihan, dan mempercepat proses pembayaran. Jadi secara keseluruhan, software akuntansi memberikan manfaat yang sangat penting bagi berbagai jenis kegiatan perdagangan

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi online ini sangat dianjurkan agar dapat meminimalisir kerugian finansial dan meningkatkan keuntungan secara efektif.

Kesimpulan

Globalisasi sekarang sudah merajalela dan memiliki pengaruh yang kuat diberagam bidang. Di bidang ekonomi sendiri, ada banyak dampak langsung dan tidak langsung yang dirasakan oleh pengusaha.

Dampak positif dan negatif globalisasi yang ada di atas akan selalu terjadi di kalangan pembisnis. Untuk dampak positif, Anda perlu memikirkan beragam strategi agar perusahaan mendapatkan keuntungan maksimal.

Sedangkan, untuk dampak negatifnya, Anda beserta tim sebaiknya membuat beragam rencana agar dampak bisa diminimalisir. Salah satu caranya dengan menggunakan Beecloud agar proses pelaporan tidak ada kesalahan yang bisa memberi efek negatif pada perusahaan.

Efek dari globalisasi bisa memberikan efek yang kuat bagi perusahaan Anda sehingga bisa mengakibatkan kebangkrutan. Dampak negatif globalisasi ini mulai dari harga produk yang tinggi hingga sikap individual

Artikel Terkait

Mengapa Usaha Startup Saya Gagal? Mungkin ini Alasannya
Alasan Startup Gagal - Usaha Startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang atau baru di buat. Bisnis stratup identik dengan
Baca Juga
5 Cara untuk Tingkatkan Penjualan dengan Value Proposition
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, penting bagi setiap perusahaan untuk dapat menarik perhatian pelanggan potensial dan mempertahankan pelanggan yang
Baca Juga
Mau Investasi Sukses? Pahami Rumus Payback Period Berikut!
Rumus payback period adalah sebagai salah satu metode evaluasi yang penting dalam dunia keuangan dan investasi, memberikan gambaran yang signifikan
Baca Juga
Memahami Pivot dalam Bisnis Sebagai Strategi Usaha
Istilah pivot adalah  tidak hanya dikenal di dunia basket. Pivot adalah upaya yang dilakukan ketika menghadapi usaha yang tengah lesu.
Baca Juga
Konglomerasi Adalah: Pengertian, Konsep, dan Contohnya
Dalam bisnis Konglomerasi adalah sebuah fenomena yang melibatkan penggabungan dan akuisisi perusahaan untuk membentuk entitas yang lebih besar dan beragam,
Baca Juga
Mengenal Rasio Aktivitas, Jenis dan Rumusnya
Dalam dunia bisnis, pemilik usaha selalu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka. Salah satu metode yang digunakan adalah
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu