Logo Bee Web

Merchant: Pengertian, Jenis, Keunggulan dan Cara Kerjanya

Merchant adalah pedagang yang menjual produk secara offline/online melalui marketplace maupun toko fisik. simak di sini!
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 29 April 2023

Marketplace yang berperan sebagai wadah bagi para merchant dan menawarkan fasilitas yang lebih mudah untuk dijangkau. Bergabung menjadi merchant tentu merupakan opsi yang lebih hemat dibandingkan harus membuat toko online sendiri.

Selain itu, opsi pembayaran dan jasa pengiriman yang disediakan marketplace cukup beragam sehingga memudahkan prosesnya tanpa harus repot menjalin kerjasama dengan pihak kurir. Tujuannya adalah untuk menambah nilai usaha dan menjangkau pelanggan yang lebih banyak

Apa itu Merchant?

Merchant adalah kelompok/individu yang memiliki peran dalam menjual barang atau jasa dan memiliki bentuk usaha berupa toko fisik maupun online. Hal membedakannya dengan toko lainnya adalah sistem pembayaran yang tersedia.

Apa Itu Merchant

Ilustrasi pemilik merchant sedang menawarkan produknya (Credit: Freepik/ourteam)

Biasanya, merchant membangun kerja sama dengan bank sebagai penyedia layanan pembayaran sehingga sudah mendukung sistem pembayaran tunai maupun non tunai. Pedagang bekerja sama dengan lembaga keuangan untuk dapat memproses pembayaran secara lebih mudah.

Dengan begitu, penjual dapat menerima pembelian dengan menggunakan dompet digital atau sistem kredit. Adanya opsi pembayaran yang diterima membuat penjual mampu menjaring pelanggan yang lebih banyak.

Jenis dan Kategori Merchant

Setiap jenis pedagang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Terdapat dua jenis kategori merchant, diantaranya sebagai berikut.

1. Merchant Badan Hukum

Pedagang dalam kegiatan jual belinya memiliki keterkaitan terhadap hukum yang kuat. Sehingga bisa dikatakan dalam alur bisnisnya terdapat aturan hukum yang mengikat proses jual beli yang berlangsung.

Jika terjadi masalah, maka akan dianggap sebagai pelanggaran hukum dan bisa dibawa ke pengadilan.

Meskipun prosesnya cukup rumit, namun sistem bisnis yang berjalan bisa lebih aman dan dilindungi oleh hukum. Hal tersebut memungkinkan kerugian yang perlu ditanggung bisa lebih kecil.

2. Merchant Perorangan

Para pedagang dapat melakukan jual beli tanpa harus ada aturan khusus dari badan hukum didalam alurnya. Bisa dikatakan bersifat bebas dan bisa dikontrol oleh perorangan, karena tidak memiliki keterkaitan dengan bidang hukum.

Sistemnya lebih praktis karena tidak mengacu pada aturan hukum yang rumit. Pengaturan juga bisa dilakukan secara bebas sesuai dengan kehendak pedagang.

Namun apabila terjadi pelanggaran, maka penyelesaiannya perlu diselesaikan antara pihak terkait dan umumnya tidak dibawa ke pengadilan.

Dengan begitu apabila terjadi penipuan, maka kerugian yang ditimbulkan mungkin akan lebih besar karena kemungkinan untuk mendapatkannya kembali sangat kecil.

Keunggulan Pebisnis Merchant

Selain memahami arti merchant, ketahui juga apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan bergabung menjadi merchant. Berikut penjelasannya.

1. Solusi Kenyamanan Pelanggan

Bergabung sebagai merchant akan membuat pedagang mampu meningkatkan kualitas pelayanan sehingga bisa menjamin kenyamanan pelanggan.

Teknik jual beli ini bisa diterapkan secara online maupun langsung sehingga mampu menghadirkan pilihan sistem transaksi yang fleksibel.

Dukungan metode pembayaran yang beragam memudahkan pelanggan untuk melakukan pembelian produk yang diinginkan tanpa harus memiliki uang tunai.

Selain itu, teknik ini juga dapat mempermudah penjual untuk melakukan promosi maupun pemasaran produk. Transaksi dapat dilakukan dengan mudah melalui metode pembayaran yang lebih fleksibel dan efisien.

2. Meningkatkan Potensi Penjualan Produk

Sistem pembayaran merchant yang mudah dijangkau membuat peluang untuk meningkatkan penjualan produk akan semakin besar.

Hal ini memungkinkan pedagang untuk dapat menjangkau pasar yang lebih luar sehingga dapat menarik minat banyak pelanggan, dibandingkan harus menerapkan teknik penjualan biasa.

Mendukungnya metode pembayaran dengan menggunakan kartu debit atau kredit membuat transaksi jual beli dapat semakin mudah dilakukan. Pelanggan tentunya akan merasa lebih nyaman karena bisa melakukan pembayaran secara lebih mudah.

Apalagi di zaman modern seperti saat ini kebanyakan orang lebih suka menggunakan kartu untuk pembayaran dibandingkan dengan uang tunai karena dinilai lebih praktis.

3. Bebas Dari Ancaman Uang Palsu

Beredarnya uang palsu tentu membuat para pedagang menjadi khawatir. Namun jika menjadi merchant, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Transaksi menggunakan kartu debit atau kartu kredit dapat dilakukan secara lebih aman.

Pedagang pun bisa merasa nyaman karena tidak perlu menerima uang secara tunai. Hal ini tentu dapat menghindarkan pedagang dari ancaman uang palsu. Transaksi melalui bank akan diproses secara otomatis dan tersimpan aman di rekening.

Sehingga potensi terkena penipuan terkait uang palsu atau yang lainnya lebih rendah. Pedagang bisa menjalankan bisnisnya secara lebih nyaman.

4. Sistem Manajemen Keuangan Menjadi Mudah

Metode pembayaran dengan menggunakan kartu membuat sistem manajemen uang akan otomatis tercatat. Hal ini tentu dapat jauh lebih efisien dan mampu menghindari potensi kesalahan perhitungan omset yang dilakukan oleh pedagang.

Saat pelanggan selesai melakukan transaksi jual beli, uang akan secara otomatis tersimpan pada tabungan sehingga tentunya lebih aman.

Manajemen keuangan bisa dimonitoring secara langsung melalui software akuntansi sehingga mampu menawarkan solusi pengelolaan keuangan yang lebih lengkap dan terintegrasi.

Gunakan aplikasi pembukuan online shop untuk memudahkan anda dalam merekap ribuan transaksi dari tokopedia. Anda bisa melakukan import data transaksi dari marketplace ke aplikasi pembukuan online shop. Gak ribet pindah ribuan transaksi dari tokopedia ke pembukuan dengan plugin e-commerce dari Beecloud. Dengan plugin e-commerce Anda bisa export transaksi penjualan (excel) dan export pelunasan (dari kas marketplace ke bank seller).

Anda juga bisa tahu produk paling laris dan channel paling menguntungkan, memudahkan anda untuk tahu minat pembeli dan menentukan strategi penjualan dengan fitur:

  • Laporan penjualan per masing-masing channel per bulan
  • Cek laporan per channel realtime
  • Data jumlah produk terjual per bulan
  • Scale-up produk terlaris berdasarkan data

Jadi tahu laba rugi sebenarnya, karena jualan di marketplace banyak potongan ini itu, yg persentasenya lumayan 5-20% sendiri. Setiap ada biaya marketplace wajib dilakukan pencatatan (contoh: biaya admin, biaya gratis ongkir, biaya iklan, dll). Integrasi langsung dengan laporan akuntansi (Lap. Laba rugi, Neraca dan Cashflow). Tidak sekedar omset, anda juga tahu profitnya secara realtime

Beecloud Ecommerce Untuk Toko Online Web

Mau kelola toko online di tokopedia tanpa ribet dan intip profit kapanpun? Gunakan aplikasi pembukuan online shop Beecloud dan coba gratis sekarang!

Cara Kerja Merchant untuk Bisnis Online

Jika sudah mengerti tentang apa itu merchant, sistem kerja yang diterapkan oleh teknik ini tentu juga harus dipahami dengan baik agar pedagang bisa memiliki gambaran terkait alur transaksi secara lebih jelas. Sama halnya sistem jual beli umumnya, perbedaan terletak pada metode pembayarannya.

Selain itu, pedagang harus memberikan layanan dan menerapkan aturan transaksi jual beli yang sesuai dengan ketentuan bank yang bekerja sama. Untuk lebih memahami bagaimana cara kerjanya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Daftarkan Usaha yang Dikelola

Hal pertama yang dilakukan untuk menjadi merchant adalah dengan melakukan pendaftaran. Pedagang wajib memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan dan melampirkan dokumen yang dibutuhkan.

Nantinya data tersebut akan disimpan pada database bank yang bekerja sama. Pedagang perlu memahami dan menyetujui berbagai syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dengan memberikan persetujuan, artinya pedagang sudah setuju untuk melakukan hubungan kerja sama dengan pihak bank.

2. Buka Toko Online

Agar bisa memasarkan produk secara lebih luas, manfaatkan media online sebagai bahan promosi untuk dapat menjangkau pasar. Bukalah toko online di beberapa marketplace. Hal ini memungkinkan potensi penjualan produk yang lebih tinggi.

Saat melakukan promosi, sertakan diskon untuk menarik minat para pelanggan dan sediakan juga opsi pembayaran non tunai dengan mata uang virtual. Dengan begitu calon pelanggan bisa secara mudah berbelanja.

Selain itu, pedagang juga bisa memanfaatkan aplikasi bisnis online shop untuk dapat secara efektif mengelola transaksi penjualan dari semua marketplace dengan fitur terlengkap.

Diantaranya seperti pencatatan penjualan, kelola pelanggan, laporan keuangan, hingga stok barang.

3. Transaksi Jual Beli

Terjadi transaksi jual beli antara pedagang dan pelanggan. Pedagang harus mengirimkan produk sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Varian barang, warna, jumlah pembelian, biaya pengiriman, dan lainnya telah disetujui oleh kedua belah pihak.

Dengan begitu, pihak pedagang maupun pelanggan bisa merasa nyaman saat bertransaksi dan sama-sama mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Pedagang mendapatkan keuntungan dalam bentuk uang. Sedangkan pelanggan mendapatkan keuntungan yaitu mendapatkan barang yang diinginkan atau dibutuhkan.

Transaksi jual beli

Ilustrasi transaksi antara penjual dan pembeli

Memahami pengertian merchant, jenis, dan keunggulannya dapat membantu dalam perencanaan bisnis agar dapat berjalan secara lebih baik dan menguntungkan. Dengan begitu produk bisa menjangkau pasaran yang lebih luas dan semakin disukai.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Koperasi Serba Usaha: Sejarah, Contoh, dan Cara Mendirikan
Dalam era ekonomi yang semakin kompleks, koperasi serba usaha telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak individu yang ingin membangun
Baca Juga
Apple to Apple Artinya Perbandingan, Ini Penjelasannya
Mungkin Anda pernah mendengar istilah apple to apple dan bertanya-tanya apa sebenarnya maknanya. Istilah apple to apple artinya sendiri sering
Baca Juga
Customer Satisfaction Adalah: Fungsi, Faktor dan Caranya
Secara bahasa, pengertian customer satisfaction adalah kepuasan pelanggan. Apa maksudnya? Konsumen dalam memenuhi kebutuhannya melalui produk berupa barang ataupun jasa,
Baca Juga
Mengenal Sistem Six Sigma, Prinsip dan Tekniknya
Sistem Six Sigma adalah sebuah metode manajemen kualitas yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi cacat dalam proses bisnis. Metode
Baca Juga
Profesi Aktuaris Adalah, Kualifikasi Hingga Tantangannya
Di dunia keuangan, ada satu profesi yang memiliki peran penting dalam melindungi perusahaan dari risiko keuangan dan membantu perusahaan membuat
Baca Juga
Hidroponik Adalah Menanam Tanpa Tanah, Ini Peluang Bisnisnya!
Hidroponik adalah salah satu teknik dalam menanam, yakni tanpa menggunakan media tanah. Seperti namanya media yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu