🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

8 Contoh Video Marketing Tingkatkan Jangkauan Audiens

Ini dia beberapa contoh video marketing yang bisa Anda jadikan referensi untuk meningkatkan jangkauan audiens dan membangun awareness
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Monday, 27 November 2023

Dalam era digital yang terus berkembang, tidak dapat dipungkiri bahwa video marketing telah menjadi kekuatan utama dalam dunia pemasaran.

Penggunaan video sebagai alat untuk mempromosikan produk, layanan, dan merek telah membuka peluang baru bagi bisnis untuk terhubung secara lebih dekat dengan audiens mereka.

Dengan menggabungkan elemen visual, audio, dan naratif yang kuat, video marketing bukan hanya sekedar strategi pemasaran, melainkan juga jendela yang membuka kesempatan untuk menciptakan pengalaman yang mendalam dan berkesan bagi pemirsa.

Apa yang Dimaksud dengan Video Marketing?

video marketing adalah

Ilustrasi BTS Proses Pembuaan Video Pemasaran (Credit: Freepik.com)

Video marketing adalah suatu bentuk pemasaran di mana bisnis atau individu menggunakan video sebagai alat untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek mereka.

Dengan tujuan untuk menarik perhatian audiens, menyampaikan pesan dengan cara yang menarik, dan memotivasi pemirsa untuk mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar, atau berlangganan.

Video marketing dapat menjadi alat yang sangat efektif karena video memiliki kemampuan untuk menangkap perhatian lebih baik daripada teks atau gambar statis.

Selain itu, video juga memungkinkan penyampaian informasi yang lebih kaya, menciptakan pengalaman yang lebih mendalam bagi pemirsa.

Dengan pertumbuhan platform media sosial dan konsumsi konten online, video ini juga bisa menjadi semakin penting dalam strategi pemasaran digital.

Jenis-jenis Video Marketing

Video marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan video sebagai alat utama, berikut beberapa jenisnya:

1. Video Live

Video marketing jenis ini melibatkan penyiaran langsung, di mana Anda dapat berinteraksi secara real-time dengan pemirsa. Hal ini memberikan kesempatan untuk berkomunikasi langsung, menjawab pertanyaan, dan membangun keterlibatan yang lebih kuat.

Berikan pemberitahuan sebelumnya kepada audiens agar mereka dapat bersiap-siap untuk menyaksikan siaran langsung. Gunakan interaksi langsung dengan menyapa pemirsa dan merespons komentar atau pertanyaan mereka.

2. Video Event

Video marketing event menangkap momen khusus atau kegiatan tertentu. Misalnya, peluncuran produk, acara perusahaan, atau konferensi. Ini membantu menyampaikan atmosfer dan kegembiraan dari suatu acara kepada orang-orang yang tidak dapat hadir secara langsung.

Rencanakan dengan matang untuk memastikan rekaman acara mencakup momen penting. Gunakan judul dan deskripsi yang menarik untuk meningkatkan daya tarik pemirsa.

3. Video Animasi

Berikutnya ada video animasi menggunakan grafis bergerak untuk menjelaskan konsep atau cerita. Animasi dapat membuat informasi yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami dan menarik perhatian pemirsa.

Pastikan animasi mudah dipahami dan tidak terlalu rumit dan gunakan grafis yang menarik untuk mempertahankan perhatian pemirsa.

4. Wawancara dengan Ahli

Berikutnya adalah video pemasaran dengan melakukan wawancara dengan ahli, Anda dapat mendatangkan pakar di industri Anda untuk berbicara tentang topik tertentu. Ini meningkatkan kredibilitas dan memberikan pemirsa pandangan langsung dari sumber yang terpercaya.

Persiapkan pertanyaan yang baik dan relevan sebelum wawancara. Fokus pada konten yang memberikan nilai tambah kepada pemirsa.

5. Video Edukasi

Video marketing edukasi fokus pada memberikan informasi bermanfaat kepada pemirsa. Ini bisa berupa penjelasan tentang industri, panduan langkah-demi-langkah, atau tips yang berguna. Video ini membantu membangun otoritas dan kepercayaan dari pemirsa.

Identifikasi kebutuhan dan keinginan pemirsa untuk memastikan relevansi konten edukasi. Gunakan grafis atau animasi jika diperlukan untuk membantu pemahaman.

6. Video Demo

Video pemasaran demo menunjukkan cara penggunaan produk atau layanan. Ini membantu pemirsa melihat secara langsung bagaimana produk atau layanan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Sederhanakan proses demo untuk memastikan pemahaman yang mudah oleh pemirsa. Fokus pada fitur atau manfaat utama produk atau layanan.

7. Video Tutorial

Video marketing tutorial memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara melakukan sesuatu. Ini dapat berkisar dari penggunaan produk hingga proses tertentu yang ingin diajarkan kepada pemirsa.

Pecah menjadi langkah-langkah yang mudah diikuti. Gunakan narasi yang jelas dan tidak terlalu cepat.

8. Video Branding

Video marketing branding dirancang untuk memperkenalkan merek kepada pemirsa. Ini mencakup nilai-nilai merek, cerita perusahaan, dan cara unik yang membuat merek tersebut berbeda. Video ini membantu membangun hubungan emosional antara merek dan konsumen.

Buat cerita merek yang menginspirasi dan terkait dengan nilai-nilai pemirsa target. Gunakan elemen visual dan audio yang konsisten dengan identitas merek.

Manfaat Video Marketing untuk Bisnis

Video marketing memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penggunaan video marketing:

  • Meningkatkan Kesadaran Merek: Menjadi alat yang kuat untuk menciptakan kesan yang tahan lama di benak konsumen, meningkatkan kesadaran merek, dan membuatnya lebih mudah diingat.
  • Meningkatkan Keterlibatan Pemirsa: Dimana penonton lebih cenderung terlibat dengan konten video daripada dengan teks atau gambar statis. Keterlibatan ini dapat menghasilkan interaksi yang lebih banyak, seperti like, komentar, dan berbagi.
  • Menyampaikan Pesan dengan Lebih Efektif: Anda dapat menyampaikan pesan secara lebih efektif karena dapat mencakup elemen visual, suara, dan bahkan gerakan. Hal ini memudahkan pemirsa untuk memahami informasi yang disampaikan dan membuat pesan lebih menarik.
  • Meningkatkan Konversi dan Penjualan: Video yang baik dapat meyakinkan pemirsa untuk mengambil tindakan tertentu, seperti pembelian produk atau mendaftar layanan.
  • Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan: Video marketing dapat membantu membangun dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Ini dapat menciptakan kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap merek.
  • Meningkatkan Edukasi dan Pelatihan: Sebagai alat efektif untuk mendidik pelanggan tentang produk atau layanan, memberikan tutorial, atau memberikan pelatihan. Ini dapat membantu meningkatkan pemahaman pelanggan dan penggunaan produk.
  • Peningkatan Daya Saing: Dalam era digital, video marketing menjadi elemen kunci untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing. Bisnis yang dapat memberikan konten video yang berkualitas memiliki keunggulan dalam menarik perhatian dan mempertahankan pangsa pasar.

Contoh Video Marketing yang Ada di Youtube

YouTube merupakan salah satu platform video marketing yang paling populer. Platform ini memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia, sehingga bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Video-video ini dapat memberikan gambaran tentang berbagai jenis konten video yang dapat digunakan oleh bisnis.

1. Contoh Video Marketing dari Starbucks

Video marketing dari Starbucks ini merupakan video branding yang bertujuan untuk membangun awareness dan citra merek.

2. Contoh Video Marketing dari Bolt

Video marketing dari Bolt ini merupakan konten video yang bertujuan untuk menunjukkan keunggulan produk dan layanan.

3. Contoh Video Marketing Animasi dari Burger King

Video marketing animasi dari Burger King ini merupakan video promosi yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang re branding produk mereka.

4. Contoh Video Marketing Testimoni dari Bee

Video testimoni dari Bee ini merupakan video testimonial yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan.

5. Contoh Video Marketing Event

Video marketing event dari Datalab ini merupakan video event yang bertujuan untuk mempromosikan acara atau kegiatan.

6. Contoh Video Marketing Demo Layanan

Video marketing demo layanan dari Bee ini merupakan video demo yang bertujuan untuk menunjukkan keunggulan layanan.

7. Contoh Video Marketing Tutorial Software

Video tutorial software dari Bee ini merupakan video tutorial yang bertujuan untuk mengajarkan cara menggunakan produk.

8. Contoh Video  Perilisan Produk

Video perilisan produk IPhone 15,   bertujuan untuk memperkenalkan produk baru. Video ini menampilkan acara perilisan produk Xiaomi terbaru secara langsung.

7 Tips Video Marketing

Agar video marketing mencapai hasil yang optimal, diperlukan pendekatan yang matang dan memperhatikan sejumlah faktor kunci. Dalam rangka meningkatkan daya tarik dan dampak video marketing Anda, berikut adalah beberapa tips penting yang dapat Anda terapkan.

1. Pastikan Video Bisa Menarik Penonton dalam 7 Detik

Untuk menarik perhatian penonton, pastikan adegan awal video Anda menarik dan informatif. Dengan memikat pemirsa dalam 7 detik pertama, Anda dapat meningkatkan kemungkinan mereka menonton video secara keseluruhan.

2. Sampaikan Storytelling

Gunakan kekuatan storytelling dalam video pemasaran. Cerita yang baik dapat membuat video lebih meyakinkan dan membangun koneksi emosional dengan pemirsa. Jelaskan perjalanan produk atau berbagi pengalaman pelanggan untuk meningkatkan keterlibatan.

3. Buat Video dari Perspektif Konsumen

Fokuslah pada kebutuhan dan keinginan konsumen. Perlihatkan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memecahkan masalah atau memenuhi keinginan mereka. Melibatkan konsumen dalam cerita video dapat menciptakan keterhubungan yang lebih kuat.

4. Perhatikan Durasi Video

Pertimbangkan durasi video dengan cermat. Pastikan video tidak terlalu panjang sehingga pemirsa tidak kehilangan minat. Singkat, padat, dan langsung pada intinya akan meningkatkan retensi pemirsa.

5. Optimasi dengan SEO

Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul, deskripsi, dan tag video untuk meningkatkan visibilitasnya di mesin pencari. Ini membantu video Anda lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari konten sejenis.

6. Bagikan ke Seluruh Channel Social Media

Manfaatkan kekuatan media sosial dengan membagikan video di berbagai platform. Sesuaikan konten dengan karakteristik setiap platform untuk mencapai audiens yang lebih luas. Gunakan deskripsi yang menarik dan gambar mini yang mengundang klik.

7. Evaluasi Hasil

Setelah video dipublikasikan, lakukan evaluasi hasil. Monitor metrik seperti jumlah tayangan, interaksi, dan konversi. Gunakan data ini untuk mengevaluasi performa video Anda dan membuat penyesuaian untuk strategi konten video berikutnya.

Dengan evaluasi yang baik, Anda dapat terus meningkatkan efektivitas kampanye video Anda.

Tips Tingkatkan Kualitas Audio dalam Video Marketing

Berikut beberapa tips untuk menciptakan audio yang efektif dalam video marketing:

  • Gunakan Audio Berkualitas: Pastikan audio memiliki kualitas suara yang jernih dan bebas dari gangguan atau kebisingan. Kualitas audio yang baik akan meningkatkan kesan profesional video Anda.
  • Pilih Audio Sesuai dengan Target Audiens: Sesuaikan jenis audio dengan karakteristik dan preferensi target audiens. Misalnya, gunakan audio ceria dan menyenangkan untuk target audiens anak-anak.
  • Hindari Audio Berlebihan: Pastikan audio tidak terlalu keras atau mengganggu. Audio yang seimbang akan meningkatkan pengalaman pemirsa tanpa menyebabkan ketidaknyamanan.
  • Gunakan Audio yang Konsisten: Pertahankan konsistensi audio di seluruh video untuk membantu membangun identitas merek yang kuat. Penggunaan audio yang seragam akan memberikan kesan yang bersatu dan mudah diingat oleh pemirsa.

Kesimpulan

Beecloud Solusi Terbaik Untuk Analisa Data Penjualan Dan Optimasi Promosi Bisnis Anda

Dengan semakin meningkatnya peran video marketing dalam pemasaran digital, kita dapat menyimpulkan bahwa kemampuannya untuk menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan persuasif membawa dampak positif bagi bisnis.

Untuk memanfaatkan potensi penuh dari konten video, disarankan untuk terus mengikuti perkembangan tren terbaru dalam produksi dan distribusi video, serta memahami secara mendalam preferensi dan kebutuhan target audiens.

Seiring dengan itu, penting untuk terus memonitor kinerja konten video Anda melalui analisis data, merespons umpan balik, dan terus memperbarui strategi sesuai dengan perubahan pasar.

Dengan pendekatan yang holistik dan adaptif, video marketing dapat menjadi alat yang kuat untuk membangun kesadaran merek, meningkatkan keterlibatan, dan memperluas pangsa pasar.

Artikel Terkait

Ide Bisnis Fashion Wanita Belum Banyak Pesaing
Dunia fashion wanita terus berkembang begitu pesat, persaingan pasar juga semakin ketat. Sehingga pebisnis fashion perlu memutar ide untuk menciptakan
Baca Juga
Panduan Cara Buka Toko di Shopee dan Tips Suksesnya
Shopee adalah salah satu platform belanja atau e-commerce yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena berbagai kemudahan dan keuntungannya. Oleh sebab
Baca Juga
Software Kasir Android; 8 Fitur Andalan Bee.id
Di era menjamurnya bisnis jual beli online, banyak orang berbondong-bondong mencari software kasir Android. Tidak peduli seberapa besar omset atau
Baca Juga
Cara Menghitung Inventory Turnover, Rumus dan Contohnya
Perputaran persediaan atau Inventory turnover adalah kemampuan perusahaan dalam menggunakan persediaannya secara efisien. Salah satu indikator perusahaan memiliki manajemen persediaan
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan  sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus
Baca Juga
Barcode Batang: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya
Anda pasti sudah sangat familiar dengan istilah barcode batang, bukan? Apalagi, di zaman modern sekarang ini hampir semua toko dan
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu