Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Telemarketing adalah Sentral Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 26 October 2022

Berbicara tentang telemarketing adalah hal yang sangat sentral dalam menjalankan sebuah bisnis. Tugas pentingnya adalah melakukan penjualan dan menarik pelanggan sehingga mendatangkan keuntungan untuk perusahaan.

Sampai saat ini strategi telemarketing masih cukup ampuh dan sangat dibutuhkan untuk menjual berbagai produk. Contoh telemarketing misalnya saja produk asuransi, jaringan telekomunikasi dan internet, juga berbagai bisnis yang biasanya dapat dilakukan secara online.

Detail Pekerjaan dan Tugas Seorang Telemarketer

Tugas Telemarketing Adalah

Ilustrasi Telemarketr (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa tugas penting yang menjadi bagian tak terpisahkan dari seorang telemarketer adalah melakukan panggilan kepada pelanggan. Hal yang disampaikan juga harus jelas dan bisa menjelaskan produk termasuk menjawab berbagai pertanyaan pelanggan.

  • Melakukan Kontak Kepada Pelanggan

Tugas utama dari seorang telemarketing adalah melakukan kontak kepada pelanggan biasanya melalui telepon. Disini biasanya telemarketer akan menjelaskan beberapa detail baik itu tentang produk atau jasa yang dijual.

Vokal dan suara sebaiknya jelas sehingga dapat menjelaskan dengan baik kepada pelanggan. Selain itu, kemampuan untuk menguasai materi yang diberikan juga sangat penting. Biasanya juga akan mendapatkan skrip yang umumnya berisikan informasi yang harus dikuasai.

  • Memberikan Jawaban Atas Pertanyaan Pelanggan

Anda tidak hanya akan memberikan penjelasan atau penawaran produk kepada calon pelanggan. Akan tetapi, juga akan memberikan jawaban atas keluhan atau pertanyaan dari pelanggan. Misalnya saja seorang telemarketer produk internet.

Maka ia juga harus dapat memberikan jawaban atas keluhan koneksi jaringan, dan lain sebagainya. Kesimpulannya, jobdesk telemarketing yaitu mampu melayani dan memberikan informasi pada pelanggan dengan baik.

  • Memelihara Catatan Kontak Pelanggan

Ada baiknya untuk menyadari bahwa salah satu tugas penting telemarketing adalah untuk bisa memelihara catatan kontak pelanggan dan memanfaatkannya untuk penawaran produk lainnya. Anda juga sebaiknya menghubunginya untuk menya pelanggan secara berkala.

Misalnya untuk berterima kasih karena telah menjadi pelanggan setia selama bertahun-tahun. Dengan melakukan hal tersebut, maka pelanggan akan nyaman dan mungkin akan merasa mendapatkan perlakuan istimewa.

  • Melakukan Survei Pelanggan

Saat ini sudah banyak yang melakukan survey menggunakan mesin atau daftar pertanyaan tertentu dan hasilnya dikirim melalui surat elektronik. Akan tetapi, ada beberapa keuntungan untuk melakukan survey melalui telemarketing.

Salah satu contohnya bisa memahami lebih dalam informasi tentang pelanggan yang potensial. Kedepannya, apabila ada produk yang kiranya cocok dengan kepribadian dan kebiasaan pelanggan tersebut, maka dapat dihubungi untuk menjadi calon klien potensial lainnya.

  • Melakukan Follow Up Pelanggan

Bisa dikatakan jika Anda menawarkan suatu produk hari ini maka, keesokan harinya juga harus melakukan follow up dan tindak lanjut dari penawaran tersebut. Terlebih pelanggan yang meminta waktu untuk berpikir dan mempertimbangkan kembali setelah diberikan penawaran.

Hal ini penting untuk keberlangsungan usaha, karena mungkin saja pelanggan tersebut menjadi tertarik atau ada pertanyaan lanjutan sehingga dapat segera dilakukan follow up.

Baca Juga: Sistem Penjualan Langsung, Kelebihan dan Kekurangannya

Skill yang Dibutuhkan Seorang Telemarketing

Skill Dibutuhkan Telemarketing

Ilustrasi Skill Telemarketer (Sumber: Freepik.com)

Tugas telemarketing yakni untuk mendapatkan kesepakatan dari klien tentang suatu produk atau juga bisa memberikan layanan pelanggan, hingga tugas-tugas lainnya. Beberapa skill yang sebaiknya dimiliki untuk dapat mencapai tujuan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Mendengarkan Pelanggan

Seorang telemarketer harus mampu mendengarkan pelanggan dengan baik baik itu tentang permasalahan yang dihadapi ataupun preferensinya tentang suatu produk. Sebaiknya, tidak memaksakan untuk menawarkan produk tertentu apabila pelanggan sudah menolak.

Biasanya, jika pelanggan mulai kesal mereka akan memarahi atau langsung mematikan sambungan. Seorang telemarketer juga harus bisa sabar dan menahan emosinya jika menghadapi berbagai jenisĀ  tipe konsumen.

  • Pemecahan Masalah

Biasanya tujuan utama dari seorang konsumen menghubungi layanan pelanggan adalah karena adanya kendala atau permasalahan. Maka dari itu seorang telemarketer harus memiliki rasa pemecahan masalah yang kuat mengatasi keluhan.

Dengan strategi seperti ini, maka arti telemarketing adalah memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Anda juga dapat menjaga loyalitas pelanggan apabila memberikan pelayanan seperti ini.

  • Multitasking

Ada baiknya seorang telemarketer memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa hal secara bersamaan. Misalnya saja sembari membuka layanan email pelanggan, melakukan panggilan telepon secara bersamaan, dan mencatat permasalahannya.

Maka dari itu kemampuan multitasking sangat berfungsi untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Skill ini bisa dipelajari dengan baik sehingga Anda akan bisa menjadi ahli dalam melakukan pekerjaan ini.

Kesimpulan

Arti telemarketing adalah memang penting dipahami, termasuk membahas tentang tugas, dan skill yang dibutuhkan untuk dapat menjadi seorang telemarketer handal. Pekerjaan ini tidaklah sulit, akan tetapi membutuhkan berbagai skill dan kemampuan untuk dapat menjalankannya.

Buat Laporan Penjualan Harian Satu Kali Klik dengan Beecloud

BeecloudĀ merupakan software akuntansi yang bisa mengontrol 48 cabang. Artinya Anda hanya diperlukan 1 klik saja untuk semua cabang usaha Anda dengan menggunakan software ini. Ada beberapa kelebihan dari software ini. Pertama, dapat membantu analisa bisnis berdasarkan angka seperti cash flow atau analisa penyakit bisnis. Kedua, aman dari manipulasi dan kebocoran. Kebocoran disini artinya kebocoran stok, kas, dan piutang.

DenganĀ BeecloudĀ keluar/masuk barang semua tercatat sehingga mencegah kebocoran/manipulasi stok.Ā Ketiga, bisa diakses di hp, tablet, maupun laptop.Ā  Selain itu terdapat laporan yang bisa disajikan melalui software ini yaituĀ Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang.

Bikin Laporan Penjualan Mudah dan Cepat
Hukum Permintaan dan Penawaran, Bagaimana Bunyinya?
Bagi yang pernah mempelajari ilmu ekonomi, tentunya tidak asing lagi dengan hukum permintaan dan penawaran. Pasalnya, kedua hukum ini akan […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Cafe Android Terbaik Tahun 2022
Aplikasi kasir cafe android menjadi solusi operasional usaha cafe  untuk memudahkan transaksi penjualan, aplikasi kasir sangat dibutuhkan oleh banyak pengusaha […]
Baca Juga
Software Faktur Penjualan: Lebih Mudah Bikin Invoice
Jika membahas mengenai bisnis, tak jauh dari yang namanya penjualan dan juga pembelian, atau juga bisa disebut dengan transaksi. Kedua […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright Ā© 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu