Logo Bee Web

Instagram Ads: Cara Efektif Beriklan di Platform Populer 2023

Ingin memulai peruntugan bisnis dengan menggunakan platform instagram ads? Simak cara lengkapnya berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 10 May 2023

Apakah Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas untuk bisnis Anda? Instagram Ads dapat menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Instagram sendiri termasuk menjadi salah satu media sosial populer yang memiliki jutaan pengguna yang sangat berpotensi mensukseskan pemasaran.

Mengutip dari dataindonesia.id berdasarkan data survey yang dilakukan ileh Napoleo Chat, per-April 2023 jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 109,33 juta pengguna. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 3,45% dibandingkan dengan jumlah sebelumnya dengan jumlah 105,68 juta pengguna dari berbagai kalangan dan usia.

Pengertian Instagram Ads

Instagram ads adalah

Intagram ads adalah salah satu fitur promosi yang diberikan Instagram (Credit: Freepik.com)

Jika dijabarkan Instagram Ads adalah program periklanan dari Instagram yang memungkinkan bisnis atau individu mempromosikan produk atau jasa mereka kepada audiens yang lebih luas di platform ini.

Iklan dapat muncul dalam berbagai bentuk, termasuk di feed, Stories, Reels, dan Explore. Instagram Ads memungkinkan bisnis menjangkau audiens yang lebih besar dan terlibat dengan pengguna yang lebih banyak.

Cara Membuat Instagram Ads

Untuk membuat Instagram Ads, pertama-tama Anda harus memiliki akun bisnis Instagram yang terhubung ke halaman Facebook bisnis Anda.

Jika sudah, Anda bisa ikuti panduan untuk membuat iklan di Instagram Ads melalui aplikasi Instagram berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram dan pilih akun bisnis Anda.
  • Pilih opsi "Promosikan" di bawah postingan yang ingin Anda promosikan.
  • Tentukan tujuan promosi Anda, seperti meningkatkan jumlah pengikut atau mengarahkan orang ke situs web Anda.
  • Tentukan audiens target Anda berdasarkan faktor seperti lokasi, usia, minat, dan perilaku.
  • Atur anggaran Anda dan jangka waktu promosi Anda.
  • Buat iklan Anda, termasuk gambar atau video dan teks yang menarik perhatian.
  • Setelah Anda meninjau dan menyetujui iklan Anda, bayar biaya promosi Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat iklan Instagram Ads dengan mudah dan efektif melalui aplikasi Instagram.

Pastikan untuk memeriksa kembali iklan Anda sebelum mempublikasikannya untuk memastikan bahwa konten Anda menarik perhatian audiens dan memenuhi tujuan promosi Anda.

Baca Juga: Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya

Berapa Biaya Iklan di Instagram Ads?

Biaya iklan Instagram Ads dapat bervariasi tergantung pada jenis iklan yang Anda pilih dan seberapa besar target audiens Anda. Instagram menggunakan sistem lelang untuk menentukan biaya iklan.

Untuk memulai, Instagram Ads memiliki biaya minimum sebesar Rp 25.000 per hari. Namun, biaya ini bisa saja lebih tinggi tergantung pada targeting dan tujuan kampanye iklan Anda.

Anda dapat menentukan anggaran harian atau total untuk kampanye Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih antara model pembayaran CPC (Cost Per Click) atau CPM (Cost Per Impression).

Keuntungan Menggunakan Instagram Ads

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Instagram Ads untuk kampanye iklan Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan iklan Instagram Ads, bisnis Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkenalkan merek Anda kepada orang-orang yang mungkin tidak tahu tentang bisnis Anda sebelumnya.

Hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek Anda dan membantu Anda membangun citra merek yang kuat.

2. Memaksimalkan Jangkauan

Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, sehingga iklan Anda dapat menjangkau audiens yang sangat besar.

Dengan memanfaatkan Instagram Ads, bisnis Anda dapat memperluas jangkauan iklan Anda dan menjangkau pengguna yang mungkin tidak terjangkau melalui saluran pemasaran lainnya.

3. Budget Relatif Murah

Dibandingkan dengan saluran pemasaran tradisional seperti televisi atau radio, biaya iklan Instagram Ads relatif lebih murah. Anda dapat menentukan anggaran Anda sendiri untuk kampanye iklan Anda dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hal ini memungkinkan bisnis dengan anggaran pemasaran yang lebih kecil untuk tetap memanfaatkan platform Instagram untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

4. Meningkatkan Penjualan

Instagram Ads memungkinkan bisnis untuk menargetkan audiens yang tepat dengan konten yang relevan dan menarik. Hal ini dapat membantu meningkatkan tingkat konversi dan menghasilkan penjualan yang lebih banyak untuk bisnis Anda.

Selain itu, dengan memanfaatkan fitur seperti Instagram Shopping, Anda dapat memudahkan proses pembelian produk bagi pelanggan Anda.

5. Bisa Target Audience dengan Rinci

Salah satu keuntungan terbesar dari Instagram Ads adalah kemampuan untuk menargetkan audiens dengan sangat rinci. Anda dapat menyesuaikan targeting iklan Anda berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, minat, dan bahkan perilaku pengguna.

Hal ini memungkinkan Anda untuk memperluas jangkauan iklan Anda hanya kepada orang yang benar-benar tertarik pada produk atau jasa Anda.

Dalam mengukur keuntungan iklan, Beecloud dapat membantu bisnis Anda dalam memantau biaya promosi dan mengukur keuntungan yang dihasilkan setelah beriklan di Instagram Ads.

Beecloud Solusi Terbaik Untuk Analisa Data Penjualan Dan Optimasi Promosi Bisnis Anda

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud, Anda dapat mengetahui secara pasti berapa biaya yang dikeluarkan untuk iklan di Instagram Ads dan mengukur keuntungan yang dihasilkan setelah beriklan. Anda dapat membandingkan biaya iklan dengan peningkatan penjualan atau pertumbuhan bisnis lainnya.

Dengan memantau biaya dan keuntungan secara akurat, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang berapa banyak yang harus diinvestasikan dalam pemasaran Instagram Ads dan bagaimana meningkatkan pengembalian investasi Anda.

Tips Beriklan di Instagram Ads

Berikut adalah beberapa tips berguna untuk membantu Anda memaksimalkan efektivitas kampanye iklan Instagram Ads Anda:

1. Manfaatkan Fitur Stories dengan Maksimal

Fitur Stories adalah salah satu fitur paling populer di Instagram. Anda dapat memanfaatkan fitur ini dengan mengambil gambar atau video singkat yang menarik dan menambahkan teks, stiker, atau filter yang menarik perhatian pengguna.

Pastikan untuk menyertakan CTA (Call to Action) yang jelas pada iklan Anda untuk mendorong pengguna untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

2. Perhatikan Kualitas Visual

Instagram adalah platform visual, jadi pastikan untuk memperhatikan kualitas visual iklan Anda. Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi dan pastikan untuk menampilkan produk atau jasa Anda dengan jelas.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan font dan warna yang konsisten dengan merek Anda untuk memperkuat citra merek Anda.

3. Buat Iklan yang Natural

Pastikan iklan Anda terlihat natural dan organik. Buat konten yang relevan dan menarik bagi pengguna, jangan hanya memasukkan iklan dalam postingan Anda.

Jika Anda memposting iklan di feed Anda, pastikan iklan Anda tidak terlihat seperti iklan tradisional yang menjual dengan terlalu keras.

4. Perhatikan Ukuran Gambar yang Tepat

Pastikan gambar atau video iklan Anda memiliki ukuran yang tepat agar terlihat maksimal pada platform Instagram. Ukuran gambar yang direkomendasikan untuk iklan di feed adalah 1080 x 1080 piksel, sedangkan untuk iklan di Stories adalah 1080 x 1920 piksel.

Pastikan untuk memeriksa ukuran gambar sebelum mengunggah iklan Anda untuk memastikan tampilan yang maksimal pada platform.

Baca Juga: 7 Tips Promosi di Instagram Untuk Pemula

Kesimpulan

Instagram Ads adalah platform pemasaran yang sangat efektif untuk bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas merek mereka dan meningkatkan penjualan. Dengan menargetkan audiens yang tepat dengan konten yang relevan dan menarik, bisnis dapat memperluas jangkauan iklan mereka dan meningkatkan tingkat konversi.

Selain itu, dengan biaya iklan yang relatif murah dan kemampuan untuk menargetkan audiens dengan sangat rinci, Instagram Ads adalah pilihan yang sangat baik bagi bisnis dengan anggaran pemasaran yang lebih kecil.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

9 Manfaat Statistik dalam Bisnis dan Metodenya
Apakah Anda pernah mendengar tentang statistik bisnis? Jika belum, jangan khawatir. Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda apa itu statistik
Baca Juga
Tips Mudah Bikin Laporan Akuntansi Excel dan Rumusnya
Membahas mengenai akuntansi excel memang tidak bisa lepas dengan laporan keuangan. Apakah Anda sudah mengenali apa saja rumus yang bisa
Baca Juga
Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness
Kemampuan konsumen dalam mengingat atau mengenali suatu merek menjadi salah satu hal yang mempengaruhi keputusannya saat akan membeli produk. Nah,
Baca Juga
9 Tips Manajemen Kontrol Stok dan Inventaris
Kontrol stok atau dikenal sebagai kontrol inventaris, digunakan untuk menunjukkan berapa banyak stok yang Anda miliki pada satu waktu. Berlaku
Baca Juga
10 Contoh Usaha Mikro Cocok Untuk Pengusaha Pemula
Usaha mikro adalah jenis usaha yang dijalankan dalam skala kecil. Contoh usaha mikro yang umum ditemukan pada pengrajin, toko kelontong
Baca Juga
9 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu
Sudah saatnya pebisnis memahami apa saja strategi pemasaran online, guna meningkatkan jumlah penjualan mereka. Sebab, kini berbisnis tidak hanya bisa
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu