Logo Bee Web

9 Tips Jualan Online untuk Pemula Tersukses

Mau sukses bisnis online? Intip deretan tips sukses jualan online untuk pemula agar bisa laku setiap hari dan bisa bersaing dengan kompetitor
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 17 February 2023

Perkembangan dunia digital menjadikan bisnis jualan online semakin banyak diminati karena dianggap lebih praktis dan mudah dilakukan.

Karena semakin banyak peminat pertumbuhan pebisnis online juga semakin menjamur dan banyak kompetitor bermunculan. Untuk bisa tetap bertahan dan eksis di pasaran pebisnis perlu menerapkan tips dan strategi khusus dalam kegiatan bisnis khususnya untuk para pemula.

Ada tips apa saja? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini:

Tips Sukses Jualan Online untuk Pemula

tips jualan online

Ilustrasi proses operasional bisnis jualan online (Sumber: Freepik.com)

1. Kenali dan Tentukan Produk yang Akan Dijual

Tips pertama yang harus diperhatikan oleh pemula ketika akan memulai bisnis jualan online adalah mengenali dan menentukan produk apa yang akan dijual nantinya.

Anda perlu mengenali terlebih dahulu produk mana yang sekiranya potensial untuk dijual secara online, karena tidak semua produk bisa laku terjual. Anda perlu melakukan riset dan mencari ide jualan mana yang paling potensial untuk dijual.

Mana yang paling diminati konsumen, mana yang paling dibutuhkan, mana yang paling Anda kuasai karena pengetahuan dasar mengenai produk penting untuk perjalanan bisnis dimasa depan. Untuk Anda yang sedang mencari rekomendasi ide jualan online ada setelah pembahasan ini.

Baca Juga: 9+ Ide Bisnis Online 2023 Untuk Pemula Modal Kecil

2. Mengidentifikasi Segmentasi Pasar

Kedua yang harus dilakukan adalah melakukan segmentasi pasar. Ini menjadi hal wajib yang harus dilakukan sebelum melakukan bisnis apapun itu jenisnya.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses bisnis selanjutnya, baik untuk kepentingan pemasaran maupun iklan.

Caranya dengan menentukan siapa pelanggan yang bertensi k menggunakan produk dan membeli produk yang Anda jual.

Contoh sederhananya seorang menjual obat maka yang membutuhkan obat tersebut adalah orang yang sakit. Artinya, salah satu hasil segmentasi pasar terkait pelaung konsumen dari bisnis itu sendiri adalah orang yang sedang sakit.

3. Buat Strategi Bisnis yang Matang

Jika sudah menentukan produk mana yang akan dijual dan sudah melakukan segmentasi pasar, maka hal selanjutnya adalah perencanaan strategi bisnis jualan online ini.

Mau dibawa kemana bisnis yang akan Anda bangun, bagaimana cara memulai, menjalankan sampai cara pengemangan bisnis wajib dirancang di awal. Dan yang paling penting dimana Anda akan melakukan jualan online apakah di e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia atau platform lainnya.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula

Gunanya, agar bisnis bisa dijalankan dengan konsisten dan bisa meraih apa yang diinginkan. Selain itu, strategi dan rencana bisnis ini juga bisa memudahkan Anda untuk memberikan solusi ketika bisnis tiba-tiba sedang mengalami masalah.

4. Gunakan Konsep Unique Selling Points (USP)

Berikutnya, Anda bisa menggunakan konsep Unique Selling Points (USP), dimana Anda bis menerpkn bebepa hal unik dan menarik perhatian pada bisnis jualan Online Anda. Bisa dengan eksperimen produk atau pada pelayanannya.

Penjual Unik

Contoh Penerapan Konsep Unique Selling Points (Sumber: Kaskus.com)

Ada 2 cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menggunakan strategi ini, berikut selengkapnya:

a. Bermain dengan Harga

Anda bisa menawarkan harga potongan kepada konsumen untuk bisa mendapatkan perhatian lebih dari konsumen. Bisa dengan menggunakan tawaran diskon, potongan harga atau gratisan lainnya seperti gratis ongkos kirim.

b. Kualitas

Berikutnya adalah menggunakan kualitas bahan baku yang unggul atau metode pengolahan yang berbeda, sehingga bisa menjadi pembeda dari kompetitor yang menjalankan bisnis yang sama.

5. Giat Promo di Media Sosial

Langkah selanjutnya yang bisa anda gunakan agar bisnis jualan online Anda bisa laris dipasaran dengan giat melakukan promosi di media sosial. Berbisnis jualan online seakan tidak bisa dipisahkan dengan media sosial.

Karena media sosial menjadi platform promosi terbakdan gratis yang bisa digunakan oleh pebisnis, bahkan media sosial juga bisa menjadi platform jualan yang sudah ada dalam fitur-fiturnya.

Belum lagi dengan penggunanya yang cukup banyak menjadikan media sosial bisa menjadi solusi promosi dengan segmentasi pasar yang tidak terbatas.

Sosial Media

Contoh Sosial Media Sebagai Media Promosi (Sumber: Bee.id)

6. Gunakan Website dan Terapkan SEO

Selain media sosial, Anda juga bisa menggunakan website sebagai platform penjualan sekaligus sebagai media promosi yang efektif digunakan.

Website ini bisa menjadi empat transaksi dan promosi. Anda hanya perlu menerapkan SEO (Search Engine optimization) dalam melakukan promosi, agar produk yang Anda tawarkan mudah ditemukan oleh konsumen yang membutuhkan.

7. Hindari Konflik dengan Pelanggan

Sebagian konflik akan mengakibatkan dampak buruk pihak yang berkaitan dan turut terlibat di dalamnya, termasuk berkonflik dengan konsumen.

Dimana konflik ini bisa mengakibatkan munculnya keraguan, memperlambat proses Anda untuk mensukseskan bisnis dan akan mengganggu pengalaman pelanggan yang bisa merusak reputasi bisnis yang selama ini Anda bangun.

Sebisa mungkin pebisnis bisa menanggapi permasalahan dengan sebijak mungkin, agar konsumen tidak merasa kecewa dan konflik bisa dihindari.

Meskipun dihindari, konflik ni pastinya akan terus muncul di sepanjang waktu Anda menjalankan bisnis. Mulai dari stok produk habis, produk return, atau memang karakteristik konsumen yang sedikit unik dan memerlukan pelayanan khusus.

8. Gunakan Word of Mouth

Tips selanjutya adalah menerapkan promosi produk melalui pembicaraan, apalagi jika komunikasinya berasal dari konsumen ke konsumen lainnya yang potensi untuk membeli produk yang ditawarkan.

Karena, pembicara tidak berkaitan dengan bisnis yang dijalankan, sehingga omongan dari konsumen ke konsumen lainnya menjadi hal paling jujur yang bisa dikatakan ketika menjelaskan sebuah produk.

9. Kelola Pembukuan Keuangan Bisnis Jualan Online

Beecloud Ecommerce Untuk Toko Online Web

Pengelolaan keuangan bisnis menjadi hal wajib dan penting untuk diterapkan di seluruh wilayah Indonesia, dimana dengan pembukuan optimal maka bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Dari pembukuan ini juga, Anda bisa mengetahui mana produk paling laris dan mana produk yang kurang laku sehingga bisa dilakukan evaluasi. Untuk memudahkan aktivitas pembukuan ini Anda bisa menggunakan software pembukuan online shop Beecloud.

Yang perlu Anda lakukan dengan software tersebut hanya dengan menginputkan data produk sampai transaksinya dan secara otomatis Anda bisa mengecek mana produk terlaris dari masing-masing channel.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek stok yang pastinya selalu klop dengan transaksi penjualan serta bisa mengecek laporan laba rugi sampai akuntansi. Pusing pembukuan? Dijamin tidak akan datang lagi.

Ide Jualan Online Laris Tiap Hari

Berikut, rekomendasi ide jualan yang paling laris di pasaran:

Contoh Ide Jualan Online

Skincare jadi Ide Bisnis Jualan Online Menguntungkan (Sumber: Freepik.com)

1. Bisnis Skincare

Rekomendasi produk jualan online pertama adalah skincare yang kini menjadi produk yang paling dicari dan dibutuhkan konsumen dari berbagai kalangan. Ada berbagai merk skincare bermunculan.

Anda hanya perlu memilih produk mana yang paling diminati, paling dibutuhkan dan juga sudah memenuhi standar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, untuk kepentingan konsumen Anda.

2. Bisnis Pakaian

Kedua ada bisnis pakaian, produk yang tidak ada matinya dan sudah pasti diminati dan dibutuhkan banyak konsumen. Belum lagi adanya banyak inovasi produk pakaian menambah varian pilihan.

Bisnis jualan online pakaian terus diminati, apalagi semenjak pandemi covid 19 yang melanda, menjadikan semua orang berbelanja secara online termasuk pakaian.

Anda bisa memulainya dengan memilih kategori produk pakaian apa yang akan Anda jual, apakah pakaian anak-anak, remaja, pakaian korea yang sedang trend dan masih banyak lagi.

3. Bisnis Jajanan Pedas

Ide jualan online berikutnya adalah jajanan pedas. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan pedas termasuk untuk cemilannya.

Jajanan pedas ini bisa jadi ide bisnis yang cukup menguntungkan produknya juga beragam. Mulai dari makaroni pedas, mie gulung pedas, kerupuk pedas, basreng pedas dan produk pedas-pedas lainnya.

4. Bisnis Sesuai Hobi

Berikutnya adalah bisnis produk sesuai dengan hobi, ada sebuah kalimat populer jika pekerjaan yang menyenangkan adalah pekerjaan yang dibayar. Ini bisa Anda lakukan dengan menjual produk sesuai dengan hobi.

Anda bisa menjual lukisan jika hobi Anda melukis, bisa menjual tulisan jika hobi menulis. Atau bisa menjual produk koleksi tertentu yang diminati banyak orang. Seperti album KPOP, merchandise KPOP, miniatur karakter manga dan sejenisnya.

Sekian informasi tentang tips sukses bisnis jualan online juga artikelnya yang membahas keuangan perusahaan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

5 Tips Mudah Memulai Usaha Rental Tanpa Modal
Beberapa tahun belakangan ini, bisnis rental mobil di Indonesia lebih sering diminati oleh banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari
Baca Juga
9 Makanan Khas Jogja Cocok jadi Ide Bisnis Makanan
Anda tinggal di Jogja? Atau sedang ingin mencoba bisnis berbau Jogja? Anda bisa mencobanya dengan mulai membuka bisnis makanan khas
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, Lengkap!
Contoh laporan keuangan perusahaan dagang adalah sumber informasi utama yang paling penting bagi setiap pemilik usaha maupun investor individu. Untuk
Baca Juga
Fungsi Kemasan dan Tujuannya Bagi Bisnis
Menjadi salah satu elemen penting dalam industri yang tidak hanya berfungsi sebagai bungkus produk, tetapi juga memiliki fungsi kemasan dan
Baca Juga
7+ Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis UMKM
Dalam menjalankan bisnis menentukan target  market atau target pasar adalah hal penting, agar proses pemasaran nanti mendapatkan angka penjualan yang
Baca Juga
Sistem Kasir: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya untuk Minimarket
Sistem kasir minimarket saat ini banyak digunakan para pengusaha agar memudahkan operasional usaha yang dijalankan. Begitu beragam sistem kasir yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu