🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

11 Strategi Bisnis Sukses Tingkatkan Keuntungan Perusahaan

Strategi bisnis adalah rangkaian usaha agar tujuan dari pengembangan bisnis bisa dicapai. Tujuan ini pada umumnya adalah mendulang keuntungan.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 9 April 2023

Ada banyak strategi bisnis yang bisa dipakai untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan Anda. Laba adalah hal yang menjadi tujuan sebuah bisnis didirikan, dan menjadi poin penting pengembangan bisnis.

Bisnis tanpa mendapatkan laba tentu akan berujung pada kondisi rugi, kemudian gulung tikar. Perolehan profit juga tidak boleh stagnan, harus ada peningkatan. Lebih lengkap tentang strategi untuk meningkatkan profit, berikut pembahasannya.

Apa Itu Strategi Bisnis, Simak Definisi Berikut

Strategi bisnis adalah rangkaian usaha agar tujuan dari bisnis bisa dicapai. Tujuan dari bisnis pada umumnya adalah mendulang keuntungan. Keuntungan ini nantinya akan dikembangkan sehingga bisnis berputar dan berkembang optimal.

Strategi Pengembangan Bisnis

Pengembangan bisnis berfungsi untuk membangun hubungan yang menguntungkan dengan meningkatkan laba, pengetahuan, dan reputasi. (Credit: Freepik)

Strategi dalam usaha juga dipakai sebagai acuan agar usaha bisa bertahan dari kompetitor. Selain itu, untuk meningkatkan profit juga ada strategi khusus yang harus Anda pahami. Upaya ini fokus pada meningkatkan posisi persaingan, agar menang dari kompetitor.

Berikut Ini Komponen dan Prinsip Dasar Strategi Bisnis

Komponen dan prinsip dasar dalam strategi bisnis ternyata ada beberapa yang harus dipahami. Berikut ini beberapa komponen serta prinsip dasar untuk acuan menyususn strategi.

1. Based on Data

Bisnis harus berdasarkan data sebagai acuan untuk melakukan berbagai strategi. Data yang dimaksud bisa berupa perilaku konsumen, laporan keuangan, dan berbagai hal lain. Anda akan lebih mudah menentukan strategi dengan data yang baik.

2. Pendekatan Tepat

Sebelum membuat strategi, pastikan komponen dan prinsip ini jangan terlupakan. Lakukan pendekatan sesuai dengan tipe bisnis Anda. Metodenya bisa dengan beberapa macam seperti:

  • Analisa SMART untuk tahu kuantitatif suatu kegiatan
  • Analisa SWOT untuk membantu pemecahan masalah dan mencari solusi
  • Teori optimasi agar kondisi kendala saat ini bisa dinilai

3. Penentuan Strategi

Komponen untuk strategi dalam pengembangan bisnis sangat mengacu pada data. Data-data ini yang nantinya akan menciptakan ide suatu strategi. Untuk mengambil tindakan terhadap data, Anda bisa melakukan breakdown dahulu.

Bagi strategi berdasarkan tiap bidang, sehingga nanti hasilnya lebih spesifik. Anda juga akan lebih mudah mengaplikasikan strategi sesuai dengan perencanaan.

4. Evaluasi

Prinsip strategi bisnis berikutnya adalah tahapan evaluasi. Tahap satu ini berupa pemantauan agar segera tahu bagaimana hasil dari strategi yang dilakukan. Evaluasi sangat penting untuk melihat potensi kegagalan, sehingga bisa dicegah sedini mungkin.

Inilah 11 Strategi Bisnis Sukses Tingkatkan Pendapatan Paling Efektif

Meningkatkan pendapatan bisa dengan beberapa strategi jitu. Mulai dari menambah value produk sampai melirik target konsumen baru. Lebih lengkap tentang strategi pengembangan bisnis untuk menambah profit, ini ulasannya.

1. Menambah Produk/Layanan

Jika bisnis Anda sudah berjalan secara optimal, saatnya menambah profit dengan cara ini. Tambahkan jenis produk atau layanan baru untuk memperluas potensi pendapatan. Akan tetapi, jika hendak melakukan cara ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan.

a. Riset pasar

Riset pasar berguna untuk tahu apa yang saat ini sedang hype, dicari dan dibutuhkan konsumen. Cara ini juga berguna agar Anda paham bagaimana kompetitor dalam memasarkan produknya.

Riset pasar akan membuat keputusan meluncurkan produk/layanan baru lebih matang. Segenap persiapan baik itu jenis produk sampai harga jual akan dilakukan dengan baik berkat riset dahulu.

b. Perhitungkan biaya

Menambah layanan/produk baru berarti akan ada biaya ekstra untuk produksi hingga promosi. Hitung apakah biaya tersebut worth it dikeluarkan atau hanya akan menambah beban pengeluaran.

Dengan software akuntansi, Anda dapat memonitor penjualan Anda secara real-time dan melakukan analisis yang lebih baik terhadap performa bisnis Anda. Selain itu, software akuntansi dapat membantu Anda mengelola biaya-biaya yang terkait dengan penjualan, seperti biaya pemasaran dan pengiriman produk.

Buat Catatan Biaya Produksi Dan Laporan Keuangan Mudah Dan Akurat Dengan Beeaccounting

Dengan melakukan evaluasi secara terus-menerus, Anda dapat menentukan langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan pengeluaran serta menentukan strategi untuk pengembangan bisnis.

2. Perluas Bidang Industri

Perluas bidang industri untuk melebarkan sayap di usaha yang Anda jalankan. Misalnya Anda membuka usaha restoran di suatu tempat. Coba buka juga layanan katering, kerja sama dengan agen pariwisata dan transportasi.

Kerjasama tersebut bertujuan agar nantinya ada rombongan tour dengan agen tersebut, restoran Anda menjadi tempat tujuannya. Perluas relasi agar potensi mendulang profit kian lebar.

3. Target Konsumen Baru

Jika target konsumen lama dinilai stagnan, coba lirik target baru. Misalnya Anda pengusaha di bidang fashion dengan target pasar remaja. Coba perluas dengan cara menargetkan umur atau gender lain.

Contohnya mengeluarkan pakaian yang cocok untuk kalangan dewasa atau keluarga. Target konsumen baru juga akan membuat bisnis Anda kian dikenal.

4. Meningkatkan Nilai Jual

Meningkatkan nilai jual dalam strategi bisnis berguna agar pelanggan merasakan hal lebih ketika berbelanja di tempat Anda. Metode untuk meningkatkan value pada produk atau layanan Anda sangat beragam, seperti:

  • Merubah kemasan menjadi lebih futuristik
  • Memberikan ekstra gift untuk pembelian tertentu
  • Meningkatkan layanan agar pelanggan betah dan terkesan ketika berbelanja
  • Menambah fitur-fitur yang memudahkan pembeli (terutama untuk bisnis daring)

5. Jual dalam Ukuran Lebih Besar

Ukuran sebuah produk atau jasa bisa mempengaruhi harga dan profit yang Anda peroleh. Misalnya Anda berbisnis es boba, ingin mendapatkan keuntungan lebih. Coba buat tiga macam ukuran seperti halnya di Starbucks.

Ukurannya cup atau gelas minuman dibedakan menjadi kecil, sedang, dan besar. Buat harga yang sedikit berbeda antara sedang dan besar. Otomatis, konsumen akan lebih melirik ukuran cup besar karena perbedaan harga dengan ukuran medium sedikit.

6. Kurangi Biaya Operasional

Biaya operasional yang tinggi akan membuat profit menjadi lebih kecil. Oleh karena itu, perlu memangkas beberapa biaya operasional agar lebih efektif dari segi pembiayaan. Misalnya bahan baku, kemasan, dan sebagainya.

7. Hindari Kompetisi Harga

Perang harga memang ada kalanya menimbulkan keuntungan jika Anda menang. Akan tetapi jika Anda ingin fokus ke pengembangan bisnis, perbaiki saja sektor pemasaran lain. Mulai dari produk, brand awareness, dan sebagainya.

strategi perang harga

Banyak jika mereka menurunkan harga, akan lebih banyak konsumen baru yang membeli (Credit: Unsplash)

Kompetisi harga bisa dikesampingkan dahulu untuk fokus ke peningkatkan. Coba raih pangsa pasar baru, agar potensi profit meningkat lebih besar.

8. Pakai Kemasan Ekonomis

Packaging menarik memang sangat memikat hati konsumen. Akan tetapi pastikan bahwa kemasan produk Anda tidak terlalu mahal dan membebani biaya operasional. Pikirkan konsep produk dikemas agar tetap ekonomis tetapi menarik.

Misalnya dengan permainan warna, menambah maskot, tagline, dan sebagainya. Bubuhkan juga ucapan terimakasih di kemasan untuk menambah pengalaman belanja konsumen.

9. Ekspansi Pemasaran

Strategi bisnis satu ini harus Anda pertimbangkan agar omset dan laba tidak monoton. Coba perluas jaringan pemasaran Anda dari yang masih ranah lokal ke nasional. Bisa juga melirik ranah impor untuk semakin menambah potensi pertambahan profit.

10. Gunakan Iklan Kreatif

Pemasaran berupa iklan yang kreatif masih memiliki tempat tersendiri. Bisa jadi profit yang stagnan disebabkan karena iklan yang Anda buat terlalu biasa. Coba sesekali buat gebrakan dengan iklan kreatif, agar brand awareness produk Anda lebih luas.

Misalnya dengan mengunggah video story telling terkait bisnis Anda. Bisa diambil contoh dari beberapa video Youtube berisi story telling pesanan kue, makanan, dan sebagainya. Gunakan se-kreatif mungkin ide Anda untuk beriklan.

11. Lirik Pasar Daring

Strategi bisnis berikutnya untuk menambah profit adalah melirik pasar daring. Layanan online sudah marak tersedia di berbagai sektor. Banyak juga konsumen yang lebih tertarik belanja daring alih-alih langsung datang ke store.

Jika bisnis yang Anda jalankan masih sangat konvensional, coba lirik jenis pemasaran ini. Bisa dimulai dari media sosial untuk mengenalkan produk/layanan Anda. Anda juga dapat membuat toko online agar kemudahan berbelanja lebih optimal.

Bisnis memang tidak lepas dari strategi bahkan sejak awal berdiri. Setelah di posisi yang kokoh, Anda juga harus menerapkan peningkatan profit. Tujuannya agar bisnis semakin berkembang. dari 11 strategi di atas, kira-kira mana yang ingin Anda coba?

Artikel Terkait

7 Cara Melestarikan Budaya Indonesia dengan Bisnis
Bagaimana cara melestarikan budaya Indonesia dengan bisnis? Apakah bisa? Bisa dong, Anda bisa mengkombinasikan nilai-nilai budaya lokal pada komponen bisnis
Baca Juga
1001 Panduan Mengoperasikan Mesin Kasir Toko Baju
Mesin kasir toko baju merupakan perangkat untuk mencatat jumlah pembayaran dan menangani uang tunai dalam sistem POS ritel. 4 jenis
Baca Juga
Mengenal Strategi Komunikasi Mudahkan Proses Pemasaran
Dalam dunia bisnis strategi komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan strategi komunikasi yang tepat, bisnis
Baca Juga
5 Cara Menghitung Rata-rata. Mana yang Lebih Mudah?
Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menghitung rata-rata tabel menggunakan fungsi AVERAGE di Excel. Ada beberapa cara
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat
Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu