Logo Bee Web

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Cara memasarkan produk online shop adalah strategi yang bisa dibangun oleh para pebisnis ketika memikirkan kampanye pemasaran.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 12 August 2022

Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, Anda kemungkinan akan kesulitan mengenai cara memasarkan produk online dengan tepat.

Ada banyak cara terbaik yang bisa dilakukan dalam memasarkan produk Anda secara online. Beberapa  strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan suatu produk di bawah ini sudah terbukti berhasil dilakukan oleh pebisnis online lainnya. Apa saja trik yang bisa dilakukan?

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat

Ilustrasi Online Marketing (Sumber: Pexels.com)

  • Identifikasi Target Pasar

Sebelum memasarkan suatu produk, penting untuk mengidentifikasi target pasar Anda. Siapa yang akan membeli produk Anda? Apa cara terbaik untuk menjangkau customer ini? 

Nah, di sinilah Anda mungkin perlu membuat profil customer untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang siapa target pasar Anda.

  • Profil target pasar atau customer meliputi:
  • Demografi (usia, pendapatan, lokasi, jabatan, hobi, dll.)
  • Psikografis (perilaku, tipe kepribadian, preferensi gaya hidup, dll.)
  • Pain point yang dipecahkan oleh konsumen atau produk di industri Anda
  • Tempat customer sering membeli

Dengan semua informasi ini, Anda akan lebih mudah merancang kampanye pemasaran yang menarik bagi customer Anda. Pastikan untuk merencanakan bagaimana Anda akan membedakan produk dari pesaing dengan cara yang sesuai dengan customer.

Baca Juga: Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat

  • Dapatkan Respons Emosional Dari Customer

Dalam hal mendorong customer untuk membeli produk yang Anda jual, maka perlu temukan pemicu emosional yang mendorong mereka untuk bertindak. Anda dapat melakukan ini dengan menganalisis komentar yang mereka tinggalkan di media sosial, di forum, di situs web pesaing, dll.).

 Meninjau kembali profil customer juga dapat membantu Anda mengidentifikasi hal apa yang membangkitkan perasaan customer terhadap produk yang sama dengan niche Anda.

Misalnya, jika customer Anda tidak puas dengan biaya pengiriman yang terkait dengan produk tertentu dan Anda mampu mengirimkan barang itu dengan biaya lebih rendah, sebutkan itu di halaman produk.

Anda juga dapat memperoleh respons emosional dengan menggunakan taktik urgensi dan kelangkaan di situs web Anda, seperti menampilkan penghitung waktu mundur, menampilkan produk dalam jumlah terbatas, dan mengadakan obral atau diskon terbatas.

Menerapkan taktik ini akan mendorong customer Anda untuk membuat keputusan pembelian yang lebih cepat.

  • Coba Pre-Order

Metode Pre Order Marketing

Ilustrasi Keranjang Order (Sumber: Freepik.com)

Pernah bertanya-tanya bagaimana cara memasarkan produk online biar cepat laku sebelum diluncurkan? Pre-order adalah jawabannya.

Strategi pemasaran produk ini memungkinkan Anda untuk menjual barang yang tidak segera tersedia untuk pengiriman namun berpotensi menarik pembelian. 

Produk mungkin sudah diproduksi tetapi belum dikemas oleh vendor untuk dijual atau mungkin di gudang  penyimpanan dan Anda berencana untuk meluncurkannya pada waktu atau tanggal tertentu.

Mengambil strategi preorder adalah cara yang efektif untuk membangun buzz marketing untuk produk Anda, mengukur permintaan, dan mendapatkan arus masuk uang tunai untuk berinvestasi dalam pemasaran tambahan.

Namun, jika ingin melakukan strategi ini dengan benar, Anda memerlukan beberapa langkah tentang seputar produk agar banyak diminati :

  • Bagikan kisah di nalik produk. Sangat menarik bagi customer untuk mengetahui seperti apa perjalanan suatu produk diluncurkan dari ide hingga produksi.
  • Tambahkan nilai dengan memberikan hadiah. Misalnya, Anda dapat menawarkan hadiah khusus kepada 50 orang pertama yang memesan di awal, sedangkan 200 orang berikutnya dapat ditawari diskon tambahan untuk pembelian di masa mendatang.
  • Bangun buzz melalui pemasaran influencer. Influencer dapat membantu menghasilkan buzz untuk kampanye pre-order Anda dengan memberikan review singkat produk. 

Anda dapat mengirimkan sampel kepada influencer-influencer jika produk telah dibuat atau berkolaborasi dengan mereka untuk membuat postingan merek bersama terkait peluncuran yang akan datang

  •  Buat Katalog Digital

Katalog adalah alat yang sangat baik untuk menjual kepada customer yang suka membeli dalam jumlah banyak. Katalog memungkinkan Anda menuliskan detail produk Anda dan berbagi informasi yang dibutuhkan orang ketika pertama kali membeli produk yang sebelumnya belum pernah dikenal.

Lalu bagaimana cara membuat katalog produk? Anda bisa memanfaatkan WhatsApp Business untuk mengatur katalog produk Anda. Selain itu, jika Anda memasarkannya ke Instagram, buatlah desain berbentuk katalog dengan memanfaatkan software desain professional atau bisa juga Canva.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula

Kesimpulan

Ada banyak cara memasarkan produk online yang bisa Anda coba untuk membangkitkan pembelian dari para target pasar Anda. Semakin rajin Anda melakukan pemasaran, maka akan semakin besar peluang produk Anda diminati. 

Toko online anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap orderan olshop manual satu per satu ke pembukuan? Memperkenalkan Beecloud + Plugin E-commerce. Rekap ribuan transaksi dari Tokopedia dan Shopee cukup 7 menit, 1x klik. Plugin E-commerce, import transaksi penjualan dan pelunasan dari marketplace ke software akuntansi Beecloud sekali klik. Bukan cuma transaksi, anda juga bisa import pelunasan/pencairan dana dari marketplace ke Beecloud. Gak repot lagi rekap uang masuk satu per satu.

Coba gratis Beecloud sekarang! Info lebih lanjut klik banner di bawah ini.Beecloud Ecommerce untuk Toko Online_web

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

13 Ide Usaha Sampingan Karyawan Menguntungkan 2024
Meningkatkan kebutuhan hidup hanya mengandalkan gaji pokok sebagai karyawan kadang kala tidak cukup, sehingga timbul ide untuk membuka usaha sampingan
Baca Juga
Hindari Kesalahan Fatal! Ini 7 Tips Melakukan Restock Barang
Kegiatan restock barang strategi bisnis yang penting bagi para pengecer dan produsen guna memenuhi permintaan yang terus meningkat dari pasar.
Baca Juga
Kumpulan Ide Usaha Sampingan, Dijamin Banyak Cuan!
Anda berencana untuk mulai menjalankan usaha sampingan? apa bingung nentuin ide usaha sampingan apa? Alasan setiap orang tertarik mungkin tidak
Baca Juga
Strategi Manajemen Piutang: Efektif Kelola Keuangan Bisnis
Apakah Anda memiliki bisnis yang sering mengalami masalah dengan piutang? Apakah Anda ingin meningkatkan arus kas dan mengoptimalkan kinerja keuangan
Baca Juga
Analisa Kinerja Keuangan Perusahaan dan Indikatornya
Analisis kinerja keuangan menjadi kegiatan penting untuk memantau kondisi finansial sebuah usaha. Seperti menggali informasi dari laporan laba rugi, neraca,
Baca Juga
13 Rekomendasi Usaha yang Jarang Rugi Untung Besar
Memiliki perasaan takut rugi ketika memulai bisnis rasanya sudah menjadi hal wajar, apalagi untuk pemula yang belum memiliki modal besar
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu