Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Cari Ide Jualan Makanan Kekinian di 2023?

Dipublish Tgl: Tuesday, 27 December 2022

Anda sedang tertarik untuk cari ide jualan makanan kekinian di 2023, tetapi Anda tidak tahu makanan apa yang menarik untuk dijual? Anda bisa saja memilih makanan klasik, tetapi Anda ingin memastikan bahwa ide bisnis makanan ini yang bakalan laris manis di tahun 2023.

Anda juga bisa mencoba sesuatu yang sedikit lebih out of the box, tetapi Anda tidak yakin apakah itu akan laris terjual di market.

Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda beberapa ide untuk makanan yang sedang populer saat ini dan yang kemungkinan akan tetap populer pada tahun 2023.

Apa Saja Ide Jualan Makanan Terbaru?

Kalau Anda masih bingung untuk menjual makanan di tahun ini, Anda bisa mencoba berbagai ide penjualan makanan yang menarik berikut ini. Salah satu misalnya, Anda bisa memilih jualan makanan organik.

Makanan organik kini semakin diminati oleh masyarakat, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dengan memilih jualan makanan organik. Selain itu, Anda juga bisa memilih jualan makanan ringan seperti kue atau makanan sehat seperti salad.

Berikut adalah beberapa ide penjualan makanan terbaru yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Jualan makanan online melalui aplikasi pemesanan makanan atau toko online.
  2. Jualan makanan di lokasi acara-acara seperti pesta, pertandingan, dan lainnya.
  3. Jualan makanan kemasan atau makanan beku yang dapat disimpan untuk waktu yang lebih lama.
  4. Jualan makanan organik atau makanan sehat yang terbuat dari bahan-bahan yang diperoleh secara alami.
  5. Jualan makanan khas suatu daerah atau negara yang mungkin belum banyak dikenal oleh orang lain.
  6. Jualan makanan vegetarian atau vegan yang cocok untuk mereka yang mengikuti pola makan tanpa daging atau produk hewani lainnya.
  7. Jualan makanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu, misalnya makanan untuk penderita diabetes atau alergi tertentu.
  8. Jualan makanan yang dapat disajikan dengan cara yang unik atau menyenangkan, misalnya makanan yang disajikan dari truk makanan atau dari gerobak kecil.
  9. Jualan makanan yang dapat disajikan dengan cara yang mudah dan cepat, misalnya makanan yang dapat disajikan dalam kemasan takeaway atau makanan yang dapat disajikan dengan cara yang instan.

Baca Juga: Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

Ide Jualan Makanan Kekinian Modal Kecil Untung Besar

Apa makanan ringan kekinian yang sedang laris? Anda bisa coba ide bisnis makanan ringan yang kekinian ini. Selain modalnya yang kecil, Anda juga bisa untung besar dengan usaha ini.

Contohnya, Anda bisa menjual aneka roti unik seperti roti isi kacang merah, roti isi telur, atau roti isi daging. Selain itu, Anda juga bisa menjual aneka makanan instan seperti mi instan, nasi goreng instan, atau bubur instan. Untuk minuman, Anda bisa menjual es dawet hitam, es campur, atau es buah.

Dengan ide bisnis makanan ringan kekinian ini, Anda pastinya akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar di tahun 2023 nanti.

Ide Jualan Makanan Pakai Jasa Kirim

Jualan Makanan dengan Menggunakan Ojol (Sumber: Freepik.com)

Ide Jualan Makanan Kekinian yang Kreatif

Masih bingung mencari ide jualan makanan yang kreatif? atau ide jualan makanan makanan kekinian modal kecil untung besar? Berikut ini beberapa inspirasi yang bisa Anda praktekkan untuk memperoleh acuan.

Berikut adalah 3 ide bisnis makanan kekinian yang kreatif yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Jualan makanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu, misalnya makanan yang dapat disesuaikan dengan preferensi rasa atau kebutuhan nutrisi yang spesifik. Anda dapat menyediakan opsi pilihan bahan-bahan yang dapat ditambahkan atau dihilangkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  2. Jualan makanan yang dapat disajikan dengan cara yang unik dan menyenangkan, misalnya makanan yang disajikan dalam bentuk yang artistik atau dalam wadah yang unik. Anda dapat menggunakan teknik presentasi yang kreatif untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan nilai jual makanan Anda.
  3. Jualan makanan yang memiliki cita rasa yang unik dan menarik, misalnya makanan yang menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa atau memiliki cita rasa yang kuat. Anda dapat mencoba mengembangkan resep-resep baru yang dapat menghadirkan sensasi rasa yang belum pernah dicoba oleh pelanggan sebelumnya.

Makanan Apa yang Viral di 2023?

Tidak ada yang tahu makanan apa yang akan viral di tahun 2023. Namum jika melihat tren dari tahun 2022, beberapa makanan ini mungkin akan populer di tahun 2023.

Makanan yang Sehat dan Bergizi

- Jualan makanan sehat yang disajikan dalam bentuk bento atau paket makan yang terdiri dari berbagai macam sayur-sayuran segar, daging tanpa lemak, dan biji-bijian utuh. Anda dapat menyediakan pilihan menu yang berbeda setiap harinya agar pelanggan tidak merasa bosan dengan makanan yang sama.

- Jualan makanan sehat yang disajikan dalam bentuk smoothie atau jus yang terbuat dari bahan-bahan segar seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Anda dapat menyediakan pilihan menu yang berbeda agar pelanggan dapat mencoba berbagai macam rasa.

- Jualan makanan sehat yang disajikan dalam bentuk snack sehat seperti kacang-kacangan yang diolah dengan bahan-bahan sehat seperti keju rendah lemak atau kacang-kacangan yang dibakar tanpa menggunakan minyak. Anda dapat menyediakan pilihan snack yang berbeda agar pelanggan dapat mencoba berbagai macam rasa.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dari Tren Makanan Sehat

Makanan yang Berasal dari Daerah atau Negara Lain yang Belum Banyak Dikenal

Berikut adalah 4 contoh makanan yang berasal dari daerah atau negara lain yang belum banyak dikenal:

- Nasi goreng Thailand. Nasi goreng Thailand terbuat dari nasi yang dibakar dengan telur, daging sapi, dan bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Nasi goreng Thailand juga biasanya disajikan dengan saus pedas yang membuatnya semakin enak.

- Curry India. Curry India terbuat dari kuah yang dibuat dengan bahan-bahan seperti rempah-rempah, kacang-kacangan, dan susu kental manis. Curry India biasanya disajikan dengan nasi atau roti naan yang dapat digunakan untuk mengambil kuahnya.

- Tacos Meksiko. Tacos Meksiko terbuat dari roti kecil yang terbuat dari tepung jagung atau tepung gandum yang dibentuk menjadi cakram dan dipanggang. Tacos Meksiko biasanya diisi dengan daging sapi yang dipanggang atau dibakar, sayur-sayuran segar, dan saus.

Ide Jualan Makanan Sushi Jepang

Makanan Sushi untuk Ide Jualan Makanan 2023 (Sumber: Freepik.com)

- Sushi Jepang. Sushi Jepang terbuat dari nasi yang dicampur dengan cuka dan disajikan bersama dengan irisan ikan atau daging sapi yang dipanggang atau dibakar. Sushi Jepang juga biasanya disajikan dengan wasabi, saus soy, dan selada.

3 Ide Bisnis Makanan Kekinian yang Dapat Disajikan dengan Cara yang Mudah dan Cepat

- Makanan bergizi seperti roti bakar dengan isian sehat seperti daging ayam tanpa lemak atau sayur-sayuran segar. Anda dapat menyajikan roti bakar dengan cepat dengan cara memanggang atau menggorengnya dengan cepat.

- Makanan sehat seperti salad yang terbuat dari sayur-sayuran segar yang dipotong-potong dan disajikan dengan saus yang lezat. Salad dapat disajikan dengan cepat karena hanya perlu dipotong-potong dan disajikan dalam kemasan yang mudah dibawa.

- Makanan ringan sehat seperti kacang-kacangan yang diolah dengan bahan-bahan sehat seperti keju rendah lemak atau kacang-kacangan yang dibakar tanpa menggunakan minyak. Anda dapat menyajikan kacang-kacangan dengan cepat dengan cara mengemasnya dalam kemasan yang mudah dibawa.

Tips dan Strategi Menjual Makanan Cepat Laku

Jadi, apa yang membuat sebuah makanan laku cepat? Ada beberapa faktor, di antaranya:

  1. Kualitas makanan. Kualitas makanan yang sehat dan bergizi serta terlihat menarik dan lezat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan jualan makanan. Pelanggan cenderung lebih tertarik untuk membeli makanan yang memiliki kualitas yang baik.
  2. Harga. Harga yang wajar merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan jualan makanan. Pelanggan cenderung lebih tertarik untuk membeli makanan yang memiliki harga yang sesuai dengan kualitasnya.
  3. Kemudahan akses. Kemudahan akses ke makanan merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan jualan makanan. Pelanggan cenderung lebih tertarik untuk membeli makanan yang dapat dengan mudah diakses dan disajikan dengan cepat.
  4. Kemudahan pembayaran. Kemudahan pembayaran merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan jualan makanan. Pelanggan cenderung lebih tertarik untuk membeli makanan yang dapat dibayarkan dengan cara yang mudah dan praktis.
  5. Penampilan. Penampilan makanan yang menarik dan terlihat lezat merupakan faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan jualan makanan. Pelanggan cenderung lebih tertarik untuk membeli makanan yang terlihat lezat dan menarik.
  6. Promosi. Promosi yang efektif dapat membantu meningkatkan keberhasilan jualan makanan. Selalu pastikan untuk melakukan promosi yang efektif agar pelanggan dapat mengetahui tentang makanan yang Anda jual.

Oke, jadi sekarang Anda tahu apa saja faktor yang mempengaruhi seberapa cepat sebuah makanan laku.

Untuk mendukung bisnis jualan makanan, sebaiknya Anda juga wajib menyiapkan pembukuan keuangannya. Karena banyak pengusaha makanan rintisan malah merugi karena tidak pernah tahu dan tidak pernah pantau keuntungan bisnisnya.

Umumnya mereka hanya fokus ke jualan saja, padahal kontrol biaya dan bahan baku juga penting untuk menghindari kerugian. Oleh sebab itu, penting sekali menyediakan aplikasi pembukuan untuk mencatat pengeluaran, stok bahan baku dan pencatatan omset Anda.

Beepos Mobile Cafe

Contoh aplikasi pembukuan yang cocok untuk bisnis Food and Beverage ini adalah Beepos Mobile. Dengan aplikasi kasir ini, Anda bukan hanya mencatat dan cetak struk penjualan saja. Tapi juga akan tahu laba bersih dari penjualan Anda. Tertarik? Anda bisa coba akses di sini.

Kesimpulan

Jadi, jika Anda mencari ide untuk menjual makanan di tahun 2023, Anda beruntung. Kami telah mengumpulkan beberapa ide terbaik dan terpopuler yang sedang tren saat ini. Ingat, kunci sukses bisnis makanan adalah selalu menjadi yang terdepan, dan menawarkan sesuatu yang baru dan menarik kepada pelanggan Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah melakukan brainstorming hari ini, dan Anda bisa jadi sedang dalam perjalanan untuk memulai tren makanan besar berikutnya.

Selalu ingat untuk terus mencari peluang baru dan mengembangkan usaha Anda agar dapat bersaing di pasar yang semakin ketat. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan berinovasi dalam menjual makanan agar dapat menarik minat pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda.

Cara Mudah Hitungan Lembur Per Jam Sesuai Aturan Undang-Undang
Membahas mengenai kerja lembur tentu tidak lepas dengan cara perhitungan lembur per jam yang mana hal ini tentu sudah diatur […]
Baca Juga
Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih […]
Baca Juga
Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat
Digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan beberapa […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu