Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

10 Karakteristik Wirausaha, Apakah Anda Termasuk?

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 28 November 2022

Pada saat ini banyak orang yang memilih untuk menjadi wirausahawan. Hal tersebut dikarenakan menjadi seorang wirausahawan mempunyai pendapatan yang cukup menggiurkan. Keberhasilan seorang wirausaha tentu akan diperoleh dengan adanya karakteristik wirausaha.

Menjadi seorang wirausahawan cukup menarik, terlebih lagi ada banyak pilihan usaha dengan modal yang minim. Ketika yang dijalankan dapat berkembang pesat akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi sejumlah masyarakat yang menganggur.

Apa itu Karakteristik Kewirausahaan?

karakterisrik-wirausaha-adalah

Ilustrasi Wirausaha (Sumber: Freepik.com)

Karakteristik kewirausahaan adalah berbagai hal yang mempunyai hubungan dengan perilaku, watak, ciri khas, sikap, dan tabiat seseorang untuk berhasil menjadi wirausahawan. Dimana karakteristik tersebut ditujukan untuk mewujudkan ide inovatif dalam kegiatan usaha bisnisnya

Perilaku dan sikap tersebut meliputi sebagian besar perilaku dan sikap seorang wirausahawan dalam menjadi kehidupan sehari-harinya. Komitmen ketika melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati menjadi kunci keberhasilan dalam karakteristik wirausaha.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Wirausaha? Ciri-ciri dan Tujuannya

Tujuan Wirausaha

Seorang wirausahawan tentu mempunyai tujuan ketika membangun suatu usaha. Dimana tujuan tersebut meliputi tujuan pribadi dan tujuan kepentingan bersama. Berikut merupakan penjelasan mengenai tujuan wirausaha:

  • Sosialisasi wirausaha kepada masyarakat

Ketika ada seorang wirausahawan yang sukses, maka masyarakat sekitar akan cenderung ingin memiliki usaha juga. Munculnya kesadaran pada masyarakat ini membuatnya juga ikut berwirausaha pula.

Dalam hal ini masyarakat akan tergerak untuk mencari tahu tentang bagaimana cara sukses mempunyai usaha. Selain itu, masyarakat juga akan cenderung belajar mengenai dunia bisnis.

  • Meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas

Dalam menjalankan suatu usaha tentunya akan sangat membutuhkan sumber daya manusia. Hal tersebut mengakibatkan peningkatan kualitas dan pemberdayaan sumber daya manusia. Dengan demikian sumber daya manusia tersebut akan tergerak membuka lapangan pekerjaan sendiri.

  • Membudayakan sikap dan semangat dalam berwirausaha

Membudayakan sikap dan semangat dalam berbisnis menjadi salah satu tujuan wirausaha. Pada saat masyarakat melihat kesuksesan orang lain, maka mereka akan mengikuti sikap dan perilaku dari seseorang yang sukses tersebut.

  • Menyejahterakan masyarakat

Ketika suatu usaha dapat berkembang dengan pesat tentu akan membutuhkan karyawan. Dalam hal ini tujuan wirausaha salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Dengan demikian kegiatan wirausaha mampu mengurangi angka pengangguran.

10 Karakteristik Wirausaha

10 Karakteristik Wirausaha

Ilustrasi Karakteristik Wirausaha (Sumber: Freepik.com)

Karakteristik wirausaha merupakan hal yang penting dan sangat mempengaruhi keberhasilan dari berwirausaha. Adapun beberapa karakter yang harus dimiliki oleh wirausahawan, yakni:

1. Disiplin

Karakteristik wirausaha yang pertama adalah harus mempunyai kedisiplinan yang tinggi. Dimana sikap disiplin ini akan mampu menunjukkan bahwa seorang wirausahawan sedang bekerja keras untuk melakukan apa saja yang berkaitan dengan bisnis.

Disiplin yang dimaksud disini adalah keteraturan seseorang ketika menjalankan suatu bisnis. Sikap disiplin mampu membangkitkan semangat dan memotivasi diri untuk menggapai tujuan. Menjadi seorang wirausahawan harus mempunyai kemampuan untuk memimpin diri sendiri.

Tujuan dari memimpin diri sendiri ini untuk terciptanya sikap disiplin. Sikap disiplin dapat dilakukan mulai dari hal kecil, seperti datang tepat waktu, memiliki jadwal kerja, waktu bangun tidur, kapan waktu harus bertemu klien, kapan istirahat, dan lain sebagainya.

2. Pantang menyerah

Dalam menjalankan bisnis dari awal tentu aka nada tantangan bahkan beberapa kegagalan yang akan dialami selama prosesnya. Dalam hal ini dibutuhkan sikap pantang menyerah oleh pelaku usaha.

Jika mudah menyerah ketika mendapatkan suatu kegagalan maka bisnis tidak akan berlanjut. Justru dari suatu kegagalan yang dialami dapat dijadikan sebagai pengalaman dan pembelajaran untuk langkah selanjutnya

3. Mempunyai komitmen yang tinggi

Komitmen merupakan hal yang berkaitan dengan setiap tindakan maupun perkataan yang harus dipertanggung jawabkan oleh seorang wirausahawan. Dalam membangun suatu usaha dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk mencapai tujuan.

Komitmen yang tinggi ini mampu memberikan kepercayaan terhadap diri sendiri ketika berwirausaha. Selain itu, suatu komitmen akan sangat mempengaruhi tindakan selanjutnya dalam proses berbisnis.

4. Jujur

Ilustrasi Wirausaha Bersama Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Sebuah kejujuran merupakan karakteristik wirausaha yang paling penting dalam dunia bisnis. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam dunia bisnis sikap jujur sangat dibutuhkan. Dimana dengan adanya kejujuran ini akan membangun rasa percaya dari berbagai pihak.

Kepercayaan yang berhasil diperoleh tentu akan memudahkan perjalanan bisnis. Selain itu, klien yang sudah percaya akan terus menggunakan bahkan menyebarkan suatu bisnis tersebut. Dalam hal ini meletakkan kepercayaan dari berbagai pihak menjadi kunci sukses berwirausaha.

5. Percaya diri

Sikap percaya diri sangat dibutuhkan ketika seseorang ingin memulai berbisnis. Dengan sikap percaya diri ini akan membuat seseorang percaya akan kemampuan diri sendiri bahwa mampu menjalankan serta membangun bisnis.

Percaya diri menjadi sebuah tanda bahwa seorang wirausahawan siap untuk menghadapi berbagai tantangan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa dalam berbisnis tentu akan dijumpai banyak tantangan.

Tantangan tersebut tidak akan meruntuhkan semangat seseorang jika mempunyai kepercayaan terhadap dirinya sendiri. Akan tetapi, membangun rasa percaya diri juga harus diimbangi dengan pengendalian diri agar tidak menimbulkan kesan sombong.

6. Selalu bekerja keras

Kerja cerdas menjadi prinsip yang wajar dan harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Selain kerja cerdas, seorang wirausahawan juga harus mengimbangi dengan kerja keras. Dimana kerja keras dalam dunia bisnis menjadi resep ampuh untuk menjalankan suatu bisnis.

Kombinasi kerja keras dan kerja keras sangat dibutuhkan dalam mengusahakan segala hal. Tanpa adanya kerja keras maka semua ide yang tertuang hanya akan sia-sia. Sebaliknya, tanpa ada kerja cerdas maka usaha yang dilakukan menjadi sia-sia atau tidak efektif.

7. Mempunyai kreativitas yang tinggi

Kreativitas juga menjadi salah satu karakteristik wirausaha yang sangat penting. Tujuan adanya kreativitas adalah untuk menciptakan ide usaha yang menarik perhatian konsumen. Dalam dunia bisnis dibutuhkan kreativitas yang tidak terbatas karena dunia selalu mengalami perubahan.

Untuk menarik minat konsumen sesuai dengan kegunaannya, maka suatu kreativitas juga harus diimbangi dengan inovasi. Inovasi yang dimunculkan ini bertujuan untuk menciptakan produk sesuai kebutuhan pelanggan.

8. Berani mengambil resiko

Ilustrasi Wirausaha Berani Mengambil Resiko (Sumber: Freepik.com)

Seorang wirausahawan harus mempunyai sikap untuk berani bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah dibuat. Dalam hal ini biasanya banyak orang yang tidak mengambil keputusan karena konsekuensi yang bisa saja diperoleh.

Akan tetapi, bisnis tidak akan bergerak atau maju jika tidak ada keputusan yang diambil. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan bisnis dibutuhkan sikap berani mengambil resiko.

9. Dapat bekerja sama

Sebuah bisnis tentu tidak dapat berjalan jika dilakukan oleh satu orang saja. Oleh sebab itu, dalam berwirausaha dibutuhkan kerja sama dengan orang lain. Seorang wirausahawan harus mampu bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain.

10. Berorientasi pada masa depan

Seorang wirausahawan harus selalu memikirkan situasi masa yang akan datang. Dalam hal ini meliputi pengambilan peluang untuk membuat bisnis lebih berkembang.

Baca Juga: Apa itu CEO? Spesifikasi, Gaji dan Perbedaan dengan Owner

Kesimpulan

Karakteristik wirausaha menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam membangun bisnis. Hal ini dikarenakan karakter dari seorang wirausaha akan menentukan keberhasilan suatu usaha. Selain itu, dengan adanya karakter ini mampu membuat rencana pengembangan bisnis.

Dalam bisnis ada banyak hal yang perlu diatur. Baik itu produksi maupun internal bisnis seperti laporan keuangan. Setiap proses bisnis adalah hal yang penting dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk memudahkan pekerjaan dan tetap bisa berkonsentrasi dalam bisnis, Anda bisa berinvestasi kepada teknologi yang tepat. Misalnya menggunakan Software Akuntansi Online Beecloud untuk mengatur proses akuntansi yang terjadi dengan bisnis Anda. Usaha Anda akan lebih lancar tanpa harus memusingkan proses laporan keuangan.

Coba gratis selama 14 hari dengan klik di sini atau klik banner di bawah ini!

Mudah-Sususn-Laporan-Keungan-Untuk-Wirausaha

Cara Menggunakan Mesin Kasir ala Alfamart
Cara menggunakan mesin kasir penting untuk pengusaha dan kasir karena fungsinya menangani penjualan. Banyak pengusaha minimarket menggunakan aplikasi kasir agar […]
Baca Juga
5 Pаnduаn Bisnis Rental Mobil dаn Alasannya
Sudah berpuluh-puluh tahun lamanya bisnis rental mobil mеnjаdі ѕаrаnа trаnѕроrtаѕі ріlіhаn untuk bepergian keluar kоtа. Semakin lаmа bisnis tеrѕеbut menjamur […]
Baca Juga
Tips Mengelola Keuangan dengan Software Bengkel Mobil Bagus
Ketika Anda mencari software bengkel mobil bagus, maka akan bermunculan banyak sekali pilihan software. Tetapi dari semua software itu, sudahkah […]
Baca Juga
Cara Membuat Perencanaan Usaha dan Tipsnya
Perencanaan Usaha menjadi salah satu tugas yang banyak terlewatkan oleh para pengusaha, khususnya UMKM. Namun, agar bisnis lebih maksimal, maka […]
Baca Juga
Cara Membuat Anggaran Penjualan Agar Bisnis Tidak Rugi
Setiap pebisnis perlu memiliki anggaran penjualan untuk menentukan kemana mereka akan bergerak dalam aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Tanpa adanya […]
Baca Juga
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa strategi marketing yang sukses adalah kunci kesuksesan Anda. Tetapi apa saja yang boleh dan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu