Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Contoh Laporan Perubahan Modal

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 15 July 2022

Apa yang dimaksud laporan perubahan modal? Bagaimana cara membuatnya dan seperti apa contoh laporan perubahan modal? Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda harus memahami pengetahuan dasar satu ini dalam mengurus bagian keuangan perusahaan.

Laporan ini merupakan laporan yang memperlihatkan penurunan atau peningkatan aktiva bersih serta kekayaan pada periode tertentu. Hampir seluruh perusahaan publik membuat laporan ini sebab struktur kepemilikan yang kompleks akan perubahan ekuitas.

Definisi Laporan Perubahan Modal atau Ekuitas

Definisi Laporan Perubahan Modal

Ilustrasi Laporan Perubahan Modal (Sumber: Pexels.com)

Yang dimaksud dengan laporan perubahan modal merupakan salah satu dari laporan keuangan yang memuat informasi tentang ekuitas suatu perusahaan dan juga informasi atau segala sesuatu yang membuatnya berubah, bertambah atau berkurang sampai dengan akhir periode akuntansi.

Penyusunan laporan ini dilakukan sesudah neraca lajur dan laporan laba rugi ada, sebab sumber datanya memang berkaitan dengan laba atau rugi yang tercatat dalam laporan laba rugi. Tujuan pembuatan laporan ini adalah mencatat perubahan keuangan pada satu periode.

Bagaimana Cara Membuat Contoh Laporan Perubahan Modal?

Dalam membuat laporan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pada buku besar, buat akun terpisah untuk tiap-tiap ekuitas berisi nilai nominal saham, tambahan modal, serta laba ditahan.
  • Tulis seluruh transaksi pada setiap akun ekuitas dalam spreadsheet, kemudian identifikasi pada sheet tersebut.
  • Identifikasi pertama dilakukan dengan meletakkan modal awal pada bagian atas laporan. Ini juga dapat dilihat dari neraca saldo sesudah tutup buku pada periode sebelumnya. Di samping itu, modal awal ini dapat pula diperoleh dari neraca lajur pada neraca saldo sebelum dilakukan penyesuaian.
  • Hitung laba dan/atau rugi bersih pada periode laporan. Hal ini dapat Anda peroleh dengan mengurangi transaksi di kolom debet serta kredit (pada seksi laba dan/atau rugi di neraca lajur). Anda dapat pula mengambil dari perhitungan akhir laporan laba rugi komprehensif pada periode laporan.
  • Tentukan dan hitung penarikan yang dilakukan dari neraca lajur, di bagian neraca pada kolom debet.
  • Hitunglah modal akhir sesuai data yang sudah diperoleh dan disusun tadi.
  • Gabung seluruh transaksi yang ada pada jenis yang sama, lalu catat pada item baris yang terpisah pada laporan.
  • Periksa kembali data, lengkapi informasi yang kurang, kemudian pastikan lagi bahwa saldo awal serta akhir sudah cocok dengan informasi pada buku besar yang mencatat laporan keuangan perusahan.

Baca Juga: 5 Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Punya

Bagaimana Rumus Menghitung Transaksi pada Contoh Laporan Perubahan Modal?

Menghitung Laporan Perubahan Modal

Ilustrasi Menghitung Laporan Perubahan Modal (Sumber: Freepik.com)

Rumus untuk menghitung transaksi pada laporan ini terbagi menjadi komponen saldo awal dan akhir pada ekuitas net profit, dividen, dan perubahan-perubahan lain yang tercantum pada laporan. Rumus menghitungnya adalah sebagai berikut.

Saldo Akhir Ekuitas = Saldo Awal Ekuitas + Net Profit - Dividen +/- Perubahan Lain

Dengan keterangan atau penjelasan rumus sebagai berikut.

  • Saldo awal ekuitas, adalah banyaknya modal ekuitas saat periode awal pelaporan, di mana jumlahnya sama dengan saldo akhir ekuitas di laporan periode sebelumnya.
  • Laba bersih, adalah laba/rugi bersih yang ada pada laporan laba rugi di periode pelaporan.
  • Dividen, adalah pembagian laba, dibayarkan berdasarkan kesepakatan rapat umum bersama pemegang saham.
  • Perubahan lain, adalah efek perbaikan pada periode pelaporan sebelumnya, seperti perubahan modal saham dan perubahan cadangan modal.

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan Dagang

Di bawah ini merupakan contoh laporan dari perusahaan bisnis sebagai kepemilikan tunggal jenis layanan percetakan ABCD Printing. Pemilik perusahaan mempunyai modal awal sebesar Rp250.000.000 dan selama tahun 2020 sudah mengambil dana (prive) sebesar Rp25.000.000.

Berikut ini merupakan cara dalam menyajikan laporan perubahan ekuitas didata dengan sederhana. Langkah pertama adalah membuat laporan laba rugi.

PT ABCD Printing

Laporan Laba Rugi

Untuk periode yang berakhir 31 Desember 2020

Penjualan Bersih   Rp90.000.000
Harga Pokok Penjualan   Rp70.000.000
Laba Kotor   Rp20.000.000
BEBAN USAHA    
Beban Penjualan Rp10.000.000  
Beban Admin dan Umum Rp500.000  
LABA USAHA   Rp10.500.000
  Rp9.500.000
Pendapatan di luar usaha    
Pendapat bunga   Rp700.000
Laba bersih sebelum pajak   Rp10.200.000
Pajak penghasilan   Rp3.000.000
Laba bersih setelah pajak   Rp7.200.000

 Langkah berikutnya adalah menyusun contoh pembuatan laporan perubahan modal.

PT ABCD Printing

Laporan Perubahan Modal

Untuk periode yang berakhir 31 Desember 2020

Modal Rp250.000.000
Laba bersih setelah pajak Rp7.200.000
  Rp242.800.000
Prive Rp25.000.000
Modal akhir Rp217.800.000

Kesimpulan

Tanpa laporan keuangan, perusahaan tidak dapat mengukur kinerja hingga perkembangan perusahaan selama periode yang diketahui. Sayangnya hal ini tidak disadari oleh beberapa perusahaan yang baru berkembang.

Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui dan membuat 5 laporan keuangan untuk perusahaan. Jika Anda ingin membuat laporan keuangan secara otomatis dan cepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Membuat laporan keuangan bulanan dengan menggunakan Excel memang suatu keharusan bagi setiap instansi, perusahaan, dinas, maupun lembaga organisasi lainnya dengan tujuan untuk menganalisa pengelolaan keuangan di instansi tersebut. Prosesnya yang ribet dan memakan waktu kini sudah ada solusinya. Cobalah gunakan software akuntasi Beecloud untuk merasakan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan perusahaan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang Bisa Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis

Banner Beecloud Laporan Neraca

Malas Mencatat Keuangan? Aplikasi Keuangan Digital Bisa Jadi Solusi!
Mencatat keuangan dengan aplikasi keuangan digital, baik untuk pribadi, keluarga, maupun bisnis merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Tujuannya tentu […]
Baca Juga
Cara Menghitung Laba Penjualan yang Bеnаr dalam Berbisnis
Tеntu ѕаjа, реntіng bаgі Andа untuk mengetahui cara menghitung laba penjualan yang benar раdа bisnis. Mengapa bеgіtu? Karena laba penjualan […]
Baca Juga
Pengertian Etika Profesi Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui
Etika Profesi Akuntansi adalah suatu ilmu tentang perilaku atau tindakan baik dan buruk yang berpacu dalam pikiran manusia yang dapat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu