🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Laporan Cash Flow Sederhana Excel

Contoh laporan cash flow sederhana excel bisa membantu  Anda sebagai pemilik bisnis dalam proses pembukuan.
Penulis: Nindya Adityanti
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 15 March 2022

Contoh laporan cash flow sederhana excel bisa membantu  Anda sebagai pemilik bisnis dalam proses pembukuan. Salah satu laporan keuangan yang diperlukan oleh sebagai pengambil keputusan bisnis adalah laporan arus kas atau laporan cash flow.

Laporan cash flow adalah suatu laporan keuangan yang berisi pengaruh kas dari kegiatan operasi kegiatan transaksi investasi kegiatan transaksi pembiayaan. Salah satu aspek kunci untuk memastikan perkembangan bisnis Anda adalah dengan memahami penyusunan laporan cash flow yang baik dan benar. Laporan cash flow dapat disusun secara sederhana menggunakan program Microsoft Excel.

Pengertian Cash Flow

contoh-laporan-cash-flow-sederhana-excel

Mengetahui Pengertian Cash Flow (Sumber: Freepik.com)

Apa itu cash flow? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cash flow atau arus kas adalah pemasukan dan pengeluaran uang tunai perusahaan berdasarkan harian, mingguan, dan dalam rentang waktu tertentu. Arus kas merupakan satu kesatuan yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas kerja operasional keuangan baik untuk perencanaan atau pelaksanaan audit maupun investasi baru sebagai salah satu tonggak berjalannya aktivitas operasional keuangan.

Apa itu Laporan Cash Flow?

Laporan cash flow merupakan laporan yang memperlihatkan secara rinci arus kas yang masuk (penerimaan) dan kas yang keluar (pengeluaran) dari suatu perusahaan. Selain itu, menurut Sofyan Syafari Harahap (2006), laporan arus kas adalah suatu laporan yang memberikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran suatu pembukuan pada suatu periode tertentu dengan mengklasifikasikan transaksi pada kegiatan operasional, pembiayaan dan investasi.

Siapa yang Butuh Laporan Cash Flow?

Anda selaku pemilik bisnis membutuhkan laporan cash flow untuk mengetahui informasi mengenai ke mana saja uang Anda mengalir dan dari mana saja sumber uang Anda. Dengan begitu Anda akan tahu apakah uang pada bisnis Anda sudah mengalir dengan benar atau tidak. Pihak eksternal seperti kreditor dan investor juga dapat memanfaat laporan cash flow, yakni untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam pembayaran dividen dan gaji karyawan.

Tujuan Laporan Cash Flow

tujuan-laporan-cash-flow

Apa Tujuan Membuat Laporan Cash Flow? (Sumber: Pexels.com)

Laporan cash flow sangat berguna untuk mengetahui kas yang ada di dalam perusahaan untuk keperluan operasional maupun dadakan. Dari informasi tersebut, maka Anda bisa menentukan strategi untuk langkah selanjutnya dalam kegiatan operasional agar bisnis Anda tetap berjalan.

Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 2, laporan arus kas berisi informasi tentang arus kas suatu perusahaan yang berguna bagi para pemakai laporan keuangan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas.

Laporan cash flow juga untuk menilai kebutuhan perusahaan untuk menggunakan arus kas tersebut. Informasi tersebut juga meningkatkan daya banding pelaporan kinerja operasi berbagai perusahaan karena dapat meniadakan pengaruh penggunaan perlakuan akuntansi yang berbeda terhadap transaksi dan peristiwa yang sama.

Aktivitas Cash Flow yang Sering Digunakan

  • Aktivitas Operasi (Operating Activities)

Arus kas operasional yaitu aliran kas yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan selama periode tertentu. Di dalam arus kas operasional umumnya terdapat pendapatan piutang, pembiayaan gaji karyawan, pembayaran utang, penerimaan bunga, pajak, dan pengeluaran perusahaan lainnya yang terkait kegiatan operasional.

  • Aktivitas Investasi (Investing Activities)

Arus kas investasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan penerimaan atau pengeluaran dana yang mempunyai hubungan terhadap penjualan atau pembelian aktiva tetap. Bisa dibilang arus kas investasi merupakan arus kas yang masuk dan keluar terkait kegiatan investasi perusahaan. Contoh arus kas investasi adalah  aset jangka panjang, aset tidak berwujud, dan penerimaan serta penjualan aset tetap.

  • Aktivitas Pendanaan (Financing Activities)

Arus kas pendanaan atau arus kas pembiayaan merupakan arus kas yang berasal dari transaksi pendanaan perusahaan (penambahan dan pengurangan modal) dalam periode tertentu. Kegiatan pembiayaan yang dimaksud antara lain pembayaran deviden, pelunasan kredit dari bank, dan saham.

Metode Membuat Laporan Cash Flow

metode-membuat-laporan-cash-flow

Ada 2 Metode Membuat Laporan Cash Flow yaitu Metode Langsung dan Tidak Langsung (Sumber: Freepik.com)

Ada dua metode untuk membuat contoh laporan arus kas atau cash flow. Yang pertama adalah metode langsung (direct cash flow), dan yang kedua adalah metode tidak langsung (indirect cash flow).

  • Metode Langsung

Pada laporan metode cash flow langsung ini laporan arus kas disusun berdasarkan buku kas atau buku rekening koran bank. Dengan cara mengelompokkan pemasukan dan pengeluaran selama periode operasional sebuah perusahaan beroperasi, lalu dilanjutkan dengan kegiatan investasi dan pembiayaan jika ada.

  • Metode Tidak Langsung

Metode Cash Flow tidak langsung menghitung pergerakan cash flow yang berasal dari kegiatan operasional dengan mempergunakan informasi akuntansi akrual dan dimulai dengan nilai net profit. Net profit ini kemudian akan disesuaikan dari perubahan akun aset dan kewajiban di laporan neraca. Perubahan itulah yang akan menambah atau mengurangi nilai net profit untuk mendapatkan nilai cash flow dari kegiatan operasional.

Membuat Laporan Cash Flow Dengan Metode Langsung

membuat-laporan-cash-flow-dengan-metode-langsung

Metode Langsung untuk Membuat Laporan Cash Flow Photo by NORTHFOLK on Unsplash

1. Melakukan Pemeriksaan Silang

Nama lain dari pemeriksaan silang adalah rekonsiliasi.Beberapa dokumen butuh untuk dilakukan pemeriksaan silang, mulai dari buku kas bank, bonggol check, rekening koran, dan petty cash (buku kas kecil). Apabila rekonsiliasi bank dan rekonsiliasi kas kecil sudah dilaksanakan secara teratur, maka pemeriksaan silang bisa Anda lewati.

2. Melakukan Eliminasi Silang

Langkah selanjutnya adalah eliminasi silang setelah kita selesai melaksanakan pemeriksaan silang. Pengerjaan ini meliputi semua transaksi silang yang berkaitan dengan buku kas.

3. Melakukan Klasifikasi Semua Jenis Pengeluaran dan Pemasukan dalam Laporan Arus Kas

Pada langkah ketiga tentunya akan memakan banyak waktu apabila Anda membuatnya pada saat semua catatan sudah selesai dan laporan cash flow harus selesai. Hal tercepat untuk melakukan tahapan ini adalah dengan mengerjakannya setiap hari secara rutin, sehingga pekerjaan ini menjadi terasa lebih ringan dibandingkan melakukan semua laporan sekaligus. Jadi, kali setiap ada pemasukan atau pengeluaran dari kas dana, Anda langsung mencatatnya.

4. Membuat Laporan Arus Kas

Setelah semua tahapan telah selesai, maka saatnya Anda menyusun semuanya menjadi satu kesatuan laporan arus kas. Pembuatannya akan lebih mudah, karena semua data sudah berhasil didapatkan. Cara menyusunan laporan arus kas tersebut adalah dengan menjumlahkan tiap jenis kegiatan yang telah diklasifikasikan sesuai dengan jenis kegiatannya, sehingga nantinya akan terbentuk laporan arus kas.

Laporan ini bisa disusun menggunakan Excel, bisa juga secara lebih mudah menggunakan Beeaccounting.

Membuat Laporan Cash Flow Dengan Metode Tidak Langsung

membuat-laporan-cash-flow-dengan-metode-tidak-langsung

Metode Tidak Langsung untuk Membuat Laporan Cash Flow Photo by Anete Lusina from Pexels

1. Siapkan Laporan Laba Rugi

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan laporan laba rugi pada periode berlangsung. Maka kondisi perusahaan akan diketahui dari data tersebut, apakah sedang rugi atau untung.

2. Siapkan Laporan Neraca

Lalu siapkan laporan dari neraca pada periode yang sedang berlangsung dan dari periode sebelumnya. Dengan  membandingkan kedua data tersebut, maka akan diketahui aktivitas keuangan perusahaan.

3. Siapkan Laporan Neraca

Cash flow dari aktivitas operasi akan didapatkan setelah menyesuaikan data sesuai laporan laba rugi. Kas ini termasuk komponen penting dari metode tidak langsung.

4. Melakukan Koreksi Pengaruh dari Transaksi bukan Kas

Sesuai tiga elemen cash flow, maka yang dibutuhkan tidak hanya data aktivitas operasi, melainkan juga perlu dari data investasi dan pendanaan. Caranya mengetahuinya adalah dengan mereview pengaruh dari transaksi selain kas. Misalnya, pada penangguhan pembayaran kas operasi, baik sebelum atau sedang berlangsung. Data ini dapat Anda lihat melalui neraca, sehingga lebih mudah mengetahuinya.

5. Membuat Laporan Arus Kas

Langkah terakhir setelah melakukan tahapan-tahapan di atas adalah membuat laporas arus kas. Berdasarkan laporan Laba/Rugi serta perbandingan pada neraca satu periode dengan periode sebelumnya, maka Anda sudah siap untuk menyusun laporan cash flow. Setelah semua data tersusun, maka Anda tinggal mengevaluasi kinerja perusahaan.

Kini proses pengerjaan laporan arus kas tidak harus Anda lakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Seiring kemajuan teknologi, menyusun laporan cash flow juga bisa memakai software akuntansi, antara lain Beeaccounting.

Contoh Laporan Cash Flow Perusahaan Dagang dengan Excel

Laporan Arus Kas Sederhana

Contoh Laporan Arus Kas Menggunakan Excel (Sumber: Bee.id)

Contoh Laporan Cash Flow Perusahaan Jasa dengan Excel

Contoh Jurnal Umum

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa (Sumber: Beecloud.id)

Tujuan dan Fungsi Template Laporan Cash Flow Excel

Sebenarnya metode penyusunan laporan cash flow dengan menggunakan Excel sudah cukup usang untuk digunakan oleh suatu perusahaan. Akan tetapi, efektivitas Excel untuk membantu praktisi memahami alur penyusunan laporan keuangan sudah teruji, karena merupakan perangkat lunak yang sering dipakai di perkantoran.

Video Tutorial Cara Membuat Laporan Cash Flow Hanya 5 Menit

Kesimpulan

Laporan arus kas atau cash flow sangat penting untuk membantu analisa maupun mengaudit aliran keuangan perusahaan Anda. Membuat laporan keuangan memang sebuah proses yang rumit dan memerlukan ketelitian tinggi. Butuh pengetahuan serta memakan waktu yang tidak sebentar untuk menyusun laporan cash flow.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, banyak jalan menuju ke Roma. Sekarang Anda dapat merasakan betapa mudahnya membuat laporan cash flow dengan menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Coba gratis sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

bikin-laporan-cash-flow-gak-ribet-cuma-5-menit

 

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Neraca Keuangan dan Cara Membuatnya
Contoh neraca menjadi salah satu hal penting dalam perkembangan sebuah perusahaan. Selain itu, neraca keuangan juga selalu berhubungan dengan bidang
Baca Juga
Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Online Shop
Laporan keuangan online shop merupakan hal penting yang wajib diperhatikan untuk Anda pebisnis online shop. Pasalnya, banyak pelaku online shop
Baca Juga
Prospek Kerja Akuntansi, Mulai dari Akuntan hingga Manajer
Akuntansi merupakan sebuah bidang studi yang mempelajari metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Nah, kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk
Baca Juga
Rasio Profitabilitas: Pengertian, Jenis dan Contohnya
Rasio profitabilitas adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengetahui perbandingan kemampuan dua perusahaan berkaitan dengan pendapatan laba dari pendapatan yang
Baca Juga
Enumerator Adalah: Apa Tugas dan Tanggung Jawabnya?
Enumerator adalah sosok yang memiliki peran vital dalam mengumpulkan data yang akurat dan relevan. Dalam artikel ini, kami akan membahas
Baca Juga
Neraca Saldo Setelah Penyesuaian, Simak Penjelasannya
Dalam dunia akuntansi dan bisnis neraca merupakan komponen penting yang harus ada dalam laporan keuangan setiap akhir periodenya. Untuk mendapatkan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu