📣Panggilan utk Pengguna Beeaccounting, Diskon 10%!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee

9 Contoh Iklan Niaga, Pengertian Hingga Jenisnya

iklan niaga adalah iklan yang menawarkan produk dengan tujuan menarik perhatian audiance, ini dia contoh iklan niaga berdasarkan jenisnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 30 May 2023

Iklan niaga adalah jenis iklan yang menawarkan barang, makanan atau minuman dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan. Bedanya iklan ini dengan jenis iklan yang lainnya adalah dari segi tema dan keunikan.

Sama seperti iklan pada umumnya, iklan niaga juga digunakan untuk melakukan pemasaran produk agar meningkatkan angka penjualan. Namun, keunikan seperti tagline yang terkenal menarik, unik dan mudah diingat. Simak selengkapnya pada artikel berikut ini:

Apa itu Iklan Niaga?

Contoh Media Promosi Iklan

Menurut Philip Kotler, seorang pakar pemasaran menjelaskan jika iklan niaga adalah komunikasi yang dibayar, non-pribadi, dan jelas dalam bentuk promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sekelompok identitas yang teridentifikasi.

Pendapat hampir sama juga dalam buku "Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective" jika George Belch dan Michael Belch mendefinisikan iklan niaga sebagai setiap bentuk komunikasi berbayar.

Bersifat non-pribadi, dari sponsor yang diidentifikasi melalui media massa dengan tujuan mempengaruhi perilaku target audiens.

Sedangkan Kotler dan Armstrong dalam buku "Prinsip-Prinsip Pemasaran" jika iklan niaga adalah setiap bentuk presentasi yang tidak pribadi dan mempromosikan gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang jelas dalam identitas.

Dari ketiga pendapat ini dapat disimpulkan jika, Iklan niaga adalah iklan yang dibuat untuk mempromosikan atau mengiklankan produk, jasa, atau bisnis tertentu dengan tujuan meningkatkan penjualan atau mendapatkan perhatian dari calon konsumen.

Iklan niaga biasanya mencakup berbagai bentuk media seperti televisi, radio, cetak, digital, dan media sosial dengan tujuan utama dari iklan niaga adalah untuk menciptakan kesadaran tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Mempengaruhi perilaku konsumen, dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian atau menggunakan layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: Kenali Jenis Jenis Iklan Sebelum Melakukan Promosi

9 Contoh Iklan Niaga Berdasarkan Jenisnya

Iklan niaga sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut penjelasan dan contohnya:

Ada beberapa jenis iklan niaga yang umum digunakan dalam dunia periklanan. Berikut adalah beberapa jenis iklan niaga beserta pengertiannya:

1. Contoh Iklan Cetak

Contoh Iklan Cetak

Contoh iklan niaga di media cetak (credit: Tokopedia.com)

Jenis pertama adalah iklan cetak, dimana ini merupakan jenis iklan yang diterbitkan dalam media cetak seperti surat kabar, majalah, brosur, atau pamflet. Iklan cetak ini biasanya berupa gambar, teks, dan informasi produk yang ingin dipromosikan.

2. Contoh Iklan Niaga di Televisi

Iklan televisi adalah jenis iklan yang disiarkan melalui saluran televisi. Iklan ini umumnya berdurasi pendek, biasanya antara 15 hingga 60 detik, dan menggunakan audio, visual, dan narasi untuk memperkenalkan produk atau layanan kepada penonton.

3. Iklan Niaga Radio

Berikutnya iklan radio adalah jenis iklan yang disiarkan melalui siaran radio. Iklan ini menggunakan suara, musik, dan narasi untuk menyampaikan pesan iklan kepada pendengar. Iklan radio memiliki kelebihan dalam mencapai audiens yang sedang mendengarkan radio dalam kegiatan sehari-hari mereka.

4. Contoh Iklan Niaga di Luar Ruang

Contoh Iklan Niaga

Ilustrasi contoh iklan niaga dalam bentuk billboard (Credit: Freepik.com)

Iklan luar ruang atau outdoor advertising merujuk pada iklan yang ditempatkan di luar ruangan seperti di jalan raya, bangunan, transportasi umum, atau tempat-tempat umum lainnya. Contoh iklan luar ruang termasuk billboard, papan reklame, spanduk, atau iklan pada kendaraan umum.

5. Contoh Iklan Niaga Online

Selanjutnya iklan online adalah jenis iklan yang ditampilkan di internet. Iklan ini dapat berupa banner, iklan pop-up, iklan video, iklan di media sosial, atau iklan pencarian yang muncul ketika pengguna mencari informasi tertentu di mesin pencari.

6. Contoh  Iklan Berbayar Per Klik (Pay-Per-Click Advertising)

Jenis iklan ini umumnya digunakan dalam iklan online di mana pengiklan membayar hanya ketika pengguna mengklik iklan mereka. Iklan berbayar per klik biasanya muncul di hasil pencarian mesin pencari atau di situs web mitra yang memiliki program iklan seperti Google AdWords atau Bing Ads.

7. Iklan Niaga Sosial Media

Jenis iklan sosial media adalah jenis iklan yang ditampilkan di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lain sebagainya. Iklan ini biasanya disesuaikan dengan preferensi dan karakteristik target audiens yang ditentukan oleh pengiklan.

8. Contoh Iklan Viral

Contoh Iklan Niaga Viral

Ilustrasi Contoh iklan Viral Lazada Terbaik (Credit: Liputan6.com)

Berikutnya adalah iklan viral adalah jenis iklan yang dibuat dengan tujuan untuk menyebar luas secara cepat melalui berbagi dan penyebaran online. Iklan ini seringkali mengandung elemen kreatif, lucu, atau menggugah emosi yang dapat memancing perhatian dan interaksi pengguna.

9. Iklan Pemasaran Langsung

Contoh iklan niaga selanjutnya adalah iklan pemasaran langsung adalah jenis iklan yang ditujukan secara spesifik kepada individu atau kelompok tertentu melalui surat langsung, email, telemarketing, atau pesan langsung lainnya. Tuju

Manfaat Perusahaan Melakukan Iklan Niaga

Secara garis besar iklan niaga memang bertujuan untuk melakukan pemasaran, berikut rinciannya:

1. Meningkatkan Awareness

Tujuan pertama ketika seorang menggunakan iklan niaga adalah meningkatkan tingkat kesadaran di kalangan konsumen potensial tentang produk, merek, atau layanan yang dipromosikan.

Iklan yang efektif dapat membuat orang menjadi lebih familiar dengan produk atau merek, sehingga mereka lebih mungkin mempertimbangkan untuk membeli di masa depan.

2. Meningkatkan Penjualan

Berikutnya iklan niaga juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Dengan menciptakan minat dan keinginan di antara konsumen, iklan dapat mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

3. Membangun Citra Merek

Ketiga, adalah membangun citra brand dan perusahaan, Iklan niaga berperan penting dalam membangun citra merek yang positif di benak konsumen. Iklan yang dirancang dengan baik dapat membantu menciptakan persepsi yang menguntungkan tentang kualitas, keandalan, keunggulan, atau nilai-nilai merek tertentu.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Selain untuk promosi, menggunakan iklan niaga yang terus-menerus juga dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Dengan iklan yang relevan dan menarik dapat memperkuat hubungan antara merek dan pelanggan, mengingatkan mereka tentang manfaat produk atau layanan, dan membangun hubungan jangka panjang.

5. Memperkenalkan Produk Baru

Berikutnya adalah memperkenalkan produk baru, dimana Iklan niaga sering digunakan untuk memperkenalkan produk baru ke pasar. Dengan memberikan informasi tentang fitur, manfaat, dan keunikan produk baru, iklan dapat membangun minat dan penasaran di kalangan konsumen.

6. Mempengaruhi Preferensi Konsumen

Banyaknya Iklan niaga dapat mempengaruhi preferensi konsumen dengan menyajikan argumen yang meyakinkan tentang mengapa produk atau merek tertentu lebih baik atau lebih menguntungkan daripada yang lain.

Dengan membangun nilai dan manfaat yang dihubungkan dengan produk, iklan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

7. Meningkatkan Partisipasi Pasar

Tujuan dari iklan niaga berikutnya adalah perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar mereka dengan menarik pelanggan dari pesaing atau menginspirasi pelanggan untuk mencoba produk atau merek baru.

8. Membangun Hubungan Pelanggan

Selanjutnya Iklan niaga dapat digunakan untuk membangun hubungan yang lebih dekat antara perusahaan dan pelanggan. Iklan yang interaktif atau melibatkan konsumen dapat memperkuat ikatan emosional dan menciptakan hubungan yang lebih erat antara merek dan konsumen.

Penting untuk dicatat bahwa tujuan iklan niaga dapat bervariasi tergantung pada strategi periklanan perusahaan dan fase siklus hidup produk atau merek.

Baca Juga: Iklan Penawaran: Tujuan, Cara, dan Contohnya

Kekurangan Menggunakan Iklan Niaga

Contoh Iklan Billboard Di Jalan

Selain keunggulan, iklan niaga juga memiliki kekurangan

Selain mendapatkan keuntungan, penggunaan iklan niaga juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan lain dari iklan niaga:

1. Kehilangan Perhatian Konsumen

Pertama adalah konsumen sering terkena paparan iklan yang berlebihan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini bisa menyebabkan mereka mengabaikan atau menghindari iklan.

Terutama jika iklan tersebut dianggap tidak relevan atau mengganggu. Sehingga pesan iklan tidak efektif mencapai audiens yang diinginkan.

2. Efek Pengecilan

Beberapa iklan niaga dapat membuat produk atau merek terlihat serupa dengan pesaing lainnya. Ketika konsumen terbiasa melihat banyak iklan yang serupa, pesan iklan dapat saling tumpang tindih dan membuat perbedaan antara produk atau merek menjadi samar.

3. Ketidakmampuan Mengukur Hasil Secara Langsung

Mengukur keberhasilan iklan niaga dalam mencapai tujuan pemasaran dapat menjadi sulit. Terkadang sulit untuk mengaitkan secara langsung antara iklan dengan peningkatan penjualan atau perilaku konsumen. Hal ini dapat membuat sulit untuk mengevaluasi efektivitas kampanye iklan secara akurat.

4. Kelelahan Iklan

Konsumen yang sering terpapar iklan niaga dalam jumlah besar dapat mengalami kelelahan iklan atau kejenuhan. Mereka mungkin menjadi kurang responsif terhadap iklan.

Atau bahkan secara aktif menghindari iklan. Ini menuntut perusahaan untuk menciptakan iklan yang lebih kreatif dan inovatif untuk menarik perhatian konsumen.

5. Terbatasnya Waktu dan Ruang

Iklan niaga sering memiliki batasan waktu yang singkat untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Iklan televisi biasanya hanya berlangsung beberapa detik, dan iklan cetak terbatas pada ruang yang terbatas.

Ini membatasi kemampuan perusahaan untuk menyampaikan informasi yang detail atau menjelaskan secara menyeluruh tentang produk atau layanan.

6. Tidak Mampu Menjangkau Semua Target Audiens

Meskipun iklan niaga dapat mencapai audiens yang luas, tidak semua orang akan terpapar oleh iklan tersebut. Terkadang, iklan niaga mungkin tidak tepat sasaran atau tidak mencapai segmen konsumen yang diinginkan oleh perusahaan.

7. Tidak Mampu Membangun Hubungan Personal

Iklan niaga biasanya tidak dapat membangun hubungan personal dengan konsumen. Interaksi antara perusahaan dan konsumen terbatas dalam konteks iklan, dan tidak ada kesempatan untuk mengembangkan hubungan yang lebih dalam atau memahami kebutuhan individual konsumen.

Dalam merencanakan kampanye iklan niaga, perlu mempertimbangkan kelebihan, kekurangan dan biayai untuk mengoptimalkan efektivitas iklan dan mencapai hasil yang diinginkan.

Budgeting iklan diperlukan agar iklan dilaksanakan tidak berlebihan dan tidak menimbulkan kerugian. Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk mengelola dan budgeting bisnis lebih mudah.

Dengan fitur laporan keuangan otomatis, invoice, pengelolaan stok dan masih banyak lagi lainnya. Mudah digunakan dijamin bisnis jadi lebih menguntungkan. Cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Apa itu Konversi dan Bagaimana Cara Mengoptimalkan Data Konversi?
Tidak sedikit dari beberapa orang yang ingin tahu tentang apa itu konversi. Pada dasarnya, konversi adalah salah satu jenis istilah
Baca Juga
5 Cara Promosi Produk yang Mudah dan Murah
Promosi produk merupakan strategi penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Dalam era digital seperti saat ini,
Baca Juga
Gak Tau Cara Ekspor Barang? Simak 5 Tips Berikut!
Istilah eskpor dan impor pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Kegiatan perdagangan ini jadi salah satu bagian
Baca Juga
Bagaimana Cara Melakukan Pembukuan Bengkel Motor Mobil?
Untuk bertahan hidup di industri ini, banyak poin harus dipertimbangkan, termasuk pembukuan bengkel motor mobil hingga pengawasannya. Tidak dapat dipungkiri,
Baca Juga
Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya
Pernah bertanya-tanya apa fungsi iklan bagi bisnis sebenarnya? Apakah hanya untuk promosi atau ada hal lain yang bisa dicapai dengan
Baca Juga
10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel
Tujuan utama dari setiap bisnis ritel adalah menjual produk sesuai target. Karena produk ritel maka proses stok dan inventory harus
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu